24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Sewa Tempat Usaha, Wajib Dipraktekkan

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Sewa Tempat Usaha, Wajib Dipraktekkan

Sewa tempat usaha menjadi salah satu alternatif untuk kamu yang ingin membuat usaha namun belum memiliki tempat. Menyewa sebuah tempat usaha memang bisa jadi sangat efisien untuk kamu yang pemula. Namun kamu harus memperhatikan beberapa hal saat menyewa sebuah tempat usaha agar nggak rugi kedepannya.


Seperti sama-sama kita ketahui gaes, jenis usaha saat ini banyak banget macamnya. Meski trend toko online memang menjamur dan lebih diminati, tapi adanya toko offline nyatanya masih sangat diperlukan karean nggak semua orang nyaman berbelanja tanpa melihat barangnya langsung. Bener kan?
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Sewa Tempat Usaha

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Sewa Ruko Sebagai Tempat Usaha

Sudah dari jaman dulu banyak orang atau pegusaha yang memilih untuk sewa ruko tentu kebanyakan digunakan sebagai tempat usaha. Untuk mencari ruko terbaik yang sesuai dengan apa yg kamu ingin pasti memerlukan usaha yang nggak sembarangan. Banyak hal yang harus diperhatikan karena ruko yang tepat bisa menunjang apakah usaha yang akan dijalan sukses nantinya. Mau tau beberapa tips memilih ruko untuk di sewa? simak penjelasan berikut ya.

1. Analisis Potensi Tempat Usaha

Kamu harus bisa menganalisa lingkungan sekitar tempat usaha apakah berpotensi memberikan keuntungan atau apakah daerah ruko ini ramai orang berlalu lalang. Perhatikan juga beberapa hal seperti jarak antara pembeli ke tempat usaha sehingga kamu agar bisa memperkirakan berapa banyak orang yang akan melewati tempat usaha yang kamu dirikan.

Jika kamu ingin mendirikan usaha kuliner maka pilih lokasi di antara pemukiman warga, sekolah atau daerah perkantoran. Misalnya untuk usaha otomotif maka pilih ruko yang dekat dengan jalan raya.

2. Status Tempat Usaha

Saat melakukan sewa ruko Kamu harus mengetahui benar-benar urusan legalitas dari sebuah ruko yang akan ditempati. Tanyakan secara langsung kepada pemilik mengenai status sertifikat ruko. Kamu harus mengecek apakah ruko sudah memiliki Sertifikat Hak Milik atau masih Hak Manfaat Bangunan.

Pastikan juga ruko telah memiliki Izin Mendirikan Usaha sehingga boleh dijadikan sebagai tempat usaha. Hal ini adalah untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan saat menjalankan usaha. Sebaiknya kamu membatalkan niat menyewa jika urusan legalitas ini nggak dijelaskan secara transparan oleh pemilik ruko.

3. Keamanan dan Kebersihan Ruko

Saat melakukan sewa tempat usaha kamu nggak sepenuhnya hanya memikirkan lokasi yang strategis tetapi juga pikirkan tentang keamanan tempat usaha tersebut. Kamu harus mencari tahu informasi terkait daerah sekitar tempat usaha. Cari tahu berapa besar persentase kejahatan yang terjadi di daerah tersebut. Perhatikan juga resiko kondisi alam yang mungkin terjadi seperti bencana alam.

Daerah yang strategis tapi sering terjadi banjir tentu akan merugikan kamu kedepannya. Selain faktor keamanan ada juga faktor kebersihan lingkungan yang harus selalu diperhatikan jika kawasan ruko terlihat kumuh tentu orang-orang enggan untuk mendatangi tempat usaha yang kamu miliki.

4. Analisa Pasar

Sebaiknya lakukan juga analisa pasar agar kamu tahu seberapa besar minat pengunjung sekitar terhadap usaha yang dijalankan. Lakukan penelitian seberapa besar tingkat keramaian di sekitar ruko. Kamu juga harus tahu berapa banyak kompetitor usaha sejenis di bisnis ini.

Jika memang terlalu banyak pesaing tapi kamu masih tetap ingin mencoba sebaiknya harus menunjukkan keunggulan yang lebih terhadap produk yang dijual.

5. Fasilitas Ruko


Saat sewa ruko hal yang juga penting untuk diketahui adalah fasilitas yang diberikan oleh pemilik ruko. Apakah ruko masih perlu direnovasi, ini tentu juga harus diperhatikan. Perhatikan juga sarana yang diberikan seperti besarnya daya listrik, adanya kelengkapan air, dapur, tempat parkir dan lain-lain.

6. Waktu Sewa


Perhatikan tenggat waktu sewa ruko yang diberikan oleh pemilik. Pemilik ruko biasanya menentukan waktu dan tanggal pembayaran. Masa sewa biasanya minimal 3 tahun melalui sistem pembayaran dimuka untuk 1 tahun atau 2 tahun pertama.

Namun untuk kamu yang pemula baiknya bernegosiasi pada sang pemilik agar diberikan kelonggaran untuk bisa menyewa dalam jangka waktu pendek seperti 3 bulan pertama.

7. Harga Sewa Ruko


Harga sewa ruko biasanya ditentukan oleh banyak faktor salah satunya adalah lokasi. Jika lokasi usaha dinilai sangat strategis maka harga sewa menjadi tinggi. Jika memang ruko memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan, jangan ragu untuk membayar tempat karena kamu nggak mungkin rugi apalagi jika dibarengi dengan strategi bisnis yang kamu lakukan. Bisa juga melakukan riset terlebih dahulu agar mendapatkan harga yang lebih rendah.

8. Cari lewat Situs Pencarian Terpercaya


Saat ini segala hal bisa kita cari lewat lewat internet. Nah termasuk juga saat kita sedang mencari sewa tempat usaha atau ruko guna usaha yang akan kita buka. Tapi, tetap ya harus hati-hati dan nggak sembarangan percaya dengan semua situs yang muncul di pencarian google. Apapun situsnya, pastikan cross check berkali-kali segala macamnya yang berkaitan dengan prosedur penyewaan.


Nah sekarang kamu sudah tahu kan hal-hal yang memang harus diperhatikan saat memutuskan melakukan sewa tempat usaha untuk kebutuhan bisnis yang sedang kamu jalankan. Saat melakukan usaha memang kamu nggak boleh salah langkah jika tak ingin resiko merugi nantinya. Selamat mencoba!


Baca Juga
SHARE
Celoteh Dini Hari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine!

Related Posts

Subscribe to get free updates

14 comments

  1. Lokasi yang aman dari tangan usil tuh pentiiing banget.

    Pernah ada teman cerita, daerah kosnya tuh ada penguasanya.

    Yang buka usaha di daerah situ kudu nambahin biaya keamanan. Kalo enggak, jangan tanya deh. Tokonya disikat.

    Ngeri.

    Nggak tahu kl sekarang gimana. Semoga sih ga lagi.

    ReplyDelete
  2. Kalau saya mau nyewa biasanya nyari lokasi ruko yg strategis Mbak. Pastinya kalau strategis bisnis yang akan dijalankan diprediksi bisa mencapai target. Hehehe...

    ReplyDelete
  3. Banyak hal yg kudu jadi pertimbangan kalo mau buka usaha ya.
    Makasiii tipsnya Kak Rini.

    ReplyDelete
  4. Buat tempat usaha memang banyak faktor yang mesti dipertimbangkan yaa, aku pernaha jualan di sebuah lokasi yang hanyaa buka week end saja. Ternyata bayarnya sama preman, hehehe.

    ReplyDelete
  5. Ak dapat curhatan dari temanku yg tempat usahanya selalu ada preman yang datang utk minta uang keamanan.... Padahal usahanya baru mulai. Kemarin dia hanya lihat lokasi rame dan harga sewa terjangkau

    ReplyDelete
  6. Kedelapan hal tersebut di atas memang yang dibutuhkan ketika mencari sewa tempar usaha, ya Mbak. Harus dipraktikkan.

    ReplyDelete
  7. Susah susah gampang sih kalo urusannya dengan mencari tempat usaha yang bisa disewa. Harus memperhatikan keamanan, yang aksesnya mudah, dan jangan banjir itu penting banget.
    Aku malah punya tempat usaha yang disewakan ke orang lain, bukan ruko sih dan kecil tapi belum pernah nganggur karena dekat dengan pasar

    ReplyDelete
  8. Lokasi strategis menentukan banget tuh akan kemajuan usaha, yang mudah dijangkau sih minimal, zaman sekarang kan udah ada medsos, asal mudah dijangkau, para calon konsumen bisa diarahkan melalui medsos atau semacamnya.

    Oh ya fasilitaspun sangat mendukung ya, saya kadang heran ada tempat usaha yang bahkan nggak nyediain toilet, kasian yang jaga usaha itu dong, mau ke toilet ribet hahaha

    ReplyDelete
  9. Wah point2 nya bener banget ini ..hrs.diperhatikan bener2... Skrg malah jadi lbh gampang ya..ga perlu risau dgn urusan2 yg kadang bikin ribet

    ReplyDelete
  10. Kadang susah nih nyari tempat buat usaha. Tempat strategis harganya aduh ga nguatin. Cari harga murah dapatnya di tempat sepi

    ReplyDelete
  11. Betul banget nih, kondisi keamanan tempat usaha bisa masuk ke salah satu faktor pertimbangan ya. Kita tentunya nggak mau sewa tempat usaha di tempat yang rawan, ntar orang pada takut dong datang ke lokasi tersebut.

    ReplyDelete
  12. Ini nih yang harusnya jadi pertimbangan yang mau usaha dan nyewa tempatnya. Aku sering kasian deh sama yang nyewa deket rumah. Asal nyewa tanpa analisis dulu. Padahal harga sewa mahal. Jadinya, cuma 1-2 bulan aja mereka udah pada pindah. Penting banget ya ini.

    ReplyDelete
  13. Pengin banget punya usaha yang punya tempat usaha. Kebayang bakalan happy mengurus ini dan itu nya sesuai keinginan dan style.

    ReplyDelete
  14. Emang kudu pinter-pinter ya sewa lahan buat usaha tapi yang pasti memang harus strategis sih dan budget juga harus diperhitungkan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post