24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Blog Achievement 2019 and Blog Resolution 2020

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Blog Achievement 2019 and Blog Resolution 2020

Udah masuk minggu terakhir di bulan pertama 2020 aja.  Dan kok ya baru sempat, eh lebih tepatnya baru menyempatkan diri untuk menulis artikel ini. Hei teman celotehku, jadi sejak setahun lalu aku emang udah berikrar untuk selalu menuliskan pencapaian blog ku setiap tahunnya. Dan aku mulai niat itu tahun lalu bisa kalian baca disini.

Dan sebagai bahan evaluasi kembali, aku buat lagi rekap untuk Blog Achievement Celoteh Dini Hari di 2019 dan Resolusi blog 2020


Nah selang waktu berjalan, pergantian tahun pun datang. Nggak kerasa ya, cepet banget waktu berputar?

Kamu? Udah nglakuin apa aja di blog tercintamu? 

Aku yakin semua orang punya target pencapaian masing-masing dalam hidup. Baik masalah karir, finansial, asmara dan lain sebagainya. Pun termasuk perihal blogging ini. 

2019 lalu aku merasa perlu banyak bersyukur di dunia per-blogging-an yang aku jalani. Iya, bersyukur karena rejeki nya dan juga karena makin banyak teman sesama blogger yang kian akrab. 

Nggak hanya itu, ku nambah kenalan juga beberapa mastah alias suhu yang dengan sukarela membantu dan memberikan ilmu serta masukan buat perkembangan blog ku. Nggak keitung lah jumlahnya. God Bless me!

Apa Manfaat Menulis Blog Achievement Tiap Tahun?

Postingan artikel kayak gini tentu nggak aku target atau bayangkan untuk naik peringkat di search engine. Ya , mana ada sih yang mencari dengan keyword seperti ini. Tapi toh ya aku tetep bikin,  buat apa?? 

Melihat Proses dan Hasil Kerja Keras Setahun Dalam

Awal tahun 2019 aku sering berkata ke diri sendiri bahwa aku sangat mencintai dan menikmati blogging. Mulai dari menulisnya, belajar SEO dan lain sebagainya. Melihat kondisi blog ku akhir 2019 ini, nampaknya layak aku berkata ke diri sendiri:
you’re doing GREAT, Rini - *tepuk pundak sendiri*
Prosesnya emang panjang banget, banyak banget yang harus dipelajari dan dioprek sendiri setahun kebelakang. Emang nggak sadar sih, waktu serasa berlalu aja gitu. Tapi kalau udah berganti tahun gini, terus melakukan review ke blog sendiri, ya Alloh, peluh dan keringat nya kalau diinget-inget luar biasa juga.

Sadar Kekurangan yang Harus di Perbaiki Tahun Depan

Blog celotehdinihari.com masih jauh dari kata sempurna. Tentu masih banyak minus nya. Jangan ngomongin optimasi SEO offpage dulu deh, on page nya aja masih banyak kurangnya. Padahal kalau kata mastah SEO, on page itu wajib diurusin dulu, diberesin sampai minim cacat (ya Alloh aku tertampol).


Blog Achievement 2019 Celoteh Dini Hari

Dah yah, selama 2019 aku banyak berproses, belajar, benerin dikit-dikit dari segala sisi. Dan ini beberapa kemajuan yang aku rasakan di 2019

Traffic Naik

Aku emang nggak jago-jago banget SEO dan rebutan peringkat 1 di halaman google sih. Hampir semua artikel yang aku target dan ingin page one itu malah nggak ada yang naik, justru yang dibikin nothing to lose malah banyak tuh yang naik.
Meski begitu bukan berarti aku nggak nerapin konsep SEO di artikel ku ya. Aku tetep usaha kok meski SEO bukan fokus utama ku. Jadi selama ini aku emang lebih fokus ke UX alias User Experience. Nggak tau sih ini work atau belum. Tapi kalau dilihat dari traffic, untuk blog ku yang masih biasa ini, ya tetep lumayan bikin aku happy. Hihi. Apalagi karena sumber terbanyak masih dari google.

Oh ya,  by google analytics PV ku perhari masih di angka 800-1000 aja.  Tapi ini better ketimbang tahun lalu yang masih dibawah 500.

Alexa Meramping

Dari berbagai sumber termasuk kata temen-temen mastah. Peringkat Alexa ini mencatat atau merekap dari aktivitas lalu lintas atau traffic dalam waktu 3 bulan kebelakang. Angka Alexa itu makin ramping makin bagus. Nah loh, diet-diet deh tuh blog nya biar Alexa turun.

Amazing-nya, dari segi Alexa, blog celotehdinihari.com ku ini mengalami kemajuan cukup pesat. FYI, dari 2018 aku membuat catatan sendiri (hampir setiap hari) dengan bantuan Microsoft excel yang berisi informasi ter-update berkaitan dengan performa blog ku mulai dari DA, PA, dan Alexa.
 
Entah saking nganggurnya atau apa ya dulu itu. Haha, tapi rasanya emang happy dan kepuasan tersendiri aja saat liat Alexa ku mengurus dari apa yang aku catat di excel. Nah kalau aku buka sekarang dan aku bandingkan Alexaku dari awal 2019 itu amazing banget. Liat tuh data yang aku catat. Dari 4jutaan, kini 500ribuan untuk Alexa global.

Domain dan Page Authority Menggendut (Sedikit)

Semua blogger pasti ingin deh DA atau Domain Authoritynya naik. Ya kan?? Eh eh, Page Authority-nya nggak pengen? 

Ya pengen jugaaa donggg, tapi kan so far yang lebih dilihat dan menjadi indikator blog yang performa nya baik itu dari sisi DA nya dulu, terutama  di mata advertiser ya.

Awal 2019 DA ku masih 14. Dan setelah ada update dari google yang menyebabkan banyak blog DA nya nyungsep, DA ku pun nggak luput dari pembantaian kala itu (sekitar maret sampai juli kayaknya). 

Nyungsep lah DA ku ke angka 10. Sedih? Ya pasti lah. Tapi untungnya akhir 2019 DA ku mulai berangsur naik sampai sekarang mencapai angka 16. Ulala.

  • Sponsored Post Meningkat

Melanjutkan pembahasan DA diatas. Seperti yang kita tahu, naiknya DA di blog ini besar banget pengaruhnya, terutama pengaruh terhadap arus kas uang masuk blog. Wkwkwkw Bahasa akuntansi banget.

Dengan DA yang tinggi kita bisa kebanjiran job placement dan content review yang tentu rate nya akan makin naik jika DA makin gemuk (kayak body aku -_-)

Nah biar catatan kerjasama ku rapi dan buat berbagai keperluan, aku bikin lah page khusus yang berisi artikel-artikel kerjasama baik itu content placement ataupun content review. Bisa dilihat di halaman Portofolio Kerjasama ini. 

Ikut Lomba dan Berhasil Juara

Mulai ikut lomba atau kompetisi blog pada tahun 2019 udah aku targetkan di akhir 2018. Dan yap, ternyata wacana doang karena sampai pertengahan 2019 aku sama sekali nggak tertarik ikutan lomba. Wkwkw

Alhamdulillah September 2019 ketemu dan gabung di grup orang-orang baik yang memotivasi dan mengajak ikutan lomba blog. Kala itu lomba blog TRAVELOKA dan SANDISK yang deadline-nya berdekatan.

Dan syukur Alhamdulillah 1 dari 2 event lomba itu mengumumkan namaku sebagai juara meski hanya di juara 5 untuk lomba Sandisk. Dan meski juara 5, tapi event lomba itu jadi pemacu dan pemicu banget untukku ikut-ikut lomba selanjutnya.

Dan Alhamdulillah lagi dari September 2019 sampai akhir 2019 aku sudah mengikuti 10 lomba blog dan memperoleh juara untuk 4 di antaranya. Bener kata orang-orang, ikut lomba blog itu bikin nagih. Meski kalah pun aku nggak pernah nyesel bikin artikel untuk lomba itu. Aku tipe orang yang menghargai prosesku sendiri. Meski ujungnya belum selalu sesuai keinginan. Artikel yang alhamdulillah dapat juara bisa dilihat disini

 

Jadi kalau ada temen-temen yang gagal menang di lomba trus mutusin buat hapus artikel, hmmmmm… eman banget menurutku.

Resolusi / Target Blog 2020

Tentu lah semua juga ingin blog nya berkembang jauh lebih baik di 2020, mana ada yang punya cita-cita blognya nyungsep atau mati ya kan? So, ini mungkin bukan hanya targetku aja tapi target semua blogger yang baca tulisan ini. Bener apa bener? Misalnya nih:
Traffic melonjak dan traffic source mayoritas dari google
  • DA 20+
  • Domain Rating 20++
  • Makin rajin ikutan lomba atau kompetisi blog dan maksimalkan usaha biar menang
  • Alexa Global 300k,  Alexa Indo 3k
  • Migrasi WP
Oh iya point ini mungkin nggak semua menargetkan ya. Jadi setelah dapat banyak racun dari keluarga DCB, aku pengen banget nih migrasi ke Wordpress meski aku sebenernya juga nggak ada keluhan berarti di blogspot. Entahlah wallohu'alam, kalau di ridhoi aku bakal jadi migrasi. haha
  • NOE DIGITAL WRITER
Nah ini gaes, aku lagi bentuk usaha baru di bidang jasa penulisan artikel. Kira-kira udah ada 11 penulis atau content writer yang gabung ke tim penulisku. Harapanku, aku bisa bikin page khusus untuk mempromosikan jasa ini. Moga aku bisa naikin fee dan lebih mensejaterahkan para penulisku. Tentu harapan ku juga kualitas tulisan tim ku makin membaik dan memuaskan semua pihak. Aminnn
  • Membangun blog FEMINIM.ID sebagai portal online wanita

Dan yaps, terakhir, aku baru build blog baru yaitu feminim.id. Niatnya ini bukan jadi blog pribadi kayak celotehdinihari.com. Tapi mau aku konsep sebagai portal atau media online yang membahas apapun seputar wanita.

Oh dan ya, aku open contributor untuk siapa aja yang mau join. Sayangnya aku belum bisa kasih fee terlalu tinggi, hehe, jadi aku open untuk para content writer dulu aja deh. Fee blogger mahal soalnya, wkwkkww. 

Benefit buat contributor-nya itu selain dapat komisi juga namanya akan terpampang sebagai creator dan akan ada page khusus yang menuliskan nama mereka sebagai penulis di feminim.id. Tujuannya itu, kalau kalau ada yang mau kerjasama sama penulis tersebut, bisa kasih link tulisan di feminim.id sebagai portofolio deh. Doain ya gaes.

Nah udah, segitu aja dulu. Tahun depan kita bikin rekap setahun kebelakang lagi yaa.. salam sayang... Rini


PS: tulisan ini nggak dibuat untuk bermaksud pamer atau apa gaes. Toh ya apa yang mau dipamerkan, nggak baik. Cuman balik ke paragraf pertama, tahun lalu aku udah planning untuk selalu bikin artikel macam ini sebagai bahan aku berkaca setahun kebelakang dan salah satu caraku semangat mengembangkan blog. Terimakasih buat yang nggak NYINYIR. muuuaaaccchhhh :3






Baca Juga
SHARE
Celoteh Dini Hari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine!

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. setuju sekali sama mbak rini.. paling tidak kita jadi tahu perkembangan blog kita dari tahun ke tahun.. di samping itu kita jadi tahu apa yang harus kita lakukan agar blog dan tujuan ngeblog bisa lebih baik lagi..

    ReplyDelete
  2. Fix sih ini inspiring banget.. Aku jadi ikut semangat bacanya meski prestasi belum ada apa-apanya.

    Godspeed Mbak Rini, semoga yang dicita citakan kesampaian.

    ReplyDelete
  3. Enak banget bacanya, banyak catatan yang bisa kudapat dari baca ini. Mba Rini keren deh, ikut 10 dan menang 4, itu kan berarti peluang menangnya udah tinggi banget XD

    Aku target tahun ini kayaknya setengahnya dari mba deh, atau seperempatnya aja, karena takut ga kesampaian hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post