24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Pentingnya Pembukuan dengan Software Akuntansi untuk Menunjang Bisnis UKM Naik Kelas

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Pentingnya Pembukuan dengan Software Akuntansi untuk Menunjang Bisnis UKM Naik Kelas

Pada setiap bisnis, baik untuk usaha besar bahkan usaha kecil sekalipun seperti bisnis UKM (Usaha Kecil dan Menengah) tentu akan selalu memerlukan pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan ini akan lebih mudah dilakukan dengan adanya suatu pembukuan atas transaksi-transaksi pada bisnis yang berjalan tersebut. Terlebih di jaman semakin maju seperti sekarang ini, dimana pembukuan dan pengelolaan keuangan sudah bisa dilakukan dengan dukungan teknologi yaitu software akuntansi.

software akuntansi untuk bisnis UKM
Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis yang belum menyadari pentingnya melakukan pembukuan yang rapi dan akurat guna menunjang bisnis mereka naik kelas. Pencatatan atau pembukuan secara manual bahkan tanpa melakukan pembukuan sama sekali sering ditemui di banyak sektor usaha. Dan bisnis UKM adalah salah satu bisnis yang paling banyak mengabaikan pentingnya pembukuan transaksi dan penggunaan software akuntansi. Tau nggak kenapa?

Cerita Toko Ritel Dengan Pencatatan Serba Manual Bahkan Mungkin Tanpa Pembukuan Sama Sekali

Intro sejenak, mau cerita dikit nih. Setiap bulan aku selalu mengunjungi toko ritel yang menjual banyak banget jenis jajanan atau snack ringan untuk cemilan orang-orang di kantor. Sebut aja toko ini bernama “Toko Cahaya”, bukan nama toko sebenarnya tentunya.

Kami biasa mengumpulkan kas setiap bulan, lalu uang kas yang terkumpul ini digunakan untuk membeli jajanan atau camilan. Saat orang-orang kantor mau beli atau mengambil jajanan ini mereka tetap harus bayar. Nah nanti keuntungannya tetap diputar lagi untuk kulakan jajanan. Jadi kaya sistem mini koperasi yang benar-benar mini gitu loh.

software akuntansi untuk bisnis UKM

Setiap bulan aku dan teman kantorku menghabiskan sekitar 300-500 ribu sendiri untuk membeli snack rentengan dan beraneka macam jajan dan minuman serta kopi sachet untuk stok kantor. Yuhu, Toko Cahaya sendiri adalah toko grosir yang nggak terlalu besar tapi nggak bisa dibilang kecil juga. Buktinya, barang yang dijual oleh Toko Cahaya ini langsung didatangkan dari pabrik atau distributor tangan pertama sehingga harga yang dia jual memang harga untuk grosiran. Artinya, harga di toko ini lebih murah dibandingkan toko-toko kecil lain seperti yang ada di sekitaran perumahan, sekolah dan lain sebagainya. Itu juga alasanku dan teman kantorku kulakan jajan disana.

Dari mana aku tahu kalau toko ini dapat barang dari pabrik langsung atau distributor pertama?

Pengenalan singkat, aku adalah seorang staff accounting di sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang manufaktur. Tapi dulunya, selama 5 tahun aku pernah bekerja di salah satu distributor snack and beverage di Surabaya. Ya, beberapa customer dan target salesman dan salesgirl di kantor lamaku adalah supply barang ke toko-toko seperti toko Cahaya ini.  Jadi sistem bisnis ritel atau UKM seperti ini aku cukup paham sih.  

Toko Ritel dan Usaha UKM dengan Prinsip Bisnis “Asal Jalan dan Asal Uang Bisa Berputar”

Toko Cahaya yang tadi aku sebut adalah salah satu tokoh yang dibilang sangat ramai karena banyak orang atau pun penjual kecil lainnya yang membeli barang di toko tersebut untuk dijual kembali. Dan lagi toko ini punya banyak karyawan penjaga toko lebih dari 5 orang. 

Namun ada satu hal yang sangat aku sayangkan saat melihat sistem atau cara penjualan di Toko Cahaya ini. Ya, semua aktivitas dan semua transaksi penjualan di toko ini dilakukan secara manual. Yuhu tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer sama sekali.
software akuntansi untuk bisnis UKM

Bisa bayangkan nggak bagaimana sistem pengawasan yang harus dilakukan oleh tokoh cahaya ini tanpa adanya pembukuan dan sistem penjualan yang tidak tercatat seperti diatas? Bisa bayangkan nggak cara pemilik toko untuk mengetahui berapa laba atau rugi yang didapatkan setiap bulan? Bisa bayangkan juga nggak gimana cara toko tersebut mengontrol stok atau persediaan barang jualan yang dia miliki?
Toko Cahaya hanya satu contoh kecil, masih ada banyak usaha ukm yang belum sadar pentingnya melakukan pembukuan dan minim pengawasan.
Kenapa mereka masih belum sadar pentingnya melakukan pembukuan secara rapi dan akurat bagi bisnis mereka sendiri? Apa menurut mereka UKM tidak memerlukan suatu pembukuan yang akurat? Nah, di artikel kali ini aku akan kupas tuntas berdasarkan contoh kasus, sedikit pengalaman dan pengetahuan tentang akuntansi dan pencatatan transaksi keuangan.

Alasan Kenapa Para Pengusaha Atau Bisnis UKM Enggan Melakukan Pembukuan yang Baik Dan Menggunakan Software Akuntansi

Para  pengusaha UKM seharusnya mulai memikirkan cara pembukuan yang baik dan benar demi bisnis naik kelas di masa mendatang. Bisa jadi imi adalah beberapa alasan para pengusaha UKM masih nyaman dengan cara lama yaitu manual dan belum menggunakan software akuntansi.

  • Pemikiran Kuno

Banyak para pengusaha UKM yang tak terpikir untuk menggunakan software akuntansi bahkan melakukan pembukuan yang baik dan benar. Banyak dari mereka yang masih mempunyai pikiran kuno dan menjalankan bisnis apa adanya serta berprinsip "selama ada uang ditangan (cash on hand) maupun persediaan barang yang bisa keluar masuk artinya bisnis baik-baik aja". Padahal dengan sistem yang serba manual seperti Toko Cahaya yang aku contoh kan diatas, akan sangat sulit bahkan mustahil untuk mengetahui keuntungan pasti dari bisnis atau usaha yang berjalan.

  • Tidak Paham Akuntansi

Tentu tidak semua pelaku bisnis termasuk UKM memiliki background pendidikan atau pengetahuan tentang Akuntansi. Bisa jadi hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa para pelaku bisnis enggan melakukan pembukuan terlebih menggunakan software akuntansi karena khawatir tidak bisa memahami bahasa akuntansi dan cara perngoperasiannya. Padahal software akuntansi yang beredar saat ini telah didesain khusus agar bisa digunakan dan diakses dengan mudah bahkan oleh mereka yang tidak mempunyai background pendidikan akuntansi sekalipun.

  • Merasa Tidak Membutuhkan Software Akuntansi atau Pembukuan / Tidak Ada Urgensi

Banyak pebisnis UKM yang merasa bahwa bisnisnya masih terlalu kecil dan jumlah transaksi yang belum terlalu banyak, sehingga mereka merasa belum terlalu membutuhkan software akuntansi. Padahal dengan menggunakan software akuntansi lebih awal bisa jadi salah satu investasi yang sangat berharga bagi bisnis mereka di masa depan.

  • Melakukan Pembukuan Dan Menggunakan Software Akuntansi Dirasa Ribet

Membuat pembukuan yang rapi dan akurat bahkan dengan menggunakan software akuntansi berarti harus mencatat semua transaksi uang yang masuk dan keluar. Selain itu pula harus mencatat dan mengawasi persediaan barang. 

Hal diatas mungkin dirasa sangat merepotkan oleh para pengusaha UKM. Masih terdengar sangat melelahkan untuk mencatat semua transaksi yang ada padahal untung yang didapatkan belum tentu sebanyak yang diharapkan.

Alasan diatas tentu sangat salah kaprah, justru dengan melakukan pembukuan yang benar misal menggunakan software akuntansi, malah akan membantu para pengusaha tersebut untuk menghasilkan laporan laba rugi yang pasti. Laporan inilah yang akan menjadi dasar pertimbangan atau pengambilan keputusan atas kondisi bisnis yang dimiliki.

  • Harga Software Akuntansi yang Dirasa Mahal

Banyak pengusaha UKM yang merasa belum perlu mengeluarkan biaya tertentu untuk memperoleh sistem akuntansi, apalagi mereka masih merasa semua aktivitas bisnisnya masih dijalankan secara manual. Padahal dengan segala manfaatnya, software akuntansi kini bisa didapatkan sesuai kebutuhan dengan harga beragam pula.  

Ada software akuntansi yang lebih murah dan berbasis offline yang hanya bisa digunakan pada desktop aja dan ada juga software akuntansi yang sudah berbasis online dengan media penyimpanan di cloud.

Dari banyak kasus di lapangan, para pelaku bisnis UKM mengira bahwa masalah terbesar dalam usaha atau bisnis mereka adalah masalah permodalan. Banyak yang mengaitkan ketidak berhasilan suatu bisnis UKM disebabkan sumber daya dan kondisi keuangan yang serba terbatas. Padahal bisa jadi tak melulu masalah modal yang menjadi persoalan utama. 

Ketidaksadaran pengusaha UKM akan pentingnya manajemen administrasi dan pencatatan keuangan serta pemanfaatan teknologi menjadi momok yang mengkhawatirkan. Pasalnya, tanpa pencatatan atau pembukuan keuangan yang benar, tentulah tidak akan dapat dihitung secara pasti apakah usahanya sedang dalam kondisi untung atau malah rugi. Dan susah pula untuk diketahui berapa besaran laba atau rugi yang dialami. Padahal kondisi bisnis untung atau laba ini akan menentukan keputusan-keputusan bisnis selanjutnya loh.
Oke, sampe sini udah sepakat belum kalau sebuah bisnis harus dilakukan pembukuan yang rapi dan akurat?
Masih belum sepakat juga? Oke deh yuk cari tau beberapa alasan kenapa sebuah bisnis termasuk bisnis UKM harus melakukan pembukuan bahkan menggunakan Software Akuntansi

Kenapa Bisnis UKM Juga Harus Menggunakan Software Akuntansi


Ada beberapa alasan mengapa UKM akan lebih baik jika menggunakan software akuntansi untuk membantu bisnisnya agar bisa naik kelas.Berikut diantaranya:

1. Praktis dan Efisien, Input Transaksi di Menu atau Fitur Pencatatan yang Tersedia

Dalam satu software kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai macam keperluan atau pencatatan transaksi seperti fitur mencatat modal awal, penjualan, hutang-piutang, pembelian, kas masuk, kas keluar penyesuaian, persediaan, dan jurnal umum.  

Kita hanya perlu menginput atau mengentri data harian seperti penjualan, pembelian, transaksi yang berkaitan dengan kas dan biaya, follow up hutang piutang dan sebagainya agar nantinya bisa ditarik atau dibuat laporan keuangan. Hal ini tentu akan sangat efisien dibandingkan melakukan pencatatan dengan cara manual baik itu di buku tulis maupun di Microsoft Excel.


2. Mempercepat dan Mempermudah  Pembukuan dan Pembuatan Laporan

Alasan dan keuntungan lain menggunakan software akuntansi adalah mudahnya membuat laporan keuangan. Dengan software akuntansi, semua transaksi yang telah ter-input langsung bisa disajikan dalam bentuk laporan. Nggak perlu ribet-ribet lagi bikin laporan keuangan di secarik kertas atau buku bahkan memakai Microsoft Excel yang tentunya akan memakan waktu lebih lama plus butuh ketelitian super ekstra.

Setelah semua transaksi selesai di input maka ketika para pemilik usaha menginginkan suatu laporan misalnya laporan laba rugi pada akhir periode keuangan, maka pemilik tersebut hanya tinggal membuka dan men-klik menu laporan keuangan laba rugi dalam software akuntansi aja. Praktis kan?

3. Controlling, Meminimalisir Fraud atau Kecurangan yang Berujung Kerugian

Dalam bisnis apapun, stok atau persediaan barang, pengontrolan hutang  piutang, atau perihal uang kas sekalipun harus selalu dijalankan dibawah pengawasan. Saat tidak dilakukan pengawasan, atau pengawasan yang diterapkan kurang maksimal, maka resiko terbesar adalah peluang terjadinya fraud atau kecurangan.

Fraud atau kecurangan ini bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya karena kecurangan atau pencurian yang dilakukan oleh karyawan yang memanfaatkan kelemahan atau celah minimnya pembukuan dan pengawasan dalam bisnis tersebut. 

Dengan menggunakan software akuntansi nantinya controlling stok atau persediaan, pengecekan hutang piutang dan pengawasan Cash On Hand atau kas ditangan bisa lebih mudah dilakukan dan bisa mengurangi kerugian akibat barang hilang atau modus pencurian lainnya. 


4. Membantu Mempermudah Analisa Bisnis

Dengan menggunakan software akuntansi maka para pelaku bisnis UKM bisa mengetahui besaran keuntungan maupun kerugian yang dialami. Selain itu dengan memanfaatkan laporan yang dibuat, para pemilik bisnis UKM juga bisa menganalisa penyebab kebocoran, ketidakefisiensian biaya atau pengeluaran dan lain sebagainya. 

Tentu tujuan mengetahui hal-hal tersebut untuk mengambil tindakan atau mengantisipasi agar kebocoran biaya atau ketidakefisiensian pengeluaran tak akan terulang dimasa mendatang.


5. Mudah Digunakan Bahkan Untuk Mereka yang Awam Akuntansi

Kalau dulu memakai software akuntansi untuk bisnis UKM terdengar sangat awam bahkan menyeramkan, tapi dengan kecanggihan software akuntansi di era milenial ini semua fitur yang ada bisa memudahkan para user atau pengguna untuk mengakses semua menu atau fitur, menginput data atau transaksi sampai membuat laporan keuangan bahkan untuk mereka yang belum mengenal akuntansi sebelumnya.

6. Mempercepat Bisnis Naik Kelas

Kelebihan-kelebihan di atas bisa mempercepat dan membantu perkembangan #bisnismunaikkelas. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh software-software aku tak setelah sangat mumpuni dan bisa men-suport para yang ingin menyajikan laporan keuangan secara aktual. Bisnismu nggak akan ketinggalan zaman dan bisa terus mengawasi jalannya bisnis secara cepat.

Jangan Salah Pilih, Berikut Adalah Pertimbangan Memilih Software Akuntansi yang Tepat Untuk Bisnis Kamu

  • Faktor Kegunaan Software Akuntansi

Sebagai pelaku bisnis kamu tentu harus tahu dan paham software akuntansi seperti apa yang kamu butuhkan. Saat ini ada berbagai macam jenis software akuntansi mulai dari yang berbasis offline sampai online dengan media penyimpanan di cloud. Tentu secara kegunaan software akuntansi berbasis online akan lebih mempunyai banyak manfaat dan kelebihan dibandingkan software akuntansi berbasis offline. Jangan lupa dia dulu apakah mengharuskanmu memakai software akuntansi berbasis online yang harganya lebih mahal.

  • Harga Software Akuntansi

Salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan ketika hendak memilih software akuntansi untuk bisnis UKM adalah kisaran harga dari software tersebut. Kamu juga harus mengetahui kemampuan bisnis kamu yang masih tergolong ber-omzet kecil dan menengah. Lebih baik untuk membeli software akuntansi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya sesuai dengan budget yang dimiliki.

  • Fitur Yang Terdapat Dalam Software Akuntansi

Software akuntansi memiliki beberapa berbagai menu atau fitur, namun tidak semua fitur yang ada di software akuntansi mungkin akan kamu butuhkan. Pastikan aja software akuntansi yang kamu pilih cocok untuk diterapkan pada bisnis kamu. 

Minimal software tersebut mempunyai fitur dasar akuntansi seperti mencetak faktur atau invoice, mencatat biaya yang masuk dan keluar, pembuatan laporan keuangan, data pelanggan maupun supplier, serta fitur untuk mencatat atau mereka data produk agar mempermudah pelacakan atau moving atau pergerakan barang masuk dan keluar. 

Jika diperlukan fitur untuk membantu proses pembuatan laporan pajak maka Carilah software akuntansi yang mempunyai menu atau fitur tersebut. Tentunya pasti kan software akuntansi tersebut men-suport pembuatan faktur yang sesuai di Indonesia

Software Akuntansi Accurate Untuk Bisnis UKM 

Nah buat kalian yang mempunyai bisnis UKM dan ingin memiliki software akuntansi untuk mendukung #bisnismunaikkelas maka kamu harus menggunakan software akuntansi dari Accurate.

Aku sendiri mendengar software akuntansi bernama Accurate ini sejak duduk di bangku perkuliahan saat menempuh pendidikan di jurusan Akuntansi. Nama Accurate sudah sangat termasyhur di dunia pendidikan atau dan tentu di dunia bisnis dan industri sehingga nggak perlu lagi dilakukan kredibilitasnya. 

Lepas masa perkuliahan aku pu beruntung bisa mempraktekkan ilmu akuntansi di dunia kerja dan mempertemukanku lagi dengan software akuntansi Accurate.

Menurut pengalamanku sebagai user, software akuntansi ini memang mudah banget buat di operasikan. Kamu hanya perlu teliti memasukkan data entry-an ke software Accurate agar bisa menghasilkan laporan keuanga yang rapi dan akurat.

Software akuntansi Accurate adalah software terbaik yang cocok untuk kamu yang menghendaki pembuatan laporan pajak karena fitur di dalamnya telah disesuaikan dengan peraturan perpajakan Indonesia dan dapat dikoneksikan dengan faktor untuk pembuatan faktur pajak penjualan untuk kepentingan perpajakan.

Tak hanya meladeni kebutuhan perusahaan atau industri besar, tapi saat ini akurat juga men-support dengan software akuntansi untuk bisnis UKM dengan adanya Accurate Lite.



Ingat ya salah memilih software akuntansi bisa menimbulkan banyak kerugian karena berhubungan dengan laporan keuangan yang akan menunjukkan angka-angka berkaitan dengan kondisi bisnis mu.

Jadi, bisnismu #kapannaikkelas?

**


RINI NOVITA SARI




rinienoe46@gmail.com

IG @rinie_noe






Baca Juga
SHARE
Celoteh Dini Hari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine!

Related Posts

Subscribe to get free updates

128 comments

  1. Harus dong. Usaha yang dijalan akan semakin baik dengan pengelolaan keuangan yang rapi dan tertata.

    IKM dan UKM binaan pada nanyain yang kek begini sih. Tapi belum bisa jawab. Alhamdulillah ntar tak tunjukkan ke IKM dan UKM binaan yang ada disini. Tentunya biar baik kelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak. Biasanya mungkin spt alasan diatas byk yg mikir pake software itu ribet dan mahal.

      Semoga makin byk yg aware demi kemajuan bisnis masing2 ya kak

      Delete
  2. Jadi pengen belajar akuntansi Mak. Pengen bisa juga menggunakan accurate. Belum prrnah make.

    ReplyDelete
  3. Saya rasa karena belum merasakan langsung manfaat dari memiliki software akuntansi sehingga umkm enggan beranjak dari keadaan saat ini ditambah sudah puas dengan sistem pembukuan yang dimiliki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beul mas ginting. Masih byk yg awan.. Dikira pake software harus ribet2an dan cuma bisa dipakai sama pengusaha besar aja kayaknya..

      Moga makin byk bisnis ukm yg sadar manfaatnya ya. Hehe

      Delete
  4. Iya bener banget. Masih banyak yg malas membuat catatan keuangan karena merasa ribet dan gak tahu ilmunya. Padahal namanya bisnis pastinya ingin untung sebesar-besarnya kan ya...
    Adanya informasi ini diharapkan bisa nambah kesadaran para pelaku usaha nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krna byk pebisnis ukm yang jalanin bisnisnya dengan prinsip "yang penting jalan " kak, kayaknya yaa..

      Iya smoga byk yg tau nantinya.. Toh yaa gampang pemakaian nya

      Delete
    2. Amin. Iya apalagi jaman serba digitalisasi seperti saat ini, transaksi keuangan sudah menjadi keharusan ya

      Delete
  5. Saya kerja di Bank, pernah jd akuntan. Cmn memang hrs bener2 paham ttg akuntan, krn ilmu ini gak main2 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk pemakaian software ini sbenernya udah dimudahkan sih mbak. Asal mau belajar aja.

      Soalnya semua menu udah tersedia kan tinggal entry data awal aja. Makanya UKM pun skg bisa pakai software beginian.

      Perkara keputusan finansialnya emang harus yg ngerti akuntansi dan manajemen

      Delete
    2. Cuman boss sy pernah bilang, kalau jd akuntan hrs bisa pke cara manual dan pke otomatis. Maklum boss ud tua, dia takut klo mislkn lg ngerjain tiba2 mati lampu atau gak ad back up an nya

      Delete
  6. Pencatatan cashflow keuangan secara manual pada sebuah usaha memang ribet banget. Dulu waktu masih megang percetakan kudu ngitung lamaa di buku cashflow tiap akhir bulan.
    Kalau ada software gini praktis banget ya Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, kalau manual ribet pas akhir bulannya pasti lama buat susun laporam.. klo udah di software mah, asal hariannya di input rutin akhir bulan tinggal klik klik menu doang hehe

      Delete
  7. Sptnya emg sebaiknya deh mengikuti perkembangan teknologi. Kayak mau pesan/bayar makanan atau minuman aja, zaman now warung² sederhana udah pake tablet aja n ada aplikasinya ya, jd ga perlu PC n mesin kasir yg gede udah otomatis aja. Apalagi pembukuan, penting banget. Tfs Mbak Rin

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahkan pake hp doang skrg dah bisa mbak :D canggih pol

      Delete
  8. Fitur Accurate ini.mantab soul bangett ya Mbaaa
    Cocok utk para pelaku UMkM.

    Semoga makin cetharrr bisnisnya dan naik kelas

    ReplyDelete
  9. Jadi keinget warung tetangga yg tutup. Coba dia punya pembukuan spt ini, mungkin msh buka deh. Walaupun banyak faktor juga, misalnya adanya minimarket, jadi kalah saingan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya klo warung tradisional emang byk kalah saing sama minimarket sih mbak, tapi klo toko grosiran harusnya nggak kalah sama grosiran besar,, harga pokoknya sama2 dpt murah soalnya

      Delete
    2. Nah ini...ada koperasi di lingkungan RW, bisa banget ya pakai Accurate. Masih jalan sih karena deket SD dan masjid ya rame aja...

      Delete
    3. Software ini beneran membantu memudahkan pencatatan transaksi saja sih, yang mana menrupakan satu bagian dari kesuksesan suatu usaha. Untuk faktor utamanya lebih ke marketing dan branding.

      Delete
  10. Mau tak mau, kita harus mengikuti perkembangan zaman ya. Peran teknologi tidak bisa kita abaikan bgtu saja, karena dengan teknologi, pekerjaan akan lebih mudah tercover.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar nggak kalah sama kompetitor juga mas jadi harus update teknologi juga sih..

      Delete
    2. Setiap individupun harus wajib belajar banyak tentang teknologi. Karena kalau tidak, dikhawatirkan akan kalah dengan kecerdasan buatan (AI).
      Karena teknologi semakin lama akan semakin cerdas..

      Delete
  11. Sekarang praktis banget yaa ada softwarenya, dulu saya pake manual dong dan masih pake aplikasi yg sederhana kaya excell gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. excel skrg udah byk hanya untuk supporting dan modif laporan aja sih kak, udah byk yg beralih ke software sih seharusnya

      Delete
  12. Apaa? Toko Cahaya yang stok barang jualannya banyak begitu masih menghitung dengan cara manual. Pakai kalkulator dan bukti pembayarannya juga manual? Sayang banget deh. Aku setuju sama mba Rini. Kalau pakai Software Akuntansi akan lebih mudah, cepat, terus meminimalisir kecurangan juga kan. Apalagi kalau pakai yang online tersambung ke penyimpanan cloud. Enggak takut hilang. Kalau pakai buku terus hilang auto bingung sama laporannya. Sepertinya pemilik UMKM harus dikumpulkan dulu dalam talkshow gitu deh sambil mencoba langsung software akuntansinya supaya lebih sadar fungsinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak, klo mau yg mahalan idkit bisa sekligus yang penimpanan cloud, tapi buat UKM oakai yang accurate lite rasanya udah tercover deh, cukup pakai smartphone

      iyaa sayang bgt nih semuanya serba manual euy

      Delete
  13. Kemajuan teknologi termasuk software akuntansi saat ini, menurut saya wajib dimanfaatkan oleh pelaku UMKM agar lebih efektif dan efisien, kalau gak, bisa kalah cepat dengan UMKM lain yang sudah mengaplikasikan. Kini kalau mau survive ya wajib ikuti perkembangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak, soalnya klo pembukuan nggak rapi pasti susah mau nglakuin pengawasannya juga

      Delete
  14. Pertama memang si penjual atau pemilik toko harus melek digital dulu. Kadang mereka punya HP bagus, tapi sekadar tahu nerima pesan dan angkat telpon doang, atau sebatas Facebook-an, gak mau 'kepo' cari informasi bahwa banyak hal bisa dilakukan untuk memajukan bisnis. Tahunya jualan dan uang tiap akhir bulan di laci kasir nambah. Mereka mungkin untung, namun sesungguhnya mereka bisa memaksimalkan keuntungan dengan mengadopsi software akuntansi digital ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Padhal sekarang software akuntansi begini bisa diterapkan dengan smartphone aja. Nggak harus ada PC di toko atau usahanya..

      Semoga byk yg lebih aware biar bisnis mereka juga makin naik kelas mbak

      Delete
    2. Jika sosialisasinya lebih luas, plus iklannya menarik (misalnya muncul di YouTube atau TV), pasti dah ini langsung naik daun.

      Delete
  15. Selalu suka dengan infografisnya mb Rini. Salah satu dari sekian banyak blogger yang meluangkan waktu dan tenaga mendesignnya.

    Software akuntansi ini memang penting banget buat mendokumentasikan secara jelas cash flow bisnis, meskipun hanya toko kecil. Transparansi dan akuntabilitas yang saat ini memang sudah jamannya untuk diadopsi semua pelaku bisnis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kakak arieee kecehhh udah mengapresiasi infografisku, hahhaa :v

      bener banget bunggmmmm nggak cuman perushaaan gede aja yang butuh pembukuan loh,,

      Delete
  16. Saya juga menggunakan sistem akutansi sederhana untuk memantau pembukuan toko. Membantu banget dari melihat stok produk sampai menghitung laba-rugi selama periode tertentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh enakk nih yang udah lgsg ngrasain,, nggak ribet kan kak pengoperasiannya? takin deh pasti byk manfaat yg dirasain

      Delete
  17. Pelaku UKM seringkali tidak paham dengan pentingnya pembukuan keuangan yang baik. Akhirnya modal abis, tapi pengeluaran tidak tercatat semua. Untunglah ada software akuntansi seperti Accurate ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas fadli, banyak yang masih mengabakan pembukuan si :v

      Delete
    2. Mudah-mudahan yabg mengabaikan itu bisa baca tulisan Mbak Rini yang ini, biar ngeh hhe

      Delete
  18. Serius, penyajian tulisannya bagus banget. Isi kontennya juga, aku jadi sedikit memahami Accurate dan pentingnya buat dipake usaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasihh loh kak dah mampir :v

      moga yang nggak tau dan nggak ngerti akuntansi jadi lebih paham si pas baca artikel ini.. maaf jaid kepanjangan ya artikelnya? wkwkw

      Delete
  19. wagelaseh mba, keren banget deh penjelasannya. Manfaat penggunaan software akuntasi ini ternyata banyak ya.. nanti saya suruh bude yg punya toserba disebelah supaya baca blognya mba deh!

    ReplyDelete
  20. Pengelolaan keuangan memang penting banget, karena di sana bisa dilakukan kontrol laju keuangan usaha.
    Dengan software akutansi, pastinya jadi lebih efisien.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak pasti lebih praktis dan efisien :D

      Delete
    2. Jika manajemen rapi, maka usaha akan berkembang dengan baik, kaena kontrolnya raapi ya.

      Delete
  21. UKM kadang mikir belajar komputer tuh ribet dan jlimet. Makanya mereka males. Keluarga n tetanggaku masih banyak yg kayak gitu. Padahal seandainya mereka tahu, komputer justru bikin pekerjaan mereka jadi mudah. Bagus artikelnya, mbak. Ntar bisa aku sodorin sama temen2 UKM yg masih males ama komputer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak itu emang salah satu alasan sih,,,

      haha pasti memudahkan pake komputer itu, pun klo gak ada, skrg software akuntansi ada yg versi mobile gitu loh

      Delete
  22. kayanya hampir semua orang hari ini adalah pelaku UKM ya kak.. kalo onlinshop termasuk hahahah tapi berarti hampir semua orang juga butuh aplikasi ini.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, online shop perlu juga loh pembukuan,, mana fitur buat online shop itu lebih kece klo pake yang berbasis online

      Delete
  23. Baru tahu nih ttg Accurate ini. Bagus ya..mudah2an makin banyak sosialisasi ttg pentingnya software akuntansi ini shg banyk UKM naik kelas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin kak, aku juga lagi kebayang nih

      coba ada lmbaga atau komunitas atau dri accurate sndiri yang bikin agenda sosialiasasi ke para penggiat UKM tentang pentingnya pemakaian software ini, mungkin jadi lbh byk yg aware yaaa

      Delete
  24. Mbak aku baru tahu software secanggih ini. Apalagi untuk ukm lebih mudah ngitur arus kasnya.

    ReplyDelete
  25. Iya umkm biasanya masih manual karena lebih simpel. Mudah2an banyak yg mau belajar pake software supaya lbh rapi dan efisien akuntansinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang simple mbak, tapi susak klo mau narik data akurat misal laba atau keuntungannya gitu, biasanya bisnisnya asal jalan aja,,

      Delete
  26. Senangnya kalau sangat memudahkan UMKM ini. Mudah juga digunakan untuk orang awam ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, nggak harus yg jago akuntansi kok yg pake

      Delete
  27. Semoga para pelaku UMKM bisa tahu mengenai software ini ya jadi dalam membangun usaha ga ribet2 banget dan benar-membantu pekerjaan mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngurangin kemungkinan pegawe2 nya curang juga bisa kak, control stocknya dah okeee

      Delete
  28. Nah banyak nih yang menganggap sepele tentang pembukuan/keuangan satu ukm, program ini sangat membantu apa lg seperti ak yg males rubet-ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada pembukuan, ga bakal bisa tau keuntungan pastinya mbak hehe

      Delete
  29. enak juga sekarang ada app yang praktis ya mba..inget jaman aku kuliah akuntansi duluuu

    ReplyDelete
  30. Aku udah cek aplikasi ini mbak, beneran mudah banget buat input dan juga menjawab segala kebutuhan pencatatan sederhana dan tidak sulit dimengerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thx mbak arda dah berkunjung kemari :*

      Delete
    2. Terima kasih juga mbak Dini buat pencerahannya, soalnya udah lama banget enggak otak-atik akuntansi nih hehe.

      Delete
  31. Iya penting banget memang pencatatan akuntansi itu sbg yg lulusan dr akuntansi sy mengiyakan banget nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama ya kita haha... aku mah zaman jadul tapinya hehe.skrg udah punya anak kuliah berarti sudah lama banget ya :D

      Delete
  32. Bagus nih infografisnya. Emang bener deh ya toko-toko seperti itu masih belum pakai pembukuan. Jadi ga tau untungnya berapa. Alhasil, gak naik-naik kelas karena nanti uangnya kepake lagi buat biaya sehari-hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sering kecampur uang pribadi sama uang bisnis jadinya kak

      Delete
  33. Artikelnya lengkap mbak. Seneng bacanya. Terbantu banget nih sama fiturnya

    ReplyDelete
  34. Duh, saya nih suka malas ngerjain pembukuan. Apalagi zaman kuliah hehehe. Kalauada software begini membantu banget, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha jaman kuliah belajarnya malah tulis tangan kan bikin laporannya mbak,,, hihi

      Delete
  35. Sayang sekali toko sebesar Toko Cahaya itu tidak menggunakan pembukuan yang baik. Padahal karyawannya juga banyak.
    Seandainya UMKM seperti Toko Cahaya tadi, mau menggunakan software akuntansi, pasti pencatatan keuangan usahanya akan lebih cermat dan akurat. Dengan begitu, usaha mereka bisa naik kelas ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbak nurul,, kalao pembukuan nggk ada, pengawasan minim, untung atau ruginya nggak bisa kelihatan

      Delete
  36. Zaman saya masih kerja di toko peralatan listrik dan elektronik kecul yang punya beberapa cabang, pusing nian harus urus pembukuan tiap akhir bulan karena masih manual.
    Masih banyak toko usaha menengah kecil yang mengandalkan pembukuan manual padahal menurut saya ribet dan membingungkan. Ilmu akuntansi yang diperoleh masa SMP dan SMU dalam pelajaran ekonomi saja cuma bikin senewen.
    Zaman berubah, memang pelaku usaha menengah kecil harus punya cara terbaik agar bisnisnya berkembang. Perangkat lunak seperti Accurate itu bisa membantu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh asti akhir bulan ribet di laporan doang ya mbak? belum tentu akurat lgi kan laporannya org semua serba manual,,

      skrg mah alhamdulillah byk cara prkatisnya,, nggak bisa akuntansi pun bisa gampang loh pakai sistem itu

      Delete
    2. Manual gitu hanya dengan mengandalkan kalkulator saja bikin saya senewen karena tanpa sadar pernah salah masukkan angka sampai bingung lihat hasilnya tetapi tidak tahu di mana letak salahnya. Pokoknya argh amat.
      Adanya aplikasi Accurate membantu bangey karena usaha kecil banyak tersebar di mana-mana tetapi pembukuannya payah dan mengandalkan kalkulator plus kertas. Padahal penghitungan data juga butuh bantaun teknologi agar jemat waktu dan tenaga, serta yang ngerjain gak pusing tujuh keliling, he he.
      Infografisnya bagus. Kece badai.

      Delete
  37. jadi ingat waktu dulu skripsi bikin program yang kayak gini software untuk pembukuan eh tapi sekarang udah lupaa caranya :D malah sekarang balik manual pake excel hehe

    ReplyDelete
  38. Infografisnya bagus mba. Kena banget. Sepakat aku bahwa pengaturan keuangan itu penting dicatat dalam pembukuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kaka, moga dgn infografisnya yang baca jadi lebih gampang mahamin ulasan yang aku kasih, hehe amin

      Delete
  39. Zaman sekarang setiap usaha kyknya terbantu dengan software akutansi kyk gini ya mbak. Tapi tetep yang nginput data jg kudu dicari mereka yang teliti krn user juga berpengaruh hehe.
    Kalau pencatatannya udah kyk gini biasanya makin gampang review dan memprediksi keuntungan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, tetep aja secanggih apapun software SDM tetap penting, yang penting dikasih arahan untuk teliti pas input begitu hehe

      Delete
  40. Nah ini, pemahaman ttg UMKM dr basic juga kayaknya blm semua paham mb, pahamnya yg penting produksi dan pemasaran, kebanyakan masih lemah di sisi manajemen, termasuk penggunaan semacam accurate ini. Tulisan mbak mencerahkan dan complete.

    ReplyDelete
  41. Zaman sekarang semakin praktis ya. Software, bahkan aplikasi pembukuan sudah tersedia. Tinggal install dan pakai. Dulu ya, kakak saya sering dapet orderan bikin software kayak gini. Tapi dulu ribeeet banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren kakaknya anak IT mbak nia?? ribet loh itu pastiii

      Delete
  42. Sekarang ini apa-apa serba digital ya Mbak. Dan tentunya lebih memudahkan juga. Termasuk ketika menjalani bisnis, pencatatan keuangan itu penting so pastinya para pelaku bisnis akan sangat terbantu dengan adanya software seperti software akuntansi ini.

    ReplyDelete
  43. Saya sendiri juga prefer pakai aplikasi keuangan Mbak. Walaupun ada background akuntansi. Hehehe, demi kepraktisan saja ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener klo biar praktis tdan akurat mending software sih mbak,, minimalisir kesalahan juga

      Delete
  44. Penasaran sama harga software ini dan apakah sudah bisa digunakan melalui handphone, ya. Karena, sekarang ini para pemilik toko online juga sudah membutuhkan aplikasi keuangan seperti ini. Pengen ngerekomendasiin ke pebisnis online jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lagsung kepoin webstenya accurate mbak hihi, ada yang 200rb perbulan juga,,, mobile bisa,, via hp aja

      Delete
  45. Oo, dengan software akuntansi begini, orang yang gak mengenal akuntansi pun bisa denganmudah menjalankan ssoftware nya ya mba Rini..
    Memang orang yang termasuk generasi baby boomers seperti ibuku contohnya, beliau menjalankan warungnya sea dan ya dengan cara konvensional, masih merasa bahwa pengalaman berjualan puluhan tahun itu sudah mumpuni tanpa harus dicatat. Padahal dengan software begini menjadi lebih tertata rapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu kak, emang byk yg begitu, emamng sih bisnis jalan terus selama ada pembeli, tapi mreka akan bingung buat tahu nominal keuntungan atau misla pas rugi berapa ruginya,

      susah juga misahin uang pribadi sama uang bisnis klo nggak ada laporan pastinya, belum lagi masalah persediaan barang dagangnya, klo ga di controll mana tau ada karyawan yg nyuri atau ada kekeliruan pas itung stok gitu

      Delete
  46. sekarang mah enak banget ada berbagai software kayak begini tinggal milih deh yang cocok sama bisnisnya praktis ya mba

    ReplyDelete
  47. keren nih,, solusi untuk pelaku UKM yang tidak memiliki keterampilan bidang akuntansi ga perlu bingung karena sudah ada aplikasi Accurate yang akan memudahkan pekerjaan pembukuan keuangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Softwarenya sangat membantu sebenanrya tapi karena dampaknya ga dirasakan manfaatnya langsung plus sudah mengeluarkan uang untuk membelinya..jadi beberapa ukm enggan untuk menggunakannya

      Delete
  48. Keren banget dah editan fotonya mbak, btw emang ya walaupun UKM sekalipun juga butuh yang namanya pembukuan supaya mudah dan cepat.

    ReplyDelete
  49. Pembukuan sederhana ya harus gampang digunakan apalagi buat UMKM yang ga mau ribet dengan accurate bisa teratasi ya kak, software memang identik dengan kata mahal ahh, padahal ga juga ya kak. Semoga UMKM dan pedagang kecil udah menggunakan accurate ya kak, biat terkontrol pembukuan masuk dan keluarnya barang yang dijual.

    ReplyDelete
  50. Pembukuan keuangan itu penting banget kak. Apalagi untuk yang punya usaha. Lha, sekelas keuangan keluarga aja kalo ga dicatet bisa mumet, 'kemana ya larinya uang ini.. kok udah abis aja.' Sering bgt gini

    ReplyDelete
  51. Sulit sih emang untuk meyakini para pelaku usaha kecil ini. Padahal, software akuntansi bisa bikin pembukuan jadi lebih rapi, mudah dan minim kesalahan. Dan cocok banget buat ukm yang mau maju.
    Saya bisa memahami sih mengapa mereka merasa belum butuh, kebanyakan ukm ini sudah puas jika barang mereka bisa terjual, yg penting ada modal lagi buat belanja stok selanjutnya alias tidak rugi saja udh cukup.

    ReplyDelete
  52. Semoga UMKM Indonesia makin maju, dan melek teknologi. Soalnya untuk pembukuanini sangat krusial banget untuk kemajuan suatu usaha. Banyak yang akhirnya tutup karena pembukuannya gak jelas.

    ReplyDelete
  53. Maju terus perkembangan teknologi di Indonesia.. Singkirkan cara cara primitif yg sudah ketinggalan jaman.. Sudah saatnya generasi mendatang menggunakan aplikasi transaksi yg akurat dan terhindar dari kecurangan.. Eksaitit dah pokoknya..

    ReplyDelete
  54. Kalau saya liat kasir2 di minimarket itu ngitungnya pake komputer gitu. Apakah itu juga software akuntansi ?

    ReplyDelete
  55. Untuk pembukuan suatu usaha, menurut saya memang baiknya pakai software, Mba, karena pakai software akan mengurangi kesalahan penghitungan

    ReplyDelete
  56. Lumayan nih. Nambah2 wawasan tentang accounting! Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  57. aku dulu punya usaha mba, cuma akhirnya terpaksa tutup karena aku ga pandai dalam pencatatan. ah andai aku sudah kenal software ini pasti lebih baik deh bisnisnya. huhuhu

    ReplyDelete
  58. Memang perlu banget pencatatan dengan cloud, apalagi kalau punya banyak karyawan. Meskipun digaji, kadang ya, yang tidak jujur ada juga. Sistem pencatatan dengan Accurate ini bisa bantu banyak jg

    ReplyDelete
  59. Aku setuju banget mbak untuk melakukan pencatatan yang rapi dan terstruktur bagi sebuah bisnis, agar nantinya bisa disusun laporan rugi laba demi perkembangan bisnis.

    Dan bener banget tulisan mbak Rini lengkap banget, bisa jadi acuan bagi siapapun yang ingin belajar pembukuan tentang keuangan perusahaan dan pentingnya software akuntansi untuk sebuah bisnis. TFS ya mbak.

    ReplyDelete
  60. Nah ini jadi PR siapa utk mengenalkan software akuntansi ini ke pelaku UKM, mbak?

    Kataku sih, sales marketingnya Accurate bisa memberikan pelatihan atau trial software kepada pelaku UKM untuk bisa merasakan manfaatnya..

    ReplyDelete
  61. Accurate udah secanggih gini aseli, dulu sekitar 5tahunan lalu pernah pakai buat praktek akuntansi selama di SMK dan bisa digunakan untuk bisnis UMKM juga ya? Membantu banget sih ini kalau buat yang mau naik kelas dan disiplin di keuangan

    ReplyDelete

  62. Duh, jadi merasa bersalah banget, dulu jaman sekolah, diajarin menggunakan software akuntansi, tapi kerja malah gak digunakan. Padahal bisa banget dikembangkan untuk membantu para pelaku UMKM.

    Pencatatan yang rapi dan sistematis itu juga akan sangat membantu bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Semoga mereka mau belajar tentang software akuntansi sebagai pembukuan yang lebih mudah dan praktis.

    ReplyDelete
  63. Sudah sepatutunya UMKM menggunakan pembukuam agar arus pemasukan dan pengeluaran bisa diketahui aliran pos nya. Dengan adanya software ini tentunya membantu pelaku usama UMKM.

    ReplyDelete
  64. Sudah sepatutnya para pelaku UMKM menggunakan pembukuan agar arus pengeluaran dan pemasukan supaya arusnya bisa diketahui. Dengan adanya software ini tentunya membantu pelaku UMKM.

    ReplyDelete
  65. Wah aku termasuk orang yang puyeng banget klo harus pakai sistem, padahal pak suami kerjaannya bikin software beginian hahahaha

    Memang sih kalau mau maju dalam bisnis, pencatatannya juga harus akurat, jelas dan transparan. Biar naik kelas. Semoga UKM-UKM di Indonesi makin makin pentingnya software begini ya

    ReplyDelete
  66. Wah, ini mini toko udah pake sistem software akuntansi accurate ya kak. Aku rencananya baru mau bangun bisnis, rencananya konvensi, dan aku rasa perlu juga ni software ya kan kak

    ReplyDelete
  67. Ini bisa untuk online shop jg Kali ya. Pasti lebih memudahkan dibanding pake pembukuan manual. Bener nggak kak?

    ReplyDelete
  68. Wahh bermanfaat banget nih, semua jadi makin jelas dan tertata ya.. boleh dong kalo ada referensi aplikasi sejenis ini lagii

    ReplyDelete
  69. Saya nih yg paling pusing klo liat angka. Bakal terbantu pasti klo pake Accurate.
    Memang bener masih banyak pebisnis UKM yg enggan menggunakan aplikasi/software pencatat semacam ini. Bahkan ada pengusaha bakso & mi ayam langgananku yg udah punya banyak karyawan tapi tetap aja ngitungnya cuma pake kalkulator manual. Karena mereka belum melek teknologi. Padahal klo liat hp mah tiap hari pasti. Giliran diminta belajar sudah ogah dluan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post