24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Tahukah Kamu Apakah Perusahaan Sekuritas itu? Yuk Simak Penjelasan Berikut

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Tahukah Kamu Apakah Perusahaan Sekuritas itu? Yuk Simak Penjelasan Berikut

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang bergerak di bidang transaksi jual beli efek. Perusahaan sekuritas tidak mengeluarkan efek tetapi hanya menjadi perantara antara investor dengan pasar modal dalam melakukan transaksi jual beli efek.

Ada beberapa istilah yang terdapat dalam perusahaan sekuritas jika kamu sudah terbiasa dengan dunia bisnis saham pasti kamu mengetahuinya. seperti pialang yaitu organisasi yang melakukan transaksi efek di pihak investor bertugas untuk membeli, menjual dan memperdagangkan portofolio investasi. Dealer adalah organisasi yang membeli atau menjual sekuritas dari portofolio mereka sendiri untuk kemudian ditawarkan kepada investor yang akan membeli.
Perusahaan Sekuritas

Peran-Peran Dalam Perusahaan Sekuritas

Broken dealer yaitu organisasi yang mengkombinasikan antara pialang dan dealer. Broken dealer akan menjadi perantara yang menyediakan layanan sekuritas seperti pemberian rekomendasi, analisis saham dan layanan lainnya baik bagi perusahaan maupun individu. Berikut adalah peran-peran dalam perusahaan sekuritas:

Broker

Pihak perantara dalam perusahaan sekuritas dipanggil broker. Sebagai pihak perantara, broker tidak menjual atau membeli efek atau saham secara langsung tetapi broker akan hanya memberikan rekomendasi kepada investor perihal saham yang potensial bersamaan dengan waktu transaksi yang tepat.

Broker dibagi ke dalam tiga jenis yaitu full service broker yaitu dengan broker jasa penuh, discount broker yaitu dengan broker jasa sebagian, dan deep discount broker yaitu broker yang hanya memelihara rekening nasabah dan eksekusi jual beli.

Kegiatan Usaha Perusahaan Sekuritas

Didalam perusahaan sekuritas tentu saja mengatur saham-saham atau surat berharga lainnya . Orang yang sudah aktif dalam berinvestasi atau bermain saham pasti sudah jelas mengetahui perusahaan sekuritas ini.

Ada dua kegiatan yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas, yaitu perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek. Perantara perdagangan efek dalam kegiatan ini perusahaan sekuritas bertanggung jawab dalam dua hal, yang pertama tentang pelaksanaan kegiatan jual beli efek atau surat berharga untuk kepentingan sendiri atau pihak lainnya. Yang kedua, pelaksanaan jual beli saham dan obligasi yang dapat dilakukan melalui bursa efek atau diluar bursa efek .

Penjamin Emisi Efek

Apa itu penjamin emisi efek? Ialah tanggung jawab yang utama dari perusahaan sekuritas sebagai penjamin emisi. Artinya perusahaan sekuritas membantu calon emiten dalam pelaksanaan penawaran umum saham (IPO) dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli efek yang tidak terjual.

Lalu Apa Bedanya Perusahaan Sekuritas dengan Perbankan Investasi? 

Perusahaan sekuritas seringkali memang dikaitkan dengan perbankan investasi. Memang kedua duanya sangat berkaitan. Tetapi dalam hal ini, perusahaan sekuritas tidak sama dengan perbankan investasi. Mau bagaimanapun perbankan investasi bertanggung jawab untuk membantu investor dalam menerbitkan sekuritas terutama saham dan obligasi.

Maksudnya adalah perbankan investasi dapat menerbitkan saham baru dalam pelaksanaan perannya. Sedangkan, dalam perusahaan sekuritas hanya dapat membantu investor dalam proses perdagangan sekuritas di pasar modal. Dengan begitu, menjadi perusahaan sekuritas hanya menjadi perantara bagi investor dan saham baru yang akan diperdagangkan di pasar modal.

Jika kamu tertarik ingin berinvestasi dan menanam saham tetapi masih bingung memilih perusahaan sekuritasnya, kamu bisa membeli saham di mandiri sekuritas yang merupakan salah satu perusahaan sekuritas milik pemerintah di Indonesia. 



RINI NOVITA SARI
rinienoe46@gmail.com
Baca Juga
SHARE
Celoteh Dini Hari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post