24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Pilih Mana ? Blog Niche Atau Blog Gado-Gado. Apa Ada Hubungannya Dengan Gender?

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Pilih Mana ? Blog Niche Atau Blog Gado-Gado. Apa Ada Hubungannya Dengan Gender?

Alasan Memilih Tema Blog Gado-Gado (Campuran) – HAI, HAI, balik lagi nih mau bahas masalah blogging, dan kali ini aku mengangkat dan menjawab pertanyaan beberapa teman yang menanyakan: 

"Kenapa sih kok tema blog nya gado-gado atau campuran?”
Apa untungnya?”
Boleh nggak sih satu blog membahas banyak tema atau topik?

Jawabannya tentulah BOLEH, meski ada kerugiannya, tapi menurutku lebih banyak untungnya sih punya blog tema gado-gado atau campuran ini. Alasannya kenapa? Cus, ikuti artikel ini terus karena ada banyak point yang akan aku bahas. Hehe

**

Jadi, sekitar 1 tahun yang lalu saat baru bergabung di grup Facebook Blogger Indonesia mulai mengenal istilah istilah dalam dunia blogging. Nggak terhitung ada berapa banyak ilmu yang sudah aku dapatkan dari grup tersebut. Banyak banget pembahasan yang dibuka setiap hari oleh orang-orang apa blogger yang berbeda.

Meski fungsi atau pemanfaatan grup blogger tersebut sekarang udah terlalu melenceng jauh, tapi tetap harus aku akui bahwa grup tersebut mempunyai banyak andil dalam perkembangan blog celotehdinihari.com ini. Aku juga menemukan banyak informasi-informasi seputar blog dari teman-teman satu grup. Salah satu istilah dan hal baru yang baru aja aku tahu adalah "masalah tema atau topik blog".

Memang, menentukan tema atau topik pembahasan yang akan diangkat dalam blog kita adalah salah satu tahap awal yang harus dipikirkan secara matang. Karena itu nggak aneh jika ada blogger pemula yang menanyakan tentang masalah tema atau niche blog ini.
Blog Niche Atau Blog Gado-Gado

Emang ada topik apa aja sih yang diangkat para blogger ini?

Nah, ada 2 kategori nih berdasarkan yang aku simpulkan. Pertama blog niche, kedua blog campur atau temen-temen lebih suka nyebut blog gado-gado,. Hehe, iya, tau sendiri kan kalau gado-gado isinya macem-macem, ada sayur, lontong, kentang, telor, tahu, sambel kacang *duh sumpah jadi laper*

Apa itu Blog Niche dan Blog Gado-Gado

Buat temen-temen yang udah lama berkecimpung dalam dunia blogging tentu Udah nggak asing lagi dong dengan istilah blog dengan niche ataupun blog gado-gado.

Blog niche adalah blog yang membahas satu tema atau satu topik di dalamnya. Tentu tema atau topik ini adalah yang materinya dikuasai atau disenangi oleh pemilik blog. Misal blog yang membahas khusus teknologi atau gadget, khusus kesehatan, khusus asuransi, proses finansial, pendidikan dan lain sebagainya.

Blog gado-gado adalah istilah yang yang mewakili sebuah blog dengan banyak tema atau topik didalamnya. Biasanya jenis blog ini ada di Blog pribadi atau blog berita lagi. Nah loh ku ini adalah salah satu blog gado-gado karena mempunyai banyak tema atau topik pembahasan mulai dari masalah finansial, karir dan bisnis, lifestyle, review produk kecantikan, sampai review drama Korea.

Lebih bagus mana blog Niche atau blog gado-gado?

Ini sering banget aku dapetin dari temen-temen blogger yang baru mau mulai goblok. Sering juga aku lihat teman-teman blogger tanya di grup-grup blogger tentang hal ini.

Dan tentu kalau kita nyari tahu lebih bagus yang mana pasti jawabannya juga akan sesuai dengan siapa yang ngasih jawaban. Kalau aku sebagai blogger yang mempunyai blog gado-gado tentu aku bakalan jawab kalau blog gado-gado pada blok niche. Ya lebih enak dikunjungi aja.

Tapi tentu jawaban ini juga bakalan beda Jika kamu tanya sama anak atau blogger yang punya blog niche teknologi misalnya. Pasti mereka juga akan bilang kalau blog dengan niche tertentu itu lebih asik karena pembahasannya akan lebih mendetail tentang topik yang dibahas.

Well, aku nggak akan ributin blog seperti apa yang lebih baik atau lebih bagus. Cuman di sini aku akan menjabarkan beberapa keuntungan yang aku rasakan selama mempunyai blog gado-gado campuran.

Alasanku Memilih Blog Gado-Gado / Keuntungan Memiliki Blog Gado-Gado 

Cuman sekedar sharing, berikut adalah kelebihan kelebihan yang aku rasakan selama mempunyai Blog pribadi atau blog gado-gado dengan beberapa tema atau topik pembahasan.

  • Ide Menulis Mudah Didapatkan

Aku bisa menuliskan segala hal yang aku alami atau segala hal yang aku tahu dalam sebuah tulisan atau artikel dan sharing artikel tersebut ke siapapun. Beneran deh aku tuh kayak nggak pernah kehabisan ide, bahkan aku punya bank keyword yang cukup banyak buat nampung semua ide-ideku. Sayangnya emang waktuku masih terbatas untuk menulis semuanya. Semoga cepet habis ubah jadi artikel deh semua keyword yang udah aku punya.

Misalnya aja nih, aku sebagai karyawan swasta, aku bisa sharing tentang bagaimana dunia kerja, cara interview, bagaimana cara biar nggak bete di kantor, atau cara efektif kerja yang lainnya. Terus karena aku pernah kuliah atau menempuh pendidikan aku bisa sharing tuh perihal materi yang aku dapatkan. Karena aku pernah mengikuti les brevet pajak aku juga bisa sharing masalah hal itu.

Pokoknya semua aktivitas yang aku lakuin dan aku rasa bisa bermanfaat jika aku sering ke dunia maya maka aku akan tulis. Contohnya lagi saat aku mempunyai pekerjaan sampingan sebagai pengajar les privat. Disitu aku bisa sharing tentang bagaimana cara memulai menjadi guru les privat atau berapa sih kisaran harga untuk seorang guru les privat.

Well intinya, semua hal yang bisa dialami sehari-hari akan menjadi artikel yang informatif.

  • Mudah Mendapatkan Audience atau Pembaca

Sebenarnya aku kurang tahu sih apa gado-gado 1 faktor yang lebih menarik untuk dikunjungi oleh audience atau pembaca. Mungkin karena sifatnya yang umum dan membahas banyak topik sehingga akan ada banyak karakter pembaca juga yang hadir mengunjungi blog kita.

Selain itu mungkin karena blog gado-gado adalah blog pribadi, maka para pembaca bisa merasa lebih dekat dengan personal pemilik blog. Sehingga mereka pun nggak segan-segan untuk meninggalkan komentar bahkan berkomunikasi dengan pemilik blog tersebut.

  • Bisa Menerima Banyak Job Sponsored Post atau Content Placement dengan Berbagai Tema

Saat ini blog celotehdinihari.com ini sudah di monetize dan tidak hanya dengan Google AdSense. Ada beberapa jawab yang aku terima misalnya sponsored post ataupun content placement. Dan bagiku Aku tuh nggak pernah kerepotan atau mikir tema atau topik artikel apa yang diberikan oleh para client. Karena saat mereka memberikan artikel karir atau bisnis, di blog ku juga ada menu itu. Mau ngasih artikel tentang finansial, di blog ku juga bisa. Mau bahas lifestyle dan lain sebagainya, juga enggak ada masalah. Ya semuanya bisa masuk selama Enggak bahas masalah Sara atau politik.

Nggak jarang aku nemuin temen-temen blogger yang mengeluh tidak bisa menerima tawaran content placement atau sponsored post karena diluar topik atau tema yang blog mereka miliki. Nah untuk mengantisipasi hal ini biasanya teman-teman dengan blog niche akhirnya memilih untuk membuat atau mempunyai blog lain yang bertema gado-gado agar bisa menerima cocok seperti di atas.

Kerugian Blog Gado-Gado

Namun Selain itu emang enggak aku pungkiri dengan blog gado-gado juga ada kerugiannya misalnya:

  • Engagement-nya Rendah

Hal ini dikarenakan para penunjung blog bisa datang dan pergi begitu aja. Memang benar sih target audience nya lebih luas tapi karena tidak fokus pada satu topik bentuk karakter orang yang menyukai satu tema nggak akan tahan lama untuk membuka blog kita.

  • Susah Monetize Blog dengan Cara Affiliate

Penghasilan dari blog gado-gado dipengaruhi oleh faktor trafik atau jumlah pengunjung. Jika menggunakan google Adsense maka sistem perhitungan penghasilan berdasarkan CPC atau Cost per Click. Sedangkan untuk mendapatkan penghasilan dari affiliate cukup susah soalnya nggak ada satu topik khusus yang selalu dibahas dalam blog kita.

Hubungan Niche atau Topik Blog dengan Gender

Ada nggak sih hubungan antara pemilihan tema atau niche blog terhadap gender?

Nggak ada penelitian khusus sih, nggak ada data akurat juga yang menunjukkan tentang hal ini. Emang sesuai pengamatan ku sendiri Kebanyakan yang mengambil blog gado-gado biasanya para blogger wanita atau perempuan. Sedangkan mereka yang lebih senang dengan blog dengan 1 niche, biasanya memang mereka para blogger laki-laki yang akan lebih senang membahas hobi-hobi khusus, misalnya gaming, teknologi, gadget, otomotif dan lain sebagainya. 

Kenapa banyak blogger perempuan yang yang mengangkat atau mempunyai blog gado-gado? 

Kalau aku sendiri sih alasannya karena isi di dalam kepalaku terlalu banyak dan enggak bisa aku pilih hanya satu tema dari sekian banyak pikiran itu. Jadi ya biar bisa dituangkan semua dalam tulisan, mending pilih membangun blog gado-gado aja.


Kalau kamu? Lebih milih mempunyai blog gado-gado blok niche?



RINI NOVITA SARI
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

12 komentar

  1. Otw pindaah ke gado - gado

    BalasHapus
  2. Blog saya juga gado-gado. Alasannya mirip-mirip dengan yang mba tuliskan ini. Btw salam kenal ya mba. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbk wiwin salam kenal.. mau intip2 blog nya juga ah :D

      Hapus
  3. Blog aku juga gado² sih. Tapi yaa sayurnya tertentu juga. Belum pakai sayur tekno ato kuliner. Paling sayur jalan², buku, parenting ditambah kuah lomba...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha gapapa mbak sayurnya nanti bisa nambah2 nanti seiring waktu :D

      Hapus
  4. Mungkin krn perempuan khususnya ibu itu emg di dunia nyata dia multitasking, Mbak Rini. Jadi segalanya dia pikirin deh tuh. Mulai dr parenting, hobi nulis, bersosialisasi, karir n lifestyle jadinya gado² deh. Ditambah lg tawaran content placement dr berbagai brand, lengkaplah syudah hehe,, salam kenal Mbak Rini, Mia dari Medan. Tfs yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaww dpt tamu blog org medan nih,, salam kenal ya mbak hilmi :) aku surabaya,

      bener mbak ya, kayaknya karena multitasking, semua bisa dikerjain, jadi byk bgt nih yang ngendap di otak,, eman klo nggak disalurkan :D

      Hapus
  5. Untuk kepuasan lebih, akan sangat bagus memilih blog gado-gado. Apalagi passionnya memang suka berbagi, bercerita, dan menulis maka blog gado-gado sudah sangat pas.

    BalasHapus
  6. Iya gado-gado emang enak mbak...

    Apalagi makannya pake kerupuk + es teh wkwkw

    #GagalFokus

    BalasHapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post