24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Mau Mengelola Keuangan dengan Cermat? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Mau Mengelola Keuangan dengan Cermat? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Mau Mengelola Keuangan dengan Cermat? Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini - Pengelolaan keuangan perlu dilakukan secara cermat. Sebab, dengan mengelola keuangan secara cermat, kamu bisa memenuhi segala kebutuhan serta membeli barang-barang yang kamu inginkan. Akan tetapi, pengelolaan keuangan secara cermat bukanlah hal yang mudah mengingat kamu perlu disiplin tinggi dalam menjalankannya. Lalu, bagaimanakah cara untuk mengelola keuangan dengan cermat? Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Hitung Pengeluaran Setiap Bulannya

Dalam pengelolaan keuangan, kamu perlu menghitung dengan cermat berapa uang yang perlu dikeluarkan setiap bulannya. Hitung kebutuhan mulai dari biaya makan, biaya transport dan biaya lainnya seperti cicilan setiap lainnya. Dengan menganggarkan pengeluaran wajib setiap bulannya, Kamu tidak perlu khawatir kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan wajib bulanan.

Alokasikan Untuk Dana Cadangan

Untuk berjaga-jaga jika ada pengeluaran tak terduga, maka sebaiknya selalu siapkan dana cadangan setiap bulannya. Persentasi uang untuk dana cadangan bisa disesuaikan dengan seberapa besar pendapatan kamu setiap bulannya serta berapa besar pengeluaran yang harus dilakukan setiap bulan. Hal ini sangatlah penting agar kamu terhindar dari hutang saat ada kejadian yang tidak diinginkan.

Sisihkan untuk Investasi

Selain menyimpan uang dalam bentuk dana cadangan, sisihkan juga sebagian uang untuk dialihkan sebagai aset investasi. Investasi sangatlah penting karena dapat melindungi nilai asli uang kamu sekaligus membuat uang yang kamu miliki berkembang dengan sendirinya. Pilihlah skema investasi yang sesuai dengan seberapa besar risiko yang kamu inginkan dan potensi keuntungan yang diharapkan. Semakin besar potensi keuntungan, maka semakin besar risiko yang bisa terjadi. Maka dari itu, bijaklah dalam memilih investasi dan jangan mudah tergiur dengan investasi yang menjanjikan imbal hasil terlalu besar.

Lindungi dengan Asuransi

Hal terakhir yang tidak kalah penting dari 3 hal diatas adalah melindungi diri kamu dan aset kamu dengan membeli asuransi. Ada beberapa produk asuransi yang wajib dibeli antara lain asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi kendaraan. Ketiganya begitu penting agar kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang saat hal yang tidak diinginkan terjadi. Sehingga, investasi terbaik yang telah kamu jalani tidak akan terganggu berkat perlindungan dari asuransi.

Demikian 4 cara mengelola keuangan secara bijak yang bisa kamu terapkan setiap bulannya. Semoga bermanfaat.


RINI NOVITA SARI
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

29 comments

  1. Sisihkan uang untuk nikah..

    Setelah nikah.. Uang habis..

    :v hahaha.. Cermat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. uang nggak diabisin mau apa coba? orang unlimited gitu uangnya. wakwaawwawawa

      Delete
  2. Bagian harus disiplin tinggi auto ngangguk ngangguk deh..hahaha..bagian tersulit bagiku sepertinya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha emang niat aja kadang masih kurang cukup buat kita jadi disiplin ya mbk :D

      Delete
  3. Terima kasih tips mengelola keuangannya mba.. Saya sdh berusaha lakukan step2nya, meski blm sesuai harapan..hehe..

    ReplyDelete
  4. Begitu, ya. Tabungan itu masuk dana cadangankah? Kadang praktiknya tak sesederhana teori ya hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dimasukan tabungan biasa bisa dipisahkan kak, pokoknya tiap bulan ada biaya jaga2 untuk hal hal mendesak, :D misal tiba2 genteng bocor, keramik pecah dll hihihih

      Delete
  5. Setelah punya anak, asuransi pendidikan termasuk yang kami pertimbangkan juga, Mbak. Biaya pendidikan selalu naik setiap tahunnya. Kayaknya lebih nyaman kalau ada asuransi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ampun, liat biaya pendidikan jaman sekarang ikut ngeri mbak, pdhal aku belum meniqah :D

      Delete
  6. alokasikan untuk dana cadangan itu penitng banget jangan sampe nanti menjadi konsumtif lalu banyak hutangnya hahaha

    ReplyDelete
  7. Dana cadangan saja sih yang belum saya siapkan. Asuransi dan investasi sudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga perlu byk2 mbak,, buat jga2 aja,, tiap bulan akumulasiin kalau nggak terpakai di bulan sebelumnyaa

      Delete
  8. Kalau aku lebih suka investasi bisnis nih lumayan sih banyak tantangan juga tapi seru

    ReplyDelete
  9. Alokasi dana darurat menurutku memang penting banget ya mba untuk mengelola keuangan dengan cermat :)

    makasih sudah membantu mas

    ReplyDelete
  10. Dana cadangan dan asuransi saling mendukung nih, soalnya kalau cuma punya dana cadangan kaalu terjadi apa-apa misalmay sakit bisa habis tidak bersisa ya. Begity pula dengan investasi supaya aman di masa depan

    ReplyDelete
  11. Nah, memang penting banget nih buat kita untuk mengelola keuangan secara cerdas dan bijak sedini mungkin. Setidaknya buar punya pegangan di masa depan. Thanks for tipsnya ya Mbak.

    ReplyDelete
  12. Discipline, discipline, discipline.. I think that would be the key to manage finances properly

    ReplyDelete
  13. Saya lagi proses mengelola keuangan lebih baik nih hehe semoga istiqomah dalam mencatat pengeluaran.

    ReplyDelete
  14. Orang kaya mah bebas ya, hahaha #kidding. Tapi buat aku memang perlu sih perencanaan keuangan

    ReplyDelete
  15. Dari 4 cara diatas 3 sih sudah kulakukan kak. Cuma yang masih agak bingung baiknya investasi kemana ya? Emas masuk investasi ga sih kak?

    ReplyDelete
  16. penting nih buat generasi muda memahami cara mengekola keuangan supaya dana gaji atau pemdapatan lain gak kemana mana ya

    ReplyDelete
  17. Salah satu hal yang enggak ketinggalan adalah menghitung pengeluaran setiap bulan dan melihat pos yang berlebihan. Kalau asuransi saya juga sudah punya mbak untuk investasi masa depan.

    ReplyDelete
  18. sudah diterapkan semua mbak, hitung pengeluaran, bikin dana cadangan, inves dan punya asuransi

    ReplyDelete
  19. Sisihkan untuk investasi. Noted banget ini Mbak. Reminder setiap menerima gajian.

    ReplyDelete
  20. Penting banget memang mengalokasikan dana secara cermat.
    Apalagi sebelum berkeluarga. Jadi pas berkeluarga gak kaget sama pengeluaran-pengeluaran yang tak terduga.

    ReplyDelete
  21. Nah, yang bagian investasi nih kayaknya yang ketinggalan untuk dipikirkan. Padahal ada banyak cara untuk berinvestasi, tapi kok ya enggak segera dilakukan nih.

    ReplyDelete
  22. dana cadanganku kusimpan di celengan mba wkkww
    kalo kering bongkar, hahahah kalo di atm aku kegesek melulu
    peer banget nyimpan dana dengan cermat. apalagi alokasikan untuk asuransi juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post