24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Perjalanan Mudik Kini Lebih Cepat dan Destinasi Wisata Lebih Mudah Dijangkau Berkat Tol Trans Jawa

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Perjalanan Mudik Kini Lebih Cepat dan Destinasi Wisata Lebih Mudah Dijangkau Berkat Tol Trans Jawa

Hai, temen-temen yang masih setia ngikutin setiap postingan terbaru di blog celotehdinihari.com ini atau kalian-kalian yang baru pertama kali mengunjungi halaman blog ini. Salam kenal yaaa..

Lagi perjalanan liburan 2 hari ke Malang nih pas nulis postigan ini, tengah malam habis jalan-jalan ke cafe Camp Fire terus gabut di kamar hotel. Kepikiran mau nulis “something” yang sebenernya udah kepikir idenya sejak melewati jalan tol saat perjalanan dari Surabaya ke Malang tadi.

Saat melewati tol
, entah kenapa jadi kepikiran ingin  mengapresiasi tentang tol tersebut yang emang aku rasa menjadi salah satu bagian dari kemajuan transportasi di Indonesia. 

Sudah tahu kan kalau Tol Trans Jawa sudah beroperasi mulai akhir 2018. Namun pembangunanya sudah mendekati sempurna di tahun 2019. Meski begitu, masih ada proyek pembangunan tol yang konon katanya masih berjalan yaitu tol arah ke Banyuwangi.


Dan dari sekian banyak pembangunan tol di tanah Jawa ini, jujur aku menjadi salah satu orang yang sangat terbantu dan cukup sering memanfaatkanya. Kalian gimana?

Entah seberapa besar dampak tol trans Jawa ini untuk orang lain (aku rasa sih cukup besar ya), tapi buatku manfaat itu ada dan benar aku rasakan. Makanya kali ini aku mau sharing tentang "Manfaat dan Dampak Positif dengan Adanya Tol Trans Jawa" ini. Lets check it out!
Transportasi unggul, indonesia maju

Pulang Kampung ke Kebumen dari Surabaya kini Hanya Makan Waktu Kurang dari 7 Jam

Aku adalah orang asli jawa tengah, tepatnya Kebumen. Dan udah hampir 9 tahun merantau ke sebuah kota besar di Jawa Timur, yaitu Surabaya.

Selama aku merantau lebih dari 8 tahun, aku harus membiasakan diri dengan lamanya waktu yang harus ku tempuh untuk pulang kampung menemui bapak ibu serta saudara disana.
 

  • Tau nggak seberapa lamanya perjalanan Surabaya - Kebumen?

Bayangkan aja nih,  untuk ke Kebumen dari Surabaya jika naik bis aku harus menempuh waktu kurang lebih 12 jam. Sedangkan kalau naik kereta pun masih harus menghabiskan 8 jam lebih.
Transportasi unggul, indonesia maju

Gimana?  Mbacanya aja udah ikutan capek belum hehe.  

(Lah apalagi aku yang ngrasain langsung yaa..  hehe)


Dengan lamanya waktu tempuh dari Surabaya ke Kebumen dan sebaliknya itu, makanya aku nggak bisa pulang kampung jika hanya punya waktu libur 2 hari aja.  Capek di jalan doang gaes kalau cuman libur 2 hari.  Alhasil aku selalu mengalokasikan jatah cuti ku untuk pulang kampung minimal biar ada 3 hari libur gitu (2 hari sabtu minggu dan 1 hari cuti entah jumat atau senin). 

Dan aku yakin sih pasti bukan aku aja yang merasa "kok buat pulang kampung aja harus makan waktu segitu lamanya,  padahal masih sama-sama di Jawa" huhu.  Dari Jakarta ke Kebumen aja nggak selama itu loh. 

Yah,  tapi namanya biar bisa tetep silaturahmi sama orang tua dan saudara kan yaa.  Ya harus dibelani. Hehe

Eh eh untungnya,  lebaran 2018 aku udah bisa mudik dalam waktu yang lebih singkat. Kenapa hayo coba?

Yuhu, udah tau kan kalau KEMENHUB bersama pemerintah membangun ruas jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan kota Solo dan Surabaya. 2018 sih emang masih dalam masa pembangunan jadi masih ada ruas jalan tol yang belum tertutup sempurna.

Tapi sejak 2019 ini aku udah merasa sangat happy karena bisa mudik lebaran atau pulang kampung saat ambil jatah cuti tak lagi bikin kering dijalan karena lamanya waktu tempuh.

Dari 10-12 jam waktu normal jika naik bis atau kendaraan pribadi, kini hanya membutuhkan waktu 6 jam 30 menitan. AMAZING!

  • Untuk Biaya atau Tarif Tol Surabaya – Solo Gimana?
Berikut adalah biaya tol dari Surabaya ke Solo jika naik mobil pribadi :
Transportasi unggul, indonesia maju

Total Rp261.000 untuk kisaran waktu tempuh sekitar 3 jam.

Biaya tersebut tentu belum sekaligus biaya bahan bakar dan biaya makan di jalan ya. hehe. Dan karena tujuanku ke Kebumen (bukan Solo), maka aku harus melanjutkan perjalanan dari Solo ke Kebumen sekitar 4 sampai 4,5 jam lagi.

Jika dihitung plus bahan bakar, taruhlah aku pakai bensin untuk mobil sekitar 300 ribu. Berarti total perjalanku sekitar Rp561.000-an ya.
  • Naik Tol Trans Jawa Mahal?

Masa sih? Yuk telisik lagi.

Biaya mudik atau pulang kampung Rp561.000-an tadi tentu akan aku pilih jika aku membawa serta banyak teman atau saudara ke Kebumen. Seperti musim mudik contohnya, aku selalu membawa serta keluarga kakakku dan ini berarti total orang dalam 1 mobil adalah 6 orang.

See
? Rp550.000 / 6 orang = Rp93.500)),- atau sekitar 100.000-an

Sekarang kalau naik angkutan umum atau bis AKAP gimana?

Via tol, perjalanan ke Kebumen via tol (turun Solo dan lanjut perjalanan Solo - Kebumen) memakan waktu 6-7 jam dengan biaya tiket bis seharga Rp150.000-an (1 orang).

Sedangkan jika bis AKAP ini tidak naik tol atau lewat jalur bawah maka akan membutuhkan biaya Rp120-135.000-an dengan waktu tempuh sekitar 12 jam. Hmmm,, yummy.



“Kalau kalian jadi aku kalian lebih seneng naik apa dan via tol atau enggak?”

Dan lagi ya, mahal itu menurutku nggak hanya bisa diukur pakai uang loh, waktu yang terbuang karena perjalanan yang lama itu juga sangat mahal loh. Bayangkan 4-6 jam waktu yang terbuang di jalan jika aku lewat jalur bawah (bukan tol).

Waktu 6 jam-an ini bisa aku pakai untuk family time bareng bapak ibu dan saudara yang udah berbulan-bulan nggak aku jumpai. Dan hal kayak gini yang jaauuuhh lebih mahal. Bener nggak?
 

Mahal? mungkin wajar karena ini adalah tol antar kota bahkan provinsi. Namun sebenarnya pun tak ada keharusan atau kewajiban untuk melewati jalur tol ini. Kita sebagai warga negara bebas memilih menggunakannya atau tidak.

Tol Trans Jawa Timur Mempermudah Mencapai Destinasi Wisata Andalan Seperti Bromo, Kota Malang, Dan Banyuwangi 

Mengakhiri pembahasan mengenai dampak positif tol trans jawa yang aku rasakan sebagai perantau di atas. Kali ini aku bahas juga dampak positif tol jawa timur lain yang membentang dari Surabaya sampai Probolinggo bagi kemudahan mencapai beberapa titik destinasi wisata.

Disela-sela kesibukanku bekerja 8 jam sehari dan melakukan pekerjaan sampingan lain diluar jam kerja utama, aku selalu menyempatkan diri untuk mencari hiburan dan melakukan perjalanan kecil ke suatu tempat. Tujuannya ya tentu untuk melunturkan rasa penat yang kadang mula tak tertahankan dan bikin mood cukup swing-swing. Hehe.
  • Tol ke Malang

Pas weekend, aku sering mengagendakan untuk liburan tipis-tipis ke kota sebelah yaitu Malang yang emang memiliki banyak sekali destinasi wisata alam. Selain jejeran pantai yang hampir semua pernah aku singgahi, aku juga senang nongkrong santai bersama hawa dingin di kota Batu, Malang. 

Sudah tau kan? Destinasi wisata Malang hampir nggak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Hal ini dikarenakan para wisatawan  bebas memilih destinasi dari sekian banyaknya tempat wisata disana. 

Misalkan :

Pantai: balekambang, goa china, sempu, tiga warna, teluk Asmara, ngliyep, ngudel, kondang merak, sendiki, sipelot dam lain sebagainya. 

  • Gunung : Arjuno, Panderman, Semeru.
  • Dataran Tinggi : Paralayang.
  • Wisata Kota : Batu Night Squate, Jatim Park, Kampung Warna Tridi dan Jodipan,  Alun-Alun Malang.
  • Agrowisata : Kebun Teh Lawang, Petik Apel, Kusuma Agrowisata, Agrowisata Petik Durian, Agrowisata Sapi Perah, dsb.

Paralayang, Batu, Malang - dok pribadi celotehdinihari.com

Pantai Ngudel, Malang - dok pribadi celotehdinihari.com


Senangnya, dengan rampungnya Tol Singosari Malang, kini hanya butuh waktu 2 jam untuk sampai ke kota Malang. Bandingkan jika nggak lewat tol, maka kita harus menempuh perjalanan hampir 3 jam. 



Nggak hanya kendaraan pribadi, bus kota juga banyak kok yang melewati tol ini. Meski emang masih ada juga bus yang lewat jalur bawah (bukan tol). Tol Pandaan-Malang ini memiliki panjang sekitar 39 km. 

  • Ke Bromo dan Destinasi Wisata Probolinggo Lebih Mudah Dan Dekat Via Tol
Yang sering mantau dan ngikutin blog ini, pasti tau dong ya aku sering banget ke Bromo. Nah the most amazing news akhir-akhir ini adalah kita bisa lebih menempuh jarak yang lebih dekat via tol. Kini, tol trans Jawa timur bisa mencapai dan turun di kota Probolinggo. Dan setelah kemarin aku coba, ternyata pintu keluarnya deket loh sama Bromo. Beberapa kilometer udah sampai di desa Sukapura, Bromo, rute yang aman buat ke Bromo dengan mobil pribadi. 
Transportasi unggul, indonesia maju
Jika via tol kita bisa ke Bromo dari Surabaya dalam waktu 2,5 jam gaes. Tapi jika nggak melewati tol maka kita butuh waktu sekitar 3,5 jam gitu.

Tol Pasuruan-Probolinggo sendiri telah rampung di bangun oleh Kemenhub bersama pemerintah dengan panjang sekitar 40 kilometer. 
  • Tol Banyuwangi Masih Dalam Proses Pembangunan
Setelah menyelesaikan tol Probolinggo, kemenhub bersama pemerintah juga sedang melakukan perencanaan pembangunan tol Probolinggo - 
Banyuwangi yang menurut berbagai sumber memiliki panjang sekitar 164 km dengan rute dari Kraksaan, Probolinggo hingga Ketapang, Banyuwangi. 
kawah Ijen - dok pribadi celotehdinihari.com

kawah Ijen - dok pribadi celotehdinihari.com

Tentu kalian tahu dong kalau Banyuwangi adalah gerbang masuk menuju ke Pulau Bali dari Jawa jika melewati jalur darat. Selain menjadi gerbang menuju Pulau Bali, Banyuwangi sendiri mempunyai banyak sekali destinasi wisata alam yang sangat populer bahkan berhasil menarik wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. 

Sebut saja kawasan gunung Ijen dengan eksotisme Blue Fire nya yang sudah mendunia. Belum lagi jejeran pantai selatan yang cantik seperti Teluk Hijau dan lain sebagainya. 

Tentu dengan adanya atau menuju Banyuwangi ini nantinya akan menunjang pariwisata yang ada di Banyuwangi dan sekitarnya. Bentuk perekonomian masyarakat sekitar juga akan meningkat dikarenakan banyaknya wisatawan yang datang berkunjung. Bener nggak?

-----------------------

Dengan adanya tol ini akan semakin menambah jumlah pengunjung dikarenakan akses menuju tempat wisata ini semakin mudah dan efisiensi waktu yang sangat terasa. Minimal sih hal-hal diatas yang sangat berdampak dan aku nikmati semenjak adanya tol Trans Jawa dan Jawa Timur. Kalau buat kalian gimana?

Nah sebagai bangsa Indonesia,  kita patut men-support atau mendukung semua perkembangan yang mengarah ke kemajuan negara kita tercinta ini ya.  

Jangan lupa juga untuk terus optimis agar Indonesia bisa lebih maju dalam sektor apapun termasuk sektor transportasi. 

Kita bisa kok kepo-in apa aja yang sedang dan sudah dilakukan oleh kementerian perhubungan bersama pemerintah di sosial media yang bisa kita akses dan tengok tiap hari. 

Berikut link dari situs dan sosial media kemenhub ya gaes. 


Website kemenhub:


Sosial media:
Instagram:
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

76 comments

  1. Infografis dari blog ini selalu keren. Setuju banget kalau lewat jalan tol jadi cepat sampai. Dan kini kampungku dekat dengan jalan tol Semarang-Kendal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak, makasih yaaa..

      iya mbak efisien banget waktunya sejak ada tol ini. alhamdulillah yaa

      Delete
  2. Suka sama infografisnya Mbak. Keren. Setuju juga dengan adanya tol yang sudah di bangun, bikin jarak yang jauh jadi lebih dekat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksih kak..

      Iya kita ttep dukung upaya pemerintah untuk meningkatkan pembangunan. Semoga semakin merata..

      Delete
  3. Saya tuh mikir juga mbak, infrastruktur transportasi di Indonesia sudah membaik ya, semoga aja masyarakatnya pada mengelola dengan bijak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Byk infrastruktur baru. Semoga kita kita yang pakai juga tetep bijak yaaa

      Delete
  4. Lima jam itu sesuatu banget lho. Dan itu jelas sebuah pencapaian. Betapa banyak waktu yang bisa digunakan utk hal lain. Alhamdulillah ya. Semoga ke daerah lain, jalan semakin diperlebar dan mulus juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha nggak kebayang kan mbk? dulu 12 jam loh perjalananku pulang kampung itu. sekarang, alhamdulillahhhhh banget....

      Delete
    2. Iya Alhamdulillah ya keberhasilan Kemenhub emang terlihat nyata. Tidak hanya di Jawa, tapi juga di kampung saya. Jalan dan kendaraan umum elf sudah lebih baik

      Delete
  5. Kalo dijabarkan sedetail ini, jadi pahaaammm bgt dgn kiprah Kemenhub dan prestasi infrastukturnya yaaaa

    Makin bangga!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kita harus support si, smoga pembangunan semakin merata

      Delete
  6. Halo mba. Aku pun merasakan benar dampak adanya tol trans Jawa ini. Mudik dari Jakarta ke Kudus jadi lebih lancar, dan hemat waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kita sama2 pemakai trans Jawa untuk mudik ya mbak :D

      Wah Kudus? Jadi inget seseorang disana. Wkwkw

      Delete
  7. Setuju banget sih kalau tol trans jawa ini semakin mempercepat perjalanan dan biaya.
    Soalnya dulu dr depok ke klaten aja lama bgt di jalan, skrg so much faster. Trus ke surabaya pun sekarang enak karena ada tolnya juga dan iya muraaahh.

    Semoga jalan tol segera sampai pulau Bali biar enak ke sana makin cepet

    ReplyDelete
    Replies
    1. skrg bisa lngsung dri depok ke surabaya patas malahan ya mbakk :D

      Delete
  8. Kalo daerah jatim destinasi favoritku of course Malang...baru 2x kesana dan pingin lagi. Terutama ke dino park

    ReplyDelete
  9. Mbak aku juga sering pulang kampung dari Bali ke Blitar lewat darat. Dulu terasa jauh banget, namun setelah ada jalan tol, kini perjalanan ke Blitar jadi terasa dekat tanpa hambatan. Semoga pembangunan ini terus berkelanjutan ya mbak....salut dengan upaya pemerintah khususnya Kemenhub dalam mendukung sarana transportasi di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik ya mbak,,, kerasa bgt efesiensi waktunyaaa... :D

      Delete
  10. Waktu tempuh pulang kampung menjadi lebih cepat sekitar 5 jam, benar-benar tol membuat efisiensi jarak tempuh ya. Semoga jadi semakin sering mudik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5 jam sampe 6 jam mbak,, luar biasa ya :D

      luar biasa jauh rumahku wkwkw

      Delete
  11. Aku sukaaa banget dengan trans Jawa ini mba. Barusan coba Jakarta - Semarang cuma 5 jam sajaaa. Bahagia deh.. plus jalannya juga bagus! Ngga sabar untuk road trip lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwwihhhh 5 jam,,, kerenn,,, jauh bgt dibandingin sebelum ada tol ya mbak?

      Delete
  12. Akhir pekan ini insyaallah saya akan mencoba pertama kalinya tol trans Jawa. Kepingin membuktikan cerita2 teman2 seberapa cepatnya perjalanan ke Jawa Tengah yang dulu harus melintasi pantura. Semoga tol ini terus dijaga oleh penggunanya ya, jadi membantu transportasi antar provonsi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ati2 dijalan mbak yaaa... berangkat dri mana nih mbak?

      Delete
  13. Alhamdulillah seneng dengernya. Saya pernah ke Palembang dan mencoba tolnya memang lebih cepat sih dan semoga aja ya pembangunan infrastruktur lainnya juga semakin meluas dan cepa, terutama di luar pulau jawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn mbak semoga di luar pulu makin merata pembangunannya,. pendidikan sama ekonomi nya jugaaa..amiinnn

      Delete
  14. Salam kenal, Mbak. Infografisnya cakep dan mempermudah penjelasan, jadi tak kaku gitu dengan adanya ilustrasi tambahan yang bikin mata seolah dapat pemandangan segar, hi hi.
    Saya belum pernah menjelajah ke bagian timur dengan kendaraan umum yang super jauh gitu, biasanya naik kereta api tetapi itu terhubung juga dengan upaya kemenhub. Sekarang naik kereta lebih nyaman daripada dulu yang aduduh sesaknya.
    Pengen juga menjelajah ke bagian timur pulau jawa, cuma gakl tahu apakah akan kuat dengan jalur mobil atau bus soalnya saya takut mabuk darat da gak punya mobil pribadi, he he. Setidaknya adanya tol trans Jawa bisa membantu masyarakat, ya. Cuma belum paham soal tarif tol itu berapa karena memang biasa bepergian jarak dekat saja dengan kendaraan umum macam bus atau kereta ke arah barat..
    Semoga sekarang mobilitas masyarakat bisa lebih mudah dengan adanya jalan tol itu, ya. Soalnya saya juga tidak akan kuat jika harus berlama-lama di jalan. Tol membantu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak.. lelah badan kalau di jalan lama2
      wah iya kreta dulu dibandingkan skrg jauh bgt perbedaannya, dulu penuh sesak berdiri sesak2an, skrg jauh lbh nyaman,..

      makash udah berkunjung mbak :D

      Delete
  15. AlAlhamdulillah sekarang ada peningkatan pembangunan wilayah di wilayah transportasi, jdi memudahkan kita untuk menjangkau tempat yang diinginkan

    ReplyDelete
  16. Cakep banget siih, kak....infografisnya.
    Aku naksir theme nya, hihiii...manis dan mudah dipahami.
    Aku juga pengguna Tol Trans Jawa doonk...
    Jakarta-Surabaya jadi gak kerasa capek...tinggal luruuusss aja, mashaAllah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak,,

      ahhaha bener, nge toll terus udah sampe surabaya, yg penting cemilan harus bawa byk biar ga boring di jalan :D

      Delete
    2. Waktu mudik kemarin pas Ramadan, jadi memang hemat, hahaha...ga turun-turun kecuali mau ke toilet sama isi bensin.
      Ayook...
      Naik tol aja...makin cepet dan hemat.

      Delete
  17. Aku jadi ingat waktu melintasi tol Cipularang. Sama juga, rasanya pengen mengapresiasi. Nggak kebayang gimana merancangnya, bisa melewati perbukitan gitu.

    ReplyDelete
  18. Saya juga merasakan dampak positif dr adanya tol trans jawa terutama saat perjalanan mudik yang dulunya membutuhkan waktu 12 jam, jd berkurang hingga 3 sampai 4 jam. Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh hanpir samaan kita mbk,, jauhan aku dikittt yaaa :D

      Delete
  19. Saya termasuk yang menikmati tol trans jawa nih.. walaupun tidak saat mudik lebaran, tapi saat beberapa waktu lalu ke kota daerah Jawa Tengah, Alhamdulillah lancar jaya, memang harus dipersiapkan emoney untuk bayar tol, perbekalan makanan dan minuman yang cukup juga agar perjalanan lebih menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mbk sblum masuk tol aku pasti top up saldo agak byk :D plus isi bensin full, soalnya rest areanya jaraknya jauh2.. :D

      Delete
  20. Akhir tahun 2018 dari Semarang ke Malang itu masih 5 jam, ceper banget karena tol Kertosono udah dibuka. Suamiku sampai bikin rencana lagi mau ke Malang akhir tahun nanti. Rencana ke Bromo juga karena kemarin belum jadi kesana. Bersyukur banget pembangunan jalan tol jadi membantu kami yang suka traveling dengan gaya road trip.

    Bahkan tahun 2017 pernah juga road trip Bogor ke Pekanbaru, seru pengen mengulang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke bromo bisa lgsg turun tol probolinggo mbak... deket dari tolll :D

      Delete
  21. Saya juga pemudik yang bisa menghabiskan waktu belasan jam untuk mengunjungi rumah nenek, dari Bandung ke Ngawi bisa ngehabisin waktu tempuh lebih dari 10 jam. Tapi sekarang berkat tol trans Jakarta, waktu tempuhnya bisa lebih dipersingkat. Asyik ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak skrg ke ngawi ada pintu tolnya juga mbk.. lgsg turun ngawii yaa

      Delete
  22. Kerasa banget emang manfaat tol Trans Jawa ini. Temenku aja bisa santuy bolak-balik Semarang-Jakarta berkat adanya tol baru ini. Pemerintah memang luar biasa dalam mewujudkan kemudahan untuk para pengguna jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener mbak,,, jkt semarang bisa via tol terus,, aman, cepet :D

      Delete
  23. Nah iya, ya, mudik sekarang bisa langsung lurus pake Tol Trans Jawa ini. Jadinya gak banyak macet. Tapi buat para sopir bis, ini katanya kudu bikin ekstra hati2. Saking lurus, maju cepet tanpa hambatan, mereka jadi ngantuk dan bosen. Jadinya kudu banyak mampur ke rest area. Hehehe... ada-ada aja ya. Macet salah, lancar jaya pun tetep ada yang kurang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha bener mbak,,, lurusssss panjang bikin ngantuk sama bosen,.. apalagi ramenya kan nggak serame tol dalam kota jadi ya gtu klo jalan kosong takutnya pada ngebut nggak karuan gitu

      Delete
  24. Alhamdulillah ya mbak, dengan adanya tol bisa memangkas waktu perjalanan yang biasanya panjang jadi pendek. Kerasa banget waktu aku pun pernah mudik dari Jakarta, ke lampung, lalu jalan darat ke Palembang, capek banget, males gitu di jalannya hihi kalau ketemu sodaranya sih seneng, pas pulang gelisah hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mbk dulu bisa kering dijalan,, badan capek semua,,, skrg alhamdulillah lah ya :D

      Delete
  25. Membantu dan bermanfaat banget ya adanya tol trans Jawa ini. Terasa pembangunan nyata dari pemerintah terutama Kemenhub

    ReplyDelete
  26. Kebetulan desember ini mau eksplor malang karena anakku kuliah di UB. Pas banget baca ini jadi bs perkirakan ancer-ancernya kalau bawa mobil lewat tol transjawa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantap mbak di brawijaya ya.,,, ati2 di jalan mbak bsok,, selmat smpe malang yaaa :D sekalian liburan mbak ke batu atau ke pantai selatan :D

      Delete
  27. Akhir Agustus lalu sudah merasakan sendiri perjalanan Jakarta - Bali lewat Tol Trans Jawa dan emang lebih cepat dan perjalanan jadi lebih lancar. Dalam waktu 24 jam bisa tiba itu sesuatu banget lho untuk perjalanan darat. Semoga pembangunan infrastruktur jalan terutama, terus dilakukan agar tiap daerah di Indonesia bisa terhubung ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaww jakarta bali via darat,, nggak kebayang kalau belum ada tol trans jawa mbak :D

      Delete
  28. Wadidawww aku jadi pengin cuss ke Bromo ini lhooooo
    Banyuwangiii juga destinasi favoritku.
    Kalo ada tol, semoga bisa sering2 plesir ke sana, yippiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe mau kemana aja wisata luar kota skrg lbh cepet kak.. :D

      Delete
  29. Kebantu banget sama akses tol begitu yah mbk. Emang infrastruktur sangat bermanfaat banget. Btw au suka sama infografisnya mbak mantul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kaka udah mampir.

      Alhamdulillah sih sebagai perantau jauh aku terbantu bgt. Yakin sih pasti byk yg sama. . :D

      Delete
  30. Aku sendiri ngrasain manfaat dari pembangunan tol ini. Dulu Kalau bepergian bisa lama dan macet. berkat adanya jalan tol, waktu tempuh jadi lebih singkat

    ReplyDelete
  31. Kalau waktu tempun bisa makin pendek, sampai setengahnya begitu jadi pengen pulang terus ya Mbak? :)

    ReplyDelete
  32. Memang sangat membantu dg Adan tol trans Jawa ini ya.. Pekalongan-Solo ditempuh hanya 2 jam saja dari yang semula 4-5 jam! Mantab betul deh.. Oya mba..infografisnya cakeeep!!

    ReplyDelete
  33. Belum kesampaian cobain tol ini mbak..tp ipar dan keponakanku yg sdh menjajal memang bilang jarak tempuh jadi lebih pendek, waktu lebih cepat, dan biaya lebih ringan...memudahkan banget

    ReplyDelete
  34. Dulu sebelum ada tol mau pulang ke Jawa rasanya jauh banget. Jadi memilih naik pesawat meski harganya lumayan jauh, karena anakku gak betah berlama-lama di jalan. Kini setelah jalan tol trans Jawa dibangun, perjalanan dari Bali ke Blitar makin singkat. Bahkan mau singgah ke tempat wisata juga makin mudah. Semoga makin banyak jalan tol dibangun supaya kemacetan di jalan raya dapat ditekan.

    ReplyDelete
  35. Awal September 2019 kemarin barusan coba Tol Trans Jawa. Jakarta Bali tembus 24 jam kurang dikit. Itu juga karena kami yang banyak berhenti dan tol Banyuwangi belum rampung. Coba nanti kalau udah rampung, bakal lebih cepat lagi tuh waktu tempuhnya. Dengan adanya tol Trans Jawa ini juga memudahkan ya untuk ke berbagai kota dan destinasi wisata di pulau Jawa

    ReplyDelete
  36. Aku terbantu sekali nih mba dengan adanya tol trans Jawa mba. Mudik aku tahun lalu juga berasa cepat banget dan lancar juga jalannya

    ReplyDelete
  37. memang terasa banget ya banyak kemajuan sejak ada pembangunan infrastuktur besar besaran

    ReplyDelete
  38. Pengen nyobain tol trana Jawa ini, duuh kerwn kayaknya. Secara pulau Jawa itu kan indah sedunia.

    ReplyDelete
  39. sekarang perjalanan mudik jadi terasa lebih singkat dan nyaman dengan pembangunan trans jawa ya

    ReplyDelete
  40. Sejak ada tol transjawa jelas perjalanan jadi lebih cepat. Irit juga koq kalau bawa kendaraan bawa pasukan. Kalau mau irit ya naik transportasi massal aja. Simpel 😍

    ReplyDelete
  41. Belum pernah lewat jalur darat kalau mudik sih tapi kemarin pas lebaran emang denger cerita waktu tempuh lumayan berkurang utk mudik ke area Jatim Jateng gtu. Moga2 kalau ada kesempatan bisa nih nraain jg mudik lewat tolnya.

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah senang mendengarnya, memang ya saat ini transportasi dan infrastruktur udah bagus ya , semoga mkippakin menyasar ke daerah pelosok negeri.

    ReplyDelete
  43. Berbagai pembenahan di sisi transportasi ini amat menyenangkan bagi para pengguna jalan raya. Temenku aja sampai berani lho bawa mobil sendiri Semarang-Surabaya sejak ada Tol Trans Jawa ini. Enteeeeng katanya nyupir jarak segitu aja. ;)

    ReplyDelete
  44. Dengan adanya tol trans jawa mempersingkat waktu kita diperjalanan ya mba. Moga dengan adanya tol trans jawa transportasi kita semakin baik ya mba

    ReplyDelete
  45. Waduuh Mbak, beneran capek di jalan ya itu kalau tanpa Tol Trans Jawa, apalagi kalau pas musim mudik yaa, huhuhuh. Syukurnya sekarang udah ada TOL ya. Jadi bisa lebih sering soan ke orangtua ya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post