24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Suka Duka Menjadi Seorang Blogger – ala @rinie_noe

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Suka Duka Menjadi Seorang Blogger – ala @rinie_noe

Suka Duka Menjadi Seorang Blogger – Selamat Hari Blogger Nasional buat semua teman-teman blogger se-Indonesia Raya.

Masih dalam rangka hari blogger nasional dan setelah semalem posting foto di instagram yang berisi suka duka selama menjadi seorang blogger, jadi kepikiran buat mencurahkannya di postingan blog juga. Jatuhnya nanti lebih ke curhat gitu ya artikel ini. Hehe, yaudahlah. Kalian mau baca curhatanku nggak gaes? Baca ya, harus (eh kok maksa) :D
Suka Duka Menjadi Seorang Blogger

Bercerita singkat tentang awal mula dan alasan menjadi blogger yang sebenarnya udah pernah aku tulis di artikel BERIKUT. Awal mula bikin blog pas SMA kelas 3 tahun 2010, itu pun karena tugas sekolah di pelajaran TIK atau Teknologi Informatika.

Karena bisa mengganti-ganti template sesuka hati, jadilah seneng dan jatuh cinta. Ya emang sih, jatuh cintanya sebatas menganggap blog sebagai mainan yang seru. Apalagi kita bisa posting foto atau tulisan apapun semau kita.  Saking nggak taunya blog itu sebenernya buat apa, sampai blog ku dulu isinya curhat perihal asmara, foto-foto artis idola kayak Linkin Park, lirik lagu hasil copas blog lain dan sebagainya. Super unfaedah lah :D

8 tahun berselang (buset lama banget vakumnya) barulah tergerak ngisi postingan di blog kembali. Lupa tergerak nge-blog lagi karena apa. Yang pasti pada suatu ketika aku menemukan grup blogger di facebook bernama Blogger Indonesia. Entah mungkin karena aku cewek, jadi tiap update status dan tanya something disana tuh selalu dapat respon dan dibantuin banyak hal. Dan dari grup itulah aku baru tahu kalau dari blog bisa dapat uang dari adsense (sumpah baru tahu 2018).

Sampai akhirnya sekarang 2019 blog yang aku miliki bisa dikatakan sudah sangat berkembang dibandingkan 2 tahun lalu. Banyak cerita selama aku memutuskan untuk serius blogging 2018 kemarin. Dari suka duka, susah senang, sakit hati pernah aku rasain.

Nah karena itu aku mau sharing suka duka yang aku rasakan selama menjadi seorang blogger. Artikel ini sebenarnya juga menjawab pertanyaan seorang teman blogger beberapa hari kemarin saat aku open Q&A di Insta Story Instagram ku.

Sukanya Menjadi Seorang Blogger

  • Upgrade Ilmu

Percaya deh, kalau kita sudah memutuskan melakukan blogging secara serius pasti akan ada banyak hal yang bisa kita pelajari. Ilmu-ilmu ini kita kenal kalau kita nggak menyeriusi blog. Aku sendiri banyak mendapatkan pelajaran baru dari teman-teman blogger di komunitas. 

Dari grup itu pula aku tahu beberapa istilah baru dalam dunia perbloggingan seperti pagespeed, page one, alexa rank, domain dan page authority, serta istilah-istilah lain yang sebelumnya sama sekali enggak pernah aku ketahui. 

Dari situlah kita bisa mencari tahu atau bertanya langsung kepada teman-teman blogger tentang hal yang benar-benar belum kita ketahui.

Aku sendiri adalah salah satu orang yang yang cukup senang apabila mendapat atau diberikan ilmu baru. Termasuk dalam pekerjaan di kantor. Karena itu semakin sering aku dipindahkan posisi atau jobdesk aku semakin senang. Apalagi bila pekerjaan itu adalah pekerjaan baru yang belum pernah aku aku puasa yang sebelumnya.

Makanya saat aku aku serius dengan blog dan menemukan hal-hal baru setiap hari aku akan semakin exited.

  • Punya Banyak Teman Baru

Satu hal yang paling aku senangi selama menjadi blogger adalah bisa punya banyak teman baru yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Emang sih kita nggak pernah ketemu atau jarang sekali bertemu secara langsung atau kopi darat, tapi beberapa teman tuh bisa loh tetap akrab dan enak diajak ngobrol seputar blog.

Apalagi buat aku yang masih cetek gini ilmunya, alhamdulillah masih banyak yang mau bantuin sampai saat ini.

Jaman awal masuk ke grup FB Blogger Indonesia aku bisa kenal beberapa blogger yang udah pro kayak mas Ozik Jarwo, Sawal Walker, Cahya Tenika, Rama Anggriawan dan temen-temen lainnya.

Alhamdulillah sih semenjak berteman sama mereka aku banyak dapat masukkan ketika sedang mendaftarkan blog ke Google AdSense. Dan dari semua masukan yang aku terima Alhamdulillah bisa diterima dan blog bisa menampilkan iklan dari Google. Ya, emang harus gagal dulu 4 kali, tapi mereka nggak pernah berhenti ngasih masukan atau ngasih tau apa aja yang harus dibenahi dari tampilan blog ku.

Sampai sekarang dapat teman-teman baru grup WhatsApp seperti diskusi cerdas blogger yang dibuat oleh Mas Adam. Selain anggotanya yang seru dan gokil-gokil mereka juga dengan senang hati menjawab pertanyaan apapun seputar blog. Bagiku mempunyai teman-teman baru yang baik hati juga merupakan sebuah rezeki yang harus aku syukuri. Melihat mereka semangat membuat konten untuk blog masing-masing semangat ku untuk melakukan hal yang sama.

  • Stres Healing

Aku yakin setiap orang punya Sisi lemah, pernah bahkan stres dengan semua aktivitas sehari-hari dengan segala masalah yang timbul. Termasuk aku, hampir 9 tahun merasakan dunia kerja Cukup membuatku merasa sangat bosan dan penat. Tapi setelah Mengenal blog dan Menulis artikel aku merasa punya sebuah media untukku berkeluh-kesah, meluapkan pikiran, pendapat, atau apapun yang ingin aku sampaikan ke semua orang. Yang mungkin atau bisa jadi hal tersebut nggak bisa aku ku utarakan secara nyaman kepada orang yang ada di sekitarku.

  • Bangga Kalau Artikel Bisa Page One

Ada hal yang paling menyenangkan dan memuaskan selama aku melakukan blogging. Yaitu ketika artikel yang aku buat bisa menempati posisi atas dalam daftar pencarian di search engine Google. Ini berarti bahwa artikel yang aku buat lumayan dinilai baik oleh Google sehingga bisa melampaui artikel-artikel lain dengan keyword yang sama.

Masih belajar sih, masih banyak artikel yang aku buat belum bisa mencapai tujuan. Makanya, aku gabung komunitas yang isinya orang-orang jago SEO biar bisa ketularan pintar kayak mereka. hehe

  • Mendapat Feedback yang Bagus Dari Membaca
Emang sih dalam dunia blogger di kenal yang namanya blogwalking. Maksudnya sesama blogger berkunjung dan meninggalkan komentar di artikel blogger lainnya. Tapi jujur, kepuasan itu akan selalu besar ketika feedback yang didapatkan berasal dari orang-orang yang bukan berprofesi sebagai blogger. Kenapa begitu? Menurutku sendiri itu berarti bahwa artikel yang kita buat bisa bermanfaat bagi orang yang memang mencari informasi di artikel kita dari search engine. Alias pencarian secara organik. Makanya posisi page one itu memang sangat penting buat seorang blogger. Karena posisi tersebut bisa membawa pengunjung-pengunjung organik yang akan memberikan feedback entah itu komentar, email atau lain sebagainya.

  • Bisa Dapat Uang

Hal menyenangkan lain dan tentu aku sukai adalah ah karena akhirnya aku sadar bahwa blog bisa mendatangkan penghasilan. Yap, seperti YouTube, blog juga bisa memberikan kita pundi-pundi uang dari adsense. Tapi nggak sebatas adsense aja loh, ada banyak sekali jenis pekerjaan atau job yang bisa dikerjakan oleh para blogger hingga pada akhirnya memberikan penghasilan atau fee. Jenis pekerjaan itu bisa berupa job review, content placement, sponsored post dan lain sebagainya.

Meski ini bukan alasan utama aku melakukan blogging, tapi memang harus diakui bahwa telah menyadari blog kita menghasilkan uang aku makin merasa bersemangat untuk membuat konten yang bermanfaat dan informatif untuk para pengguna internet.

Suka Duka Menjadi Seorang Blogger
dok celotehdinihari.com

Dukanya Menjadi Seorang Blogger

  • Dikira Budak Adsense

Banyak yang masih mengira bahwa mendapatkan uang Adsense dari blog semudah mendapatkan Adsense dari YouTube. Padahal untuk mendatangkan trafik di blog aja susahnya Setengah Mati. Apalagi untuk konten-konten seperti blog ku yang tidak mengejar berita viral atau berita selebritis.

Apa yang aku tulis adalah hal-hal yang biasanya telah aku alami sehingga aku bisa sharing dengan orang-orang dengan tulisanku. Sayangnya memang masih banyak orang bahkan teman dekatku sendiri yang mengatakan bahwa aku hanya membuat artikel demi kepentingan adsense.

Yang parah lagi, itu dia paham bagaimana perhitungan adsense dalam blog. Aku mau jelasin juga males, kecuali jika dia seorang blogger juga. Ketimbang aku ambil pusing, yang meningkat aku diemin. hehe

  • Diremehin

Aku masih nggak ngerti ya kenapa masih ada orang yang remehin pekerjaan seorang blogger. Padahal tanpa blogger mereka itu nggak bisa akses informasi dari google loh. Blogger kan seorang publisher atau pengisi konten. Kalau nggak ada konten di internet, mereka membaca informasi apa?

Aku pernah nih dapat komentar saat aku menuliskan sebuah artikel. Ucapnya " ngapain nulis artikel itu, udah banyak yang nulis di internet, buang-buang waktu aja"

Lah, informasi juga udah ada di internet. Emangnya kalau udah ada di internet kita nggak boleh nulis lagi. Cerita satu orang dengan orang lainnya kan bisa berbeda. Entah itu dari sudut pandangnya atau lain sebagainya.

***

Yah itulah beberapa suka duka yang selama ini mungkin aku rasakan selama menjadi seorang blogger. Wajar sih, semua hal yang kita lakukan pasti bisa mendatangkan kesenangan atau sebaliknya. Ya kuat-kuatnya kita aja gimana cari cara untuk menghadapinya.

Buat teman-teman blogger se-indonesia, jangan berhenti nulis ya. Tetap kreatif dan inspirasi, berbagi informasi yang bisa mendatangkan kebahagiaan serta edukasi.

Selamat hari blogger nasional.


Rini Novita Sari
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. Suka : dapat duit, dapat uang, dapat money, dapat fulus, dapat bayaran, dapat gajian, dapat THR, dapatin kamu bisa gak nih? :v canda yu...

    duka : artikel tercopas, mau bikin artikel tapi masih males, mau ikutan lomba blog biar dapat duit tapi tidak menguasai topik, lagi bikin artikel dan belum jadi ..eh ladalah... mau pencet tombol draft malah kepencet tombol publish :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwkwkw sukanya pokoknya perihal cuaaann lahh yaaa..

      Bisa sih klo diusahakan. Wkwkwk

      Wkwkw dukanya gtu, bener uga .

      Yang masalah ke oubkish. kan tinggal di bikin draft lagi kalau udah kadung kepencet publish? Oh blog film nggak bisakah? Muehehehehe

      Delete
    2. Jujur.. Saya gak paham dengan komentarmu.. Hahaha

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post