24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
√ Cara Dapat Uang Dari Blog [Part 2] : 5+ Rekomendasi Situs yang Menawarkan Kerjasama dengan Blogger

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

√ Cara Dapat Uang Dari Blog [Part 2] : 5+ Rekomendasi Situs yang Menawarkan Kerjasama dengan Blogger

Cara Dapat Uang Dari Blog [Part 2] - Siapa sih yang nggak seneng kalau hobi nya bisa sekalian menghasilkan uang? Siapa sih yang nggak happy kalau hobinya dibayar? 

Nah blogging adalah salah satu hobi yang selain menyenangkan juga bisa menghasilkan uang loh. Aku juga belum lama sih menyadari dan akhirnya bisa dapat kesempatan untuk me-monetize blog kesayangnku ini.

Artikel kali ini sebenernya melanjutkan artikel sebelumnya yaitu "10+ Cara Dapat Uang Dari Blog, Ayo Coba Sekarang Juga!" yang berisi tentang tahap awal yang harus kamu lakukan jika menginginkan uang atau penghasilan blog.

Nah di artikel kali ini aku akan menjelaskan cara mendapatkan uang dari blog (part 2) yang akan membahas lebih lanjut tentang jenis pekerjaan atau project dari mana aja yang aku kerjakan dengan blog celotehdinihari.com ini
Situs yang menawarkan kerjasama dengan blogger

Sumber Penghasilan Blog celotehdinihari.com

Belum bangak kok sumber penghasilan blogger yang aku coba. Sejauh ini baru segini aja:
  • Google Adsense
  • Content Placement 
  • Content Writing
  • Kontributor Penulis
Intip kerjasama yang telah aku lakuin DISINI --> Portofolio Kerjasama CELOTEHDINIHARI.COM

Untuk Adsense aku baru jalanin sekitar 2 tahunan. Sedangkan point yang lain baru beberapa bulan aja.

Penghasilan dari Google Adsense sudah memuaskan? 

Jawabannya, tentu belum. Masih jauh dari puas. Hiks 

Singkat cerita, meski aku telah berhasil mendaftarkan blog ini di Google Adsense dan telah bisa menayangkan iklan, tapi aku sadar bahwa ternyata hasilnya belum sesuai ekspektasiku. 

Meski telah berhasil menayangkan iklan Google Adsense tapi jika tak banyak klik yang masuk ke blog ku ya sama aja bohong. Penghasilan nggak seberapa. 

Sampai sekarang aku masih terus belajar bagaimana cara bisa menghasilkan banyak uang dari Adsense seperti teman-teman blogger yang lebih profesional. 

Bayangkan aja nih, gambar dibawah adalah penghasilan ku dari AdSense 2 tahun ini. Bisa dilihat aku hanya bisa gajian setiap setahun sekali. Itupun di nominal 100 USD atau minimal payout yang bisa dilakukan. 
Bisa diambil kesimpulan, aku hanya bisa menghasilkan Rp100.000-an per bulan. Dan bisa dianggap sebagai pengganti uang internet selama 1 tahun aja. Cuman balik modal doang nggak dapet untung. haha 
Ada yang nasib saldo absennya sama kayak aku nggak? hehe. Kalau ada yuk nangis bareng. wkwk 
BTW, nominal Adsense diatas aku dapatkan dengan cara halal alias white hat ya. Maksudnya aku nggak main cara-cara curang klik Adsense. Tapi beberapa bulan awal Kurang lebih 3 bulan aku pernah ngikutin tuh cara temen-temen biar biar cepet dapet klin iklan. Mulai dari ikut grup C4C sama bule, sampai minta temen blogger lain untuk klik iklan ku. 

Menyerah dengan Adsense? 

Meski belum menemukan cara terbaik untuk mengelola Adsense agar bisa menghasilkan setiap bulannya seperti teman-teman blogger yang lebih pro,  aku nggak nyerah kok. 

Tapi sambil usaha biar adsense lebih produktif aku nggak mau tinggal diam juga.  Aku cari info deh sebanyak-banyaknya tentang jenis job atau penghasilan apa aja yang aku bisa dapatkan dengan aset blog yang aku miliki.  Dan berikut hasil pengalamanku. 

5+ Situs Kerjama yang Layak Dicoba Agar Bisa Dapat Uang Dari Blog

1. Blogpartner.id

Blogpartner.id adalah situs pertama yang aku coba untuk mendapatkan uang atau peghasilan dari blog. Alhamdulillah langsung dapat project waktu itu.

Jadi situs Blogpartner.id ini adalah media marketing yang bekerja sama (atau emang satu grup yaa?) dengan blibli.com. Jenis kerjasama yang ditawarkan Blogpartner.id adalah CONTENT WRITING.

Jadi kita dapat fee untuk pembuatan artikel dari Blogpartner.id berupa voucher belanja senilai Rp150.000 yang bisa kita belanjakan hanya di blibli.com.
Sama seperti menerima job content writing dari klien manapun, saat mengerjakan job menulis dari Blogpartner.id kita juga harus mengikuti brief atau panduan penulisan sesuai yang diberikan. Biasanya kita diminta mereview suatu produk atau menuliskan artikel yang berkaitan dengan produk yang dijual di blibli (tanpa harus melakukan pembelian produk terlebih dahulu).

Kampanye / campaign project dari Blogpartner.id berdifat tertutup. Artinya kita nggak pernah tau ada campaign atau job apa aja, kita juga nggak bisa milih kampanyenya. Tapi saat admin Blogpartner.id merasa blog kita cocok untuk diajak kerjasama, kita akan dapat email notifikasinya.

PENGALAMANKU DAPAT JOB DARI BLOGPARTNERID bisa dibaca di link berikut ya "Join Blogpartner.id, Ngeblog Dapat Komisi Voucher Belanja Dari Blibli"

2. Sosiago.id

Sedikit beda dengan Blogpartner.id, campaign task atau kerjaan di sosiago.id sifatnya terbuka. Jadi kita tidak serta merta dapat kerjaan, tapi atas kampanye kerjaan yang sedang berjalan kita bisa “BID” dan bersaing dengan blogger lain yang ingin kerjaan yang sama.

Oh iya jenis task atau pekerjaan dari sosiago kebanyakan CONTENT PLACEMENT ya.  Meski ada beberapa yang content writing (tapi jarang banget). 

Info jumlah blog atau publisher yang dibutuhkan untuk satu kerjaan juga jelas. Bahkan ada juga informasi berapa blogger yang sudah nge-BID job atau task tersebut.


Persaingan secara terbuka? Tentu dong. Setelah nge-BID, admin sosiago lah yang akan memilih blog siapa yang layak untuk mengerjakan job ata task dari klien mereka.

Pengen tau lebih lanjut gimana cara blogger dapat uang dari Sosiago? Lihat di artikel berikut ya"Mau Penghasilan Tambahan Dari Blog? Coba Sosiago - Platform Influencer Marketing Terbaru"

3. Projects.co.id

Situs projects.co.id sebenernya bukan situs yang dikhususkan untuk menawarkan kerjasama dengan blogger aja. Beda dengan blogpartner.id atau sosiago.id yang memang dikhususkan untuk para blogger, publisher atau influencer.

Projects.co.id adalah situs untuk para freelancer menemukan pekerjaan atau project- project freelance sesuai dengan kemampuan mereka. Ada puluhan jenis pekerjaan freelancer yang bisa didapat dari situs ini mulai dari entry data, programming dan seputaran dunia IT, marketing, edit foto, sampai jasa penulisan.

Nah blogger bisa dapat pekerjaan atau job apa dari Projects.co.id?
Banyak gaes, contohnya:
  • Jasa penulisan artikel
  • Content placement
  • Content writing
  • Redesign template
  • Review product atau digital marketing lainnya
  • dan lain sebagainya

Alhamdulillah setiap bulannya aku dapat job atau project dari Projects.co.id ini karena beberapa klien berlangganan tiap bulan. 

Buat yang belum tau projects.co.id itu apa dan bagaimana cara mendapatkan project atau pekerjaan dari sana bisa Baca selengkapnya di artikel yang sudah aku tulis ya "Cara Menjadi Freelancer Di Projects.co.id : Dapat Penghasilan Dari Nge Blog dan  Banyak Job Lainnya"


4. Vira.id

Vira.id adalah salah satu situs yang baru saja aku coba 2 bulan kebelakang ini. Vira.id ini mempunyai sistem yang yang hampir mirip dengan sosiago.id. Setelah mendaftarkan atau sign up di vira.id , kita bisa memberikan BID pada project atau campaign yang sedang berjalan. 

Jika beruntung saat BID dan berhasil bersaing dengan blogger lain, maka kita akan melanjutkan mengerjakan task atau project yang diberikan sesuai dengan brief yang ada. Nilai Project di vira.id gitar Rp90.000 sampai Rp200.000 lebih untuk setiap artikel yang dibuat. 
Alhamdulillah satu bulan pertama mendaftar di Vira.id aku langsung diberikan 8 pekerjaan atau project. Sayang banget deh sama Vira.id ini. Saranghaeyo Vira.id . LOL

Untuk informasi selengkapnya tentang Vira.id tulis dalam sebuah artikel. Silakan dipelajari ya "Cara Blogger Dapat Uang dari VIRA.ID"

5.Hiip

Hiip adalah salah satu platform atau situs yang juga mempertemukan influencer dengan advertiser atau brand. Nah influencer itu nggak cuman selebgram gaes. Jadi blogger pun masuk kategori influencer. Karena tugasnya memperngaruhi masyarakat agar tertarik menggunakan produk yang dopromosikan.




Alhamdulillah sebagai blogger aku berhasil dapat uang dari Hiip ini. Aku juga baru baru ini aja tau tentang Hiip ini dari komunitas blogger perempuan. Dan saat kemarin ada update an info di Instagram blogger perempuan yang memberitahukan bahwa Hiip sedang mencari blogger dengan niche travelling, aku langsung join dengan menyertakan link atau tautan menuju ke menu “travelling”-ku.

Sebagai blogger pemula yang me-monetize blognya, rate atau fee dari Hiip ini so far adalah yang tertinggi sih dibandingkan situs perantara advertiser dengan blogger lainnya. Kemarin aku baru aja dapat tugas untuk mereview Pegipegi dengan fee 300ribu untuk 500 an kata aja (ya mesti aku buatnya tetep diatas 1000 kata sih biar afdol) hehe.


Aku belum sempat mengulas lebih lanjut tentang Hiip ini. Tapi kalian bisa langsung kepoin di hiip.co.id ya.

6. Rajabacklink.com

Situs atau platform lain yang bisa menghubungkan brand atau advertiser dengan blogger adalah rajabacklink.com. sistemnya agak berbeda nih dengan platform penyedia kerjasama lainnya. Di rajabacklink.com, setelah kita sign up atau mendaftarkan blog, maka aka nada tim review yang akan memantau dan menilai blog kita apakah layak menjadi publisher atau tidak.

Uniknya lagi setelah itu, tim rajabacklink.com sendiri yang akan memberikan nilai atau rate atau fee yang pantas bagi blog kita. (tentu pihak rajabacklink.com sendiri yang tau bagaimana cara perhitungannya)

Agak mengejutkan pas blog ku dikasih rate Rp250.000. seneng sih dinilai tinggi, (makasih ya rajabacklink.com) tapi ternyata rate yang terlalu tinggi ini juga yang kata temen blogger lain menyebabkan aku nggak dapat-dapat job atau project dari rajabacklink.com
. hahaha

Mendengarkan saran dari para mastah per blogging-an, akhirnya aku meminta admin rajabacklink.com untuk menurukan fee atau rate blog ku menjadi Rp180.000. dan benar aja, nggak lama aku dapat job dari rajabacklink.hehe

Oh iya pembagian fee nya 70% untuk kita dan 30% untuk rajabacklink.com sebagai biaya promosi. Jadi analoginya tuh gini, anggaplah blog kita itu “GORENGAN” yang akan kita titipkan ke “WARUNG ”rajabacklink. Gorengan tersebut udah ada di perjanjian misal dijual Rp1000,-.Nah dari penjualan gorengan tadi kita (blogger) dapat 70%-nya sedangkan pemilik warung yang kita titipin gorengan dapat 30%. 


Situs-Situs Lain

Sebenernya masih banyak situs-situs lain yang jadi perantara blogger dengan brand atau advertiser. Dan tentu kita bisa dapat makin banyak uang dari blog dengan situs.Namun beberapa ini yang belum aku coba atau masih dalam tahap bikin akun aja. Misalnya:
  • Eleve.id 
  • Sociabuzz 
  • Sribulancer
  • Dsb
Nanti kalau ada tambah pengalaman lagi aku share deh. 

Ini Postingan isinya “Riya” yaa?

Eeits, jangan suudzon dan ngira postingan ini sebagai ajang pamer ya. nggak ada manfaatnya buat aku. Dengan gambar yang aku tunjukan diatas dengan ebberapa nominalnya mah masih tergolong “receh dan ecek-ecek” dong jika dibandingkan temen blogger yang lebih senior.

Malahan juga dengan aku share begini berarti competitor atau sainganku dalam berebut job dari situs-situs diatas makin besar. Sampe sini paham ya?

Terus kenapa masih mau share beginian?
Aku yakin banyak blogger yang rejekinya udah banyak dari blog nya tapi males bikin begini atau nggak mau share karena dianggap “rahasia dapur”.

Aku yakin aja kalau rejeki nggak akan kemana.  

SELAMAT MENCOBA YA TEMAN-TEMAN
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

20 komentar

  1. Wah terima kasih atas infonya kakkk, sebagai blogger pemula banget, aku jadi pengen nyobain semua yang kakak tulis diatas,
    Udah buat blog dari lama, baru aktif dan tld Mei ini hihihi
    Salam kenal yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicobain satu persatu say.. coba bangun blog pakai 10 cara yang aku udah tulis juga diawal

      semangattt yaaa :)

      Hapus
  2. Terimakasih mas saya coba ya situs situsnya.

    BalasHapus
  3. Makasih infonya kak. Yg blogpartner aku ga ambil karena voucher. Pernah minta cash aja, katanya bisa kalau performa bagus. Tapi beberapa kali dikasih, tetap voucher. Padahal jarang banget belanja. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ambil aja mbak eman loh. kan nisa dibelikan pulsa internet atau token listrik senilai voucher. jadi nggak rugi krna belanja yang nggak diperluin.

      kalau pulsa sama listrik kan pasti kepake mbak :)

      Hapus
  4. Mba Rinii ... jadiin aku muridmu ya Mbak, hihi. Tfs

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh aku masih baru juga kak..hhaha
      tapi ayok kalau mau belajar bareng2 mah.. :D

      Hapus
  5. Nambah ilmu tentang monetisasi blog. Memang kalau ngandelin adsense saja agak berat & cenderung pelit hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha buat org baru kayak aku lama mas cairnya adsense. wkwkw

      Hapus
  6. Angkat topi buat Rini, yeaayyy keren udah banyak jobnya. Semangat terus ya, kalo bisa posting rutin setiap hari, biar performa blog semakin bagus dan banyak visitor nya...

    Kalo saya untuk AdSense masih jauh banget, ibaratnya gak bisa diandelin, mendingan job-job receh, cepat cairnya. Udah gitu rutin pula.

    Yang belum nyoba itu hiip sama vira.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah masih belum sbeerapa kayaknya klo dibandingin sama mas hendra.. hehe

      masih harus byk belajar lagi ini biar portofolio nambah terus...

      hhaha sama mas. adsense ku juga cukup menyedihkan :D

      gapapa lah buat sambilan, sikatin job job lain aja ya mas :D

      Hapus
  7. Waww bermanfaat banget infonya Mbak. Terima kasih ya. Nanti aku coba satu persatu.

    BalasHapus
  8. Ini ilmu banget untukku yang masih newbie. Terima kasih infonya kak. Semoga berkah untuk semua sharing yang disampaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn mbak makasih doanya.

      Silakan dicoba mbak moga sukses yaaa.. :))

      Semangat terus

      Hapus
  9. Aku suka nih artikelnya. Tengkiu, kk

    BalasHapus
  10. Wah infonya bermanfaat banget mba. Langsung cus deh cobain bergabung.

    Kalo adsense aku bahkan belum diapprove. Entah bagaiman kelanjutannya, mau dftar lagi ktnya on going process. Sampai kapan harus menunggu....

    BalasHapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post