24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
√ 10+ Cara Dapat Uang Dari Blog, Ayo Coba Sekarang Juga! [Part 1]

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

√ 10+ Cara Dapat Uang Dari Blog, Ayo Coba Sekarang Juga! [Part 1]

“Kak, gimana sih cara biar bisa dapat uang dari blog gitu”

“Mbak, ajarin biar bisa dapat uang dari blog dong”

Cara Dapat Uang Dari BlogSejak beberapa bulan ini, pertanyaan-pertanyaan diatas banyak banget datang. Yap, sejak aku membuat salah satu halaman di blog celotehdinihari.com yaitu halaman “PORTOFOLIO KERJASAMA”. Selain itu aku juga membuat highlight di Instagram @rinie_noe dengan judul yang sama.

Dan bukannya aku pelit berbagi ilmu ya, tapi ngerasa nggak sanggup aja kalau jelasin satu per satu caranya mengingat emang proses ku sampai bisa dapat penghasilan dari blog itu panjang banget (nggak tau ya kalau temen blogger lain).

Dan aku pun ngrasa nggak punya cukup waktu banyak untuk jelasin ke semua yang nanya. Makanya aku sengaja nyempetin nulis artikel ini biar nanti kalau ada yang Tanya tinggal aku kasih link artikel ini deh. Haha.


Semoga bisa menjawab semua pertanyaan yaaa

Blog Cocok Dijadikan Salah Satu Sumber Penghasilan Untuk yang Punya Hobi Nulis
Cara Dapat Uang Dari Blog

Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

1. Buat Blog dan Pilih Platform

Kalau kepengen dapat uang dari blog syarat utama yang harus punya blog dulu dong. hehe 

Lucunya beberapa yang tanya gimana cara dapat uang dari blog via chat atau email ternyata Belum sama sekali memulai membuat blog. 


Padahal kalau hanya buat blog itu gampang loh. Tinggal beli pasang yang akan kamu pakai untuk ngeblog. Platform itu bisa blogger atau wordpress. 

Cara Dapat Uang Dari Blog
Aku sendiri pakai blogger dan nggak ada alasan khusus kenapa aku pakai Blogger ketimbang wordpress. Sejak SMA saat pertama kali aku membawa blog barulah Blogger. 

Mengenai sekarang banyak para ahli yang mengatakan bahwa WordPress lebih baik daripada Blogger aku pun nggak ambil pusing. Kalian pun bisa pilih dengan bebas mau pakai blogger atau wordpress. 


Biar enggak salah pilih kalian bisa browsing lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing platform ini ya. 


Just Do it! jangan kebanyakan mikir. hehe


BACA JUGA : √ Cara Dapat Uang Dari Blog [Part 2] : 5+ Rekomendasi Situs yang Menawarkan Kerjasama dengan Blogger

2. Membuat Nama Domain atau Alamat Blog

Langkah kedua setelah menentukan platform apa yang kamu pakai untuk membuat blog adalah membuat nama domain blog. 

Nama domain maksudnya adalah nama yang bakalan kamu pakai untuk alamat blog kamu. Misalkan nih dulu saat pertama kali membuat blog nama domain yang aku pilih adalah noeandtheworld.blogspot.com.  wkwkw alay ya.haha aku akuin sendiri kok kalau namanya alay. Dan itu salah satu kesalahan saat membuat blog (dulu). 


Nah buat kalian yang akan baru pertama kali membuat blog aku sarankan buat nama domain yang mudah diingat dan jangan terlalu lebay.hehe 


Kalau bisa malah sesuaikan dengan konten atau isi blog yang akan kamu buat. Seperti kalian lihat nama blog ku sekarang adalah celotehdinihari.com. Meski nama domain tersebut tidak mempresentasikan isi buku secara keseluruhan, namun domain ku itu sedikit mempresentasikan pemilik blog yang memang seringkali membuat konten di atas jam tengah malam. hehe suka begadang aku nya. LOL


3. Ubah Domain Menjadi TLD

Ubah domain kamu menjadi TLD atau top level domain alias domain tingkat atas. Dengan mengubah menjadi TLD maka embel-embel blogspots.com atau wordpress.com akan menghilang dan bisa kamu gantikan dengan .com .id dan lain sebagainya. 

Untuk mengubah domain kamu menjadi TLD ini kamu bisa gunakan beberapa layanan atau jasa dari para penyedia hosting seperti niagahoster.com, dewaweb.com, rumahweb.com dan lain sebagainya. 

Cara Dapat Uang Dari Blog
Dengan menggunakan layanan dari para penyedia hosting ke diatas berarti bahwa mulai saat itu kamu akan mulai mengeluarkan biaya lain untuk ngeblog (selain biaya membeli paket internet hehe). Yap, karena untuk bisa terus menggunakan layanan tersebut kamu harus memperpanjang setiap tahun. Itu berarti bahwa setiap tahun kamu harus membayar senilai uang tertentu. 

Aku sendiri pakai layanan atau jasa dari niagahoster. Menurutku selama 3 tahun lebih memakai layanan dari niagahoster,aku nggak pernah menemukan kendala apapun. Saat ada sesuatu yang aku nggak paham juga aku bisa chat atau email ke admin niagahoster. 


Dulu saat aku mendaftar biaya pendaftaran hanya sekitar Rp75.000 karena memang sedang ada promo. Dan saat 1 tahun berikutnya ketika aku akan memperpanjang layanan biaya yang aku Keluarkan sekitar 120 ribuan. 


Menurutku uang segitu sih nggak seberapa banyak ya, apalagi untuk 1 tahun. Ya itung-itung modal lah, keuntungan yang nantinya didapat juga akan banyak (bukan keuntungan secara finansial aja ya). 


Hal pertama yang menjadi alasan kenapa aku mengubah domain menjadi TLD adalah karena aku ingin serius ngeblog dan aku ingin mengembangkan blogku dan agar blog ini semakin kelihatan profesional, bukan blog gratisan. 


Dan semakin hari sampai sekarang aku sadar banyak sekali manfaat setelah mengganti domain menjadi TLD ini. Perlu kalian tahu ya, banyak klien yang menawarkan pekerjaan atau job kepada para blogger dengan syarat utama yaitu blog sudah berstatus TLD atau top level domain. Dan Alhamdulillah aku banyak mendapatkan rezeki dari blog setelah memutuskan untuk mengubah blog menjadi TLD



4. Ubah Desain Blog Semenarik Mungkin

Menurutku mengubah tampilan blog semenarik mungkin juga menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan ketika menginginkan penghasilan atau uang dari blog. Klien tentu akan lebih tertarik dengan blog yang rapi dan mudah diakses atau baik navigasinya.

  • Jangan berlebihan pasang widget atau aksesoris
Menarik di sini bisa berarti banyak hal, tapi yang perlu diingat menarik bukan berarti terlalu ramai atau terlalu banyak widget yang tidak diperlukan. 

Aku yang dulu sangat suka menambahkan widget widget nggak penting seperti animasi, gift, update-an terbaru media seperti nstagram dan lain sebagainya. Biasalah ya namanya juga cewek, wajar kalau suka aksesoris-aksesoris yang cantik-cantik. 


Dan setelah mengenal banyak teman blog lain yang lebih pro, aku mendapatkan banyak saran bahwa sebenarnya tampilan yang terlalu ramai seperti itu justru bisa menurunkan performa blog kita sendiri. 


Performa yang dimaksud adalah loading page atau page speed alias kecepatan loading di blog kita. Semakin banyak widget yang tidak penting maka akan semakin berat blog kita ketika dibuka. Dan loading page yang lama bisa berpengaruh terhadap jumlah traffic atau pengunjung. Panjanglah akibatnya. 


  • Pilih template sesuai selera 
Kita bebas loh menentukan template untuk blog kita sendiri. Asalkan tadi, pilih template yang minimalis dan tidak terlalu banyak aksesoris atau hijab yang terpasang. 

Kalian bisa mencari template secara gratis di Google atau bahkan membeli template di beberapa situs seperti:

- gooyaabitemplates.com
- btemplates.com
- justfreethemes.com
- themexpose.com
- mybloggerthemes.com
Aku sendiri beberapa kali ganti template, dan nggak tahu kenapa aku nggak merasa puas dengan template yang aku pakai saat ini. Aku pengen punya suatu template yang kalau bisa aku gunakan untuk jangka waktu lama dan intinya tidak cepat membuat aku bosan. 

Akhirnya setelah berkali-kali dengan teman-teman profesional seperti Mas Ozik Jarwo, sawalwalker, atau Mas Iman pemilik blog bacalagers, akhirnya aku memutuskan untuk membeli template premium milik Mbak Igniel (template yang aku pakai sekarang ini). 

Kriteria pemilihan template premium menurut saran para master master tadi yaitu template yang SEO friendly

Entah ini benar atau enggak, tapi semenjak pakai template premium memang jumlah trafik atau pengunjung di blog ku semakin meningkat. 


Aku beli template punya Mbak Igniel harga Rp200.000. Dan kalau kalian rasa Tambak itu terlalu mahal masih banyak kok tempat premium seharga Rp100.000. 


Sebenarnya harga segitu sih menurutku wajar-wajar aja, fee menulis dari klien juga bisa 100 sampai 200 ribuan kok. 


5. Buat Konten yang Menarik dan Bermanfaat

Jika blog telah siap maka selanjutnya adalah membuat konten atau isi bagi blog kita. Sebenarnya aku tidak terlalu menyeramkan bagi pemula untuk memikirkan penghasilan atau uang dari blog. Karena jika hanya fokus terhadap uang maka menurutku kurang maksimal. Yang harus menjadi fokus utama bagi seorang blogger adalah membuat konten yang menarik dan bermanfaat. 

Konten yang menarik dan bermanfaat bisa mendatangkan banyak pengunjung setiap hari. Banyaknya pengunjung yang datang berarti bahwa mereka menyukai konten atau artikel yang ada dalam blog kita. Begitu juga sebaliknya jika pengunjung masih sepi berarti masih banyak yang harus dikoreksi. 


Dan jangan pernah memikirkan mendapatkan uang dari blog jika pengunjung yang datang ke blog mu setiap hari masih sangat kecil. Karena itu fokus utama adalah membuat konten yang menarik dan bermanfaat serta mendatangkan trafik atau pengunjung sebanyak-banyaknya. 


Traffic by dashboard blogger celotehdinihari.com

Sebagai blogger perempuan, pasti banyak banget cerita yang bisa disalurkan lewat. Seperti aku, banyak banget pengalaman yang bisa aku ceritakan ke blog. Tapi aku mengubah cara ceritaku tentang pengalaman yang aku alami menjadi artikel yang lebih informatif dan terstruktur. 


Misalnya aja nih, aku sudah bertahun-tahun karyawan atau staff accounting. Dan Selama perjalanan itu pula aku menjalani berbagai macam interview atau melamar kerja di sana sini. Setelah 8 tahun lebih bekerja, aku merasa cukup pantas untuk berbagi pengalaman tentang tips wawancara atau interview karena itu aku membuat artikel tentang tips sukses interview dan wawancara kerja untuk posisi accounting dan juga pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul saat interview


Atau pengalamanku yang lain misalnya hampir tertipu oleh telepon yang mengatasnamakan nama bank dengan modus penipuan kartu kredit dan voucher hotel. Pengalaman penipuan kartu kredit bermodus voucher hotel tersebut aku sampaikan di blog dan Alhamdulillah banyak mendapatkan respon bahkan terbantu atas artikel yang aku buat tersebut.


See, sebenarnya itu pengalaman pribadi loh. Pengen cerita aja, dan setelah aku salurkan ke blog ternyata mendapatkan respon yang sangat baik dari para pengguna internet. Bahkan sampai sekarang sudah puluhan ribu orang yang membuka artikel tersebut.


Pada intinya membuat artikel yang informatif dan bermanfaat bagi pengguna internet adalah salah satu kunci untuk mendatangkan banyak traffic atau pengunjung ke blog kita. 


6. Belajar Dan Terapkan Ilmu SEO

Kata SEO tentu kata yang cukup asing buat blogger yang baru akan memulai memonetize blog nya. Kayak aku, blog ada sejak 2010 tapi baru serius dan tau tentang SEO dari akhir 2018. Dan dari saat itu pula baru tahu kalau blog bisa menghasilkan uang.

Nah, SEO adalah Seacrh Engine Optimization yang secara singkat berarti bahwa bagaimana cara kita membangun sebuah konten agar lebih mudah diterima oleh mesin pencari dan sampai bisa naik ke peringkat atas mesin pencaarian.

Pengaruhnya apa dong SEO untuk penghasilan blog kita?
Cara Dapat Uang Dari Blog
pixabay
Jadi banyak faktor yang bisa mempengaruhi besar kecilnya penghasilan dari blog. Nah salah satunya adalah jumlah pengunjung blog. Sedangkan SEO ini jika dilakukan dengan benar akan bisa mendongkrak artikel kita ke peringkat atas mesin pencarian. Dan hal tersebut adalah salah satu cara agar konten atau artikel di blog kita banyak dikunjungi pengguna internet.


Untuk cara optimasi konten untuk mesin pencari udah pernah aku tulis juga di artikel “Cara Optimasi Konten di Mesin Pencarian Google” silakan dicek ya.

7. Datangkan Traffic Atau Pengunjung Ke Blog

Seperti sudah aku jelaskan tadi, jumlah traffic atau pengunjung sangat berperan besar untuk penghasilan atau uang yang bisa kita dapat dari blog. Selain mengupayakan dengan teknik SEO tadi, kita juga bisa meningkatkan jumlah traffic dengan beberapa cara seperti:

Cara Dapat Uang Dari Blog
freepik.com

- Share social media (tapi jangan spamming)
Tentang share sosmed ini kalian bisa baca disini

- Blogwalking
Blogwalking adalah aktivitas mengunjungi blog lain dengan meninggalkan komentar. Pada umumya sesame blogger tuh bakalan “ngeh” kalau mereka harus saling berkunjung balik ketika ada komentar yang ditinggalkan.

8. Gabung Komunitas Dan Bangun Kedekatan dengan Sesama Blogger

Ada banyak keuntungan jika gabung ke komunitas-komunitas blogger misalnya bisa mencari teman untuk blogwalking, mendapat info terupdate atau tips dan trik untuk nge-blog. Selain itu, di komunitas blogger kita juga bisa mendapatkan info job atau project yang menghasilkan uang dan bisa kita ikuti.

Beberapa komunitas yang aku ikuti:
- Blogger Indonesia di facebook
- Blogger Perempuan di instagram
- Berbagai grup whatsapp berisi para blogger. 

9. Bangun Personal Branding

Personal branding maksudnya adalah memasarkan diri kita sendiri baik itu tentang, karir, citra, pencapaian dan lain sebagainya. Personal branding ini yang nantinya memperkuat image diri kita, dalam hal ini sebagai blogger. 
Cara Dapat Uang Dari Blog
freepik.com

Kita bisa memanfaatkan banyak media untuk memperkuat personal branding kita. Misalnya melalui media sosial, kita bisa secara konsisten meng-update atau menginformasikan tentang bidang yang kita kuasai atau sedang kita jalani yaitu blogging. 

Kita juga bisa sharing artikel update-an terbaru di sosial media agar teman-teman di sosial media tersebut semakin teringat akan image kita sebagai blogger. 

Dian misalkan menarget untuk mendapatkan klien yang mempercayakan kita mempromosikan produknya, maka personal branding bisa kita lakukan dengan sering-sering mengupdate atau mereviuw suatu produk yang kita beli atau kita miliki. Tentu dengan cara me-review yang baik.

10. Ketahui Jenis-Jenis atau Sumber Penghasilan Blogger

Sebelum bercita-cita mendapatkan penghasilan atau pundi-pundi google, akan lebih baik jika kita memahami dan tahu dulu sumber-sumber aja sih yang bisa dihasilkan dari blog yang kita miliki. 

Kalau kalian mengira sumber penghasilan blogger hanya dari Google Adsense atau penayangan iklan, tentu itu sangat salah. Meski sudah terpasang adsense di blog, namun jujur aku belum bisa menghasilkan banyak uang yang dari iklan-iklan tersebut. 

Untungnya masih ada banyak jalan untuk mencari rezeki dari aset blog yang kita miliki. Berikut di antaranya:
  • Iklan
Sumber penghasilan dari blog yang paling populer adalah dari pemasangan iklan. Konsepnya begini, blog kita diibaratkan sebagai sebuah media seperti televisi atau koran yang bisa disewakan ruangannya bentuk dipasangi iklan dari suatu brand atau produk.

Penayangan iklan sendiri ada beberapa macam namun yang paling populer adalah Google AdSense. Seperti kebanggaan sendiri apabila suatu blog bisa menayangkan iklan dari Google AdSense.

Hal ini dikarenakan selain adsense adalah produk asli dari Google
Dan untuk bisa menayangkan iklan tersebut blog kita harus memenuhi beberapa persyaratan yang cukup ketat. 

Namun sebenarnya bukan hanya Google Adsense aja yang bisa kamu harapkan untuk Mendulang penghasilan atau uang dari blog. Beberapa di antaranya adalah raja traffic, MGID, admob, macam-macam short link berbayar, dan lain sebagainya.
  • Komisi dari Afiliasi Marketing
Selain penayangan iklan, kita juga bisa mendapatkan penghasilan atau uang dari blog dengan cara afiliasi. Afiliasi maksudnya adalah kita akan memberikan tautan atau link yang mengarah ke sebuah situs yang mempunyai produk tertentu.

Tautan atau link tersebut bisa terletak dalam sebuah artikel yang bersifat persuasif atau ajakan untuk membeli produk tertentu atau dengan memasang sebuah banner yang akan mengarahkan para pengunjung ke website atau produk tersebut, dengan tujuan agar mereka tertarik untuk membelinya.

Penghasilan dari afiliasi ini biasa berupa komisi. Dimana komisi ini akan kita dapatkan apabila pengguna internet tersebut membeli produk yang sedang kita bantu pasarkan.
  • Konten Kerjasama / Partnership
Nah ini yang paling aku suka, karena mendapatkan project content kerjasama atau partnership nyatanya menjadi Sumber penghasilan ku yang paling besar dibandingkan Google Adsense.

Saat ini aku hanya baru bisa gajian dari Google Adsense tahun sekali. Padahal dengan nominal gajian dari AdSense tersebut bisa aku peroleh dalam jangka waktu 1 atau 2 bulan dari pekerjaan kerjasama atau partnership ini.

Konten yang kerjasama ini ada dua tipe yaitu content placement dan content writing. Singkatnya content placement adalah kita tinggal mempublish artikel yang sudah kalian persiapkan. Di mana di dalam artikel tersebut terdapat sebuah link menuju situs milik klien.

Sedangkan content writing yaitu kita harus menuliskan sebuah artikel berdasarkan brief atau ketentuan dari klien. Di mana di dalam artikel tersebut juga nantinya kita akan menanamkan sebuah tautan atau link menuju situs pemasaran produk milik klien.
  • Kontributor Penulis
Menjadi blogger tentu wajib hukumnya bisa “menulis”. Meski bukan ahli tulis menulis saat memulai membuat blog, akan tetapi belajar cara penulisan yang baik dan benar harus dilakukan (berproses). Nah setelah dirasa tulisanmu lumayan layak dan enak dibaca maka kamu bisa ambil kesempatan ini untuk mendulang rejeki atau pundi pundi uang sebagai blogger.

Caranya yaitu dengan menjadi kontributor penulis untuk beberapa wesite atau situs maupun kontributor bagi agen artikel. Jadi memang ada loh beberapa situs yang menghargai tulisan yang kita submit dan akan dibayar dengan fee tertentu seperti Babe, Brillio, Basa Basi dan lain sebaginya.

Untuk yang satu ini aku belum coba sih, rencana aku mau coba situs basabasi.com. Nanti kalau udah terealisasi aku bakalan share lebih lanjut ya di blog ini.

Sementara aku baru ikut jadi Kontributor di Penulis Jaya, yaitu agen penjualan artikel yang memberikan fee berdasarkan jumlah artikel yang dibuat setiap bulan. Lumayan sih bisa dapat sekitar Rp400.000 per bulan. Tapi aku baru 2 bulan ikut dan mutusin buat resign karena banyak deadline lain yang Fee nya lebih besar jadi keteteran kalau job di Penulis Jaya ini tetep tak lanjutkan, hehe, ya harus ada yang dikalahin salah satu biar kerjaan tetep lancar.
  • Speaker / Webinar/ Mentor
Cara dapat uang dari blog ini buat yang udah mahir alias professional blogger aja sih. Kalau aku mah masih jauh dari kata kompeten. Hehe

Nah tapi aku kenal tuh beberapa blogger professional yang karena kredibilitasnya dalam dunia BLOGGING membuat mereka cukup layak memberikan ilmunya dalam beberapa kesembatan seperti menjadi speaker atau pembicara untuk seminar atau event tertentu. Contohnya mbak Almazia co-founder #BLOGGERPEREMPUAN, mbak Mira Sahid ounder #EMAKBLOGGER, dan lain sebagainya masih banyak banget.

Nggak hanya itu, mereka juga bisa membuat webinar atau seminar online bahkan membuka kursus atau menjadi mentor yang bisa memberikan pelajaran tentang memulai BLOG mulai dari nol seperti mas sawal walker, mas ozik jarwo dan lain sebagainya.
  • Buat Produk Sendiri
Menjadi professional blogger emang enak ya. banyk cara buat dapat uang dari blog. Hehe. Dan masih untuk yang sudah bertahap professional plus jago coding, mereka bisa membuat produk sendiri untuk dijual. Tentu produk ini mash berhubungan dengan blogger dong, contohnya buat template premium, bikin ebook tutorial blogging dan lain sebagainya.
  • Membuka Jasa
Ilmu blogging itu luas banget menurutku, dari mulai ilmu penulisan, ilmu marketing, ilmu coding dan lain sebagainya. Dan kalau pintar-pintar memanfaatkan kesempatan, point-point tadi bisa loh dijadikan sumber penghasilan, contohnya :
- Jasa penulisan artikel
- Jasa redesign template
- Jasa memperbaiki pagespeed blog

Nah aku membuka jasa pembuatan artikel atau content writing juga nih untuk klien yang punya bisnis atau website bisnis sendiri. Hasil kerjasama bisa dilihat di halaman PORTOFOLIO ku.

Dan untuk gimana cara dapat job menulis artikel seperti itu akan aku share di artikel selanjutnya ya.
  • Ikut Lomba Blog
Nah ini cara menghasilkan uang dari yang baru aja aku coba. Yuhu, ikuta lomba blog atau blog challenge.meski baru nyoba dan tentu beklum pernah menang tapi aku cukup exited sih ikut lomba seperti ini? Kenapa?

Karena dengan ikut lomba begini tuh bikin kita jadi mau belajar gimana cara bikin artikel yang menarik buat para juri. Kitapun jadi banyak cari tau dan mengamati blog-blog yang biasa juara seperti blog nya mas joe atau mas nodi.

Dari intip-intip tersebut bisalah kita saring dan ambil ilmunya. Meski nggak berharap muluk-muluk untuk menang tapi asik aja bisa menulis dengan serius.

Dan fee atau hadiah dari lomba blog ini pun nggak main-main sih. Jutaan gaes. Tertarik ikutan juga nggak?

Nah kalau tertarik dan butuh info lomba blog apa aja yang lagi berlangsung kalian bisa follow Instagram @infolombablog atau lihat di blog kurazone.com.

11. Cari Job Blogger di Situs-Situs Berikut

Nah setelah melakukan tahap di atas berarti blog kamu sudah siap untuk mencari atau mendapatkan job maupun project yang bisa mendapatkan uang. 

Jika semuanya dirasa siap, maka tahap selanjutnya adalah menjemput rezeki itu. Aku sendiri percaya sih rezeki bukan harus kita tunggu terus menerus, tapi harus kita usahakan dan kita jemput. 

Nah salah satu untuk menjemput rezeki yang bisa menjadi penghasilan bagi blog kita adalah dengan mengunjungi beberapa situs yang memang ditujukan guna memberikan peluang bagi kita para blogger untuk bekerja sama dengan beberapa pihak. 


Ada beberapa situs yang bisa kita coba untuk mencari job atau project untuk blog kita beberapa diantaranya:
  • Blogpartner.id
  • Sosiago.id
  • Projects.co.id
  • Vira.id
  • Hiip
  • Rajabacklink.com
  • Eleve.id
Lanjut dibahas lagi di artikel selanjutnya yaa.. 


Jadi gaes,  itu dia cara awal kalau pengen dapat atau menghasilkan uang dari blog. Selamat mencoba.  Moga rejeki makin lancar yaa... 


BACA JUGA : √ Cara Dapat Uang Dari Blog [Part 2] : 5+ Rekomendasi Situs yang Menawarkan Kerjasama dengan Blogger

 
TERIMAKASIH
 
RINI NOVITA SARI




Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

9 komentar

  1. Terima kasih mba artikelnya. Berguna banget buat saya yang memang lagi pengen serius di bloging. Lagi pelan-pelan belajar gimana ngembangin blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas..

      semangat kembangin blog nya dulu, perbaikin terus, konsisten update artikel

      insyaalloh rejekinya nanti dateng kok :)

      Hapus
    2. Amin mba ... Terima kasih

      Hapus
  2. eh ini template baru ya mbak? cantik ya,,,

    banyak cara untuk dapatin uang dari blog, tapi prosesnya ngga instan, semoga aja para newbie bisa konsisten ya, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha bener mas. byk banget caranya

      tapi buat ke tahap blog kita LAYAK menghasilkan uang itu yang panjang..

      semoga semangat dapat uangnya bisa nular ke semangat menjalani proses panjangnya. hihi

      hehe iya mas sabda.. cewek banget ya template ku,??
      beli premiumnya mba igniel trus aku modif warnanya yang agak pastel pastel gitu. hhaa

      Hapus
  3. 120 rbu itu domainnya saja???

    oh iya pageviewnya waw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas domain Dot com nya aja

      Hehe masih kecil mas. Tapi disyukuri aja moga makin naik..

      Hapus
  4. saya juga baru ngeblog lagi nih setelah sebelumnya vakum hehe, visitornya kayak kuburan hahaha. semoga cepat naik visitornya nih biar bisa kayak mbanya dapat penghasilan. blog saya bebasologi.com btw hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus konsisten bikin artikel yang informatif kak, nanti visitor datang sendiri.. semangattt yaaa :)

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post