24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
8 Tips Sukses Interview atau Wawancara Kerja Untuk Semua Posisi

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

8 Tips Sukses Interview atau Wawancara Kerja Untuk Semua Posisi

Tips Sukses Interview atau Wawancara Kerja Untuk Semua Posisi - Siapa sih yang nggak kepengen sukses dan bekerja di tempat yang diinginkan? Usai menempuh pendidikan, tentu semua orang ingin segera bisa mendapat penghasilan. Nah, bekerja di perusahaan adalah salah satu opsi yang masih banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Meski trend buka bisnis sendiri mulai marak, namun masih melonjak pula antusias para pencari kerja.


tips sukses interview kerja

Nah, untuk mendapatkan suatu posisi atau pekerjaan di perusahaan, sudah tentu kalian harus melewati tahap sebar CV atau Curiculium Vitae, serta tahap tes dan interview kerja. Sangat jarang sekali perusahaan yang melewatkan tahap tes dan interview kerja saat merekrut calon karyawannya.

Untuk bisa lolos tes dan interview kalian harus bisa membuat terkesan tim HRD atau tim managemen perusahaan tersebut. Entah itu membuat terkesan dengan skill kamu, pengetahuanmu, penampilanmu, atau attitude mu.

Baca Juga : Skill yang Harus Dimiliki oleh Karyawan

Mendapat panggilan interview tentu hal yang membahagiakan karena berarti kamu mendapat kesempatan maju selangkah untuk mendapat pekerjaan yang diidamkan. Namun, panggilan interview kerja juga akan menjadi hal yang mengerikan jika kamu sendiri belum siap menghadapi interview tersebut.

Nah, di artikel kali ini aku mau bahas tentang tips agar sukses dan menonjol saat interview kerja. Sebelumnya aku udah bahas tentang "tips interview kerja untuk posisi staff accounting" yang ramai banget dikunjungi oleh para calon pekerja. Dan artikel tersebut emang fokus untuk posisi staff accouting aja sih. Untuk artikel ini akan membahas lebih general untuk semua posisi ya.


7 Tips Agar Sukses dan Menonjol Saat Wawancara atau Interview Kerja

Kamu pasti pengen sukses dan mudah melewati wawancara atau interview dong? Kalau begitu, nggak ada salahnya loh kamu persiapkan segala macam hal demi kelancaranmu saat interview nanti.  Berdasarkan pengalaman beberapa kali interview yang aku lakukan, berikut adalah tips atau langkah yang layak kita coba dan terapkan.


1. Cari Tahu Tentang Perusahaan

tips sukses interview kerja

Hal penting yang harus kamu lakukan ketika memutuskan  untuk datang ke interview adalah mencari tahu dulu tentang perusahaan yang memanggil kamu. Jangan sampai dong mau interview tapi nggak tau perusahaannya bergerak dibidang apa. hehe.

Informasi-informasi tersebut bisa kamu dapat baik dari informasi orang lain atau yang paling mudah cari dari website perusahaan. Era modern seperti sekarang rata-rata semua perusahaan udah punya website bisnis kok.


2. Perhatikan Penampilan

Udah sewajarnya kita memperhatikan penampilan untuk acara atau kondisi tertentu, termasuk untuk interview kerja. Interview kerja berarti kamu akan menemui orang-orang baru yang akan memberikan penilaian apakah kamu pantas di rekrut atau tidak.


tips sukses interview kerja

Meski tak selalu. tapi seringkali penampilan juga menjadi faktor keberhasilanmu. Jika kamu tidak diharuskan memakai style-an hitam putih, pastikan kamu tetap menggunakan busana yang rapi, elegan, namun tidak berlebihan. Usahakan memakai padu padan warna atasan dan bawahan yang matching, serta tidak mencolok. Buat ladies juga nih, nggak usah terlalu menor kayak mau ke kondangan dandananya. hihi

Eh iya satu lagi jangan lupa, pakai deodoran dan parfum ber-aroma kalem alias tidak terlalu menyengat agak kamu makin pede saat berhadapan dengan tim HRD.


3. Persiapkan Jawaban atas Pertanyaan-Pertanyaan Umum yang Sering Keluar Saat Interview

tips sukses interview kerja
Tahap interview awal, perusahaan akan memberikan pertanyaan-pertanyaan umum yang lebih akan menguak psikologis kamu sebagai calon karyawan yang akan direkrut.

Meski terkesan sederhana, tapi banyak loh pertanyaan menjebak yang bisa bikin kamu bingung mau jawab apa. untuk mempelajari lebih lanjut tentang contoh pertanyaan-pertanyaan umum beserta jawaban yang biasanya ditanyakan saat interview kamu bisa baca di "20 Pertanyaan Umum Saat Interview"


4. Persiapkan Materi Seputar Posisi yang Dilamar

tips sukses interview kerja

Setelah tahap pertanyaan umum yang mengorek sisi psikologis kamu tadi, akan ada kemungkinan untuk melanjutkan interview yang lebih mengarah ke posisi yang sedang kamu lamar.

Kalau aku, dulu saat hendak melamar sebagai staff accounting, ya aku usaha flashback belajar ulang materi akuntansi dasar. Ya buat jaga-jaga aja, masa mau nglamar accounting tapi ditanyain tentang akuntansi dasar gak bisa. malu lah.


5. Percaya Diri dan Tenang


Percaya diri menjadi salah satu kunci sukses interview kerja. Yakin dalam menjawab pertanyaan serta gesture tubuhmu bisa menunjukan bahwa kamu percaya diri dan nyaman dengan interview yang kamu jalani. Asalkan percaya dirimu nggak mengarah ke kesombongan ya.

Menunjukan gesture bahwa kamu pede dan nyaman menjalani interview menunjukan bahwa kamu memang telah siap secara mental.

Berdasarkan pengalaman pribadi, aku akan merasa pede saat interview memang jika aku telah merasa siap atas segalanya untuk interview itu. Entah siap secara materi yang berhubungan dengan posisi yang aku lamar, atau siap atas hal-hal lain seperti menyiapkan baju, cv dan lain sebagianya.

Untuk bisa tenang rahasianya cuman 3. Berdoa minta ketenangan batin dan dilapangkan hatinya sama Alloh, dan kedua minta restu orang tua dan terakhir "dont expect to much" tapi usaha harus pol.


6. Teliti dan Baca Ulang CV (Curriculum Vitae) yang Kamu Buat

tips sukses interview kerja

Saat interview, para tim HRD atau managemen yang menginterview kamu biasanya akan membuka CV yang kamu berikan dan membaca detail dari CV tersebut. Dan pasti beberapa point akan ditanyakan untuk sertifikat dan crosscheck. Jangan sampai jawaban dan apa yang tertulis di CV berbeda ya, karena akan bikin ragu para HRD yang mewawancaraimu.

Selain itu, siapkan penjelasan atau deskripsi atas apa yang kamu tulis di CV, misalkan tentang hobi yang kamu tulis, kelebihan atau list sertifikat yang kamu lampirkan, dan lain sebagainya. Untuk itu, aku nggak menyarankan kamu memalsukan isi dari CV mu, karena takutnya ya gitu, pas dikorek-korek sama pihak perusahaan kamu malah bingung dan harus ngarang cerita lagi. Haduh.


7. Jaga Sikap dan Gesture

Menjaga sopan santun, gerakan tangan secukupnya, kontak mata tidak lirak-lirik kesana kemari, cara duduk yang tegap tidak membungkuk, dan lain sebagainya adalah printilan-printilan kecil yang harus kamu perhatikan. Jika sehari-hari kalian agak bersikap "slengek'an atau style nyante mode on, kalian perlu melatih sikap dan unggah ungguh yang baik agar terlihat serius dan benar-benar niat cari kerja. Menjadi diri sendiri itu baik, tapi lebih baik lagi jika bisa menempatkan diri di segala kondisi. Termasuk di kondisi yang mengharuskanmu fokus dan serius di dunia kerja.

Jangan lupa untuk tetap bersikap ramah dan murah senyum bahkan dimulai dari kamu memasuki area kantor atau perusahaan yang memanggilmu. Namun ingat jangan berlebihan sampai terkesan SKSD alias Sok Kenal Sok Dekat ya...


8. Practice Makes Perfect

Berlatih cara bicara dan cara menjawab pertanyaan bagiku adalah hal yang penting dilakukan sebelum interview atau wawancara kerja. Tapi inget, latihan ini bukan menghafal kata-kata ya, tapi lebih untuk mempersiapkan agar nggak kaku atau kelihatan canggung saat interview nanti.


tips sukses interview kerja

Ingat, kamu bukan satu-satunya yang dipanggil ke perusahaan tersebut. Diantara puluhan pesaingmu pasti juga merasakan kegugupan, grogi, atau ketegangan yang sama saat hendak menjalani wawancara atau interview kerja. Yang membedakan hanyalah cara mereka mengatasinya. Yang paling baik dalam menghadapi moment tersebut mungkin dialah yang akan mendapat keberuntungan. Satu hal terpenting, mengharapkan keberuntungan aja adalah hal yang sia-sia kalau kamu sendiri bukan tipe orang yang mau berusaha.


SEMANGAT MENCOBA!!


RINI NOVITA SARI
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 komentar

  1. Jadi ingat dulu sering bolak balik interview sampai akhirnya udah biasa banget, ga pake gugup lagi.
    Eh terakhir bekerja saya malah dikasih kepercayaan interview karyawan baru, dan baru tahu, ternyata bukan cuman yang diwawancarai yang sibuk, yang wawancarai juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhah bener banget mbak. klo udah sering interview lama2 rasanya biasa aja.. apalagi klo berasa udah siap aja gitu...

      haha bingung milah milih kandidat terbaik ya mbk? :D

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post