24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Mau Sewa Rumah? Simak Dulu Nih 6 Tips Menemukan Sewa Rumah Terbaik

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Mau Sewa Rumah? Simak Dulu Nih 6 Tips Menemukan Sewa Rumah Terbaik

Tips Menemukan Sewa Rumah TerbaikSewa rumah atau mencari rumah kontrakan adalah satu hal yang yang bisa dibilang susah-susah gampang untuk dilakukan. Karena berhubungan dengan kenyamanan bertempat tinggal dan juga alokasi keuangan keluarga, maka untuk menyewa rumah tidak bisa dilakukan sembarangan. 


Mendapatkan tempat tinggal yang nyaman tentu adalah impian semua orang atau keluarga. Hunian yang nyaman dan aman akan sedikit banyak berdampak pada kebahagiaan keluarga kita. Hal ini dikarenakan rumah atau hunian adalah tempat dimana kita akan pulang atau beristirahat setelah seharian lelah beraktivitas di luar. 

Sewa Rumah di Jakarta Pusat
unsplash.com

Sayangnya, tak semua orang bisa langsung membeli rumah mengingat harga rumah yang terbilang sangat tinggi saat ini. Apalagi untuk rumah-rumah yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta Pusat. Karena itu, sewa rumah menjadi salah satu opsi atau solusi yang bisa digunakan oleh mereka yang masih mengumpulkan uang untuk bisa membeli rumah sendiri. 

Meski begitu, mencari sewa rumah di Jakarta Pusat juga bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Selain kenyamanan, harga juga perlu diperhatikan saat mencari sewa rumah di daerah tersebut. 

Untuk menghindari kesalahan saat memilih atau mencari sewa rumah berikut, aku berikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika hendak mencari rumah kontrakan atau sewa rumah di Jakarta Pusat ataupun kota-kota besar lainnya. 

6 Tips Menemukan Sewa Rumah Terbaik

1. Cek Anggaran dan Sesuaikan Dengan Harga Sewa

Mencari rumah sewa atau kontrakan tentu berhubungan dengan anggaran. Nah sebelum memutuskan untuk menyewa rumah, pastikan terlebih dahulu ada anggaran yang cukup untuk membayar sewa rumah tersebut. Biasanya rumah sewa akan dibayarkan entah 1 tahun atau 2 tahun sekali di awal, karena itu kita harus memastikan kondisi keuangan yang stabil agar bisa membayar sewa rumah tersebut secara tepat waktu. Dan juga mempersiapkan tabungan atau anggaran sewa rumah untuk tahun sewa berikutnya. 

Sesuaikan budget atau anggaran dengan harga rumah sewa yang diincar. Cari aja sewa rumah yang harganya sesuai dengan anggaran. Kemudian pastikan untuk melakukan negosiasi dengan pemilik rumah tentang harga sewa dan juga cara pembayarannya. Lebih baik jika semua perjanjian sewa ada ada di atas kertas ya gaes.


Sewa Rumah di Jakarta Pusat
unsplash.com

2. Lakukan Survey Terlebih Dahulu (Cek Fisik)

Hal penting lainnya yang juga harus dilakukan sebelum sewa rumah di Jakarta Pusat ataupun kota besar lainnya adalah melakukan survei atau cek fisik ke rumah yang akan disewa tersebut. Atur waktu dan janjian dengan pemilik atau penjaga rumah untuk melakukan pengecekan rumah lebih detail. 

Ingat, jangan hanya tergiur dengan penawaran harga sewa rumah yang murah tanpa mengeceknya terlebih dahulu. Bisa jadi hal tersebut malah akan merugikan kamu ketika menyewa nantinya. Pastikan kondisi bangunan, kebersihan, fungsi-fungsi seperti keran air, kondisi genteng atau atap dan lain sebagainya.

3. Lakukan Perbandingan

Melakukan survei kau lebih dari satu rumah. Bandingkan dulu satu rumah dengan rumah lainnya dengan harga yang kurang lebih sama. Apakah ada perbedaan fasilitas atau kualitas dari rumah-rumah tersebut serta bagaimana kenyamanannya. Atau bisa juga bandingkan rumah dengan fasilitas yang sama namun mana yang harganya lebih murah. 

Intinya jangan terburu-buru saat memilih menyewa rumah yang mana. Daripada menyesal karena telah melakukan perjanjian sewa untuk satu atau dua tahun, lebih baik fokus mencari rumah yang dirasa paling nyaman untuk ditempati.


Sewa Rumah di Jakarta Pusat
unsplash.com


4. Lokasi dan Jarak Rumah dengan Fasilitas Umum atau Tempat Kerja

Selain harga dan fasilitas juga ada hal lain dipertimbangkan ketika hendak sewa rumah. Salah satunya adalah lokasi dan jarak rumah tersebut dari fasilitas umum atau tempat kerja kita. Meski menemukan rumah yang nyaman dan murah, namun jika lokasinya terlalu jauh dengan fasilitas umum dan juga tempat kerja atau tempat beraktivitas sehari-hari bisa jadi malah akan menghabiskan biaya transportasi yang lebih mahal. Dan rasanya untuk memilih rumah tersebut akan kurang tepat.

5. Suasana dan Lingkungan

Hal lain yang harus diperhatikan ketika hendak sewa rumah di Jakarta Pusat atau kota besar lainnya adalah bagaimana suasana lingkungan atau sekitar rumah tersebut. Tentu hal ini akan berdampak terhadap kenyamanan kamu ketika menghuninya.

Standar suasana yang nyaman bagi setiap individu pada dasarnya berbeda. Ada yang senang di suasana rumah yang ramai ataupun sebaliknya. Namun untuk standar kebersihan pasti semua orang juga menginginkan hal yang sama yaitu lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih bisa berdampak terhadap kenyamanan selama tinggal dan juga keamanan agar mengurangi dampak terkena beberapa penyakit yang disebabkan karena faktor kebersihan. 

Biasanya masalah utama di perkotaan adalah tempat pembuangan sampah dan juga saluran air atau got. Perhatikan bagaimana pengaturan sampah dan saluran air di lingkungan tersebut. Apakah menimbulkan bau yang mengganggu atau tidak.

6. Cari Sewa Murah Terbaik Melalui Situs Online

Nah cara terakhir yang aku rekomendasikan untuk mempermudah mencari sewa rumah adalah dengan browsing di situs-situs yang diperuntukkan sebagai media pemasaran orang-orang akan menyewakan rumahnya. www.sewa-rumah.net adalah salah satu situs yang yang recommended guna mencari opsi-opsi ketika hendak sewa rumah. 

Di situs tersebut kamu bisa melihat beberapa rumah yang ditawarkan lengkap dengan informasi seperti lokasi bangunan, luas tanah, jumlah lantai, fasilitas yang ada, akses jalan, sertifikat dan lain sebagainya. Nomor kontak pemilik rumah yang bisa dihubungi yang akan memudahkan kamu ketika melakukan survei. 

Nah buat kamu yang sedang ribet atau bingung mencari sewa rumah. Semoga bisa cepat dapat Hunian yang nyaman ya. Selamat mencari. 

Terima kasih 


Rini Novita Sari

Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. Manteep mbaak tipsnyaa. Penting sekaliii memang membuat anggaran dan melakukan survey terlebih dulu supaya sesuai dengan yg dibutuhkan dan gabikin kantong jebol" banget wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya penting mas. Klo niat mau perpanjang kontrak sewa rumah harus udah dianggar juga. Jgn sampe pas waktunya perpanjang uang belum siap.

      Ribet nnti pindagan dadakan. Pasti barang byk.. :D

      Delete
  2. Dengan semakin tingginya harga rumah saat ini, memang sewa rumah bisa jadi pilihan yg tepat. Apalagi di daerah perkotaan.

    Untuk saat ini paling gampang kayaknya survei melalui aplikasi/situs online ya mbak setelah itu baru cek langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas..

      cari rekomendasi dri situs online dlu.. bikin list yang paling mendekati keinginan

      bandingin

      baru deh cus lgsg surveyyyyy,,, serba praktis skrg

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post