24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Udah Nggak Jaman Pakai Kasir Konvensional. Ini Loh Kenapa Kamu Harus Pakai Software Kasir Untuk Bisnis di Era Serba Digital Ini

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Udah Nggak Jaman Pakai Kasir Konvensional. Ini Loh Kenapa Kamu Harus Pakai Software Kasir Untuk Bisnis di Era Serba Digital Ini

Bisnis kamu udah pakai software kasir belum nih? Kalau udah, selamat ya guys. Artinya kamu melek teknologi dan mengikuti perkembangan jaman demi memajukan bisnismu.


Nah kalau belum, mungkin kamu belum tau dan paham aja seberapa penting dan manfaat penggunaan software kasir untuk bisnismu.

Karena itu, di artikel kali ini aku akan mencoba menjelaskan tentang apa itu software kasir dan apa aja yang bisa kamu manfaatkan dari software tersebut.


software kasir
pawoon.com

Patut diakui sih, sekarang banyak banget bisnis baru atau yang biasa dijuluki sebagai startup mulai mengembangkan sayapnya di Indonesia. Para pelakunya pun kebanyakan masih anak muda yang bisa kita juluki kaum milenial. Bisnis ini bisa bisnis kuliner, digital marketing, IT consultant, bisnis fashion, dan lain sebagainya.

Yap, kaum milenial yang pasti paham dan mengikuti perkembangan teknologi. Karena itu tak heran, bisnis yang mereka bangun pun mengikutsertakan kemajuan teknologi didalamnya. Tentu bukan semata-mata biar bisnisnya terkesan keren atau kece aja ya, melainkan penggunaan teknologi itu sendiri pasti diniatkan untuk men-support bisnisnya. Entah itu untuk mempermudah pencatatan, mempermudah transaksi dan lain sebagainya.


Apa sih contohnya?


“Software Kasir”


software kasir

Coba deh kalian kalau main atau nongkrong di café atau coffee shop. Cek deh di meja kasirnya udah pakai sebuah software kasir belum?

Pasti kebanyakan udah ya? Kenapa sih mereka pakai software kasir itu? Simak yuk.


Apa Itu Software Kasir

Software kasir adalah sebuah software yang dibuat untuk menggantikan mesir kasir konvensional menjadi mesin kasir yang berbasis teknologi dan serba online. Inovasi terbaru mesin kasir online ini bisa membantu para pengusaha dalam pengelolaan bisnis mereka.

Seiring berkembangnya teknologi di Indonesia fitur-fitur atau aplikasi kasir juga semakin lengkap. Yang dulunya mungkin hanya mencatat transaksi penjualan namun sekarang sudah bisa diintegrasikan atau dihubungkan dengan software akuntansi yang berfungsi untuk membuat laporan keuangan dan laporan kas. Karena itulah software kasir memang sangat direkomendasikan untuk para pengusaha guna kepentingan bisnis sendiri.


Fungsi Software Kasir

Software kasir ini dibuat oleh para developer-nya untuk membantu atau mempermudah para pelaku usaha yang mempunyai bisnis seperti toko, minimarket, swalayan, barbershop, franchise, restoran atau tempat makan, café atau coffee shop, dan lain sebagainya dimana harus ada kasir di front office atau front storenya.

Dengan penggunaan software kasir ini para pelaku bisnis bisa mengelola atau pengontrol persediaan atau stok produk jualannya. Transaksi pembelian dan penjualan langsung bisa dimasukan dalam software yang nantinya akan mempermudah dan mempercepat pembuatan laporan keuangan.


Apa Yang Bisa Dilakukan Oleh Software Kasir

1. Mencetak Nota Penjualan

Nota penjualan tentu harus dikeluarkan demi kepentingan dua pihak yaitu penjual dan pembeli. Nota penjualan ini bisa dijadikan tanda bukti keluar masuknya uang dan bisa sebagai alat bukti jika terjadi kekeliuran. Nota penjualan bisa disebut juga invoice. Intinya ya sebagai bukti bahwa transaksi penjualan sudah terjadi.

2. Mencatat Dan Merekap Transaksi Penjualan

Selain mencetak transaksi penjualan dalam sebuah nota atau invoice tadi. Dengan software kasir yang adam nota penjualan yang udah terjadi akan direkap dan dicatat dalam sistem. Fungsi pencatatan atau rekap penjualan tadi tentu untuk mengetahui kondisi penjualan bisnis yang sedang berjalan. Apakah dalam kondisi normal, meningkat atau malah menurun.

3. Menyimpan Data Pelanggan

Di beberapa toko atau store ada yang menggunakan system membership untuk menggaet lebih banyak pelanggan setia dengan iming-iming pemberian point, diskon, promo dan lain sebagainya. Dengan software kasir maka data dari member tersebut bisa lebih mudah tersimpan. Pengecekan jumlah point terkumpul dan semacamnya pun akan makin gampang dilihat.

4. Stock Control Atau Mengontrol Persediaan Barang

software kasir

Setiap penjualan produk yang terjadi akan langsung memotong stok atau persediaan produk yang ada, sehingga pengecekan atau update atas jumlah stok atau persediaan terbaru atau saat ini bisa langsung diketahui dari software kasir ini.

Hal ini tentu penting gaes, biar buffering atau perputaran stock atau persediaan bisa dikendalikan dan toko atau tempat usaha milik kamu nggak sampai kehabisan barang alias bisa segera dilakukan pembelian untuk ngisi stok lagi.


5. Membuat Laporan Penjualan Dan Pembelian Secara Periodik

Suatu ketika pasti pemilik usaha ingin tahu pembelian dan penjualan para bulan atau periode tertentu itu berapa sih. Bisa jadi yang ingin dilihat ini adalah rekap pembelian dan penjualan bulan-bulan yang lalu.

Nah dengan software kasir maka pengusaha bisa makin mudah melihat record untuk data yang diperlukan tersebut. Canggih kan?


6. Mempermudah Menghitung Laba / Rugi

Dengan semua transaksi yang bisa langsung diinput di software kasir ini, maka untuk melihat laba atau rugi usaha tersebut nggak akan repot lagi, karena dengan beberapa klik saja laporan laba rugi sudah langsung tersusun dan dilihat oleh para pemilik usaha itu sendiri.


software kasir

Manfaat dan Kelebihan Software Kasir

software kasir

1. Efesiensi Waktu

Semakin besar dan berkembang sebuah usaha pasti akan semakin membutuhkan tenaga atau SDM yang bisa mengerjakan banyak hal terkait bisnis tersebut. Termasuk terkait dengan pencatatan transaksi. Kalau cara lama pencatatan transaksi masih dilakukan secara manual namun tidak lagi sejak ada software kasir.

Begitu pula dengan perhitungan sisa stok yang ter-update. Jika cara manual masih harus menghitung dengan bantuan kalkulator, namun sejak ada software kasir maka semuanya bisa langsung diketahui dengan sekali klik saja. Bener-bener menghemat waktu ya?


2. Mengurangi Human Error Dan Fraud / Kecurangan

Tentu setiap pengusaha tidak menginginkan adanya kecurangan atau kerugian akibat kesalahan yang dilakukan oleh karyawannya atau oleh siapapun. Namun tidak bisa dipungkiri setiap usaha atau bisnis pasti memungkinkan untuk terjadinya kecurangan atau kerugian tersebut. Misalnya saja pencurian uang dan barang, penggelapan, pemalsuan laporan, dan lain sebagainya. 

Dengan menggunakan sistem software kasir maka para pengusaha bisa mencegah kecurangan atau kerugian tersebut karena dalam sistem kasir tersebut akan memudahkan untuk mengetahui jumlah barang atau stok terakhir maupun yang terjual dan bisa dicocokkan dengan sisa atau persediaan dan juga uang masuk.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Dan Meningkatkan Keuntungan

Dengan software kasir para pengusaha bisa membuka sistem membership dan menyimpan data pelanggan kemudian memberikan point atau diskon untuk pembelian berulang dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Hal ini bisa lebih menarik para pembeli untuk datang dan menjadi pelanggan setia. Tentu semakin banyak jumlah pelanggan yang rutin datang dan membeli akan berpengaruh ke nilai penjualan dong.


4. Mempermudah Proses Akuntansi

Dengan berbagai fitur yang ada di software kasir, maka tak hanya nota penjualan atau struk penjualan saja yang bisa dihasilkan. Data mulai dari penjualan, pembelian, stok barang dan sebagainya yang etrinput dalam sistem software tersebut digunakan untuk proses akuntansi bisa dihubungkan dan diintegrasikan sehingga menghasilkan laporan keuangan atau laporan tertentu yang dikehendaki oleh pemilik usaha. 

5. Pemilik Bisnis Lebih Cepat Dalam Pengambilan Keputusan Atau Analisia Bisnis

Terbentuknya laporan keuangan ini akan sangat diperlukan oleh pemilik usaha itu sendiri. Jelas dong, dengan melihat laporan keuangan maka para pengusaha ini bisa mengetahui kondisi sebenarnya dari usaha yang berjalan. Apakah berjalan lancar, atau butuh pembenahan. 

Dengan semakin cepatnya laporan terbuat juga akan semakin mempercepat para pengusaha mengambil keputusan tentang kondisi usahanya tersebut. Ini berarti masalah yang timbul dalam bisnisnya bisa semakin cepat teratasi.

6. Usaha Lebih Terlihat Professional

Dengan menggunakan software kasir tentu bisnis yang kami miliki akan terlihat lebih profesional dan ini akan menjadi nilai plus di mata para pelanggan yang datang ke tempat usahamu.

7. Mempermudah Pengawasan

Teknologi terbaru dalam software kasir saat ini bisa memungkinkan para pebisnis atau pengusaha untuk melakukan monitoring atau pengawasan terhadap usahanya meskipun dari jarak jauh. Para pengusaha atau pembisnis ini tak harus selalu berada di toko atau tempat usaha untuk melakukan pengawasan. 

Berbagai macam Transaksi dan laporan bisa diakses oleh para pemilik bisnis secara online. Keren ya.



Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post