24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Pentingnya Backup Data untuk Milenial yang Memanfaatkan Smartphone Sebagai Sumber Penghasilan

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Pentingnya Backup Data untuk Milenial yang Memanfaatkan Smartphone Sebagai Sumber Penghasilan

Hadirnya smartphone memang telah mengubah banyak hal bagi manusia. Bahkan nggak bisa dipungkiri lagi bahwa smartphone menjadi salah satu bagian terpenting dalam peradaban masa kini. Segala macam aktivitas bahkan sekarang hampir bisa di support oleh smartphone dan internet.

Termasuk aku, milenial yang menggunakan smartphone untuk berbagai kepentingan bahkan termasuk untuk mencari uang atau penghasilan (cuan,, oh cuan…) hehe

Nah nah nah, kali ini aku mau bercerita tentang hal yang mungkin nggak semua pengguna smartphone perhatikan. Yaitu tentang solusi backup data smartphone baik itu foto, video atau lainnya yang kita miliki di telepon genggam. Terutama bagi kita kita yang menggunakan atau memanfaatkan smartphone untuk mencari penghasilan.

Duh, ngomongin uang atau penghasilan emang nggak ada habisnya. Aku adalah salah satu orang yang mungkin akan terkesan gila kerja atau terlalu memforsir untuk mendapatkan uang.

I dont know why. Aku sih rasanya biasa-biasa aja, nggak terlalu terforsir amat. Tapi nyatanya di sekitarku banyak yang berkata demikian.


Balik lagi ke masalah menghasilkan uang, memang ada beberapa jalan yang aku lakukan untuk mendapatkan uang atau penghasilan. Mulai dari bekerja 8 jam di kantor, memberikan les privat mata pelajaran matematika untuk anak sekolah, urus blog sekaligus adsense, dan juga mengerjakan beberapa job dari clien seperti content placement dan content writing


Belum lagi aku juga berjualan online di hari-hari biasa dan juga moment tertentu seperti ramadhan, lebaran, natal atau tahun baru.



Mendapat Penghasilan dari Jualan Online dan Menjadi Content Writer Berbekal Smartphone 

USB OTG SanDisk
#USBOTGSANDISK #SanDiskAPAC #BackupDataSmartphone
Seperti yang udah aku sampaikan diatas, aku melakukan beberapa pekerjaan yang bisa menghasilkan uang dengan memanfaatkan smartphone. 

  • Blogging dan Content Writing

Nah, untuk urusan blog dan menulis artikel untuk klien, tentu aku memanfaatkan smartphone untuk menyimpan file-file kerjaan atau sekedar file referensi tulisan. Selain itu aku juga banyak menyimpan foto atau gambar yang berhubungan dengan konten atau artikel yang akan aku buat. 

Terlebih aku senang travelling dan mempunyai konten yang membahas travelling dan kuliner di blog celotehdinihari.com. Otomatis akan ada banyak sekali foto travelling dan kuliner yang aku simpan. Untuk satu lokasi wisata atau tempat makan aja aku bisa mengambil puluhan bahkan sampai angka seratusan loh (khusus liburan luar kota). 


Bayangin berapa memori handphone ku yang tersita setiap aku mau buat sebuah konten untuk blog ini. ulala~~ Karena pentingnya file foto atau video ini, tentu aku butuh sebuah solusi backup data yang nggak merepotkan

  • Jualan Online Snack Ringan

Sedangkan side job ku yang lain yaitu berjualan online. For your information, sudah hampir 5 tahun lebih aku berjualan snack ringan yang berhubungan dengan coklat dan semacamnya. 

Dan alhamdulillah karena telah berlangsung lumayan lama, aku udah punya banyak pelanggan setia. Namun karena aku anak rantau dan aku sering berpindah-pindah kos, nggak aku pungkiri ada beberapa pelanggan yang akhirnya lepas karena terlalu jauh dari lokasiku sekarang.


Tapi untungnya dengan cara marketing yang baik aku tetap mendapatkan pelanggan baru meskipun aku berpindah-pindah tempat tinggal. Nah jualanku ini memang berfokus pada snack ringan dan snack coklat. Dan untungnya setiap momen Ramadhan sampai Lebaran penjualanku benar-benar berada di puncaknya. 


Sebagai bocoran aja nih dalam waktu 2 bulan berjualan aja yaitu H-1 bulan lebaran sampai hari lebaran aku bisa meraih keuntungan bersih sampai 10 juta lebih. Bayangkan, itu cuman jualan snack loh.

"Kok bisa dapet untung banyak banget?"


Iya, soalnya produk yang aku jual adalah produk yang aku ambil dari pabrik langsung. Jadi harga yang aku berikan ke pembeli adalah harga yang paling murah dan bisa bersaing banget dipasar. Dan target konsumenku memang bukan konsumen akhir tapi mereka yang menjajakan produkku kembali alias reseller atau tangan keduaku.



Pentingnya Melakukan Backup Data Untuk Kita Yang Memanfaatkan Smartphone Untuk Sumber Penghasilan

SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives
#USBOTGSANDISK #SanDiskAPAC #BackupDataSmartphone

  • Promosi dengan Foto dan Video Jadi Rahasia Kesuksesan Jualan Online

Ada lebih dari 15 produk yang aku jual. Dan salah satu kunci dari berhasil atau enggaknya aku berjualan adalah bagaimana cara aku mempromosikan jualan ku tersebut. 

Semaksimal mungkin aku selalu mendokumentasikan dan membuat foto yang bagus atas apa yang aku jual. Aku juga selalu mempersiapkan price list beserta gambar utama yang bisa dijadikan gambar promosi juga bagi para reseller-ku.

 SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives

Aku promosikan gambar dan video yang aku buat sedemikian rupa itu via media sosial, OLX dan juga grup-grup kuliner di facebook yang sangat potensial banget buat nggaet konsumen (fyi, nggak jual via tokped atu shopee soalnya target pasarnya bukan konsumen akhir).

Untuk lebih meyakinkan dan menyemangati para pelanggan setia atau resellerku untuk berjualan kembali, aku harus sering posting foto dan video ter-update atas orderan yang sedang aku siapkan. Tak hanya itu, aku juga sertakan dokumentasi misal aku sedang kirim barang ke reseller besar atau ke ekspedisi (pengiriman luar kota).


Nah dengan semua upaya promosiku itu udah pasti kan akan banyak sekali foto dan video yang tersimpan si smartphoneku ini. Kadang aku merasa kewalahan dan kesel juga saat memori smartphoneku jadi berkurang banyak karena foto jualanku. 

SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives
dokumen pribadi
Kesel level 2 saat performa smartphoneku jadi lelet karena over capacity sehingga aku harus menghapus sebagian data baik foto dan video. Padahal aku tipe orang yang mikir foto dan video tuh #DibuangSayang karena bisa jadi dokumentasi itu akan aku pakai lagi beberapa waktu kemudian. Huhu. Lihat deh pemakaian memori di smartphoneku (foto diatas). Sisa 20% aja gaes dari 64 GB huhu

Dan kesel level 3 saat file berupa foto dan video daganganku mendadak hilang atau rusak entah karena virus atau lainnya.

  • Cara Lain Menghasilkan Uang dengan Smartphone

Aku yakin sih, pasti nggak cuma aku yang ngalamin memori handphone penuh karena foto dan vide yang bisa jadi berhubungan atau berkaitan dengan cara menghasilkan uang lewat smartphone. 

Coba kita liat temen-temen lain yang butuh banget smartphone dan data didalamnya untuk kerja dan cari uang, misalnya:

 SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives
Atau pekerja real life yang tetep butuh simpen data kerjaan di smartphone

  • Kesadaran Akan Pentingnya Backup Data di Smartphone

Dengan segala hal yang bisa dilakukan dengan smartphone terutama yang untuk menghasilkan uang atau bekerja, tentu penting dong buat kita mengamankan file dan data tersebut.

Bayangkan kalau memori full, memori tiba-tiba rusak, padahal data baik foto dan video ini berkaitan dengan cara kita bertanggung jawab akan pekerjaan sampingan kita. Berabe dong, bisa kacau semua *sambil nangis*, job nulis bisa gagal tepat deadline, jualan bisa kacau dan ribet karena dokumentasi harus diulang. HUH!


Terus bicara soal kesadaran? Kalau dari aku pribadi sebenarnya kesadaran untuk mem-backup data di smartphone itu udah ada sih dari lama, cuma nggak tahu kenapa kok ngerasa kalau hal itu cukup ribet dan makan waktu. Alhasil ya gitu, nggak jadi-jadi backup.


Males backup data tapi kesalnya setengah mati waktu data atau dokumentasi dari pekerjaan atau dagangan hilang atau rusak. Hayo siapa yang sama? hehe



Hasil Studi Oleh Western Digital Tentang Masalah Kehilangan Data Penting Pada Smartphone

Nggak percaya kalau nggak cuman aku aja yang ngalamin masalah kehilangan data di smartphone ini? Nggak percaya kalau nggak cuman aku aja yang telat atau belum sadar akan pentingnya backup data?

Yuk, coba kita ambil informasi dari pihak yang lebih berkompeten gaes. Nih ya, DEKA yang dikomisikan Western Digital Corp pernah membuat sebuah survey dengan judul "Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey".

Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey
Seperti kita ketahui juga bahwa penggunaan smartphone di Indonesia memang sangat meningkat. Bahkan menurut Webster Digital Corp, pengguna smartphone di Indonesia mencapai angka 73 juta. Peningkatan ini tentu dikarenakan kemajuan teknologi yang juga seiring naik. 

Banyak aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan bisa lebih terbantu dengan adanya smartphone. Selain itu smartphone juga bisa digunakan sebagai cara mudah untuk mendapatkan hiburan. 


Dalam penelitian atau survey yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makasar, ternyata menghasilkan informasi yang cukup mengejutkan, yaitu:

  • 67% atau 750 dari 1120 orang responden menyatakan pernah kehilangan data di smartphonenya. Dan 80% atau sekitar 896 dari 1120 orang tersebut udah cukup sadar kalau melakukan backup data di smartphone itu penting. Sayangnya, hanya sepertiganya saja yang sudah melakukan backup data secara teratur.
  • 97% dari responden yang terlibat menggunakan smartphone sebagai perangkat utama dalam keseharian. Mereka memanfaatkan fungsi smartphone secara maksimal nilai dari media hiburan untuk gaming, membuka sosial media, menonton video streaming dan juga belanja online. 
  • Penggunaan terbesar dari smartphone di Indonesia adalah untuk mengambil foto atau gambar. Dibawahnya yaitu digunakan untuk menelepon, chatting, dan untuk mengambil video. 
  • 56% responden yang bisa menggambarkan setengah dari masyarakat Indonesia yang menggunakan smartphone dengan memori internal 16 sampai 32 GB, namun setelah pemakaiannya beberapa waktu hanya akan tersisa space memori sekitar 1 sampai 3 GB aja. Angka yang sangat kecil tentunya untuk memori sebuah smartphone masa kini. 
  • Fakta di lapangan mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan para pengguna kehilangan data. Beberapa di antaranya adalah memori penuh sehingga harus dihapus, perangkat smartphone yang rusak, file rusak, terkena virus atau malware, dan unit smartphone yang hilang. 

Mengelola File Foto dan Video di Smartphone

Nah gimana nih? Setelah melihat hasil penelitian yang telah dilakukan oleh pihak yang lebih berkompeten di atas jadi lebih aware nggak tentang pentingnya mem-backup data di smartphone? 

Buat kalian yang memanfaatkan smartphone dan data di dalamnya kayak aku pasti kesel dan pusing kan kalau file data kita rusak atau hilang. Kesel juga dong kalau performa smartphone jadi lelet padahal kita pakai itu hape buat cari uang.

Nah dengan seabrek keribetanku mengelola file foto dan video guna kepentingan jualan online ataupun blogging, aku harus punya acara atau trik buat mengelola file-file tersebut. 

Dan solusi untuk mengatasi permasalahan pengelolaan foto dan video atau mobile storage bisa ditemukan dalam 1 alat yaitu USB OTG SanDisk #SandiskAPAC. Apaan tuh?

  • Apa itu USB OTG SanDisk?

USB OTG (On The Go) SanDisk ini adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk membantu kita memindahkan data atau file dari smartphone kita ke perangkat lain baik itu ponsel lain, komputer, laptop dan sebagainya. Pun begitu sebaliknya memindahkan data dari perangkat lain ke smartphone kita.

Nah kalau pindah data cara lama kan kita biasa pakai bluetooth, WiFi Direct, email, chat dan semacamnya yang pasti membutuhkan waktu lumayan lama apalagi jika file nya berukuran besar.

Nah sekarang nggak perlu ribet begitu, cara praktisnya kita tinggal colokan flashdisk mini alias USB flash drive yang memiliki konektor micro-USB atau yang lebih akrab dinamakan USB OTG SanDisk.

  • SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives adalah Solusi Tepat Untuk Mengelola Data atau File di Smartphone

SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives

Karena akan digunakan untuk menyimpan file atau data baik itu foto video dan lain sebagainya yang tentu menurut kita penting maka sebaiknya jangan gunakan SanDisk yang asal-asalan. Aku rekomendasikan SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives  Yang memang sudah terbukti bisa mengakomodir kebutuhan kita dalam mengelola data di Smartphone.

Kenapa Memilih USB OTG SanDisk? 

Ada beberapa kelebihan kenapa aku merekomendasikan USB OTG SanDisk yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelola data di Smartphone baik itu foto, videoataupun yang lainnya. Diantaranya adalah: 
  1. Bisa terhubung ke banyak perangkat seperti komputer, laptop, mac, tab, dan lain sebagainya. 
  2. Travel friendly karena ukurannya yang kecil 
  3. Bisa dengan mudah terhubung dan terdeteksi ke ponsel atau tablet setelah dipasang 
  4. Membantu mengosongkan memori ponsel dengan mudah tanpa menghapusnya 
  5. Tersedia dalam berbagai kapasitas penyimpanan yaitu mulai 16 GB sampai 128 GB 
  6. Bisa mentransfer data dengan cepat karena mempunyai kemampuan transfer hingga 150 MB/second 
  7. Tersedia aplikasi SanDisk memory zone di Play Store atau Apps Store yang bisa mensupport penggunaan SanDisk ini.
Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh USB OTG SanDisk ini maka tak jarang orang-orang menamainya #SanDiskAPAC

Tips Mengelola File atau Data di Smartphone 

  • Bebaskan Memori Penyimpanan

Berbagai macam aktivitas yang kita lakukan dengan smartphone tentu akan menimbulkan berkurangnya memori handphone. Data gambar atau video ini bisa jadi dari buatan kita sendiri atau malah dari luar, misalkan sharing foto via media social atau chat room.
Salah satu kebiasaan burukku yang bikin foto dan video numpuk adalah banyak sekali ambil foto untuk satu objek, padahal yang kita gunakan hanya berapa biji aja. Kamu gitu juga nggak? LOL.


Dan karena nggak pernah aku backup ke perangkat lain atau nggak pernah aku hapus karena #DibuangSayang, otomatis menumpuk nggak karuan itu file. Belum lagi sharing-an media baik foto dan video dari beberapa chat room atau chat grup. Dan masalah muncul saat performa smartphone turun atau saat gagal ambil foto atau video karena memori full.


SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives
Nah dengan menyambungkan smartphone yang kita miliki dengan USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive (iPhone) kita bisa memindahkan file foto maupun video ke perangkat lain gaes. Enak kan? Jadi dengan mudah kita bisa membersihkan memopri namun tetap menyimpan data lama. Suatu saat data foto atau video dibutuhkan ya tinggal sambungkan lagi aja. Simple nggak?

  • Backup Rutin Pada Smartphone dengan Fitur Plug and Play

Seperti yang aku bilang tadi. Aku sering malas kalau untuk backup data karena ribet dan butuh waktu yang cukup lama apalagi jika backup saat data dalam smartphone udah menggunung. Aku yakin juga nggak Cuma aku aja sih yang males ngelakuinnya? Ya kan hayoo ngakuuu! Hihi

Nah untungnya backup data si smartphone nggak akan butuh waktu lama lagi sejak pakai USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive (iPhone). Nggak hanya itu gaes, dengan USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive (iPhone) bahkan kita bisa mengatur backup otomatis. Jadi ketika USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive (iPhone) ini tersambung ke smartphone kita, maka proses backup akan otomatis berjalan (Plug and Play).

  • Backup Konten Di Sosial Media

Ini yang cukup mengkhawatirkan di era digital seperti sekarang. Era dimana trend sosial media lagi gila-gilaan baik untuk pribadi maupun mereka yang berbisnis. 

Dengan menggunakan USB OTG SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives kita bisa menyimpan dan mem-backup konten-konten yang untuk media sosial bagi foto maupun video. 

Tentu hal ini akan sangat menguntungkan buat orang-orang kaya memang berjualan dan menggunakan media sosial sebagai salah satu media untuk mempromosikan produk atau barang dagangan. Apalagi mengingat sekarang banyak kasus hacking yang tentu akan sangat merugikan para pelaku bisnis di sosial media jika sampai akun sosial media yang mereka buat seketika hilang dan ternyata tidak ada backup foto dan video di smartphone.

  • Upgrade Smartphone

Nah Langkah terakhir jika dirasa memori smartphone mu sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan atau sudah over capacity maka kamu bisa upgrade Smartphone untuk meningkatkan kapabilitas penyimpanan di smartphone. 

Dengan upgrade smartphone untuk kamu akan lebih leluasa untuk menggunakan smartphone tersebut untuk berbagai kebutuhan misalkan untuk gaming, fotografi atau lain sebagainya. 

Apalagi game-game modern akan cukup banyak menyita memori internal pada smartphone. Namun dengan menggunakan USB OTG SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives kamu akan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar untuk menyimpan aplikasi-aplikasi tersebut dan kamu pun akan lebih nyaman saat mengoperasikannya.

Nah, itu dia cerita pengalamanku dalam mengelola file foto dan video di smartphone. Bagiku sendiri backup file smartphone sekarang sangat perlu karena berhubungan dengan pekerjaan dan file tersebut adalah bagian atau supporting item ku untuk dapat uang yang berarti menambah saldo tabunganku.



Jenis atau Tipe USB OTG SanDisk

Nah buat kalian yang males backup file karena ribet dan butuh waktu yang lama, bisa loh ikutin caraku dengan pakai sandisk ini. Cara dapatnya gampang kok. Kalian bisa langsung beli di official storenya di shopee. Aku bantu share link nya disini yaa  OFFICIAL STORE USB OTG SANDISK (SHOPEE)


USB OTG SanDisk 5

Harga USB OTG Sandisk Berdasarkan Kapasitas 

  • Untuk Android
16 GB = Rp51.000 - Rp73.000
32 GB = Rp84.000 - Rp90.500
64 GB = Rp96.000 - Rp174.800
128 GB = Rp177.000 - Rp266.500

  • Untuk iPhone & iPad

16 GB = Rp355.000
128 GB = Rp640.000 - Rp660.000
(Harga terbaru by Official Store SanDisk di Shopee)

Untuk informasi lebih lengkap kalian juga bisa follow instagram @sandiskapac atau pantau dengan #SanDiskAPAC.


Buat yang pernah punya permasalahan tentang file di smartphone bisa dong ceritain di kolom komentar. Pengen tau cerita serunya. Hehew

Thankyou



RINI NOVITA SARI

 
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

44 komentar

  1. Kayaknya siapapun yg hidup di zaman digital sudah wajib punya sandiskn otg ini. Karena hampir semua datanya disimpan dalm bentul file digital. Ya nggak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepaham kak... era serba internet dan smartphone gini..semua kesimpen di h..aduh repot kalau mau hapus dan milihin mana yang mau dihapus.. bener mending pindahin ke OTG Sandisk dulu aja. klo butuh data lama tinggal colok ke hp lagi bossss

      Hapus
  2. Wah bermanfa'at ni info..
    Tanks min infonya...

    BalasHapus
  3. Bahas-bahas soal backup data smartphone. Dulu nih pernah ngalamin susah dan ribetnya menyelematkan data-data penting di handphone ke pc, dulu harus nyari card rider dulu untuk bisa ditancepin dan dipindah ke pc. mana kadang card rider suka ilang-ilangan. Sekarang dengan adanya otg jadi dimudahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaha.. sama duh ngakak.,

      dulu wajib punya cardrider. trus kalau cardrider ilang bingung mau pindah foto ke laptop.

      yang terparah krna sd card sering dicopot lama2 bisa rusak kak. dulu pernah aku rusak sampe nggak kebaca sd card nya.. *nangis*

      Hapus
  4. Sepakat gan, backup data mmg sangat penting skarang ini. Mana yg lebih aman, backup offline ato online??

    BalasHapus
    Balasan
    1. backup online makan kuota sama btuh waktu nggak sih kak. klo pake wifi sih nggak papa :D

      Hapus
  5. Mantaaap mbaak, ulasannya lengkaap bangeet 👍👍👍 saya jd pengen beli hehehe biar bsa backup data di hp lebih cepat dan mudah 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kaka.. hehe iya aku aja merasa terbantu banget sejak ada sandisk ini kak.. beberapa bulan abis beli hp aja udah mau penuh memoriku haha

      Hapus
  6. Kehadiran USB OTG SanDisk sudah tidak diragukan lagi, kecil-kecil praktis bisa dibawa kemana saja apalagi kapasitasnya besar muat banyak. Gak perlu khawatir lagi kehabisan memori yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kecil-kecil cabe rawit ya mbk.. wkkwkww

      iya nih... memori kepenuhan dihape bikin lemot soalnya..

      yang ada malah emosi klo hape mulai lemot.

      skrg mah tinggal pindah ruang ke sandisk dulu :D

      Hapus
  7. Enggak diragukan lagi backup data emang penting karena data yang ada di smartphone kita tidak hilang bila data tersebut dibackup, saya sih backup datanya online tapi pake WiFi Telkom wkwkkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk kalau backup online pake kuota pribadi yang ada tekor kak.. hahaha

      pake wiif telkom bisa backup sepuasnya yaaa. hahahaha

      Hapus
  8. Terimakasih kak, apakah produk seperti ini bisa di costum? Seperti flasdisk costum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gak paham kak


      kayaknya kok nggak bisa ya, hehe

      coba intip instagramnya @sandiskAPAC

      Hapus
  9. Kalo saya backup via google Drive min. Terutama file2 yg penting, yang kadang dibutuhkan sewaktu-waktu. Kalo foto2 dari hape selalu saya pindahkan ke laptop.., biar memory hape nggak penuh 😀. Kunjung balik ke www.dinginaja.com min... 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu cara manualku dulu mas... aku dulu juga begitu..

      tapi makan waktu, aku orangnya nggak sabaran haha

      trus aku nggak apke wifi,, klo backup online waduhhh RIP kuotaku... :D

      klo pake sandisk jauh lebih praktis aja sih

      Hapus
  10. Bener banget nih.. fatal kalau data buat promosi jualan hilang dan nggak ada backup-nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas....aduhh

      kebutuhan banyak...

      rejeki tertunda krna perkara memori hape doang... sedih amat :(

      Hapus
  11. Udah turun lumayan sekarang dual drive kayak gini. Dulu USB OTG Sandisk yang jenis Type C 16 GB aja ada di harga 150-an, sekarang udah 90ribuan. Buat yang belum punya, meding pada cepet beli dah daripada nyesel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lumayan udah turunnya ya mas. Pinyaku juga masih yg 16gb.

      Pengen update diatasnya biar lebih lega. So far membantu bgt sih :D

      Hapus
  12. saya pernah "sombong" merasa aman-aman aja dengan tidak backup data. Pas sekali waktu itu mau upload foto ke draft blogpost, eh salah pencet kehapus. Kacau banget rasanya, mana tulisan udah jadi pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bikin kesel ya mbak. Mana ngurus gambar huat blog itu cukup makan waktu klo aku mahh.. 😔

      Hapus

  13. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas. haha.. aku satu objek aja bisa dijepret 10 kali lebih, bayangkan baru 1 objek loh itu...

      lah 1 artikel bisa berapa objek sendiri haha

      butuhhh bangettt

      Hapus
  14. Memang benar adanya, backup file itu sangat diperlukan dan wajib untuk dilakukan, kalau saya sendiri minimal 3 bulan sekali melakukan backup, agar data selalu aman. Untuk membackup file ke smartphone sendiri saya juga menggunakan flashdisk sandisk OTG, recommended deh pokoknya 💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap mas.. bener .. pokok nya rutin paling nggak beberapa bulan sekali. kalao nggak gitu full cepet bgt memori hp :D

      Hapus
  15. Waaaah thank you infonya. Sebagai blogger juga saya merasakan hal yg sama. Thanks for sharing ya mbaaak. Kayaknya bisa jadi masukan nih nabung buat beli OTG hehe. Dr pd ganti hp kan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangattt mbak... penghasilan dri blog ditabung buat beli usb OTG :D

      sama2 seneng kalau bisa bermanfaat :*

      Hapus
  16. Wah infonya detail
    USB OTG sanDisk emang pilihan utama buat backup data..
    jadi lebih mudah soalnya

    BalasHapus
  17. Kecil" sangat bermanfaat, nggak perlu repot" harus pindahin data lewat pc atau laptop, dengan OTG udah langsung kelar, jadi nggak repot kalau mau backup data sama mau pindahin foto, video atau musik di FD buat di puter di mobil atau nonton film di TV rumah, tinggal download di hp datanya masukin OTG kelar sudah. Nice info bagi yg belum tau manfaat" dari OTG 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas manfaatnya byk bgt bisa disesuaikan sama kebutuhan.. buat pindah file ke desktop lain bisa. buat nyimen data juga bisa.. so practice :D

      Hapus
  18. Ihh kreatif banget mbaknya, sukses selalu ngeblog dan bisnis yg dijalankannya ya mbak
    USB OTG SanDisk emang penolong backup data smartphone yg cepet banget transfernya, nggak lagi ribet dan drama dehh hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat dan sukses juga yaa buat mbak nyaaa.. :D

      bener mbak,,, anti drama2 pusing lagi buat mikirin data di hp :D

      Hapus
  19. Memang ngga bisa di pungkiri bahwa pencadangan atau backup data diperlukan untuk mengamankan file seperti foto, video, maupun berkas penting lainnya. Terimakasih untuk tutorialnya ka sudah menambah wawasan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas biar makin aman, selain itu skrg praktis juga buat back up data

      nggak ada alesan buat malas back up lagi. hehe

      Hapus
  20. wah. bener sekali Sandisk USB ini sangat berguna ketika file-file di memori HP kepenuhan bisa backup tanpa harus repot copot-copot kartu memori seperti zaman dulu. wkwkwk... sekarang sudah serba mudah ... semoga dengan adanya teknologi modern ini bisa berguna dan bisa bermanfaat sesuai dengan gunanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wlkwkwkw jadi inget, dulu copot memori, pasang ke card reader baru pindah ke laptop. wkkkw jadul bgt.

      alhamdulillah skrg ada solusi yang jos gandos ya mas, :D

      Hapus
  21. Lagi melongo lihat banyak hal yg bisa dilukan dg smartphone diatas.
    Lagi berpikir ternyata file foti dan video bisa jd incaran hacker.
    merk ini memang berkualitas.


    oh iya penasaran banget loh memproses foto dan video dengan smartphone. Mungkin bisa jd tulisan selanjutnya ma' am

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyaaa mas bnyk keuntungannya pake usb otg ini

      Hapus
  22. Freelancer online kalau enggak rutin back up data, pasti nyesel. Apalagi kalau mengandalkan penyimpanan memori Hp doang. Padahal banyak file penting yang sering disimpan di Hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhaha iya mas... hp bisa cepet nge-hang.. hancurlah pekerjaan dan rejeki pun melayang... riskan bangetttt huhu

      back up data is a must

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post