24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
6 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Kesayangan

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

6 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Kesayangan

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik - Asuransi mobil adalah salah satu hal penting yang harus dipikirkan ketika berencana membeli sebuah unit mobil. Satu tahun lalu akhirnya aku memutuskan untuk beli mobil impian yaitu “Chevrolet Aveo” second tahun 2013 yang sesuai dengan budget di kantong dengan berbagai fitur yang aku inginkan. Yah, membeli barang yang cukup mahal ini aku anggap sebagai pencapaian setelah sekian tahun menempuh study sambil bekerja dan sampai diposisi sekarang ini.


Banyak yang mungkin menyayangkan atau bahasa kasarnya “nyinyir” saat aku memutuskan beli mobil terlebih dahulu di usia 27 tahun ini. Padahal aku belum punya rumah tinggal pribadi. But yah, aku nggak perlu menjelaskan alasanku ke semua orang yang nyinyir tersebut sih. Cukup aku dan keluarga aja yang tahu dan paham, toh yang berkeringat cari uang juga aku sendiri.

Oke, balik lagi ke topik utama. Kendaraan atau mobil sendiri memang merupakan harta atau aset yang masih terbilang mahal dan tinggi di Indonesia. Meski mahal, namun peminatnya justru semakin melonjak setiap tahunnya. Bisa dilihat lah dari semakin maju dan berkembangnya industri otomotif di Indonesia. Ini berarti bahwa jumlah permintaan kendaraan khususnya mobil di Indonesia semakin tinggi.

Karena nilai mobil yang menurut orang Indonesia (salah satunya aku) masih sangat mahal, tentu membuat kita yang beli mobil ini ingin perlindungan dan perawatan yang terbaik untuk kendaraan kita ini. Terlebih lagi perlindungan atas resiko kecelakaan yang terjadi. Mengingat aku tinggal di Surabaya, salah satu kota besar dengan banyak pengendara motor atau mobil yang awur-awuran cara mengendarainya.



Fungsi Asuransi Mobil

Fungsi asuransi kendaraan atau asuransi mobil ini sendiri adalah sebagai perlindugan atas resiko-resiko yang mungkin terjadi pada mobil atau kendaraan yang kita miliki. Resiko ini nggak sebatas resiko karena kecelakaan aja loh gaes. Banyak resiko yang bisa dicover oleh asuransi mobil mulai dari resiko banjir, bencana alam, kebakaran, kericuhan dan lain sebagainya sampai resiko kehilangan pula. Hal-hal yang pastinya kita nggak menginginkan namun kemungkinan terjadinya tak bisa diduga-duga dan dijelakan.

Saat terjadi musibah atau hal apapun terhadap kendaraan, bisa jadi akan menghabiskan biaya yang besar dan akan cukup berat jika memakan uang yang dimiliki secara sekaligus. Untuk itu asuransi mobil hadir sebagai solusi untuk kita mengalokasikan dana untuk menghadapi resiko-resiko tersebut.


asuransi mobil murah
my chevi


Cara Dan Tips Memilih Asuransi Kendaraan Atau Asuransi Mobil Yang Tepat

Setiap orang tentu ingin punya asuransi mobil murah agar tidak terlalu berat membayar premi setiap bulannya. Tapi jangan salah loh, selain premi yang murah masih banyak hal lain yang harus tetap dipertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan memilih perusahaan asuransi mobil. Berikut adalah tips memilih asuransi kendaraan atau asuransi mobil untuk kendaraan kesayanganmu.

1. Pahami Jenis Jenis Asuransi Mobil

Mengerti dan paham tentang jenis-jenis asuransi mobil dan apa saja yang dapat dicover atau di kalim atas asuransi tersebut adalah hal pertama yang penting sebelum memilih asuransi.

Ada 2 jenis asuransi mobil atau asuransi kendaraan yang bisa kamu pertimbangkan
  • Asuransi All Risk
Asuransi kendaraan jenis ini bisa meng-cover atau menjamin hampir seluruh resiko yang bisa terjadi atau menimpa kendaraan kita mulai dari kecelakaan atau musibah kecil sampai kecelakaan atau musibah besar, dari kerusakan sampai kehilangan.
  • Asuransi TLO atau Total Loss Only
Berbeda degan jenis asuransi all risk, asuransi TLO ini hanya meng-cover atau menjamin resiko kerugian yang mencapai atau melebihi 75%. Arinya hanya kecelakaan atau kerusakan yang sangat besar atau kehilangan saja yang bisa dijamin.

Note: apapun jenis asuransi yang dipilih harus tetap memperhatikan setiap detail atau klausul dalam perjanjian polis asuransi.


2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Langkah kedua dalam memilih asuransi mobil atau asuransi kendaraan adalah mengetahui dengan baik kondisi mobil atau kendaraan yang dimiliki mulai dari kondisi mesin, body mobil, usia mobil dan lain sebagainya.

Selian itu kenali juga lingkungan atau kondisi jalan yang biasa kamu atau mobilmu lewati. Resiko bahaya setiap jalan kan beda ya gaes. Misal jalan tengah kota, jalan pinggir kota, jalan di daerah industri dan lain sebagainya tentu akan mempunyai resiko yang berbeda pula terhadap kendarannmu.

Dengan mengetahui kondisi kendaraan dan kondisi jalan yang biasa dilewati ini, kita bisa lebih cermat dalam menentukan jenis asuransi yang akan dipilih.

Asuransi Mobil murah


3. Sesuaikan dengan Anggaran / Budget

Hal terpenting lain yang harus dipertimbangkan saat memilih jenis asuransi mobil adalah menyesuaikan premi yang harus dibayar dengan budget atau anggaran bulanan. Jangan sampai ya mencukupi kebutuhan mobil dan pilih asuransi dengan premi mahal tapi akhiri bulan makannya ngutang, upssss!

Dan yang terpenting sih emang nggak usah beli mobil dulu kalau cuman pengen menangin gengsi dan kelihatan beken di mata orang lain aja. Ngeluarin duit banyak nggak sebercanda itu, gaes. LOL.


4. Cari Referensi dan Rekomendasi dari Internet, Dealer atau Orang Sekitar yang Paham Otomotif

Sering kali kita perlu saran dan rekomendasi dari orang atau pihak lain termasuk dalam hal memilih asuransi mobil. Sangat membeli mobil lewat dealer atau pihak mana pun, bisa sekalian tuh tanya-tanya tentang asuransi yang baiknya dipakai atau dipilih. Pastinya kan merak lebih tahu tentang dunia otomotif ini.

Bisa juga cari referensi atau rekomendasi dari orang sekitar yang sudah memiliki mobil pribadi dan memakai asuransi mobil. Kita bisa tanya tuh kelebihan dan kekurangan dari asuransi mobil yang mereka pakai.

Selain itu, cara mudah lainnya ya pasti Tanya ke mbah kita semua lah, “mbah google”. Coba deh cari pengalaman orang memakai jenis asuransi tertentu dan simak pendapat pribadi baik kelebihan atau kekurangan dari asuransi mobil mereka ini.

Ingat juga, rekomendasi yang di dapat ini bukanlah harga mati yang harus kalian pilih. Keputusan tetap ditangan kamu yang harus melihat faktor-faktor lainnya.

Asuransi Mobil murah

5. Lakukan Perbandingan dengan Mengumpulkan Informasi dari 3 atau Lebih Perusahaan Asuransi

Setelah mendapat beberapa nama perusahaan asuransi mobil dari rekomendasi pihak-pihak diatas, jangan lupa untuk mencatat informasi masing-masing perusahaan dan bandingkan beberapa nama perusahaan tersebut lalu pilih yang terbaik yang sesuai dengan kamu.

Informasi yang jadi perlu dipertimbangkan dan dibandingkan seperti:
  • Kredibilitas Perusahaan
Penting untuk memastikan perusahaan asuransi yang kredibel dan bisa dipercaya untuk menjadi resiko apapun atas kendaraan yang kita miliki. Jangan asal pilih premi yang murah tapi asuransinya asal-asalan ya gaes.
  • Keluhan atau Komplain Pelanggan
Saat ini sepertinya udah cukup mudah deh ya untuk dapat informasi tentang penilaian atau review atas suatu produk atau jasa yang ada diluar sana. Tinggal kamu cari aja deh di internet dengan keyword “review asuransi mobil ABC” atau “pengalaman memakai asuransi mobil ABC”. Dari sana kamu bisa amatin deh penilaian nyata dari para nasabah asuransi mobil.
  • Layanan Bengkel Rekanan
Pastikan bengkel rekanan dari perusahaan asuransi mobil yang kamu pilih sudah terpercaya dan mempunyai kredibilitas yang baik untuk memperbaiki mobilmu saat dibutuhkan. Kalau perlu lakukan survey atau datangi dulu bengkel rekanan dari calon perusahaan asuransi mobil yang akan kamu pilih nantinya.
  • Layanan Perusahaan Asuransi
Ada beberapa layanan yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan dan kamu harus tahu agar bisa jadi pertimbangan. Layanan yang ditawarkan ini misalkan:
a. layanan call center 24 jam
b. fasilitas mobil pengganti ketika mobil masuk bengkel
c. fasilitas mobil derek ketika dibutuhkan
dan lain sebagainya.

Coba tanyakan ke calon perusahaan asuransi pilihanmu tentang apa fasilitas yang kamu dapat atas premi asuransi yang kamu bayar
  • Prosedur Klaim
Banyak kasus yang katanya rajin bayar premi tapi saat mau klaim asuransi mobil malah nasabahnya merasa ribet, dipersulit, dirugikan dan lain sebagainya. Entah itu memang karena pihak perusahaan kurang professional atau pihak nasabah yang kurang teliti membaca klausul dalam perjanjian asuransinya.

Pasti hal kayak gini nggak pengen kita alami kan. Kita mengasuransikan mobil kita kan untuk meminimalisir kerugian bukan menambah kerugian. Makanya, baca dan cari tahu detail prosedur klaim yang ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi dulu ya gaes.


6. Lengkapi Dokumen dan Perhatikan Detail dalam Kontrak Asuransi

Setelah menentukan untuk memilih asuransi mobil yang mana kalian tinggal datangi perusahaan asuransi tersebut dan jangan lupa untuk membaca secara saksama kontrak atau pun klausul yang ada dalam polis asuransi tersebut. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman untuk segala macam yang berhubungan dengan Asuransi seperti cara klaim asuransi hal apa saja yang di cover atau dijamin tentang perhitungan atau simulasi pembayaran premi asuransi dan lain sebagainya.


Nah, perusahaan asuransi apapun yang akan kamu pilih nanti, semoga merupakan pilihan yang tepat ya. Aku doain nggak akan terjadi musibah atau kecelakaan buat kita semua. Terimakasih udah membaca.



Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post