24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Siapa Bilang Lulusan Sastra Cuma Bisa Jadi Guru Bahasa, Ini 5 Pilihan Pekerjaan Jurusan Sastra

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Siapa Bilang Lulusan Sastra Cuma Bisa Jadi Guru Bahasa, Ini 5 Pilihan Pekerjaan Jurusan Sastra

Fakultas jurusan sastra di berbagai universitas, sampai pada saat ini masih menjadi salah satu pilihan jurusan yang banyak peminatnya. Akan tetapi, tak jarang juga banyak pertanyaan terkait pekerjaan jurusan sastra. Pasalnya, banyak yang menyebutkan bahwa pekerjaan jurusan sastra biasanya hanya menjadi seorang guru bahasa, sehingga beberapa mahasiswa merasa panik ketika nanti akan melamar pekerjaan.


Namun, nyatanya pekerjaan jurusan sastra sangat banyak loh. Sehingga Anda tidak selalu menjadi seorang sastrawan, terlebih untuk zaman sekarang. Karena, saat ini sudah banyak jenis pekerjaan yang membutuhkan tenaga lulusan sastra. Apa saja jenis pekerjaan lulusan sastra yang bisa dijadikan pilihan para mahasiswa sastra? Berikut daftarnya:


Pekerjaan Jurusan Sastra
Pixabay


1. Jurnalis
Kini jurnalis tidak hanya bertugas sebagai pemburu berita atau informasi yang selanjutnya akan diolah oleh editor, karena kini jurnalis juga harus membuat berita tersebut menjadi sebuah artikel yang siap dibaca masyarakat.

Terlebih, kini berita sudah beralih ke sistem online, di mana para pembaca bisa langsung membaca berita melalui portal online. Tidak asal menulis berita, seorang jurnalis juga harus memahami tentang penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta ejaan yang telah ditetapkan di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Nah, sehingga di sini para lulusan sastra sangat dibutuhkan untuk perusahaan media online. Bahkan, saat ini lulusan sastra juga banyak yang bekerja di media online.  

2. Copy Writer

Tidak hanya mengetahui tentang seluk beluk bahasa, mahasiswa jurusan sastra tentunya juga sangat pandai dalam mengolah kata dan kalimat yang menarik dan persuasif. Sehingga mereka juga sangat cocok jika menjadi seorang copy writer.

Pekerjaan Jurusan Sastra
pixabay

Tugas dari copy writer biasanya melakukan penulisan naskah iklan untuk perusahaan yang nantinya akan disiarkan media media seperti media cetak, televisi, online maupun radio. Meski terlihat mudah, copy writer juga harus memiliki pemikiran kreatif dan segudang ide-ide baru.

3. Kedutaan Asing 

Meski kebanyakan karyawan di kedutaan asing berasal dari jurusan Hubungan Internasion, namun kini mahasiswa jurusan sastra juga bisa berkesempatan bekerja di kedutaan asing loh. Anda hanya cukup menguasai beberapa bahasa asing dengan baik.

Apalagi jika Anda juga memiliki pengetahui tentang politik luar negeri, karena jika Anda mempunyai semua itu, kesempatan untuk bisa bekerja di kedutaan asing semakin besar.

4. Editor di Penerbit Buku

Tidak hanya media, penerbit buku juga harus membutuhkan editor agar penataan bahasa di dalam buku tersebut dipastikan sudah benar. Khusus untuk pekerjaan ini, syarat pekerjaannya memang diwajibkan dari lulusan sastra. Karena, jika Anda bukan jurusan sastra, sudah dipastikan Anda tidak akan diterima.

Pekerjaan Jurusan Sastra
pixabay

Sehingga, untuk menjadi seorang editor di penertbit buku, Anda hanya memiliki pesaing yang sama-sama dari jurusan sastra. Jadi, peluang untuk bisa diterima akan semakin tinggi.

5. Guru Les Bahasa

Tidak hanya jago dalam berbahasa, untuk menjadi pengajar atau guru les bahasa, Anda juga harus memiliki kemampuan mengajar yang baik. Terlebih, menjadi guru khususnya guru bahasa memang bisa dibilang gampang-gampang susah.


Tapi, jika Anda ingin menjadi dosen bahasa, Anda minimal harus bergelar S2, terlebih untuk menjadi pengajar atau dosen bahasa di universitas, upah atau gaji Anda pun juga akan lebih besar.

Tidak hanya 5 pekerjaan di atas saja, karena masih ada 5 pekerjaan jurusan sastra yang memiliki prospek tinggi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa baca di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-keren-buat-kamu-lulusan-sastra-dan-bahasa-asing/ 






TERIMAKASIH SUDAH MEMBACA

RINI NOVITA SARI
IG @rinie_noe
rinienoe46@gmail.com




Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post