24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Perlunya Menghadapi dan Menggunakan Media Sosial Secara Bijak di Era Millenial

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Perlunya Menghadapi dan Menggunakan Media Sosial Secara Bijak di Era Millenial

Di era millenial seperti ini hampir semua orang pasti mempunyai media sosial. Entah itu sebagai sarana hiburan/entertainment seperti facebook, instagram, twitter, youtube, dan lain sebagainya atau yang lebih digunakan sebagai sarana komunikasi seperti whatsapp, line, dan lain-lain. Pengguna media sosial pun hampir merata di segala usia dari anak-anak sampai para orang tua.

Perlunya Menghadapi dan Menggunakan Media Sosial Secara Bijak di Era Millenial
pexels.com

Manfaat Peggunaan Media Sosial


Dengan adanya berbagai jenis media sosial ini tentunya para pengguna mendapatkan banyak manfaat. Berikut berbagai manfaat dari peggunaan media sosial seperti:


1. Mudahnya Berkomunikasi

Dengan media sosial kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja dan darimana saja dengan biaya yang lebih murah dibandingkan ketika berkomunikasi via telp atau sms.




2. Menambah Teman

Dengan media sosial kita bisa menemukan teman yang lama tak berkomunikasi maupun teman yang baru kita jumpai. Dari media sosial kita juga bisa menambah jaringan / network yang lebih luas.

3. Mudahnya Mendapatkan Dan Membagikan Informasi

Dengan media sosial kita bisa memperoleh informasi / berita yang biasanya hanya kita dapatkan dari koran atau televisi. Kita juga bisa membagikan informasi / berita tersebut dengan cepat kepada orang lain.

4. Sebagai Media Hiburan

Dari media sosial kita juga bisa mendapat tontonan yang menghibur layaknya kita menonton televisi. Hal ini disebabkan banyak orang yang mengupload konten video di media sosial mereka, misalkan di youtube atau instagram.


Perlunya Menghadapi dan Menggunakan Media Sosial Secara Bijak di Era Millenial
pexels.com

Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial


Sayangnya, penggunaan media sosial ini pun tak lepas dari dampak negatif yang bisa berimbas ke penggunanya. Hal ini yang menyebabkan penggunaan media sosial harus dilakukan dengan bijaksana. Berikut adalah beberapa dampak buruk dari penggunaan media sosial:

1. Maraknya Fitnah dan Hoax

Seperti yang kita ketahui akhir-akhir ini sangat marak penyebaran berita hoax / fitnah. Tentu hoax dan fitnah ini bisa menyebabkan kegaduhan di masyarakat. Hal ini tak lepas dari mudahnya informasi didapatkan dan dibagikan ke orang lain. Terlebih tak sedikit yang mendapatkan informasi dan menyebarkannya tanpa mengecek atau memastikan terlebih dahulu kebenaran berita tersebut.



2. Banyak Akun Fake/Palsu

Akun-akun media sosial memang sangat mudah dibuat. Bahkan 1 orang bisa memiliki lebih dari 1 akun media sosial hanya dari 1 platform saja. Profil pengguna pun bisa direkayasa demi mempunyai akun media sosial tersebut. Hal ini membuat banyaknya akun-akun palsu / fake yang terkadang disalahgunakan pemanfaatannya seperti untuk menyebar fitnah dan hoak serta berkomentar kurang baik dipostingan orang lain.

3. Menyebabkan Kecanduan

Dengan semua fasilitas dan manfaat yang diberikan oleh media sosial tentu membuat kebanyakan orang kecanduan dan hampir tak bisa lepas dari media sosial. Jangankan sehari, untuk beberapa jam tanpa media sosial saja sangat berat dilakukan. Tentu ini hal yang kurang baik karena kecanduan media sosial bisa menghambat kegiatan kita yang lain.

4. Menyebabkan / Pemicu Kecelakaan dan Tindak Kejahatan

Banyak kejadian kecelakaan yang dipicu oleh pengguna media sosial yang kurang bijak. Terlalu fokus bermain handphone bisa menyebabkan orang mengalami kecelakaan. Tak sedikit berita kecelakaan diakibatkan para pengguna jalan yang asik bermain handphone sambil mengendarai kendaraannya. Tak jarang juga yang berjalan kaki namun tak fokus ke jalan dan lebih asik bermain handphone. Selain itu ketidak hati-hatian ini juga bisa memancing tindak kejahatan seperti penjambretan dan lain sebagainya.

5. Menimbulkan Rasa Malas Bagi Penggunanya

Terlalu fokus bermain gadget dan membuka media sosial yang beragam jenisnya tentu juga bisa membuat orang malas bergerak dan menyelesaikan pekerjaannya. Tentu ini hal yang kurang baik baik untuk para pelajar sekolah, para pekerja maupun ibu rumah tangga. Terlebih untuk anak sekolah yang seharusnya tugas utama nya adalah belajar. Terlalu sering bermain media sosial bisa menyebabkan si anak semakin malas belajar dan kurang fokus dalam belajar.


Perlunya Menghadapi dan Menggunakan Media Sosial Secara Bijak di Era Millenial
pixabay.com


Bijak Mengggunakan Media Sosial

Karena beberapa dampak negatif diatas, maka ada baiknya kita lebih bijak dalam menyikapi penggunaan media sosial. Nah berikut beberapa langkah bijak untuk menyikapi penggunaan media sosial di kehiudpan sehari-hari:

1. Tidak Memposting Hal-Hal Yang Terlalu Privasi

Di media sosial memang bisa dijadikan media untuk membagikan informasi atau kegiatan kita sehari-hari. Namun membagikan hal yang terlalu privasi seperti alamat rumah, nomor telp, alamat sekolah juga perlu dibatasi. Hal-hal tersebut bisa dijadikan oleh berbagai pihak untuk berbagai kepentingan bahkan bisa memicu tindak kejahatan seperti penipuan dan lain-lain.

2. Tidak Mudah Menyebarkan Informasi yang Belum Jelas Kebenarannya

Mudahnya mendapat dan membagikan informasi ke orang lain bukan berarti kita terlepas dari tanggung jawab tentang kebenaran informasi tersebut. Dampak dari informasi yang salah namun tersebar luas adalah bisa berakibat kegaduhan dan merugikan orang lain. Untuk itu ada bainya kita crosscheck dulu memastikan kebenaran dari berita atau informasi tersebut.

3. Waspada dan Hati-Hati Terhadap Teman Baru

Tentu kita akan menemukan banyak teman baru dari media sosial. Namun kita juga perlu waspada dan berhati-hati tehadap teman yang baru dikenal. Jangan mudah percaya atau berbagi banyak hal kepada teman yang baru dikenal. Karena biasanya kita belum tahu asal usul orag tersebut. Dan banyak kasus yang berujung pada tindakan kejahatan seperti penculikan, penipuan dan lain sebagainya yang berawal dari sosial media.

4. Memakai Kata Yang Tepat Dan Dipikir Dahulu Sebelum Membuat Status

Meski di media sosial kita berhak memposting atau membuat status apa saja, namun ada baiknya kita selalu memikirkan dahulu kata-kata yang tepat. Kata-kata yang tidak menyinggung pihak-pihak lain dan berpotensi menimbulkan kegaduhan seperti membuat status tentang agama, ras, suku bahkan politik.

5. Media sosial Bukan Tempat Untuk Pamer

Terkadang orang berniat membuat status di media sosial hanya untuk berniat pamer. Tentu ini bukanlah tindakan yang terlalu bijak. Memang menunjukan pencapaian atau prestasi sesekali sangatlah wajar, terlebih jika niatnya untuk berbagi semangat dan pengalaman. Namun jika sifat pamer ini terkesan merendahkan orang lain atau menyombongkan hal yang berlebihan akan menimbulkan respon yang kurang baik dari teman atau pengguna  media sosial lainnya.

6. Tetap Sopan Santun Dalam Bermedia Sosial

Meski tak bertatap muka langsung dnegan para pengguna media sosial lainnya, kita juga harus tetap bersikap sopan santun kepada orang lain. Menggunakan kata-kata yang baik dan saling menghormati sesama pengguna media sosial.


AUTHOR:

RINI NOVITA SARI
IG @rinie_noe
rinienoe46@gmaill.com


Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post