24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Banyak Mahasiswa yang Pilih Jurusan IT, Memang Bisa Kerja Jadi Apa Saja Sih?

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Banyak Mahasiswa yang Pilih Jurusan IT, Memang Bisa Kerja Jadi Apa Saja Sih?

Memiliki karir yang baik sesuai dengan passion dan jurusan kuliah khususnya di bidang komputer, memang menjadi hal yang dicita-citakan banyak orang. Terlebih, jurusan komputer atau IT, memiliki banyak jaringan pekerjaan, sehingga banyak mahasiswa baru yang berebut untuk bisa diterima di jurusan IT. Namun, banyak pertanyaan pula terkait pekerjaan jurusan IT, yang masih belum diketahui bisa kerja di mana saja.

Apalagi, jika Anda merupakan mahasiswa lulusan jurusan IT dari universitas atau kampus ternama. Misalnya dari universitas yang memang didirikan khusus untuk bidang teknik, seperti kampus negeri dengan jurusan IT terbaik, Institut Teknologi Bandung (ITB), atau universitas swasta dengan jurusan IT terbaik seperti Bina Nusantara Jakarta.

Selain faktor universitas, hal lainnya yang patut dimiliki agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan dan juga karir baik di bidang IT adalah keahlian atau skil yang memadai. Nah, jika semua hal tersebut sudah Anda miliki, Anda hanya tinggal memfokuskan diri terhadap satu keahlian di bidang IT. Akan tetapi, bagaimana untuk pilihan jenis pekerjaan jurusan IT yang bisa Anda pilih? Dan apa saja jenis profesi yang bisa dijalani? Berikut beberapa ulasannya untuk Anda:

Banyak Mahasiswa yang Pilih Jurusan IT, Memang Bisa Kerja Jadi Apa Saja Sih?

1. Mobile Programmer

Salah satu pekerjaan jurusan IT di dunia kerja nanti adalah membuat program, di mana seorang programmer yang kompeten akan mampu membuat sebuah perangkat lunak yang nantinya bisa berguna untuk orang banyak. Terlebih, kini perangkat mobile sangat dibutuhkan banyak orang untuk membantu mengerjakan kegiatan sehari-hari.
Selain itu, aplikasi mobile juga bisa lebih optimal dalam mencari penghasilan, karena bisa dipasangi iklan. Seperti aplikasi-aplikasi yang biasa kita temukan di smartphone android. Nah, jika Anda menguasai jenis pekerjaan ini, Anda bisa sangat dibutuhkan di perusahaan besar seperti e-commerce, fintech, game mobile, perbankan, dan lain-lain.  

2. Software Engineer

Jenis pekerjaan jurusan IT berikutnya ini merupajan profesi yang mengembangkan perangkat lunak menjadi berbagai macam keperluan yang mendukung pekerjaan atau hal lainnya. Selain harus memahami tentang bahasa pemrograman, seorang software engineer juga harus bisa mengembangkan program aplikasi yang sebelumnya dibuat oleh seorang programmer.

Tidak hanya itu, jenis pekerjaan ini juga bisa membuat plugin untuk sebuah web/CMS, seperti wordpress, karena hal tersebut juga termasuk sebuah upaya untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak.

3. System Analyst atau System Integrator

Pekerjaan jurusan IT berikutnya adalah system analyst yang merupakan sebuah profesi di mana ia memiliki tanggung jawab atau perencanaan, koordinasi dan analisa sistem perangkat lunak. Tugas dari pekerjaan jurusan IT ini adalah menganalisa sistem yang akan dibuat. Seperti namanya, profesi ini mengharuskan Anda untuk memiliki keahlian menganalisa yang baik, managerial, interpersonal, dan teknis.  

Banyak Mahasiswa yang Pilih Jurusan IT, Memang Bisa Kerja Jadi Apa Saja Sih?
pixabay

4. Computer Network atau Data Communication Enginner

Selanjutnya, jika Anda tahu bahwa seseorang yang merupakan lulusan jurusan IT, juga bisa menjadi ahli Computer Network. Di mana seorang ahli computer network bisa merancang arsitektur  dan pembangunan jaringan. Sehingga profesi sangat berperan besar dalam perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu perusahaan.

5. Web Designer atau Web Programmer

Selain aplikasi, bentuk perkembangan nyata dari teknologi informatika adalah website. Di mana website saat ini sudah menjadi media untuk menyampaikan segala informasi dengan mudah. Nah, di sinilah profesi atau pekerjaan jurusan IT web designer atau web progammer sangat dibutuhkan.

Selain itu, jika Anda ingin memfokuskan diri untuk mendalami profesi web designe dan web programmer, Anda harus bisa memahami bahasa pemrograman web seperti PHP, Javascript, dan lainnya.


Nah, itulah beberapa jenis pekerjaan jurusan IT yang bisa Anda pilih, ketika Anda lulus kuliah dari universitas jurusan IT dan mulai mencari pekerjaan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan besar. Tidak hanya profesi-profesi yang disebutkan di atas saja, karena masih ada beberapa jenis pekerjaan jurusan IT lainnya yang sangat dibutuhkan di zaman sekarang. Mau tahu apa saja profesi-profesi jurusan IT tersebut? Silahkan klik link berikut ini:


Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 komentar

  1. I love web desainer, hanya gara2 sekarang ane bergelut di dunia blogging. meski gak berasal dari jurusan komputer. hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren. ciri org yg mau belajar total mulai dari nol ini. haha ya kan?

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post