24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Mau Tetap Hemat Listrik Meski Pakai AC? Begini Caranya

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Mau Tetap Hemat Listrik Meski Pakai AC? Begini Caranya

Seperti yang kita tahu bahwa pendingin ruangan atau biasa disebut AC (Air Conditioner) merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang memiliki daya listrik tinggi. Aku mulai tahun ini menempati atau menyewa kamar kos dan memasang AC. Tentu sebagai anak rantau yang nyari uang sendiri penting buatku mengatur biaya atau hemat dalam penggunaan listrik untuk AC ini, mengingat aku pakai token listrik.  Nah, berikut ada cara hemat listrik rumah tangga, meski Anda menggunakan AC yang sering dianggap sebagai penyebab borosnya tagihan listrik.



Mau Tetap Hemat Listrik Meski Pakai AC? Begini Caranya
pixabay

Bagaimana caranya? Bukankah semua jenis AC akan mengambil pasokan listrik besar?


Jika Anda tahu, bahwa penyebab utama keborosan listrik bukan karena Anda salah memilih jenis AC, namun karena penggunaan AC yang fungsinya sudah mulai menurun bahkan AC yang sudah rusak. Tidak hanya kondisi AC, setelah suhu yang tidak wajar juga membuat proses kerja AC menjadi kurang optimal saat mendinginkan ruangan.

Selain itu penggunaan AC yang berlebihan juga merupakan faktor paling memakan pemborosan listirk. Nah, jika sudah tahu bahwa akan membuat tagihan listik menjadi membengkak, sebaiknya Anda sudah mulai berhemat. Untuk mengetahui lebih lanjut apa yang harus dilakukan, berikut cara hemat listrik rumah tangga meski menggunakan AC:


Mau Tetap Hemat Listrik Meski Pakai AC? Begini Caranya
pixabay

1. Ketahui Tipe AC yang sesuai Dengan Kebutuhan Anda


Ada banyak tipe AC yang dijual dari berbagai merek, dan hal tersebut pun juga bisa dilihat harga yang berbeda. Tipe Ac sendiri dibagi menjadi 3 tipe, yakni AC tipe standar, low watt, dan inverter. Nah, dari tipe tersebut Anda harus tau tipe apa yang paling cocok untuk kebutuhan Anda di rumah. Namun secara umum tipe AC low watt akan lebih baik, meski harganya memang mahal.

AC tipe low watt hanya mengambil daya listrik yang lebih kecil sehingga Anda bisa menghemat tagihan listrik bulanan sekitar 20-30%.

2. Jangan Setel temperatur di Bawah 24 Derajat


Kebanyakan dari para pengguna AC, biasanya akan menurunkan suhu bahkan hingga 16 derajat Celcius. Hal tersebut karena memang dikarenakan suhu udara Indonesia yang mencapai 25 Derajat ke atas, bahkan untuk mencapai 22 - 23 Derajat pun masih sulit.


Mau Tetap Hemat Listrik Meski Pakai AC? Begini Caranya
pixabay

Namun, AC hanya merupakan sebuah alat yang bergerak karena perintah mesin dari remote untuk menyetel suhu. Sebuah mesin yang bekerja terlalu keras atau bahkan tidak disanggupi mesin juga akan membuat daya listrik tersedot lebih banyak dan menjadikan mesin lebih cepat rusak.

Nah, remote ini berguna untuk menyetel suhu yang hendak diinginkan, namun dipastikan dengan suhu yang standar.

3. Pasang Kipas Plafon


Kipas merupakan alat pendingin ruangan yang daya listriknya lebih rendah daripada AC. Nah, dengan begini Anda ternyata bisa kombinasikan kipas dan AC sebagai alat pendingin ruangan Anda secara begilir. Selain itu, kipas juga bisa membuat udara dingin dari AC bisa cepat menyebar ke seluruh ruangan.

4. Tutup Hordeng


Cara hemat listrik rumah tangga sederhana selanjutnya agar rumah tetap sejuk dan dingin ialah dengan menutup jendela kaca dengan hordeng. Jendela kaca yang tidak ditutup hordeng akan menyerap cahaya panas yang bisa masuk ke dalam ruangan, dan hal ini pun bisa menyebabkan suhu ruangan menjadi panas juga.

Hordeng akan membuat jendela kaca menghalangi cahaya yang masuk, dan suhu panas pun bisa diserap oleh hordeng.

5. Service AC Secara Rutin


AC yang fungsinya menurun dan rusak akan membuat daya listrik cepat tersedot. Sehingga sebaiknya Anda harus rutin membersihkan AC, bahkan jika perlu service AC agar kondisinya tetap stabil.

Pasalnya, AC juga menyerap debu yang bisa menghambat filter AC. Dari debu yang menebal bisa menjadi penghambat kinerja mesin untuk bekerja normal. Biasanya, AC diservice minimal tiga bulan sekali.

Keadaan AC yang bersih dan berfungsi normal akan memproses kerja mesin dengan normal pula. Sehingga listrik tidak cepat menyedot dan tagihan listrik Anda tidak cepat membengkak.

Cara hemat listrik rumah tangga ternyata tidak hanya soal pemakaian AC yang berlebihan, tapi juga banyak faktor lainnya. Nah, untuk cek cara hemat listrik rumah tangga lainnya, bisa Anda baca di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/cara-hemat-listrik-rumah-tangga-yang-tahun-depan-tarifnya-bakal-naik/

Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post