24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
9 Cara Blogger Mendapat Penghasilan Selain Dari Adsense

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

9 Cara Blogger Mendapat Penghasilan Selain Dari Adsense


9 Sumber Penghasilan Blogger Selain Dari Adsense -  Mencari uang dan mendapat penghasilan dari tulisanku atau dari nge-blog emang bukan tujuan awal bahkan tujuan utama aku blogging di celotehdinihari.com ini. Namun, sejak mengenal adsense 2017 lalu dan mulai mendapatkan pundi-pundi bahkan 2 kali gajian di 2018 dan 2019 ini cukup membuatku tersadar bahwa “oh, hobiku bisa menghasilkan uang loh”


“And, yap, I am so happy with that”

Senang bukan karena nominalnya sih secara minimal payout atau pembayaran dari adsense yang 100 USD ini hanya sepersekian dari gajiku di kantor. But you know what, berapapun itu, ketika sebuah hobi yang disenangi bisa mendatangkan penghasilan itu menimbulkan kepuasaan dan kebanggaan sendiri gaes.

Sukses Dan Puas Dengan Adsense?

Tentu belum. FYI, saya bisa gajian 100 USD itu karena akumulasi klik iklan para pengunjung blog selama hamper 6 bulan. Termasuk sangat lambat ya, maklum pageviews atau visitor di blog ini baru sekitar 1000an per hari.

Meski belum seberapa dari adsense, namun gajian dari blog pertamaku ini membuatku makin bergairah dan ingin mendapatkan hal yang lebih. Nggak bisa dipungkiri, sadar kalau blog pribadi bisa mendatangkan penghasilan bikin nge blog makin semangat.

Alhasil, aku bertekad lebih konsisten urus blog ini dan rajin bikin konten yang lebih baik. Meski masih banyak yang harus diperbaiki, yang penting niatnya dulu udah ada. Hehe

Penghasilan Lain Blogger Selain Dari Adsense

Aku sadar bahwa blog ku belum sekeren blog nya mas Timon, mas Sugeng, mba Igniel dan seabrek nama kondang di dunia perbloggeran dimana blognya selalu rama pengunjung bahkan sampai angka 5000an perhari. Karena itu, aku pun putar otak dan mencari tahu apa ad acara lain yang halal untuk mendapatkan penghasilan dari hobiku ini.

Setelah banyak cari referensi, wah ternyata emang ada banyak cara dan media yang bisa membantu para blogger mendapatkan penghasilan selain dari adsense. Mulailah aku join dan coba beberapa cara tersebut.

1.          Menerima Content Placement di Blog

Pendapatan atau penghasilan seorang blogger tidak hanya dari Adsense aja kok. Menerima content placement adalah salah satu alternatifnya. Content placement berarti menyediakan atau menerima sebuah artikel atau konten untuk ditempatkan atau diposting di blog yang kita miliki. Artikel atau konten ini berasal dari klien atau orang lain yang menghendaki artikel atau kontennya kita publish dari blog kita.

Biasanya client yang meminta content placement ini adalah mereka yang ingin mempromosikan brand atau menitipkan link menuju website atau artikel mereka yang lain.

Tentu ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan backlink, dimana backlink ini berfungsi untuk memperkuat posisi suatu website agar kemungkinan konten yang ada di sana bisa naik peringkat di halaman Google.

Selain itu, content placement juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk yang mereka miliki. Karena itu tentu content placement mempunyai harga atau biayanya sendiri, tidak dilakukan secara gratis. Jadi kedua belah pihak yaitu kita selaku pemilik blog maupun mereka yang menitipkan artikel atau kontennya sebenarnya sama-sama diuntungkan.

Bagi pemilik blog tentu manfaatnya akan mendapatkan konten atau artikel secara cuma-cuma tanpa harus membuat atau menulis terlebih dahulu, selain itu juga bisa menambah penghasilan apapun pundi-pundi uang. Sedangkan bagi mereka yang menitipkan konten atau artikelnya maka akan mendapatkan timbal balik berupa backlink dan promosi produknya.

Baca Juga : Contoh Invoice/Faktur Artikel Content Placement Dan Content Writer 

2.        Menjadi Content Writer

Ini adalah cara lain untuk mendapatkan penghasilan atau pendapatan selain dari Adsense. Content writer adalah aktivitas content writing atau menulis konten untuk kebutuhan klien atau pihak lain. Berbeda dengan content placement di mana artikel atau konten sudah tersedia dan tinggal dipublish atau kita post di blog kita, namun content writing ini harus kita sendiri yang menulis artikelnya. Tapi dengan tema konsep dan panduan penulisan dari klien atau pihak lain.

Tujuannya sama, kalau tidak mempromosikan sebuah website atau memberikan link ke suatu website bisa jadi untuk mempromosikan suatu produk ataupun event.

Kalau aku klasifikasikan content writing ini ada beberapa jenis:

  • Content writing untuk blog sendiri

Kita akan diberikan panduan penulisan seperti kata kunci atau keyword yang harus dimasukkan dalam artikel, link yang harus di tahu kan, jumlah kata dan lain sebagainya oleh nelayan. Tugas kita adalah Menulis artikel dengan panduan penulisan tersebut lalu mempostingnya di blog kita sendiri.

  • Content writing untuk blog atau website lain / menulis konten web

Caranya sama dengan membuat konten atau artikel lalu diposting di blog sendiri, ya itu kita diberikan panduan lalu menulis sebuah artikel sesuai dengan panduan tersebut. Bedanya artikel ini akan diposting di website atau blog lain. Jadi hak tulisan memang menjadi milik klien. Berbentuk

Cara Blogger Mendapat Penghasilan Selain Dari Adsense
inspiratifdesign.com

3.        Menjadi Seorang Ahli Blogging yang Komersil

Banyak temen blogger yang sudah master atau ahli dalam dunia perbloggingan memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk mendulang rupiah. Nggak salah sih, emang mereka kompeten untuk membuka jasa ini kok. Dan lagi emang banyak yang memerlukan jasa mereka. Akupun salah satu orang yang sering minta bantuan ke mereka.

Eits, tapi bayar ya. jangan mental yang selalu minta gratisan kalau minta bantuan. Kecuali kamu Cuma minta referensi link atau artikel untuk belajar, wajar kalau begitu gratis. Tapi ketika kalian perlu sentuhan para blogger mastah ini untuk memperbaiki blog mu ya kamu harus menghargai ilmu mereka dengan membayarnya.

Tentu mendapatkan penghasilan bagi blogger dengan cara ini belum bisa aku terapkan. Aku masih jadi konsumen aja. Hehe. Aku mah apa atuh ilmu masih cetek.

Nah berdasarkan temen-temen blogger yang udah ahli ini, aku rangkum deh jasa-jasa yang mereka komersilkan untuk dapat penghasilan.

  • Private lesson blogging

Ada beberapa temen yang membuka kursus pivate tentang per-bloggingan baik itu dengan media platform blogger maupun wordpress. Seperti yang kita tahu ya, banyak sekali yang harus dipelajarin oleh blogger pemula jika niat serius menjalankan blognya. Misalkan bagaimana cara edit html, atur widget, cara agar diterima adsense dan lain sebagainya. Nah meski bisa dipelajari dengan googling namun saat mengaplikasikan teori di artikel-artikel tutorial para blogger ini sering menjumpai masalah. Untuk yang minat private bisa tuh pakai jasa mereka.

  • Atur html dan atau pageload sebuah blog

Ada lagi nih temen blogger yang emang duah mahir buka jasa ini. Buat yang udah sering berjelajah di grup blogger pasti tau mas sawal walker dan ozik jarwo. Mereka tuh kayak teknisi yang siap bantu para blogger. Aku sendiri biasa pakai jasa mas ozik jarwo saat minta settingin template atau perbaikin pagespeed atau loading blog ku karena dia emang spesialis untuk. Platform blogger. Sedangkan mas sawal walker spesialis untuk wordpess.  Kalau kalian blogger yang mahir coding atau html nya bisa nih buka jasa kayak mereka. 

  • Jualan akun adsense / ternak adsense

As we all know, untuk mendaftarkan blog dan diterima oleh google adsense agar iklan tayang dan kita dapat uang itu susahnya setengah mati. Yap, setidaknya susah bagi blogger yang masih ecek-ecek kayak aku ini. Ditolak berkali kali mah biasa, lebih sakit ketimbang ditolak cinta sih. Ah elah

Tapi beda bagi mereka para ahli seo yang bisa dengan mudahnya bikin blog, daftar adsense dan diterima. Karena itu juga banyak yang manfaatin akun adsense nya buat dijual ke mereka yang putus asa saat mendaftarkan adsense secara mandiri.

  • Pembicara / Speaker

Para blogger yang udah pro ini biasanya juga bisa diundang untuk sebuah event seperti seminar,  promosi produk dan lain sebagainya loh. Gunanya?  Ya huat sharing ilmu mereka. Enak ya jadi orang pinter itu. Haha

4.        Daftarkan Blog Menjadi Media Afiliasi Sebuah Produk


Selain adsense para blogger juga bisa memasang Iklan CPA (Cost Per Acquisition) atau biaya per akuisisi atau yang biasa disebut program afiliasi. Dengan cara ini kita akan memasang script iklan suatu brand atau produk di blog. Namun komisi hanya akan kita dapatkan jika ada yang membuka dan membeli produk tersebut melalui script iklan yang tampil di blog kita tersebut.

Agak susah sih menurutku membawa orang atau pengunjung untuk membeli produk atau brand dari iklan yang tampil di blog ku. Meski begitu banyak blogger yang memakai cara ini untuk memperoleh penghasilan tambahan. Tau gak? Konon katanya fee atau komisi dari afisiasi ini cukup besar. Jika dibandingkan dengan adsense mah jauh. 

Baca Juga : Beberapa Manfaat Menjadi Seorang Blogger Yang Patut di Banggakan

5.        Daftarkan Blog Sebagai Publisher Iklan Lokal


MGID, Kumpulblogger, dan Raja Traffic adalah beberapa publisher iklan lokal yang bisa dicoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog. Sistem pembayarannya seperti adsense yaitu CPC atau Cost Per Click.

Sementara aku baru coba raja traffic sih kemarin baru approve tinggal pasang script iklannya aja. Milih raja traffic karena tampilan iklannya wajar. Bukan gambar-gambar annoying gitu. Sedangkan MGID yang aku lihat di blog orang lain kadang menampilkan gambar yang jorok atau aneh gitu. Jadi nggak tertarik buat pasang.


Cara Blogger Mendapat Penghasilan Selain Dari Adsense
the-girlygeek

6.        Ikut Komunitas / Grup  Blogger


Ada banyak komunitas blogger di hampir semua media sosial. Bahkan dengan jumlah anggota yang lumayan besar. Sebut aja blogger indonesia di grup facaebook atau blogger perempuan di instagram dan website. Dengan gabung atau join ke komunitas atau grup blogger ini maka relasi dan teman sesama blogger kita akan semakin banyak. Hal ini membuka peluang kita untuk menerima informasi dengan cepat jika ada event, lomba, atau kerjasama brand yang bisa kita ikuti.

Biasanya para pihak pengiklan juga menghubungi atau gabung dengan komunitas atau grup seperti ini untuk mempermudah pencarian publisher untuk produknya. Siapa tau aja kan tiba-tiba ada yang mengontak kita dan menawarkan kerjasama. hehe

7.       Mengikuti Lomba Blog

 

Mengikuti dan menang dalam lomba blog adalah salah satu cara mengubah hobi menulis diblog menjadi pundi-pundi. Ada banyak instansi, perusahaan atau pun brand yang mengadakan lomba blog untuk mempromosikan produknya.

Tak tanggung loh, hadiahnya bisa jutaan. Cuma ya itu, saingannya banyak. Hehe. Aku sendiri berniat ikut serta dalam beberapa lomba blog mulai bulan ini. Lihat temen-temen blog lain pada rajin dan antusias ketika ikut serta dalam lomba blog juga jadi membuat aku tergerak pengen ikutan. Hehe sekalian men-challenging diri sendiri apakah bisa bersaing dengan professional blogger lainnya.

Untuk mendapat informasi lengkap dan update seputar lomba-lomba blog yang sedang dan akan digelar kalian bisa follow Instagram akunnya @infolombablog


8.        Menjadi Influencer atau Buzzer


Menjadi seorang influencer atau buzzer yang mempromosikan suatu produk bisa jadi di dijalani oleh seorang blogger yang mempunyai kapabilitas atau kemampuan untuk mendapatkan job tersebut.



Menjadi seorang blogger sekaligus influencer atau buzzer untuk mempromosikan suatu produk bisa kamu awali dengan menerima content placement ataupun content writing yang biasanya ditujukan untuk mempromosikan suatu produk atau memberikan backlink kepada klien.



Meski begitu menurutku belum semua blogger yang menerima job content placement atau content writing tadi bisa disebut seorang influencer atau buzzer. Pasalnya, menjadi seorang influencer menurutku harus benar-benar bisa mempengaruhi para pembaca untuk memakai atau membeli produk yang ia promosikan. Dan tentu menjadi influencer ini harus benar-benar kemampuan dan kualitas yang baik. Kualitas ini bisa dilihat dari setiap postingan yang dia buat, apakah mendapatkan feedback yang baik dari pembaca misalkan berupa komentar atau mereka benar-benar membeli produk tersebut.

Jujur aku sendiri cukup miris mengetahui bahwa banyak teman-teman blogger yang meminta bantuan teman blogger lainnya untuk berkomentar pada postingan agar terlihat ramai dan banyak peminat. Dimana postingan tersebut berisi promosi produk dari klien mereka. Apakah cara meminta komentar di postingan tersebut adalah cara bijak yang dilakukan oleh para influencer? Karena menurutku sendiri seorang influencer harusnya bisa mendatangkan perhatian para pembaca atau calon konsumen produk tanpa diminta dan karena konten yang disajikan memang menarik untuk mendapatkan feedback. Ya,  kecuali emang mereka belum melabeli diri sebagai influencer ya. Hehe

Yes I know it's all about money. Tapi ya gimana ya lihatnya, berat memang jadi influencer. Hehehe.


9.        Membuka Jasa Menulis Artikel




Seorang blogger tentu mempunyai keahlian menulis yang jika diseriusi bisa menjadi sesuatu yang bernilai lebih. Karena itu seorang blogger juga bisa membuka jasa penulisan artikel untuk orang lain atau blogger lain.



Saat ini banyak sekali blogger yang menuntut untuk memposting artikel dalam jumlah banyak sekaligus. Dan hal ini tidak selalu bisa dilakukan oleh para blogger dalam waktu singkat. Karena itu jasa pembuatan artikel sangat diminati oleh mereka yang membutuhkan artikel dalam jumlah banyak.



Meski sepertinya belum dibandrol dengan harga yang lumayan mahal atau wajar, nyatanya sering aku temui temen-temen jasa pembuatan artikel ini dengan harga Rp10.000 untuk jumlah kata minimal 300 kata dan seterusnya. Meski terbilang murah namun biasanya Mereka menjual artikel dalam bentuk paketan misalnya order 10 artikel atau lain sebagainya.




RINI NOVITA SARI
IG @rinie_noe
rinienoe46@gmail.com




Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

10 komentar

  1. bahagianya dah bisa gajian.

    Sukses mba. Btw nice info. Smg bisa ngikutin jejak mb Dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu belum semua aku lakuin kok mas. Baru dikit bgt. Wkwkw.

      Itu aku nulis berdasarkan temen2 blogger yg udah pro sebenernya. Haha berharap bisa kayak mereka

      Hapus
  2. Seneng yaa mba' blognya diapresiasi oleh adsense pakai dollar. Miris juga sih dengan fenomena buzzer minta komenan ehehe...tapi tuntutan kerjaan juga sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mbak. tapi lama bgt menurutku klo dri adsense gak bisa dijagani klo butuh hihi. maklum mungkin karena PV masih belum smpe 5000 per days ya. wkwkw. disyukurin aja

      hhehe iya mbak dimakluumi ya tuntutan kerjaan biar byk yg ajak kerjasama lagi. hihi

      Hapus
  3. Sukses terus Mba Dini. Awalnya saya juga gak kepikiran sama sekali bisa dapat penghasilan dari blog. Tapi faktanya memang demikian. Kuncinya satu, konsisten dalam mengelola blog (kalo bisa update artikel setiap hari), perbanyak teman di dumay, gabung group SMSC di Facebook. Pasti lambat laun blog kita semakin dikenal luas. Dan kesempatan untuk diajak kerja sama semakin terbuka lebar.

    Untuk AdSense, saya memang payah, udah 3 tahun belum payout yang kedua. Selain itu saya ikut sosiago, Rajabacklink, vira.id dan blogpartner.id.

    Saya juga sering banget kuti lomba blog, hasilnya alhamdulillah luar biasa, selain dapat hadiah, dapat pengalaman banyak dari menulis artikel untuk lomba blog.

    Jangan lupa juga joint di WAG di sebuah komunitas, biar semakin banyak teman sesama profesi Dan hobi.

    Nice sharing 👌...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini lagi belajar konsisten post artikel juga masm sebenernya udah byk bgt draft judul. Tapi krna ada kerjaan harian jadi ga maksimal hisa slese tulisan 1 hari 1 tulisan. Huhu..

      Aku juga udah ikutin semua tuh mas. Sosiago, RB, vira dll. Tapi RB sama vira belum di percaya dikasih job. Hehe doakan akuh

      Iya nih aku udah intip intip blognya mas keren euy visualisasi di tiap artikel yg di lombakan.

      Makasih mas sarannya. Membantu poll...

      Hapus
  4. begitu dapat uang dari blog rasanya bahagia, haha, karena bisa bayar buat hosting n domain.

    saya sejauh ini baru 3 aja, afiliasi, content placement n google adsense, hasilnya udah lumayan cukup nambah2 buat beli paket

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas gak content writing juga kah?

      Hahaha bener. Minimal bisa buat gantiin kuota internet. Syukur2 bisa buat bayar listrik kos an. Target semoga bisa bayar kos an perbulan. Haha. Hampir sejuta sendiri kos nya.. :(

      Angka mah urusan nnti. Dapat kesempatan job aja udah bersyukur aku mas. Namanya pemula. Hihi. Lumayan happy aja hobi nya beneran bisa sedikit menghasilkan yaa..

      Aku afiliasi malah belum mas. Masih bingung. Afiliasi produk apa aja mas sabda?

      Hapus
  5. Menulis untuk website lain itu bener banget. Selain untuk mendapatkan penghasilan, bisa jadi ajang latihan menulis di tempat lain, di mana yang bukan zona nyaman kita (bukan di blog pribadi). Bisa berpenghasilan tetap melalui blog rasanya masih jauhhh hahahaha tapi aku berusaha untuk tetap rajin nulis dulu, nggak boleh ngoyo (:

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak saya juga lebih ke challenging diri sendiri sih awalnya. eh ada job ini eh ada job itu. bisa nggak yah. mampu nggak ya.. bahkan kmren awal job nila kecil aja aku ambil. ya buat nyalurin hobi sama menantang diri sendiri kira2 tulisanku yg begini diterima klien apa enggak ya. menurut mereka kualitasnya gimana yaa.. gitu gitu hehe

      yg penting blog sendiri tetep jgn lupa diurus ya mbak. hehe. kmren aku isi konten di web lain mulu seminggu jadi ga ngepost di blog sendiri sama sekali. wkwkw kacau

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post