Tahapan Penting Perencanaan SDM di Perusahaan

Tahapan Penting Perencanaan SDM di Perusahaan
Perencanaan sumber daya manusia atau SDM adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menentukan individu terbaik untuk melakukan pekerjaan, sehingga pekerjaan bisa berjalan dengan maksimal. Ada beberapa tahapan penting dalam perencanaan SDM di sebuah perusahaan. Succession planning juga merupakan salah satu bentuk dari perencanaan sumber daya manusia atau SDM.
Perencanaan sumber daya manusia yang baik dan benar juga bisa meningkatkan produktivitas kerja karyawan yang ada di sebuah perusahaan. Dalam merancang dan membentuk perencanaan SDM, ada beberapa tahapan yang harus dijalankan agar perencanaan kerja bisa berjalan dengan baik, berikut ini merupakan tahapan penting dalam perencanaan SDM di sebuah perusahaan.

1. Menganalisa kekuatan dan kelemahan SDM yang dimiliki

Membuat susunan perencanaan SDM yang tepat, diawali dengan menganalisa apa saja kekuatan dan kelemahan yang dimiliki SDM. Dengan mengenali dan memahami kemampuan karyawan maka akan lebih mudah memetakan dan menunjuk karyawan pada pos – pos penempatan profesi yang tepat.
Perencanaan SDM juga meliputi informasi mengenai skill karyawan, jumlah karyawan baik yang masih produktif atau sudah pensiun, peningkatan kerja, serta info personalia lainnya.
Untuk membuat perencanaan SDM ini biasanya perusahaan dapat memakai metode kuesioner atau survey. Bisa juga dengan peninjauan performa atau evaluasi kinerja pegawai.

2. Membuat Rencana Kebutuhan SDM di Masa Mendatang

Perusahaan akan terus berkembang seiring waktu. Demikian pula dengan kebutuhan pegawai. Inilah langkah terbaik untuk merancang atau merencanakan SDM dalam waktu beberapa bulan  ke depan. Kebutuhan pegawai atau karyawan dapat disesuaikan dengan produksi perusahaan.
Apakah perusahaan membutuhkan karyawan tambahan di beberapa departemen? Atau perusahaan justru harus menghadapi perampingan karyawan? Atau sudah cukup memadai dengan jumlah karyawan yang ada saat ini? Dari beberapa pertanyaan tersebut dapat diambil jawaban dan keputusan untuk memperkirakan ketersediaan karyawan ke depan.


3. Manajemen SDM

Langkah berikutnya dalam perencanaan SDM adalah melakukan pengelolaan dan pengembangan skill terhadap karyawan atau SDM. Dalam hal ini dapat dikategorikan menjadi beberapa tahap, antara lain: 
  • Proses rekrutmen karyawan 
  • Proses seleksi kandidat 
  • Mempekerjakan kandidat yang terpilih 
  • Training karyawan baru 
  • Meretensi dan monitoring karyawan

 4. Evaluasi dan Monitoring

Jika semua tahap perencanaan SDM awal sudah berjalan dengan baik, maka tim HR membutuhkan evaluasi dan monitoring terhadap SDM. Proses ini dapat memberikan hasil yang jelas apakah SDM yang direkrut sudah dapat mencapai target perusahaan yang diinginkan.
Nah, tentunya semua tahapan perencanaan SDM ini akan sangat rumit bila dilakukan secara manual dan bergantung pada tim HR. Sudah saatnya perusahaan Anda memiliki platform yang mendukung succession planning berbasis online, LinovHR. Dengan dukungan aplikasi HRIS dari LinovHR, semua tahapan perencanaan SDM dapat dikelola secara otomatis, fleksibel dan mudah. Aktivitas SDM juga dapat dimonitoring dengan baik secara berkala.
Dengan menggunakan software HR dari linovHR ini tentunya semua komponen akan terukur secara akurat yang kemudian dijadikan dasar untuk perencanaan SDM yang matang. LinovHR menjadi kepercayaan berbagai perusahaan skala middle-up di tanah air karena fitur – fitur yang bermanfaat dan fungsional untuk mendukung Succession Planning yang terarah. Dapatkan uji coba GRATIS LinovHR dan buktikan manfaatnya sekarang!

10 komentar:

  1. Manajemen SDM memang menjadi salah satu faktor terpenting untuk perencanaan SDM di perusahaan, jika manajemennya baik maka SDM nya juga pasti bakalan baik, begitu pula sebaliknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget. makanya perusahaan yang punya pengendalian n perencanaan sdm yang baik itu bisa jadi tanda klo kondisi perusahaan baik baik aja loh.. :D

      bisa jadi salah satu barometer gitu :D

      Hapus
  2. Kalau manajemen sdm dioptimalkan tentu akan memberi keuntungan bagi perusahaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba karena kualitas SDM yang berpengaruh ke produktifitas perusahaan pastinyaa....

      Hapus
  3. Sdm memang menunjang, perlu dioptimalkan

    BalasHapus
  4. Kalo PNS skrg lg rame Talent Mapping gawenya bagian SDM. Salah satunya sbg dasar promosi. Meski kadang belum ideal tapi masih lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. better lah ya mas diurusin bagian SDM nyaa..

      Hapus