24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Mendadak Sukses dan Kaya Dengan Menjadi Blogger

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Mendadak Sukses dan Kaya Dengan Menjadi Blogger

Semalam saya mendapat chat dari temennya adik kelas semasa SMA dulu. Singkatnya dia bertanya “mba, ahli tentang blogging dan adsense ya? Saya pengen ngeblog, saya pernah baca katanya dari blog dan adsense bisa dapat 100 USD per harinya”

Tentu pertanyaan tersebut tak langsung dalam 1 rangkaian kalimat kayak diatas ya. Aku rangkum seperti di atas untuk ambil point nya aja.

Pinterest
Tentu aku welcome dong berbagi apa yang aku tahu tentang blog dan adsense. Meski aku belum ahli dan itungan masih pemula juga tapi gak masalah bagiku untuk berbagi info. Toh aku belajar blogging juga dari para temen-temen blogger yang nggak pelit ilmu. Tapi tentu dong mendengar pertanyaan seperti itu aku cukup speechless dan geleng-geleng kepala.

Sebelum lebih jauh aku pun melemparkan beberapa pertanyaan
Mas blog nya apa kalau boleh tau?
Suka nulis artikel?
Udah ada berapa artikel?
Traffic / pengunjungnya gimana?

Dan lebih kaget lagi saat dijawab:

Ada blog lama, dulu banget ga pernah keururs
Saya ga bisa mbak nulis artikel, merangkat kata gitu saya gak bisa makanya pengen belajar biar bisa dapat pemasukan

Oke sampai situ aku simpulkan dia mau mulai belajar dari nol. That’s okay. Cuma terkesan mau ngeblog karena uang semata, itu yang bikin aku sedih.

Oke langsung ke intinya. Judul tulisan ini emang sengaja clickbait (maafin). Disini aku Cuma bertujuan untuk memberi tahu beberapa hal sebelum kita berfikir akan mendadak kaya dengan menjadi blogger.

Bisa Jadi Sukses Dan Kaya Dari Blogger? Gimana Caranya?

Sebenernya aku sendiri gak bisa ngasih saran gimana jadi blogger yang sukses, aku sendiri aja belum jadi apa-apa di dunia bloging ini. Uang yang masuk perbulan pun masih jauh dari gaji pokok di kantor. Namun bukan itu masalahnya.

Akhir-akhir ini aku semakin merasa miris dan heran, banyak sekali blogger baru di indonesia yang berniat nge blog hanya untuk dapat uangnya. Semudah itu kah dapat uang jutaan dari blog? Tentu enggak dooong.

Banyak aku temui temen blogger yang membuat artikel seadanya bahkan kadang menyadur artikel orang lain, jarang update konten, tapi aktif banget tuh minta blogwalking beserta minta komen dan klik iklannya. Padahal waktu luangnya itu kan bisa dipakau buat bikin konten dan lainnya.

Ada Kok Blogger Ini Yang Tiap Bulan Bisa Dapat Jutaan Dari Blog.

Loh ya emang ada. Aku ada temen atau kenalan yang udah bisa panen dari blog tiap bulan kok. Tapi jalan mereka ke kesuksesan lewat blog ini juga nggak mudah, nggak instan, nggak tanpa perjuangan. Kita mah tau nya sekarang pas mereka udah enak-enaknya. Kita mana tau dulu jatuh bangunnya, perjuangan nya sampai di titik sekarang. Ini yang aku yakini sekarang bahwa kalau akum au sukses kayak mereka aku juga nggak boleh kalah berjuang ngembangin blog nya.

Ngeblog Itu Berproses

Layaknya wajar kalau aku sebut sukses di blog hanya untuk mereka orang-orang yang punya semangat dan sabar.
Ngeblog itu berproses, dimulai dari:
- Bikin akun,
- Isi konten / nulis artikel
- posting artikel
- mikir dan belajar seo
- memahami teknik perbloggingan lainnya
- mikir gimana dapat traffic/pengunjung besar
- berjuang diterima google adsense
- mikir gimana atur iklan biar bisa dapat pundi-pundi uang dari hasil klik pengunjung
- dan lain sebagainya

Wah, sampai di kondisi blog ku kayak sekarang ini aja perjuangannya bukan main, belajarnya juga gak main-main. Hasilnya? Masih minim. Apalagi yang sampai di posisi sukses layaknya bisa gajian tiap bulan dengan nominal besar. Sayangnya, blogger pemula kadang tuh nggak sampai sini mbaca dan mikirnya. Denger kata uang aja langsung hijau matanya. Alhasil apa? Banyak yang man pakai jalan belakang asal langsung punya adsense. Beli adsense misalnya. Boleh aja sih beli akun adsense, tapi punya adsense tanpa punya konten dan artikel serta tanpa punya traffic/pengunjung mau buat apa? Ya percuma dong adsensenya. Hmmm

Mau Penghasilan Instan, Jangan Pilih Jadi Blogger

Seperti yang aku bilang diatas, jadi blogger yang sukses itu prosesnya panjang. Eh salah, jadi blogger biasa kayak aku gini aja prosesnya juga banyak. Hehe. Karena itu buat yang kepengen mulai nge blog terus langsung dapat uang kayaknya jangan pilih jadi blogger deh. Hihi perlu waktu buat sampai akhirnya ada pemasukan dari blog.

Motivasi Karena Uang

Motivasi karena uang itu bagus sih, aku juga makin semangat nge blog karena sadar dari blog ku ini aku bisa dapat penghasilan tambahan. Tapi motivasi utama karena uang tanpa dibarengi dengan kesabaran hasilnya tentu tak akan cepat memuaskan kita. Yang ada malah semakin capek. Nikmati aja prosesnya. Kalau  ngeblog karena hobi mah mau gak dapet uang juga udah happy. Dapat uang ya anggep jadi bonus hehe.

Banyak Belajar Dari Google Dan Sesama Blogger

Proses buat jadi blogger yang bener itu panjang, tapi semua bisa dipelajari. Cari aja di google. Banyak kok blog yang ngasih info dan pembelajaran lengkap tentang dunia blog.

Selain googling aku juga banyak bertanya sama para mastah di grup fb blogger Indonesia. Meski mayoritas anggota disana cowok, tapi aku nyaman aja Tanya dari yang paling simple sampai yang ribet-ribet. Meski kadang ada yang njawab ngaco tapi gak sedikit juga kok yang serius kasih masukan dan bantuan. Baik-baik aja jalin silaturahmi sama mereka.

Selain blogger Indonesia, ada juga komunitas blogger perempuan yang sangat solid dan mensupport perkembangan para blogger.

Penghasilan Blogger Bukan Hanya Dari Adsense

Setelah punya adsense, tak serta merta kita bisa langsung auto gajian setiap bulan. Untuk dapat penghasilan dari adsense kita harus mendapatkan klik iklan dari pengunjung blog. Tentu dong nggak semua pengunjung blog akan klik iklan yang tampir di blog kita. Sedangkan untuk gajian dari adsense minimal saldo kita adalah 100 USD atau 1.300.000. tentu ini nggak gampang. Aku sendiri akumulasi beberapa bulan baru bisa mencapai nominal itu.

Karena tak mau hanya berharap penghasilan dari adsense, kini akupun mulai mencoba menjadi content writer untuk beberapa situs marketplace dan juga menjadi salah satu anggota penulis level elite di salah satu distributo artikel.



Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

14 komentar

  1. Betul banget, Mbak. Ngeblog itu proses dan menikmati proses menjadi seorang blogger itu menyenangkan sekali. Ngeblog tak melulu tentang uang. Karena ngeblog aku bisa memenuhi tugas sekolah, dapat teman baru, dapat ilmu, diundang ke suatu event atau acara dan masih banyak lagi lah keuntungan ngeblog. Yang penting happy blogging aja lah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak. semuanya berproses. insyalloh klo usahanya pol nanti rejeki uga bakalan dateng. semangat teru mbakkk

      Hapus
  2. Tulisan yang gini nih yang bikin semangat lagi ngeblog, ajarin makin rajin dan jago dong Mbaaa
    Salam kenaaal hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak. Ayok belajar bg mbak. Aku juga masih tergolong baru kok.. Hihi..

      Hapus
  3. Bener bgt mbak... Smua itu engga instant..
    Slam kenal ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat berproses mbak..
      salam kenal juga mbak say

      Hapus
  4. Mantap kaka, saya juga mau dong 100usd perday wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung keluar kerjaan aku mas kalau dapat 100usd per day. Wkwksks

      Hapus
  5. bener, mau penghasilan instan jangan jadi blogger, saya juga ikutan sedih kenapa orang2 pada ngeblog dengan monivasi uang, mereka ga akan bertahan lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas. kalau emang hobi nulis, seneng bikin artikel gitu mah enak sharingnya. urusan uang itu nanti bonus. tapi kalau belum apa2 udah mikir uang. aduhduddudhduudhdu.. mbayanginnya udah berat bgt..

      Hapus
  6. Ini yang sering ditanyakan teman-teman yang katanya ingin jadi "blogger". Ya, kali begitu nulis mereka pikir langsung dapat uang. Darimana? Saya suka bingung menjelaskan kalau motivasi mereka buat ngejar "uang". Padahal buat dapat receh aja butuh perjuangan yang nggak sebentar. Trus kalau saya cerita tentang prosesnya, akhirnya mereka mundur. Berat, katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. kadang mereka baca kisah sukses yang udah lgsg dpt uang berjuta2 aja sih. giliran ada yang cerita susah nya nyari uang dari blog atau susahnya ngebangun blog mereka skip gitu aja.. :(

      Hapus
  7. Kayak apa yah pny penghasian 100 usd/hari.
    Terasa mimpi klo dibandingin trafik harian saya hehehe.

    Permah sih ngerasain segitu selama 2 minggu. Karna ikut training di LN aja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakka... auto resign dri knator klo aku dpt 100 usd perbulan dri nge blog aja mas. hahaa. buka kantor dewe..

      kerennn pernah training ke LN rek

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post