Minggu, 07 Juli 2019

Akhir 2018 aku emang udah punya resolusi untuk lebih memajukan blog ku ini. Yap, banyak target yang ingin aku capai dan harus punya niat serta action yang konsisten untuk wujud-in satu per satu target ku tersebut. 

Salah satu target utamanya adalah konsisten dan rajin buat artikel atau konten di blog. Apalagi akhir-akhir ini mulai berdatangan job content witing yang harus aku selesaiin sesuai deadline

Sayangnya, seperti penyakit para blogger pada umunya, mood ku juga sering jelek dan terlalu malas buka laptop. Lah gimana blog nya mau maju kalau masih manja nurutin mood dan males-malesan ya kan. Dengan berbagai cara aku ga mau kalah sama yang namanya mood yang random ini.

Nah salah satu langkah yang aku lakuin untuk menjaga mood yang baik adalah membuat WORK SPACE di kamar pribadiku sendiri. Yap, dikamar kos seukuran 5x9 meter ini, aku susun rencana apa aja dan bagaimana aku akan membuat work space pribadi. Dibantu dan didukung sang pacar yang mau capek-capek nyari seabrek properti dll tentunya. Hehe


Manfaat Dan Tips Membuat Workspace Pribadi Yang Nyaman di Kamar


Nah kali ini aku mau share tentang WORK SPACE ku yang masih on progress ini.

Manfaat Dan Alasan Membuat Workspace Pribadi

1. Menjaga Mood / Semangat Kerja

Mempunyai ruang kerja sendiri di kamar pribadi bisa meningkatkan dan menjaga mood yang baik loh. Hal ini gak bisa dianggap remeh, karena sebagai freelancer atau pekerjaan apa saja yang dikerjakan dirumah tentu masalah terbesarnya adalah rasa malas dan mood yang kadang swing-swing gitu kan.

2. Deadline Kerjaan Tercapai

Dengan mood dan semangat kerja yang baik tentu berdampak ke kerjaan yang akan semakin cepat selesai. Minimal bisa selesai sesuai jadwal / deadline lah.

3. Nggak gampang ngantuk dan lelah

Dulu, aku selalu kerja diatas kasur pakai meja lipat. Dan itu cukup bikin capek pinggang, punggung dan mata cepet lelah sih. Gak heran lah kalau nempel kasur dan deket sama bantal tuh bawaanya pengen merem aja. Dan bikin workspace sendiri pakai meja kursi ini efektif banget buat aku terhindar dari godaan tidur dan mager itu. hehe

Manfaat Dan Tips Membuat Workspace Pribadi Yang Nyaman di Kamar

Tips Membuat Work Space Pribadi Yang Nyaman

1. Siapkan Budget

Tentu langkah awal yang perlu dilakukan adalah siapkan budget. Jangan terlalu ngoyo ya, sesuaikan aja sama uang sisa bulanan. Kalau uang belum cukup dicicil beli satu per satu properti untuk dekor work space kita. Mulai dari meja misalnya, lalu kursi bulan depannya, lalu bla bla bla yang lain bulan ketiganya.

Kalau aku sih karena berpikiran work space emang untuk kerja sepertu nge blog dan lain lain yang insyalloh menghasilkan uang, so anggap aja uang blog atau kerjaan lainnnya nanti untuk ganti biaya bikin work space ini.

2. Cari Spot Kamar Yang Paling Nyaman

Sesuaikan properti seperti meja dan kursi sesuai ukuran kamar kita. Pikirkan dulu nanti work space nya mau di atur di spot sebelah mana. Pikirkan juga hal hal lain misalkan sirkulasi udara seperti ac / kipas angin, pencahayaan, dan hal lain sebagainya yang kiranya match dengan spot yang kita pilih.

3. Cari Referensi Design Workspace

Aku lagi seneng banget liat-liat di pinterest tentang work space ini. Ya ampun rasanya lihat-lihat aja udah seneng apalagi punya satu workspace seperti itu di kamar sendiri. Pasti asik (sambil ngebayangin).


Manfaat Dan Tips Membuat Workspace Pribadi Yang Nyaman di Kamar

Manfaat Dan Tips Membuat Workspace Pribadi Yang Nyaman di Kamar
Source: Pinterest 

4. Pemilihan Properti Yang Sesuai

Pemilihan properti yang sesuai ini bisa di sesuaikan dengan spot kamar yang udah kita tentuin. Pertimbangkan faktor bahan, ukuran dan seberapa lama bisa bertahan. Maksudnya bisa awet apa enggak tuh properti. hihi

5. Decor Sesuai Selera

Nah untuk bikin workspace ini nggak ada patokan ya. Kamu bisa dekor kayak apapun yang kamu mau. Seenaknya dilihat mata aja. Biar kamu juga bisa mendapat efek positif dari aura workspace mu itu.

6. Jaga Kebersihan Dan Kerapian Work Space

Nah ini jangan lupa, selalu usahakan workspace kita bersih dan rapi biat kerja juga makin enak dan nyaman. Kalau abis dipakai langsung dibersihin dan dirapiin lagi. Jangan dibiarin berantakan sampai esok paginya. Owkeeyyyy?

Nb: intinya dari semua point di atas adalah kenyamanan, jadi ya buat work space senyaman kita aja shayy.

Manfaat Dan Tips Membuat Workspace Pribadi Yang Nyaman di Kamar


Properti Yang Umumnya Dibutuhkan Untuk Membuat Sebuah Workspace Pribadi

Ini aku share sesuai yang aku pakai dan butuhkan aja yaa. Selera orang kan bisa berbeda-beda. hehe

1. Meja

Dengan kamarku yang hanya berukuran 5x9 meter tentu aku nggak bisa milih / beli meja yang terlalu lebar luas. Namu untuk beli meja dengan ukuran yang terlalu kecil juga pastinya nggak akan nyaman dan tetap bikin capek. So, aku pilih meja berukuran sedang seperti di foto atas.

Kemarin se,[et cari di ace hardware dan informa ternayta gak ada ukuran meja yang aku inginkan. Adanya meja kecil seukuran untuk 1 laptop atau ukuran meja sekolah di Jepang gitu loh. Murah sebenernya yang ukuran anak sekolah jepang itu. Ada yang 500 ribu udah 1 set kursi dan meja. Tapi karena ukuran kurang pas ya nggak ajdi beli.

Eh malah ketemu ukuran yang diinginkan di toko kursi meja kayu di toko pinggiran jalan gitu di Sidoarjo. Cuma 350 ribu doang lagi. Mantep.

Harga  meja : 350.000 beli di toko furniture pinggir jalan biasa

2. Kursi

Kemudian untuk kursi, aku pilih yang nyaman juga enak di pandang mata. Sebenernya pengen sih beli kursi yang kayak kursi gaming atau kursi kerja para manajer gitu loh yang empuk gede tinggi bisa muter-muter. Haha. Tapi karna aku niatin konsepnya lebih ke minimalis dan aku sesuaikan sama budget jadi aku beli kursi model begini.

Manfaat Dan Tips Membuat Workspace Pribadi Yang Nyaman di Kamar

Sebenernya ini lebih ke kursi taman atau kursi tamu untuk di teras rumah loh teman-teman. Haha. Tapi nyaman gitu didudukin, apalagi udah ada sisi sampingnya gini. Bisa buat nyenderin lengan kalau capek. Hehe.

Terus aku udah ada plan juga buat beli karpet bulu buat kursi, jadi model kursi gini pas lah kayak yang aku pengen.

Harga kursi : 190.000 beli di ace hardware

3. Karpet Bulu

Keseringan buka gambar tentang workspace di pinterest mbikin aku mupeng dan terinspirasi banget buat dekor workspace ku pakai karpet bulu model begini. Hihi. Selain bikin nyaman karena empuk juga enak banget dilihat mata. Tampilannya bikin kece.

Manfaat Dan Tips Membuat Workspace Pribadi Yang Nyaman di Kamar

Aku pilih warna coklat milo untuk karpet bulu, nggak berani beli warna putih karena pasti lebih ribet jaga kebersihannya. haha

Harga karpet bulu : 120.000 ukuran 65x100 Aku nemu di shopee gaes.

4. Rak Pensil

Tentu biar alat tulis rapi diatas meja kita perlu rak pensil dong. Eh pas jalan-jalan ke ace hardware nemu yang kece gini. Suka banet sama warna dan modelnya

Manfaat Dan Tips Membuat Workspace Pribadi Yang Nyaman di Kamar

Harga rak pensil : 30.000 di ace hardware

5. Simple Box Make Up

Karena make up ku untuk sehari-haru gak terlalu banyak jadi emang gak terlalu butuh space penyimpanan besar di kamar. Tapi karena tetep pengen rapi dan pas jalan jalan nemu yang lucu menggemaskan akhirnya diangkut deh. Dan aku putusin taruh sekalian di workspace ku.

Harga simple box make up: 50.000 belum disc 30% di miniso.

6. Post It

Nah ini penting, untuk menjaga fokus ku dan sebagai reminder ke target-target yang harus dicapai kedepan aku tulis di post it dan aku tempel-tempel aja di depan workspace ku ini. Lumayan ngefek sebagai reminder sih, selain itu juga jadi lebih seger dimata.

Manfaat Dan Tips Membuat Workspace Pribadi Yang Nyaman di Kamar

Harga Post it: dibawah 10.000 di toko alat tulis biasa.

7. Speaker bluetooth / headset

Aku tuh anaknya gak bisa lepas dari yang namanya musik. Musik bisa berpengaruh banget ke mood ku. Tentu pengaruh ke arah yang baik ya. Karena itu selain pas jam kerja biasanya aku pasti selalu musikan. Entah itu pakai headset atau pakai speaker (kalau dikamar) atau pas di mobil.

Nah buat nemenin aku nge bloh dan me time di workspace ku, aku pakai speaker bluetooth yang udah aku beli dari lama. Bisa beli dari yang bermerek sampai yang biasa. Aku beli yang biasa sih, alhamdulillah suaranya mantul. Hehe

Harga speaker bluetooth : 150.000 an di shopee

NB: Nah masih segitu dulu nih, habis ini mau nambah beli bunga / tanahan hias di dalem pot yang ukurannya kecil gitu. Masih belum nemu yang sreg di hati. hehe





6 comments:

  1. semoga workspace yang baru menambah semangat baru untuk mencapai target-target yang sudah direncanakan ya mbak, ninggal jejak dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mbak. Klau tetep males2an eman uangnyanudah dipake buat dekor kamar .hihi

      Hapus
  2. Nah iya, kadang tuh malas banget rasanya buka laptop,
    Nurutin malas, gak nulis nulis,
    Thankyou postingannya tentang workspace ini mbak, jadi kepikiran buat juga heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak..emang enak sih malas2 an tapi besok nya nyesel kok kmren gak ngapa2in ga buka laptop.wkwkwkw

      mksih mbak,semangattt

      Hapus
  3. Wah enak juga ya kayaknya punya workspace gini. Kalo saya biasa nulis di pojokan ruang tengah, atau kamar, yah senyamannya aja haha.. tulisan ini menginspirasi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku biasanya juga diatas kasur pake meja lipat mbak. tapi cepet capeknya :D

      makasih udah mampir..

      Hapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes