24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Cara Menjadi Freelancer Di Projects.co.id : Dapat Penghasilan Dari Nge Blog dan Banyak Job Lainnya

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Cara Menjadi Freelancer Di Projects.co.id : Dapat Penghasilan Dari Nge Blog dan Banyak Job Lainnya

Halo teman-tema blogger dan pejuang rupiah lainnya, mau berbagi cerita nih siapa tau jadi ladang penghasilan tambahan buat kalian juga. Jadi akhir-akhir ini setelah 1,2 job dari blogging datang tuh aku makin semangat nyari media yang memfasilitasi freelancer untuk dapat job.

Iyasih aku bukan 100% freelancer yang ngebet banget dapat job. Meski aku udah ada penghasilan tetap sebagai karyawan, tapi rasanya beda pas bisa dapat uang tamabahan apalagi dari hobi nge blog ini.

Cara Menjadi Freelancer Di Project.co.id : Dapat Penghasilan Dari Nge Blog dan  Banyak Job Lainnya

Dua bulan kemarin job dari sosiago agak lancar tuh, tapi semenjak DA turun (gak tau kenapa) jadi makin jarang dapat job nulis. Hiks. Akhirnya nemu lagi satu website yang bisa jadi jalan atau media buat kita para pencari side job. Yap PROJECTS.CO.ID

Aku sendiri baru 1 bulanan join dan alhamdulillah kemarin dapat job. Eh dah senengnya pembayarannya cepet dan bisa diatur sesuai kemauan kita gaes. Aku share lah informasi ini ke grup blogger indonesia di facebook. Dan kaget dong responnya banyak banget. Dan karena banyak pertanyaan dan banyak yang belum jelas apa itu PROJECTS.CO.ID, akupun memutuskan untuk menjelaskan nya di artikel ini. Maaf ya mungkin bakalan panjang.

APA ITU PROJECTS.CO.ID

PROJECTS.CO.ID adalah start up lokal yang mempertemukan para pencari kerja sampingan (freelancer) dengan para pemberi kerja yang mempunyai project untuk dikerjakan. Siapa saja bisa menawaran pekerjaan / membuat project dan mencari kerja dengan mengerjakan project di website ini.

Project.co.id ini cocok banget buat para ibu rumah tangga, mahasiswa, karyawan kantoran, para pencari sidejob, atau siapapun yang mempunyai skill atau hobi yang ingin diubah menjadi pundi-pundi penghasilan. Tinggal kerjakan project dirumah atau dimanapun kita berada. Komunikasi via web chat atau email. Beres deh.

Jadi jangan bingung ya. Anggap aja PROJECTS.CO.ID ini kayak olx atau shopee gitu dimana ada yang jual barang dan ada yang cari barang. Bedanya barang ini diganti dengan jasa. Simpelnya PROJECTS.CO.ID menjembatani pemberian, pengerjaan dan pembayaran dari suatu barang/jasa/project.  

APA YANG BISA DILAKUKAN DI PROJECTS.CO.ID

1. Menjadi Freelancer (Worker)

Tinggal pilih menu Projects kemudian klik browse project, maka kita akan diperlihatkan project yang masih terbuka. Banyak sekali job yag bisa kita pilih sesuai kemampuan kita. Kita juga bebas memilih memasang harga atau memilih job yang budget nya sesuai dengan harga jasa yang kita akan kerjakaan. 

Jadi ada 2 tipe pemberi kerja. Satu, yang memberikan kategori open to suggestions, artinya kita dibebaskan memberikan standart harga atas pekerjaan yang akan kita kerjakan. Kedua, mereka akan mematok harga untuk mengerjakan project mereka

UNTUK CARI PROJECT SESUAI KLASIFIKASI SILAKAN KLIK DISINI : BROWSE PROJECT

# Klasifikasi Job Di Projects.co.id

Berikut adalah klasifikasi job yang bisa kamu pilih untuk dikerjakan atau jasa yang ingin kamu tawarkan.

Cara Menjadi Freelancer Di Project.co.id : Dapat Penghasilan Dari Nge Blog dan  Banyak Job Lainnya

2. Menjadi Pemberi Kerja / Pembuat Projects (OWNER)

Jadi disini jika kita punya pekerjaan yang ingin diselesaikan oleh orang lain kita hanya perlu log in dan pilih menu buat projects. Kita bisa menuliskan nama project, deskripsi project, dan range harga yang ditawarkan. Maka jika ada yang cocok dengan project kita, para freelancer akan memberikan bid di project tersebut.

3. Menjual Product/Jasa (SELLER)

Nah selain 2 hal diatas, kita juga bisa mempromosikan jas kita langsung disana. Tinggal pilih sell service/ jasa atau sell product. Misalkan aku buka jasa menulis artikel 500 kata dengan tarif sekian ribu, maka jika ada orang yang membutuhkan jasa yang aku tawarkan tadi, dia akan langsung menghubungi kita.

SYARAT MENJADI FREELANCER DI PROJECTS.CO.ID

1. Skill
2. Skill
3. Skill, dst

Kenapa skill jadi syarat utama yang aku sebutkan terus menerus diatas?

Yap, karena disini kita jualan jasa atau hasil olahan jasa. Yang ini berarti kita harus mengandalkan skill atau kemampuan kita untuk mengerjakan suatu pekerjaan / job dari kemampuan kita tersebut. Kalau kita misalnya mau dapat job dari menulis artikel misalnya, ya pastikan dulu kita bisa membuat artikel yang baik, yang sesuai keinginan pemberi kerja. Kalau masih merasa belum cukup ahli, jangan menyerah untuk latihan terus.

CARA DAN SKEMA MENJADI FREELANCER DI PROJECTS.CO.ID

1. Sign Up registrasi as worker.

untuk registrasi atau sign in silakan buka LINK DISINI.

Cara Menjadi Freelancer Di Project.co.id : Dapat Penghasilan Dari Nge Blog dan  Banyak Job Lainnya

2. Browse Project sesuai klasifikasi keahlian kita

3. Place New Bid 

Place new bid untuk langsung menawarkan diri mengerjakan project tersebut. Isi deskripsi dengan cara mempromosikan keahlian kita. Sampaikan dengan cara dan kata-kata yang baik, atau

4. Ask Owner

Ask Owner ini untuk menanyakan lebih detail tentang job atau project tersebut (mungkin deskripsi kurang jelas or something)

5. Tunggu Respon Dari Owner

Jika owner menyetujui kita mengerjakan project nya maka kita akan mendapat email lebih lanjut. Oh iya, email tersebut tetap terhubung dengan PROJECTS.CO.ID loh.

6. Tunggu Owner Bayar ke PROJECTS.CO.ID




Jika kita dan owner sudah deal bekerja sama maka kita akan menerima email bahwa jika mendapatkan / memenangkan project tersebut. PROJECTS.CO.ID juga akan memperingatkan kita untuk tidak mengerjakan project terlebih dahulu sebelum owner mentransfer biaya atau tarif kita ke PROJECTS.CO.ID.

Jika owner sudah transfer maka kita akan dapat email dari PROJECTS.CO.ID bahwa dana sudah ditransfer dari owner ke PROJECTS.CO.ID. Dan setelah itu baru kita diperkenankan mengerjakan project tersebut. So, udah paham ya? Peran PROJECTS.CO.ID disini menjadi rekening bersama antara pekerja dan pemberi kerja.

6. Project Done

Jika project telah selesai dikerjakan dan di acc oleh owner maka owner akan meminta kita untuk klik status done di project kita tersebut. Untuk mengupdate status project yang kita kerjakan bisa dipantau di menu my project. Jika sudah selesai tinggal klik done. Owner akan mengubah status project tersebut juga jika kerjaan kita sesuai. Withdraw atau pembayaran akan segera dilakukan sesuai dengan cara pembayaran yang telah kita pilih di pengaturan.




6. Pembayaran / Withdraw

Beres deh.  Tinggal tunggu pembayaran cair.  Penjelasan lebih lengkap tentang pembayaran ada di bawah yaa..  

CARA PEMBAYARAN/WITHDRAW JOB DI PROJECTS.CO.ID

Sebelum aku place a bid di PROJECTS.CO.ID terlebih dahulu aku cari-cari info tentang marketplace jasa freelancer satu ini. Ada satu forum kaskus yang bahas kalau banyak penipuan. Intinya job dikerjakan namun tidak dibayar.

Nah karena job yang aku ambil kemarin termasuk aman yaitu buat artikel dan post di blog sendiri jadi aku gak pikir panjang. Toh kalau ga dibayar juga itu artikel nambah jumlah postinganku di blog. Hehe. Dan setelah job selesai ternyata aman-aman aja kok.

Beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang proses pembayaran di PROJECTS.CO.ID

  • Harus Punya Rekening Tabungan
Tentunya kita harus punya rekening tabungan dulu ya. Kemarin aku pakai rekening CIMB NIAGA untuk proses pembayaranya
  • Bisa Memilih Waktu Pembayaran

Bedanya PROJECTS.CO.ID dengan website serupa adalah kebebasan kita memilih waktu pembayaran. Kalau yang lain dibatasi saldo sekian baru bisa cair, atau pembayaran baru dilakukan akhir atau tanggal tertentu di tiap bulan, maka berbeda dengan PROJECTS.CO.ID ini.

Disini kita bebas memilih waktu pembayaran yaitu, weekly / mingguan, monthly / bulanan, juga manual alias ketika kita mau pencairan ya langsung diatur aja mau kapan, nggak otomatis. Dan hal ini ada di pengaturan. So, enak kan bisa milih?

Kalau kemarin aku pilih weekly, dan untuk weekly dananya cari tiap hari senin ya gaes.

KELEBIHAN PROJECTS.CO.ID

1. Ada Banyak Job/Project Dengan Berbagai Karatkteristik
2. Menghubungkan Banyak Pemberi Kerja Dan Banyak Freelancer
3. Bisa Tawar Menawar Antara Freelancer Dan Pemberi Kerja
4. Pembayaran Yang Aman
5. Bisa Arbitrase
Apa itu arbitrase? Arbitrase itu kayak langkah yang bisa dilakukan oleh owner maupun worker jika ada salah satu pihak yang tidak mematuhi aturan atau tidak melakukan hal dan kewajibannya dengan benar dan tepat. Jadi kayak kita bisa ngadu atau bikin laporan jika ada pihak-pihak yang berpotensi merugikan pihak lainnya.

KEKURANGAN PROJECTS.CO.ID

So far so good sih, cuman belum ada dalam bentuk aplikasi, berharap suatu saat ada versi mobile app biar lebih praktis akses lewat handphone. Hehe

TIPS & TRIK CARA PLACE A BID / MENAWARKAN JASA YANG BAIK

1. Pasang harga sesuai kemampuan kalian. Jika dirasa apa yang kamu miliki emang pantas dihargai tinggi ya silakan. Tapi kalau masih tahap mencoba pertama kali bid aku sarankan pasang harga standart dulu.
2. Isi kolom deskripsi dengan mempromosikan diri dengan sopan
Saat place a bid di PROJECTS.CO.ID maka akan kalian temukan kolom deskripsi. Berikut aku contohkan promosi ku di kolom deskripsi saat place a bid di job tulis artikel dan mempostingnya di blog ku sendiri


“Hai.  Saya tertarik mengerjakan projek anda.  

Saya bersedia membuat artikel dengan biaya 100.000 per 1000kata (lebih=bonus)

Tema beragam (bisa langsung dilihat di blog saya), seperti:
- Lifestyle
- Travelling
- Review Drama / Movie
- Culinery
- Random Tips
- Career / Accounting / Pajak
- Beauty Care
Dll.

Contoh tulisan saya bisa dilihat di blog pribadi saya www.celotehdinihari.com (silakan di cek) dengan DA/PA 11/24. Pageviews 1200/days.

Beberapa artikel saya masuk di page one google.
Contohnya : silakan klik di google
- Tes Interview Accounting
- Review Melanox
- Review The Gifted Thailand
- Pemeran Film The Gifted Thailand
- Review Hormones
- Review Garnier Micellar Water Acne
- Warung Kaliotik
- Indigo Cafe Malang
- Les Brevet Pajak Di Surabaya
- Tarif Les Privat Sd
- Tarif Les Privat Matematika
- Heerlijk Library Cafe
- Ke Bromo Naik Motor
- Review Naavagreen Surabaya
Dsb.

Beberapa kali saya melakukan kerja sama dengan beberapa pihak.  Contoh artikel kerjasama yg saya lakukan bisa dilihat di menu partnership di blog saya atau klik https://www.celotehdinihari.com/p/blog-page_10.html?m=0
Silakan hubungi saya kembali jika berminat kerjasama.
 
Daftar seluruh tulisan saya bisa dilihat di https://www.celotehdinihari.com/p/blog-page.html?m=0 

Whatsapp 089678121xxx
Email rinienoe46@gmail.com

IG @rinie_noe”
Intinya, kita harus percaya diri dengan apa yang kita promosikan. Tapi tentunya harus jujur alias no HOAX ya.

----

Kayaknya segini dulu aja deh sharingnya. Udah mau 1500 kata nih. Haha. Kalau ada pertanyaan seputar artikel ini silakan tulis di kolom komen ya. Terimakasih


RINI NOVITA SARI
IG @rinie_noe
Rinienoe46@gmail.com
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

19 komentar

  1. Keren informasinya. Trimakasih.

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya, sukses terus..

    BalasHapus
  3. Keren sekali ini. Hal-hal semacam ini yang aku cari selama ini, berbagi informasi yang sangat berguna untuk orang lain

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonyaaa saya baru tahu mbaak. Coba saya mendaftar, semoga berkah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga rejeki ya mbak.. Semangatttt nge bid :D

      Hapus
  5. Kak, aku beberapa hari yg lalu place bid di penawaran yg kurang lebih kaya yg kakak kerjain. Cuma mungkin bidnya ketinggian trus kurang promosi diri kali ya 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ga dapet jobnya 😂😂

      Hapus
    2. Haha bisa jadi kak. Kalah saing sama yg nawar harganya lbh murah ya. Aku juga nkkir lama klo mau nge bid. Mau kasih mahal nnti gak acc. Kasih terlalu murah ya males capek2nge job bayarnya minim. Kayak kerja bakti aja haha

      Harus bisa sesuaian sama skill atau portofolio kita aja kak.

      Hapus
  6. makasih mbak infonyaaa. untuk ngecek apakah sang owner trusted atau tidak bagaimana ya? tunggu di transfer dulu biayanya ke projects nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ownernya bayar duli ke project mbak. Nnti mbak dpt email klo udah boleh kerjain project nya. Artinya owner brrti udah bayar. Aman.

      Klo ada yg ga beres chat admin project aja mbak cerita. Klo emang ada apa2 bisa minta arbitrase. Jadi mbak ga rugi.

      Hapus
  7. Bagus kak penjelasanya jadi lebih tertarik deh sama situs tersebut

    BalasHapus
  8. Saya sudah coba daftar..kemudian saya bingung cara dapat jobnya..sudah semingguan lebih ta'diamin dulu .. apa disini kita punya profil yg bisa di edit

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mas. di my account _ portofolio atau profil bisa diisi

      klo mau dpt job bisa buka di projects - browse project

      kalau ada yang sesuai langsung di bid

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post