24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Memulai Investasi Dengan Buka Tabungan Emas Di Pegadaian Secara Online. Nggak Pakai Ribet. Yuk Simak Caranya

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Memulai Investasi Dengan Buka Tabungan Emas Di Pegadaian Secara Online. Nggak Pakai Ribet. Yuk Simak Caranya

Menabung emas adalah satu pilihan cara menabung yang sudah di lakukan oleh para orang-orang tua kita dari jaman dahulu kala. Namun tentunya dengan cara yang konvensional yaitu beli emas secara fisik di toko emas. Hmm, aku sendiri kurang tertarik tuh nabung uang dengan cara dibelikan emas fisik.

Namun semakin berkembangnya jaman, cara membeli emas pun sudah berubah. Bahkan menabung dan membeli emas bisa dilakukan secara online. Dan hal ini dibarengi juga dengan semakin berkembangnya kesadaran kaum milenial untuk menyimpan uangnya dalam bentuk investasi. Pun begitu aku. Dan akhirnya bulan kemarin aku memutuskan untuk memulai investasi awal dengan menabung emas melalui pegadaian.

Beberapa bulan lalu sudah kepengen buka rekening tabungan emas sih di pegadaian, namun karena masih harus datang ke pegadaian langsung dan karena aku pun terlalu sibuk jadinya masih mengurungkan niat. Eh kemarin baru aja dapat info dari temen kalau buka rekening tabungan emas di pegadaian udah bisa online. Wah langsung apply deh.


Memulai Investasi Dengan Buka Tabungan Emas Di Pegadaian Secara Online. Nggak Pakai Ribet. Yuk Simak Caranya

Sebelumnya biar aku jelasin sedikir dulu kenapa mau nyoba nabung emas di pegadaian ya.

KELEBIHAN DAN KENAPA MEMILIH INVESTASI / NABUNG EMAS?

- Investasi Untuk Jangka Panjang

Ada banyak jenis investasi seperti deposito, reksadana, saham, emas dan lain-lain. Untuk emas sendiri aku rasa kurang cocok untuk investasi jangka pendek atau untuk yang mengharapkan return/pengembalian/keuntungan dalam waktu singkat. Hal ini dikarenakan harga emas tidak mudah naik hanya dalam hitungan bulan atau 1 tahun misalnya. Simpelnya, belum berasa banyak untungnya lah kalau dalam waktu singkat.

Grafik harga emas bisa dilihat dibawah.
Jadi tabungan emas ini memang udah aku niatkan sebagai uang hilang yang akan aku ambil manfaatnya untuk masa mendatang/jangka panjang.

- Tabungan Khusus Untuk Penghasilan Dari Luar Pekerjaan Utama

Dana untuk menabung emas ini aku alokasikan dari penghasilan-penghasilan lain di luar pekerjaan utama sebagai karyawan. Kenapa begitu? Soalnya gaji utama sebagai karyawan udah dialokasikan untuk biaya bulanan, cicilan mobil dan tabungan nikah. Wkwkw.

Nah sedangkan dana untuk tabungan ini insyalloh dari job-job atau kerjaan sampingan lain misal job les private matematika atau job blogging seperti content writer / blog placement atau kerjasama apapun berkenaan dengan blog ini. Bisa jadi motivasi juga loh biar aku makin rajin nge blog dan cari jobnya. Biar tabungan emas makin banyak gitu. hehe

Contohnya minggu ini baru aja aku dapat pencairan dana dari projects senilai 100ribu untuk 1 job, langsung deh mau aku masukan ke rekening emas ini.

Note: sebenernya lebih tepat uang nya di hold dulu ya, kalau harga emas lagi turun baru beli gaes.

- Pilihan Yang Tepat Untuk Pemula Belajar Investasi

Yap, ini step awalku mulai berinvestasi dan berusaha menyisihkan uang untuk invest. Karena di pegadaian ini bisa beli emas minimal 0,01 gram atau hanya kisaran puluhan ribu aja, ini berarti aku bisa nabung berapapun yang aku mau dan aku bisa.

Ketimbang uang free nya aku pakai untuk lifestyle dan lain-lain yang kurang penting kayaknya lebih bijak aku anggap uang hilang dan masukin ke tabungan emas deh. Dan juga ini sebagai latihan awal untuk invetasi selanjutnya. Jadi aku juga tertarik tuh nabung saham juga, tapi minimal beli saham itu kan 1 lot alias 100 lembar saham. Harga sahamnya pun beragam. Dan menurut ilmu yang aku dapet di perkuliahan dulu, ga baik beli saham cuman dari 1 portofolio atau 1 perusahaan aja. Wkwkw. Nanti deh dibahas kalau aku udah mulai apply nabung saham.

Untuk nabung emas ini aku pakai prinsip “sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit”. Aku mungkin gak nabung nominal besar tiap bulannya. Tapi yang penting rutin aja tiap bulan nyisihin uang yang biasanya nguap nggak tau kemana.

So, melatih diri untuk mengurangi lifestyle yang berujung pemborosan dan beralih ke investasi paling simple dan murah menjadi pilihanku saat ini. Ketimbang ngendap di tabungan bank juga resiko terambil karena berbagai godaan gede banget. Wkwkw ga kuat iman akutuh mah.

Fyi: temen saya ada tuh yang nabung tiap ada sisa uang entah itu 50ribu, 100rb dan nominal kecil lainnya eh lama-lama selang berapa tahun udah 10 gram aja. Mantap betul.

KENAPA MEMILIH NABUNG EMAS DI PEGADAIAN?

Sebenarnya ada banyak cara dan media untuk menabung emas / investasi emas. Mulai dari bukalapak, tokopedia, dan lain-lain. Bukan tanpa alasan aku memilih nabung emas di Pegadaian. Berikut beberapa alasan kenapa memilih nabung atau investasi emas di pegadaian.

1. Keamanan

Karena milik pemerintah jadi berasa aman aja gitu mau transaksi jual ataupun beli via online. Tetap bisa cetak buku di pegadaian juga. Jadi ya bener-bener kayak nabung kan.

2. Pembuatan Rekening Mudah

Saat belum ada fasilitas online, aku emang agak males urus pembuatan rekening tabungan emas ini karena gak ada waktu dan agak jauh dari pegadaian. Namun sejak bisa online ga ada alasan males-males lagi deh. Haha prosesnya gak ribet hanya perlu ktp dan npwp. Nanti penjelasan selengkapnya dibawah ya.

3. Proses Beli Mudah Dan Bisa Dijual / Dicairkankan Dalam Bentuk Uang Atau Dicetak Emas Batangan

Karena belum pernah jual (baru juga bikin, hehe) jadinya ga bisa cerita banyak, tapi kalau dilihat di aplikasinya sih sepertinya prosesnya gak ribet ya. Cuma kalau mau pencairan atau dicetak dalam emas batang minimal saldonya harus 1 gram ya gaes. Untuk pencetakan emas batang juga kena biaya gitu dan sementara cuma bisa dicetak di cabang pegadaian yang kita pilih untuk buka rekening saat pakai aplikasi.

4. Bersertifikat Resmi

Jadi emas yang dicetak jika kita memilih pencairan berupa emas batangan adalah hasil cetakan dari ANTAM. Selain itu juga kita bakal dapat sertifikat resmi.

5. Bisa Dibeli Mulai Dari Harga Dibawah 10.000

Jika dibandingkan dengan nabung saham maka minimal pembelian emas ini lebih murah. Karena hanya dengan uang dibawah 10.000 aja udah bisa nabung emas. Beda dengan saham yang harus beli 1 lot alias 100 lembar saham. Meski ada harga per lembar yang seribuan juga sih, tapi kan pertimbangan beli saham juga harus dilihat dari kondisi perusahaan yang akan dibeli. Yah jadi intinya nabung emas ini cocok buat pemula dengan gaji kecil atau dengan gaji cukup namun sudah teralokasi untuk kebutuhan lain.

SYARAT YANG PERLU DISIAPKAN UNTUK BUKA TABUNGAN EMAS PEGADAIAN

1. Identitas diri seperti KTP/SIM dan NPWP

Tentu identitas ini digunakan untuk registrasi.

2. Uang 100.000

Dana 100.000 ini dengan rincian 30.000 untuk biaya penitipan emas dan 70.000 untuk saldo minimal pembelian pertama. Kemarin saat saya buka rekening ini 70.000 = 0,1483 gram.

3. Rekening bank konvensional

Digunakan untuk top up pembelian emas atau pencairan dana dalam bentuk uang. Metode pembayaran bisa melalui 5 pilihan bank yaitu
- BNI (Virtual Account)
- BRI (Virtual Account)
- BCA (Virtual Account)
- MANDIRI (Virtual Account dan Mandiri Click Pay)
- PERMATA BANK (Virtual Account)
Jadi selain lewat bank yang sama dengan bank diatas tentu akan dikenakan biaya admin. Tapi kalian juga harus menyiasati agar mengurangi kerugian investasi gaes. Hehe. Jadi kalau mau beli emas tapi gak punya akun bank diatas kalian mending beli dan pake aplikasi FLIP / OVO / Jenius ya biar free biaya admin. Hehe

CARA BUKA REKENING TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SECARA ONLINE

1. Download aplikasi Pegadaian Digital di app store / playstore
2. Log ini / registrasi akun baru
3. Masukan nama lengkap beserta nomor telpon yang aktif
4. Masukan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telpon kamu
5. Masukan alamat email yang aktif
6. Masukan password yang kamu kehendaki
7. Setelah masuk halaman utama klik BUKA TABUNGAN
8. Masukan data diri lengkap sesuai form yang diberikan
9. Pilih kantor cabang terdekat / yang kamu kehendaki
Fungsi mengisi kantor cabang pegadaian in adalah untuk kamu ambil buku tabungan emas / cetak emas
10. Centang pada persetujuan syarat dan ketentuan
11. Pilih metode pembayaran (pilih bank)
12. Transfer senilai 100.000 ke nomor virtual account yang tertera disana
13. Transaksi berhasil maka akan mendapat email untuk aktivasi tabungan emas
14. Verifikasi via emas
15. Done - buku tabungan sudah berhasil diaktifkan



Memulai Investasi Dengan Buka Tabungan Emas Di Pegadaian Secara Online. Nggak Pakai Ribet. Yuk Simak Caranya

Memulai Investasi Dengan Buka Tabungan Emas Di Pegadaian Secara Online. Nggak Pakai Ribet. Yuk Simak Caranya



Note: kalau mau ambil buku tabungan emas nya langsung ke kantor cabang pegadaian yang kamu tunjuk tadi dan bawa bukti email dan identitas diri. Gampang banget yaaa?

 CARA TOP UP / BELI EMAS DI PEGADAIAN DIGITAL

Memulai Investasi Dengan Buka Tabungan Emas Di Pegadaian Secara Online. Nggak Pakai Ribet. Yuk Simak Caranya
1. Masuk ke aplikasi pegadaian digital
2. Pilih Rekening Lain
3. Pilih Nomor Rekening - (pilih rekening emas kita)
4. Masukan nominal rupiah emas yang mau beli, maka otomatis akan di konversi dalam gramasi emas sesuai harga emas per hari itu
5. Centang persetujuan syarat dan ketentuan
6. Ulangi tahap 10-12 di cara buat tabungan emas diatas.
---

Apa tabungan emas di pegadaian adalah pilihan terbaik untuk nabung emas di bandingkan lembaga lain?  Wah belum tau juga ini soalnya masih banyak yang lain. Ini emang nyoba dulu sih. Nanti update annya bakal di share lagi ya.. 

Jadi gimana? Tertarik buat nabung emas juga gak gaes? Atau malahpada punya investasi-investasi yang lebih keren nih? Sharing dong man teman ^^



TERIMAKASIH

RINI NOVITA SARI
IG @rinie_noe
Rinienoe46@gmail.com





Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

8 komentar

  1. wah, info yang bermanfaat banget ini mba..
    aku udah beberpa kali mau buka tabungan di pegadaian, tapi maju mundur terus karena gak sempet ke pegadaiannya.

    ternyata sekarang bisa buka tabungan secara online ya.. asiikk banget.
    mau top up/nabung nya pun bisa dilakukan secara online, bener2 memudahkan..

    aku mau langsung buka tabungan juga ah kalo gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sama mbak aku juga males klo ke pegadaian langsung. soalnya kerja. males aja ijin telat masuk kerja gitu,,apalagi aku brgkat naik antar jemput kantor.

      iya asik mbak bisa dari rumah rekeninng tabungan lgsg jadi. lgsg bisa nabung. hihi

      Hapus
  2. Kalo aku lebih suka beli emas Pegadaian yang terhubung di Tokopedia. Setiap Rabu, selalu ada program cashback. Enak. Belum beli banyak sih tapi lumayan buat opsi selain saham dan reksadana

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin akun tabungannya yg di tokped ya mas?itu kehubung sama pegadaian?

      Hapus
  3. Wah dari dulu pengen coba sih. Tapi semakin besar ingin coba setelah baca ini. Makasih bgt mbak.

    Salam kenal
    www.kidalnarsis.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kk.

      ayo semangat nabunggg.. :)

      Hapus
  4. Sudah lama tahu tabungan emas di Pegadaian. Cuma karena harus ke kantor langsung jadi batal terus buat nabung. Baru tahu ada onlinenya sekarang, semakin mudah. Bisa langsung cuzz ah... Thanks sharing ya mbak.

    BalasHapus
  5. Keren nih mba buat yang mau belajar investasi, nice info mba

    BalasHapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post