Senin, 17 Juni 2019

Hi, assalamualaikum. Balik lagi ke review drama gaes. Kali ini mau review salah satu drama yang baru keluar dan kelar 2019 ini. Drama apasih? Nah judulnya HE IS PSYCOMETRIC. Wah apaan tuh? Pas pertama liat judulnya di daftar home INDOXXI emang masih belum tau arti PSYCOMETRIC itu sendiri ya. Cuma mikirnya pasti berhubungan dengan psikology atau kejiwaan manusia ya.

# APA SIH “PSYCOMETRIC” ITU?

Nah, karena penasaran akupun nyari tau arti PSYCOMETRIC itu. Jadi kalau kata berbagai sumber di google, PSYCOMETRIC adalah kemampuan psikis dimana seseorang bisa merasakan atau “membaca” sejarah/history suatu objek/benda (mati/hidup) dengan cara menyentuhnya.



Sedangkan sumber lain mengatakan bahwa PSYCOMETRIC adalah salah satu cabang ilmu psikology gitu. Jadi kayak setiap benda/objek itu mempunyai energi karena kejadian-kejadian yang menimpanya. Jadi kalau seseorang punya indra yang sensitif dia jadi bisa melihat / merasakan energy dari si objek tersebut / melihat dan merasakan kejadian yang pernah dialami sama di benda/objek tersebut. Simpelnya sih aku nyimpulinnya gitu ya. Kalau ada salah boleh kok dikoreksi.

Langsung aja yuk kita review dramanya.

# PROFIL

Drama: He is Psychometric (English title) 
Director: Kim Byung-Soo
Writer: Yang Jin-A
Network: tvN
Episodes: 16
Genre: Fantasy, Mystery, Romance, Comedy
Release Date: March 11, 2019 —
Runtime: Senin & Selasa Malam Waktu korea 21:30
Language: Korean
Country: South Korea

# CAST DAN CERITA SINGKAT PARA TOKOH DI  “HE IS PSYCOMETRIC”

PARK JIN YOUNG (Member GOT7) as Lee Ahn

Lee Ahn mempunyai kemampuan psikometric sejak kecil. Yap, sejak dia mengalami kejadian yang sangat membuat trauma yaitu kebakaran besar yang terjadi di apartmen tempat tinggalnya. Dalam kebakaran tersebut ia berhasil diselamatkan oleh kak Sungmo yang akhirnya menjadi kaka angkatnya dan merawatnya dengan baik. Sayangnya, kedua orang tua Lee Ahn tak berhasil selamat. Hal ini yang menjadikan trauma besar dalam hidup Lee Ahn.

Lee Ahn ini pemalas dan tidak terlalu menonjol di segi pendidikan, karena itu dia hanya ingin menggunakan kemampuannya untuk bekerja membantu detectif di kepolisian.

KIM KWON as Kang Sung Mo

Kang Sung Mo adalah seorang jaksa. Ia yang menyelamatkan Lee Ahn dan merawatnya hingga besar. Ia juga merupakan salah satu korban dari kebakaran tersebut. Hidupnya dimasa lalu lumayan misterius. Karena traumatis sejak kecil, ia punya kelainan psikologi yaitu tak bisa merasakan emosi.

SHIN YE EUN as Yoon Jae In

Wanita cerdas ini juga berada di kejadian saat kebakaran terjadi. Bedanya ia menjadi korban ketidakadilan (menurutnya). Dimana ayahnya dijadikan tersangka tunggal dalam kasus ini. Keinginan untuk membuktikan ayahnya tak bersalah membawanya menjadi seorang polisi wanita saat beranjak dewasa.

EUN JI SO (Ex Member SISTAR) as Kim Da Som

Detektif cantic ini juga merupakan anak dari kepala kepolisian. Ia juga berteman dengan Sung Mo dan Lee Ahn sejak kecil. Bersama Sungmo, ia berusaha mengembangkan kemampuan Lee Ahn agar penglihatan psikometric lebih akurat dan berguna untuk mengungkap kasus-kasus kejahatan.

# SINOPSIS / ALUR CERITA HE IS PSYCOMETRIC

Kebakaran Yang Membuat Trauma
Kesedihan harus dialami oleh Lee Ahn, Sung Mo dan Jae in. Kebakaran yang terjadi beberapa tahun silam di apartment tempat tinggal mereka membuat Lee Ahn dan Sung Mo kehilangan orang-orang tersayangnya. Lee Ahn kehilangan ayah ibunya. Sementara Sung Mo kehilangan ibunya. Lain dengan Yoon Jae in, ayahnya ditetapkan sebagai tersangka pembakaran dan pembunuhan di apartmen tersebut.

Mengasah Kemampuan Psikometric Lee Ahn
Beranjak mereka dewasa, Sung Mo dan Eun Ji So berusaha mengasah kemampuan Lee Ahn agar bisa lebih akurat dan maksimal. Saat itu pula Lee Ahn kembali bertemu dengan Yoon Jae In yang bekerja sebagai polisi wanita. Pertemuan mereka membawa mereka untuk menyelesaikan ebberapa kasus sekaligus melatih kemampuan Lee Ahn.

Mengungkap Misteri Dibalik Kebakaran Apartmen
Tak terasa semua yang dialami oleh ke empat tokoh tersebut membawa mereka kepada fakta yang berhubungan dengan kebakaran di apartemen mereka beberapa tahun silam. Tentang siapa pelaku atau kemungkinan tersangka yang sesungguhnya.

Jadi siapa sebenarnya pelaku pembakaran dan pembunuhan di apartment tersebut?
Ada rahasia apa dibalik kejadian pembakaran tersebut?
Dan bagaimana kemampuan Lee Ahn dengan psycometric nya dapat emngungkap kasus yang sudah lama terjadi tersebut?

Cus, langsung tonton drama nya ya gaes?




# BANYAK MENGANGKAT SISI KELAINAN KEJIWAAN / PSIKOLOGIS SESEORANG

Setidaknya ada 3 masalah psikologi yang diangkat di drama ini.
  • Psycometric yang dimiliki Lee Ahn membuat dia bisa melihat atau merasakan energi dari suatu benda / objek dan bisa melihat kejadian masa lalu yang dialami objek tersebut
  • Alexithymia yang dimiliki Sung Mo membuatnya tak bisa merasakan emosi, tak bisa membedakan mana rasa sedih, senang, sakit dan lain sebagainya.
  • Psikopat, 1 tokoh yang dicurigai sebagai tersangka merupakan seorang psikopat yang tentunya tak dapat merasakan emosi dan takpunya empati

# ROMANTIC SCENE?

Hehe, meskipun bergenre fantasi dan mengangkat kasus kriminal, tapi drama ini tetep ada bumbu-bumbu romansan percintaan 2 insan manusia kok. Hehehe. Jadi agak ada nyante-nyante nya gitu lah. Haha. Cuman kalau dilihat chemistry pemainnya kayak kurang dapet gitu loh feel romansanya. I dont know why lah. haha

# KESIMPULAN / CONCLUSION

Buat kamu yang suka drama atau film yang emngangkat tentang kejiwaan seseorang kayak aku) harus dan wajib banget nonton drama satu ini. Diluar ekspektasi sih. Banyak kejutan yang aku sendiri kaget dan gak nyangka pas lihat ending nya. Salut!

RATING BY ME : 8/10

IMAGES SOURCE: INSTAGRAM @tvndrama.oddicial

RINI NOVITA SARI
IG @rinie_noe
Rinienoe46@gmail.com








6 comments:

  1. Mau nonton ini tapi masih ragu2 krna takut lebih banyak scene romanticnya. Tapi kyknya dugaanku salah ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak terlalu byk scene romanticnya kok say. Paling 2-4 an aja itu juga yg gitu2 bgt.. Hihi aman.

      Masalah psikisnya itu yg asik

      Hapus
    2. Oke sip. Bakalan jadi tambahan list tontonan :'>

      Hapus
  2. menarik nih, saya jadi tertarik ingin melihatnya..
    filmnya semacam drakor "Black"
    meskipun sepertinya beda (karena black menceritakan tentang malaikat maut)
    namun ceritanya menyibak kasus kebakaran yang terjadi di amsa silam..
    makasih mbak atas rekomendasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak bedanya mungkin cara ngungkapnya aja. kalau ini makai kemampuan psychometric nya buat mbantu ngungkap kasus kebakarannya.

      selamat menonton mbak dewi :)

      Hapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes