24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Nge Blog Seharusnya Bikin Happy, Bukan Bikin Frustasi

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Nge Blog Seharusnya Bikin Happy, Bukan Bikin Frustasi

Sedikit mau cerita biar jadi penyemangat diri sendiri dan para temen-temen blogger lain nih. Jadi beberapa hari lalu ada sesuatu yang rame tuh di grup facebook blogger Indonesia.

Jadi ada satu temen di grup fb yang posting curhatan kalau dia pusing dan frustasi nge-blog. Cerita singkatnya sih perkembangannya blog nya lambat, pengunjung atau pembaca sedikit, adsense ditolak mulu, padahal dia berharap bisa menghasilkan rupiah dari blog.

Mungkin juga belum punya penghasilan tetap ya. Sedih juga bacanya kalau sesama blogger sampai frustasi gitu. Aku sendiri pernah dititik “mentok” banget ini blog mau diapain. Tapi semakin kesini ngeblog buatku pribadi bisa bikin happy, bukan bikin frustasi.


Ekspektasi Blogger Pemula

Pasti sebagai seorang blogger akan mempunyai pengharapan-pengharapan atau keinginan tentang perkembangan blognya ya. Sayangnya, memang keinginan tersebut gak selalu mudah didapetin. Pastilah harus keluar waktu, tenaga, dan pikiran juga buat dapetnya.

Nah, kalau bisa dirangkum mungkin beberapa point ini adalah beberapa keinginan dan ekspektasi yang bisa membuat seorang blogger pusing dan frustasi ya:

1. Pengunjung Blog Atau Pembaca Artikel Melimpah

Tentu saja sebagai penulis konten / artikel yang pertama kali diharapkan adalah artikel / tulisannya ada yang membaca kan? Aku juga gitu kok. Semakin banyak yang baca pasti semakin seneng.

Tapi aku masih inget banget tuh dulu pertama nulis artikel lebih ke curhat atau telling something yang bisa melegakan pikiran. Mau itu akhirnya ada yang baca atau engga, bisa selesein dan posting satu artikel aja udah happy.

Sekedar cerita, awal aku nge blog, pembaca / pengunjung / views cuma di angka puluhan. Dapet 100 views aja jarang bos. Hampir nyerah, kok ga laku artikelnya. Salahnya dimana ya?

Tapi semakin nyari tau dan belajar sama yang lebih pinter jadi semakin semangat nulis. Alhamdulillah pelan-pelan jumlah views naik. Mulai seneng karena tau sedikit tips dan trik bikin artikel yang baik. Sekarang udah tembus 1000an per day lebih. Masih belum puas, tapi happy. Emang butuh waktu. Tapi yakin pasti bisa better kan.

2. Di Terima / Diapprove Google Adsense

Semakin mendalami blogger semakin tahu banyak hal lain termasuk google adsense. Aku baru tau google adsense sejak ikut grup fb blogger indonesia. Dari sana banyak temen-temen blogger yang share info pendapatan mereka dari blog. Loh kok bisa? Waw

Pasti kalian juga happy kan pas tau ternyata dari hobi kita nge blog ini bisa menghasilkan uang? Nah persis begitu juga aku. Makin giat deh tuh belajar tentang cara bisa diterima gooogle adsense.

Tapi tak kusangka, mungkin kalian juga hei para teman blogger pemula (kayak aku). Bahwasanya mendaftar dan diterima google adsense tak semudah nyari penjual gorengan dipinggir jalan. Huhu.

Baru sadar banyak banget yang harus dibenahi dari blogku ini biar bisa keterima google adsense. Akupun banyak minta saran ke para master di grup fb tersebut. Luar biasa persiapan dan perombakan yang harus aku lakuin ke blog ini.

Frustasi? Udah pasti lah. 4x ketolak cuy. Pedih cuy.

Untungnya di kegagalan yang ke 4 aku ga nyerah dan memutuskan untuk konsisten update artikel. Setelah 3 hari berturut-turut posting artikel dan kemudian daftar adsense lagi. Eh keterima cuy. Happynyaaaaa tuh.

3. Berpenghasilan Dari Google Adsense

Dikira keterima google adsense tuh langsung auto kaya? What.. nggak gaes. Salah besar. Haha. Setelah diterima pun gak akan ngefek ke dompet kita kalau gak ada orang yang mau klik iklan di halaman blog kita.

Tau kan kalau pundi rupiah adsense kita dapatkan kalau ada yang klik iklan di blog kita? Nah so pasti itu berarti bahwa kita juga harus naikin jumlah traffic pengunjung agar kemungkinan yang klik iklan lebih banyak.

Dan itu gak mudah. Bener deh. Frustasi karena berharap bisa jadi penghasilan tambahan selain pekerjaan utama di kantor. Huhu.

So far, sejak keterima google adsense baru sekali PO dan dapat $100 lebih dikit. Haha. Dan bulan ini menuju gajian kedua gaes kurang puluhan ribu aja. So, buat yang kalian yang mampir ke blog ini jangan lupa klik iklannnya ya. Satu aja. (Wkwkwkw maksa

4. Kemajuan Blog Lain

Manusia emang tipenya gak bisa ngerasa puas ya. Pun begitu blogger. Aku pun gitu. Dari pageview banyak pengen diterima adsense. Abis diterima adsense terus pengen gajian. Abis bisa gajian terus ngarep dapat sponsorship atau kerja sama entah dari content placement etc.

Buat dipercaya sama pihak lain butuh Domain dan Page Authority tinggi. Ngejar deh itu DA PA. Belum lagi usaha ngrampingin page rank global maupun local rank. Haha

Emang gak ada abisnya ya. Tapi ya gitu lha, namanya manusia harus belajar dan berusaha ngejar impian kan.

Agar Nge Blog Terasa Happy Dan Nggak Bikin Frustasi

1. Dont Expect Too Much

Yang paling enak ya emang kalau kita notihing to loose. Gak berharap berlebihan dan fokus membangun blog dan bikin artikel yang berkualitas kayaknya lebih menyenangkan. Saat orientasi kita udah beda misal tujuan ngeblog hanya untuk uang, bisa jadi langkah kita akan terasa lebih berat. Terlalu banyak yang dipikirin dan diharapin.

2. Nikmati Dan Terus Berproses

Kayak kita lagi ngerjain tugas sekolah, skripsi atau tugas kantor sekalipun, kalau kita bisa nikmatin prosesnya insyalloh akan lebih menyenangkan. Hargai dan nikmati proses bahwa kita harus mulai dengan belajar hal baru, mulai apply ke kerjaan kita, kalau salah direvisi, kalau salah lagi ya di revisi lagi. Ya gak sih?

Seperti moto anak kuliahan yang lagi skripsian. Hasil tak akan menghianati proses. Haaaseekkk..

3. Banyak Mencari Inspirasi Dan Motivasi

Terkadang seseorang harus dapat inspirasi dan motivasi lebih ketika mentok dan pikiran buntu menghadapi kegagalan. Aku pun begitu.

Selain dengerin musik pas waktu selow, aku juga sering buka blog orang lain / blogwalking buat cari inspirasi sekaligus belajar penulisan yang baik. Sering aku jadi leih termotivasi lihat orang lain yang rajin posting artikel.

Note: cari inspirasi dengan blogwalking ya, bukan buat jadi plagiat. hehe

4. Targetkan Dan Selesaikan 1 Per Satu Secara Bertahap

Nah dari segitu banyak keinginan dan target blogger buat ngembangin blog nya. Ada baiknya fokus satu persatu dan selesaikan satu persatu. Tahap nya emang banyak. Karena itu nikmati proses, sabar, dan selesaiin satu per satu masalah dan deadline yang ada akan jadi kunci juga.

Note: Tulisan ini untuk menyemangati diri sendiri dan orang lain yang berkenan membaca. Lebih ke curhat sih. Hih. Intinya ingin mengingatkan diri sendiri bahwa proses yang udah dijalani bareng blog ini udah cukup panjang (alhadulillah). tapi, perjalanan belum usai. Masih harus banyak belajar lagi. SEMANGAT!!!


RINI NOVITA SARI
IG @rinie_noe
Rinienoe46@gmail.com
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

29 comments

  1. Bener kak ngeblog emang harusnya di nikmati dan jangan buru-buru karna semuanya butuh proses :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Jalannya panjang. Hehe. Harus dinikmati prosesnya biar langkah makin ringan. Haha

      Mksih kak udah berkunjung

      Delete
  2. Untung saja aku ngeblognya sesuai passion., sehingga ngeblog terasa menyenangkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik. Passion itu penting loh biar apa yg dikerjain konsisten dan semangat ngerjainnya. Hihi..

      Mksih udah berkunjung

      Delete
  3. Haha saya juga ada di grup itu. Mereka pengennya bisa dapet uang cepet dari adsense. Padahal blog baru beberapa bulan.

    Apa kabar saya yang ngeblog dari 2009 dan blm dapet penghasilan dari adsense hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mas. kebanyakan blogger pemula klo masih labil niatnya, pas masuk grup malah jadi goyah niat tulus ngeblognya. udah kadung kebayang dapt uang dari blog nya. hahahha

      skrg isi grupnya malah apada jualan akun semua jyan... pie :( ga ada yg share ilmu lagi.

      Delete
  4. " Don't expect too much " setuju banget. Apalagi saat kita mengawali Blog hanya karena hobbi tanpa memiliki planning kedepannya seperti apa. Yang terpenting jika ingin dibaca salah satunya menyajikan artikel yang bermanfaat. Terutama banyak orang browsing internet karena mereka butuh informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju kak. kunci biar byk pengunjung itu bikin artikel yang informatif. kalau kayak artikel ku yg satu ini emang ga diniatkan biar byk yg dpt dri google search sih soalnya isiinya curhat.

      tapi setuju kalau mau byk pembaca dan pengunjung ya harus informatif. yg banyak di cari orang.. betul betul betulll

      Delete
  5. Ini ngewakilin kekhawatiran saya sejak ngeliat banyak bgt blogger yg bisa punya penghasila. Nyatanya emang konten blogger mereka pada bagus2 dan punya konsep. Sekarang saya masih jauh dari itu, dan lgi banyak belajar. Hehe terima kasih kak postingannya bikin saya jadi semangat buat nulis lagi :'>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak. Aku juga jadiin mreka yg udah sukses2 motivasi. Emang nyatanya kita harus belajar step by step biar kayak mereka.

      Hehe. Mksih mbak. Tulisan ini juga buat nyemangatin diri sendiri. Alhamdulillah klo ada yg jdi smangat juga. Mksih mbak say...

      Delete
  6. Aku justru ada bikin postingan yang mempengaruhi kenapa aku jarang update blog, niatnya buat ngingetin aku biar ngga males ngeblog lagi haha tapi endingnya justru numpuk lagi di draft. Pernah ngerasa juga ada di titik "mentok" tapi ya udahlah step by step ku pikir. Jadi sekarang masih "nikmati dan terus berproses". Thanks sharingnya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta link postingannya dong kak Tanjung. Pengen baca deh. Hehe..

      Sama. Aku juga byk numpuk di draft. Pasninget mau lanjutin eh topik yg di draft udah kadaluarsa. Akhirnya aku delete. Haha

      Bener kak. Nikmati dan terus berproses. Para blogger yang udah sukses pasti juga pernah di tahap kita. Mentok dan pusing. Bedanya semangat mreka terus jalan. Makanya bisa pada sukses. Moga kita bisa gitu ya. Amin...

      Mksih udah berkunjung

      Delete
  7. Bener mbak.. aku juga gak mau ambil pusing buat ngeblognya.. jadinya ya... update pas mood aja.. gak bisa maksa harus update tiap hari atau tiap jam... ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak. Berat emang urusannya klo udah masalah mood itu haha.

      Jdi harus bisa ngendaliin dan mbangun mood yg Bagus biar moodnya baik. Ga manut ke mood yg bikin mager hihi

      Delete
  8. Ada yang bilang, SEO nomor satu dari blogging activity itu adalah konsistensi.

    Dan emang kenyataannya seperti itu.

    Banyak orang yg ngerti SEO, faham banget dengan istilah dan teknik-teknik SEO, tapi masih aja "ngeluh" masalah trafik, masalah penghasilan dsb.

    Alasannya padahal cuman satu, "terjebak hal-hal teknis". Padahal, dari jaman dulu, jaman blogger masih punya nya Pyra Labs, esensi blogging itu ya nulis.

    Terus, selain terjebak hal-hal yg sifatnya teknis, banyak juga dari kita - termasuk saya - yang lebih suka nyari ilmu, tapi tak pernah praktik.

    Istilahnya ahlul workshop.

    Ada orang yang dapet earning puluhan juta, minta dibisikin ilmunya, eh udah di kasih tau, tp ya cuman sebatas itu doang. Praktiknya ga pernah.

    Wah jadi kepanjangan nih, afwan. Hehe

    After all, ya itulah dunia blog. Inilah dunia yang banyak orang berfikiran enak jadi blogger karena mudah dapet duit.

    Kenyataannya mah, deuh banyak pengorbanan dan banyak hal yg harus dilakukan.

    Karena selain harus pinter nulis, jadi blogger juga harus pinter teknis, biar kagak miris dan karir melejit manis.

    Bener ga sih gaisss? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada suhu perblogger an nyelip di mari. Senangnya.. Haha

      Bener mas. Ngeblog emang ga cuman masalah nulis tapi masalah teknis juga. Harus beriringan kayaknya.

      Kelamaan mikir teknik jadinya ga nulis2. Keasikan nulis teknis diabaikan juga jadi ga maksimal.


      Dulu aku nulis nyicil2. Belajarnya dri grup fb blogger indo. Dlu masih byk yg share ilmu jadi lgsg aku tanya atau dm. Byk yg respon alhamdulillah. Byk yg bantuin

      Tapi bener kata suhu tadi. Byk yg ngajarin. Byk sumber juga di internet buat belajar. Tapi penyakit blogger iu males apply apa yg udah dipelajari tadi. Kadang juga aku pusing. Duh angel e pas praktek.

      Tapi pelan2 dinikmati, di apply satu2.ya kelar. Masih byk pr sih akunya. Tapi bismillah lah. Berproses.

      Mantul suhu. Makasih

      Delete
  9. yah saya juga begitu kadang males banget mau nuis artikel kadang semangat lagi trafik semangatnya turun naik seperti trafik blogku

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik turun kayak lift ya kak.. haha.. pdhal biar traffic naik ya harus sering update ya,,hihi..semangat semangat..

      Delete
  10. Aaa suka sama postingan beginian 😍

    ReplyDelete
  11. Yup setuju, don't expect to much ya kak. Kadang blogger2 pemula pengen enaknya aja tp gak mau berjuangnya dan putus asa. So far aku sndri insya Allah happy selama ngeblog. Thx for sharingnya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak. Blogger pemula kadang liat ke blogger yg udah sukses aja sih. Ga tau klo mreka yg udah sukses juga pasti perjuangan nya ga karuan dari awal. Aku juga mikir gtu. Wah kok enak ya udah blogger si A si B dll

      Pdhal pas mulai nglakuin 1-1 belajar dan praktik. Ya ampunnn byk bgt ya step yg harus di lewati.. :D jdi salut sama yg udah sukses di blog nya.

      Mas joe juga salah satu blogger sukses yang tak jadiin role model loh. Hehe

      Smangat membagi semangat terus mas!!

      Delete
  12. butuh pengrbanan dulu ya mbak awalnya

    ReplyDelete
  13. Tbh, awalnya sempet ngeribetin diri sendiri buat cari duit lewat blog. Kemudian ngerasa 'wow kok aku ngoyo banget'. Haha
    Akhirnya santai aja lah, balik lagi ke niatan awal punya blog adalah untuk have fun. Lagipula aku liat blogger blogger kenamaan tuh mereka build blog mereka udah dari beberapa tahun lalu. Jadi ya wajar mereka dipercayai brand. So, again i trust the process.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak. Aku juga mikir gtu.

      Mreka pasti udah berjuang dr lama. Udah di tempa abis2an juga dlu.

      Jadi ya tinggal kita mau sama semangatnya kek gtu apa enggak.

      Nikmati aja prosesnya jgn dijadiin beban itu yg utama :))

      Delete
  14. Mantap kak.
    Akupun punya Target begitu, tapi slow juga sih karena ngeblog cukup membhagiakan. Target ttp pengen di capai��

    ReplyDelete
  15. Kadang yang membuat prustasi adalah dimana kita sudah mencoba membuat artikel sebaik mungkin dengan riset keyword yang melelahkan, tetapi visitor tetep nihil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah mas.

      kalau saya jarang mikirin gitu, kadang klo dipikriin gtu beneran visitornya dikit. klo ga dipikirin eh malah banyak yg dtg bahkan sring page one..

      tetep semangat nulis sebaik mungkin aja ya mas..

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post