Senin, 10 Juni 2019

Sebagai seorang perantau, tentu saya akan sering menggunakan alat transportasi untuk pulang kampung. Saya yang bertahun-tahun Surabaya (asal Kebumen Jawa Tengah) jujur lebih sering milih transportasi bis ketimbang kereta. Alasannya klasik, karena bis nggak saklek waktu keberangkatannya, pilihan jam keberangkatannya banyak, jadi berangkatnya ya bisa suka-suka. wkwkwk

Nah sayangnya, dulu untuk mendapat tiket bis saya agak kesusahan. Saya harus antri dan berburu tiket ke terminal atau ke pool bisnya agar dapat tiket.  Memang nggak masalah sih selagi nggak musim liburan atau musim mudik. Tapi bayangkan pas musim padat seperti itu itu saya harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mendapat tiket di terminal atau dari poll atau garasi bis tersebut.

Kabar baiknya, seiring dengan perkembangan zaman, para pembisnis transportasi disini mulai digaet oleh para startup akhirnya aplikasi penjualan tiket secara online, layaknya pesawat dan kereta api. Memang sih kalau dipikir-pikir perkembangan tiket bis online ini sangat Tertinggal jauh jika dibandingkan dengan tiket online pesawat atau kereta yang sudah dari lama penjualannya melalui online. Yah tapi yang penting ada perkembangan kan ketimbang enggak sama sekali.


Nah setelah mencari dan mencoba satu persatu, berikut adalah rekomendasi aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mencari tiket bis online.



1. Traveloka

Tentu kalian sudah nggak asing lagi dong dengan nama aplikasi Traveloka.  Yap, selain menyediakan tiket pesawat, hotel, kereta api dan lain-lain, sekarang Traveloka juga sudah bisa menyediakan tiket bis online loh gaes. Libur lebaran kemarin saya baru saja memakai fasilitas Traveloka ini untuk mencarikan teman saya tiket dari Jogjakarta ke Surabaya.






Sayangnya di Traveloka ini tidak memfasilitasi untuk memilih kursi seperti di red bus. Tapi enggak masalah sih kalau rute dan waktu yang kalian pilih bukan rute dan waktu yang biasanya padat penumpang. Dan lagi untuk para penumpang yang menggunakan tiket online juga mendapatkan prioritas yaitu dipersilakan untuk naik ke bis terlebih dahulu ketimbang penumpang yang membeli tiket secara offline.

2. Red Bus


Registrasinya mudah, yang tersedia atau yang bekerjasama pun lumayan banyak loh. Jadi kita bisa bebas memilih PO bis dan jam keberangkatannya. Dibawah ini saya contohkan Ketika saya memilih rute dari dan ke kota-kota besar surabaya ke Jogjakarta untuk tanggal 13 juni 2019.







Nah bisa dilihat kan ada banyak pilihan bis dan waktu keberangkatan. Selain itu enaknya kita juga bisa memilih kursi guys. Jadi yang sukanya duduk di pinggir jendela enggak usah khawatir rebutan ya.hehe

3. Bustiket.com


Aplikasi bustiket.com ini adalah aplikasi pemesanan tiket bis dan shuttle secara online. Konon katanya sih rute dan shuttle cukup lengkap yaitu lebih dari 100 operator bis dan rute-rute di berbagai kota. Enggak hanya itu, ternyata bustiket.com juga menawarkan fitur lain seperti penyediaan bis travel rental, tiket pesawat, kapal feri dan kapal laut, bayar tagihan bulanan, top up e-wallet  dari OVO, GOPAY, LINK AJA, DANA dan lain-lain. Wah lumayan lengkap ya fitur-fiturnya.


4. Easybook


Seperti namanya, easybook tentu bertujuan agar booking tiket semakin easy atau mudah. Easybook juga memfasilitasi pembelian tiket lain seperti kapal fery, kereta api, dan rental mobil. Saya pun sempat mencoba kemarin waktu akan mencari tiket dari Jogja ke Surabaya. Sayangnya saya beralih ke Traveloka karena di easybook ternyata dikenakan biaya administrasi.


5. Bosbis


Sebenarnya saya tidak merekomendasikan aplikasi ini sih justru saya tulis Disini agar sebaiknya kalian tidak memakai aplikasi ini ya. Setahu saya dulu bis langganan saya yaitu PO EKA bekerjasama dengan aplikasi ini. Bahkan ada spanduk besar didepan garasi PO EKA. Tapi ternyata setelah kemarin saya coba untuk jurusan atau rute dari Surabaya ke Jogjakarta sama sekali tidak ada. Mungkin mereka sudah putus kontrak ya. Nggak tau juga sih. Hehe







PENGALAMAN BERTRANSAKSI:


FYI, dari pengalaman transaksi yang baru saja saya lakukan menggunakan aplikasi Traveloka tidak saya temui masalah yang berarti. Bahkan menjelang hari keberangkatan saya mendapatkan SMS dari pihak BIS atau pihak Traveloka untuk menemui seseorang dengan nomor telepon sekian, ketika saya sampai di di terminal atau tempat keberangkatan bis.

Setelah menemui atau menghubungi orang tersebut di terminal maka kita langsung diberitahu untuk naik bis yang mana. Dan mungkin ini adalah aturan dari pihak bis bahwa para penumpang yang membeli tiket online harus membayar biaya tambahan sebesar Rp15.000 ketika sudah berada di dalam bis. Feeling saya sih ini untuk biaya atau membayar orang yang bertugas sebagai perantara tadi. Ya, nggak masalah sih berhubung kita dipermudah untuk naik bisnya.

Nah itu dia beberapa aplikasi yang menyediakan fasilitas pencarian tiket bis secara online. So buat kalian yang biasa berpergian atau pulang kampung menggunakan transportasi Bis sudah enggak perlu khawatir lagi, karena sekarang pencarian tiket bis sangat dipermudah.


RINI NOVITA SARI
@rinie_noe
rinienoe46@gmail.com

4 comments:

  1. Agak ribet ya kalau beli tiket bis online ketimbang kereta api tapi lumayanlah sudah pake metode online, bis EKA adalah favorit saya untuk perjalanan Jogja surabaya PP setelah kereta api.Trimaksih infonya Mba Rini NOVITA SARI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mas. Pas naik bisnya ga sesimple kreta ato pesawat yg check ticketing nya 1 pintu, tapi lgsg di perantara bis nya masing2.

      Tapi better lah ketimbang dlu offline terus ya. Hehe

      Hapus
  2. wah baru tau nih kalo tiket bus juga bisa beli online

    BalasHapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes