Selasa, 28 Mei 2019


Setelah memakai FLIP (sudah dibahas dan direview di artikel sebelumnya) dan merasa kurang puas dengan fitur-fitur yang ditawarkan, akhirnya saya mencari-cari aplikasi lain yang kiranya lebih lengkap peruntukannya. Setelah mencari dan membaca serta membandingkan aplikasi ini denagn aplikasi lain sayapun memutuskan untuk memakainya.



Yap, JENIUS. Memang dari review-review orang lain yang bertebaran di sumber pencarian google, aplikasi ini juga belum sempurna-sempurna banget sih untuk membantu transaksi keuangan kita. Tapi setidaknya untuk kebutuhan transaksi keuangan saya sudah cukup sesuai lah.

Nah kali ini bakal saya jelaskan alasan saya memakai JENIUS dan pengalaman serta manfaat apa saja yang saya dapat dari aplikasi jenius ini. Yuk simak!

KENAPA MENDUA DARI FLIP


Seperti diartikel sebelumnya, saya sudah jelaskan sebenarnya FLIP dan JENIUS ini sangat-sangat berbeda. Cuma karena dan jika pemanfaatannya agar transfer ke bank lain gratis maka terkesan sama. Oke, udah jelas ya. FLIP yang hanya saya gunakan untuk transfer ke bank lain ini fasilitasnya kurang flexible, misalnya dibatasi jam operasional dan hari kerja kurang bisa memenuhi kebutuhan saya. So, udah jelas ya. Ini alasan utama saya mencari alternative lain.

Nah sebelum menyebutkan alasan memilih Jenius, akan saya jelaskan dulu apa itu jenius (penjelasan dari berbagai sumber tentunya). Hehe

# Apa Sih Jenius Itu?


Jenius adalah aplikasi digital yang bisa memungkinkan kita membuat dan mempunyai rekening bank dan mengelolanya hanya dari gadget yang kita miliki.  

# Lalu Kenapa Memilih Jenius? Apa Alasan Memilih Jenius? 


1. Daftarnya Mudah Dan Cukup Dari Gadget Saja.

Emang beneran gampang sih, Cuma download aplikasi, isi data, upload foto dan KTP. Terus tinggal nunggu data kita diverifikasi. Nah ini yang asik, kalau sebelum update, verifikasi jenius harus menemui admin Jenius ditempat / booth yang sudah ditentukan. Atau bisa mengundang staff/admin jenius menghampiri kita (namun hanya untuk wilayah tertentu saja). Jenius versi terbaru bisa veifikasi data via video call aja. Tinggal pilih menu verifikasi by video call terus tunjukin deh muka kita beserta KTP. So simple.

2. Merasa Aman Karena Jenius Dilluncurkan Oleh Bank Resmi.

YAP, sebenernya agak takut nyoba beginian karena berhubungan dengan uang. Tapi karena jenius adalah produk langsung dari bank resmi yaitu BTPN jadi lebih ngerasa aman aja. Kan pasti diawasi oleh OJK juga toh.

3. Mempunyai Fungsi Yang Sama Dengan Mbanking Atau Ibanking (Justru Lebih)

Yap, fasilitas yang ditawarkan sama seperti mbanking kok, bisa transfer, bayar tagihan, beli listrik, pulsa dll. Justru jenius punya fasilitas lebih seperti save uang layaknya deposito degan bunga5%, bisa split bill, ada ewallet yang mempermudah isi saldo di akun-akun virtual seperti gopay, ovo, dana dll gitu.



4. Transfer Ke Semua Bank Gratis Tanpa Biaya

Nah ini alasan utama pakai jenius. Hehe. Udah dijelasin juga ya diatas. Haha

5. Ada Kartu Fisik (ATM) Yang Bisa Dipakai Untuk Ambil Uang Di Semua Atm Tanpa Biaya

Setelah verifikasi berhasil kita akan dapat kartu atm (fisik) dan virtual. ATM jenius kita bisa dipakai untuk ambil uang di semua atm tanpa biaya loh. Asik ya 

6. Fasilitas Kartu Virtual / eCard 
Jadi ada kartu virtual diaplikasi jenius yang fungsinya mirip dengan kartu kredit. Nah yang satu ini belum pernah saya pakai sih. Haha jadi belum bisa cerita banyak :P

7. Bisa Menampilkan Catatan/Mutasi Transaksi Yang Sangat Detail 
Layaknya mbanking atau ibanking, aplikasi jenius ini juga bisa menampilkan history atau detail semua transaksi kita kok.

8. Ada Fasilitas Menabung Dengan Bunga Tabungan 5% (Kayak Deposito) 
Nah ini yang lagi saya coba. Beneran gak sih. Jadi 1 bulan ini semua uang saya, saya taruh di jenius dan saya masukin di menu save dreamer. Nanti akhir bulan bisa dilihat deh beneran dapat bunga tabungan 5% atau enggak. Haha. FYI ya, 5% itu hamper kayak bunga deposito loh, bukan bunga tabungan biasa pada umumnya.


# Kekurangan Jenius


Taka ada satu hal pun di dunia ini yang sempurna (ceelah). Pun begitu dengan JENIUS ini. Salah satu kekurangannya adalah dibatasinya jumlah transaksi yang dibebaskan biaya admin yaitu hanya bisa 25kali transaksi. Setelahnya akan dikenai biaya Rp3000.

Kalau untuk bulan-bulan biasa sih 25x itu lebih dari cukup ya. Tapi karena sekarang ini lagi getol-getolnya jualan / bisnis jadi kurang deh.

Sebagai pembanding, katanya DIGIBANK punya fasilitas lebih baik di sisi kuota free transfer ini, yaitu gak dibatasi. Hmm. Menarik. Tapi belum nyobain sih. Hehe. Ada yang udah pernah coba belum? Kalau udah, share dong.













2 comments:

  1. udah daftar jenius sejak bulan lalu, tapi belum diaktifkan, whehehe... sejauh ini yang dipakai cuma FLIP aja,

    sebenarnya depositonya ini menarik kalo seandainya dream savernya syariah gitu XD. paling suka sama virtual cardnya, meskipun belum pernah nyoba, keamanannya cukup terjamin, karena kartu ini ga berpengaruh ke tabungan utama, kalau seandainya saat transaksi kena "hack" masih bisa aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba mas. Aktifin. Enaknya tranfer ga pake antri sih. Flip ga enaknya antri sama ada jam operasional. Hari libur ga bisa make. Jenius syangnya dibatasi transfer gratisnya. Haha.

      Cuma dream savernya lumayan lah.. Hihi

      Hapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes