Sabtu, 09 Maret 2019

Akhirnya akhir bulan lalu baru saja menyelesaikan salah satu drama korea yang menurut saya sangat recommended. Tentu saya bilang recommended setelah saya tonton sampai selesai yaitu 20 episode.

Seperti biasa setiap malam saya memang selalu scrolling di aplikasi IndoXX1 untuk mencari drama atau film apa yang menarik untuk ditonton. Awalnya kurang tertarik dengan tampilan banner SKY CASTLE karena nampaknya pemainnya om tante-tante gitu.

[REVIEW K-DRAMA] SKY CASTLE : Baik Kah Menjadi Orang Tua Yang Over Ambisius Terhadap Nasib Anaknya?
pinterest.com

Eh karena sudah nggak ada tontonan lain akhirnya saya coba nonton satu episode, dan ternyata diluar perkiraan sih. Menarik banget. Dari plot dan kekuatan karakter masing-masing tokohnya mampu menghipnotis saya yang memang lebih suka drama Korea yang tidak full membahas drama percintaan sepasang kekasih saja. Namun lebih ke drama-drama yang mempunyai nilai lebih mendalam dari sekedar drama percintaan semata.

Nah karena itu kali ini saya akan mereview dan memberikan pendapat saya tentang semua hal yang saya dapat dan lihat dari drama Korea SKY CASTLE. Yuk langsung aja. Check This Out.

SKY CASTLE

----------------------------------------

PROFILE  SKY CASTLE

Title : SKY CASTLE / SKY 캐슬
Director : Jo Hyun-Tak
Writer : Yoo Hyun-Mi
Network : JTBC
Episodes : 16
Release Date : November 23, 2018 – January 12, 2019
Country : South Korea

CAST / PEMAIN SKY CASTLE

[REVIEW K-DRAMA] SKY CASTLE : Baik Kah Menjadi Orang Tua Yang Over Ambisius Terhadap Nasib Anaknya?
kdramacrazy.files.wordpress.com
Yum Jung-Ah as Han Seo-Jin
Lee Tae-Ran as Lee Soo-Im
Yoon Se-Ah as No Seung-Hye
Oh Na-Ra as Jin Jin-Hee
Kim Seo-Hyung as Kim Joo-Young
Jung Joon-Ho as Kang Joon-Sang
Choi Won-Young as Hwang Chi-Young
Kim Byung-Chul as Cha Min-Hyuk
Jo Jae-Yun as Woo Yang-Woo
Lee Hyun-Jin as Teacher Jo
Kim Hye-Yoon as Kang Ye-Seo
Lee Ji-Won as Kang Ye-Bin
Kang Chan-Hee as Hwang Woo-Joo
Kim Dong-Hee as Cha Seo-Joon

[REVIEW K-DRAMA] SKY CASTLE : Baik Kah Menjadi Orang Tua Yang Over Ambisius Terhadap Nasib Anaknya?
pinterest.com

SINOPSIS/ALUR CERITA SKY CASTLE

Drama Korea SKY CASTLE baru cerita tentang ketatnya dunia pendidikan di Korea Selatan persaingan ini tak hanya dirasakan oleh para siswa atau murid nya namun juga persaingan yang di dirasakan oleh para orang tua atau wali dari si anak tersebut.

Sebenarnya cerita seperti ini memang relatable banget dengan kehidupan nyata sih. Tak hanya di Korea, di Indonesia juga banyak kok yang seperti ini. Kerennya Korea bisa mengangkat hal ini ke dalam layar televisi. Sementara Indonesia masih sibuk dengan sinetron perebutan harta dan drama percintaan yang episodenya sampai ratusan, drama Korea tentu lebih terkonsep dan lebih mempunyai tujuan dalam penyampaian pesan pada setiap dramanya termasuk SKY CASTLE ini.

Lebih detail, SKY CASTLE ini menceritakan tentang 4 keluarga elit yang tinggal di kompleks perumahan super mewah yang dinamai SKY CASTLE. 

[REVIEW K-DRAMA] SKY CASTLE : Baikkah Menjadi Orang Tua Yang Over Ambisius Terhadap Nasib Anaknya?
pinterest.com

Mereka adalah keluarga yang mempunyai background pendidikan tinggi dan karir yang cemerlang. Banyak dari mereka adalah keluarga yang secara turun menurun berprofesi sebagai dokter. Hanya satu keluarga yang berprofesi di bidang hukum namun mempunyai obsesi yang tinggi menjadikan anaknya seorang dokter juga.

Intinya, karena mereka berasal dari keluarga yang menjunjung tinggi sebuah profesi dokter dan pendidikan yang tinggi maka mereka juga mempunyai cita-cita harapan yang tinggi kepada anak-anaknya. Bahkan bisa dibilang mereka mengharuskan anak-anaknya menjadi seorang dokter dan masuk ke Universitas Kedokteran nomor 1 di Korea.

Dan untuk mewujudkan obsesi dan ambisi yang besar tersebut para orang tua ini melakukan berbagai cara dan upaya agar anaknya bisa lolos dan lulus masuk ke Universitas Kedokteran ternama tersebut.

Ambisi dan obsesi yang besar ini tentu menimbulkan persaingan yang besar dalam benak mereka masing-masing. Entah itu bersaing dengan teman atau orang tua teman anaknya, atau bahkan bersaing dengan tetangga mereka sendiri. Masing-masing dari mereka selalu membanggakan dan membesar-besarkan apapun sisi dari keluarganya yang bisa disombongkan. Entah itu pendidikan karir dan sebagainya.

KONFLIK DI SKY CASTLE

Konflik serius terjadi setelah salah satu orang tua dan juga seorang ibu yaitu Lee Myung Joo, ibu Park Young Jae penghuni SKY CASTLE ditemukan mati bunuh diri ditengah tebalnya salju malam itu. Semua berpikir mustahil dia depresi karena baru saja mereka mengadakan acara untuk merayakan salah satu kesuksesan keluarga tersebut. Hmm,, bikin penasaran.

[REVIEW K-DRAMA] SKY CASTLE : Baikkah Menjadi Orang Tua Yang Over Ambisius Terhadap Nasib Anaknya?
alif0725.files.wordpress.com

Konflik lain dan utama tentu muncul ketika segala macam cara dilakukan oleh salah satu kelaurga SKY CASTLE lainnya yaitu Han Seo Jin demi memenuhi ambisinya meluluskan anaknya ke universitas kedokteran unggulan. Ambisi tersebut membawanya bertemu dengan mentor ekslusif dan mahal yang namanya sudah tersohor yaitu Kim Jo Young.

Rahasia dan misteri satu persatu terungkap selagi mereka fokus mempersiapkan nasib pendidikan anak-anaknya.

Han Seo Jin adalah orang tua yang paling terlihat ambisius untuk pendidikan putrinya di drama kali ini. Nah, apakah ambisi para orang tua ini akan membuahkan hasil? Atau justru akan menjerumuskan dan merugikan anak-anak atau bahkan diri mereka sendiri?

SKY CASTLE TETAP MENAMPILKAN SISI KOMEDINYA

Meski terkesan mempunyai tema yang sangat serius namun tim pembuat drama ini untungnya tak lupa memberikan nuansa komedi yang lumayan menggelitik dan menggemaskan di drama ini. Terutama tentang bagaimana para ayah berkomunikasi dan bersosialisasi.

Belum lagi ada 2 keluarga dimana didalamnya penuh dengan kelucuan meski tetap mereka juga punya ambisi untuk mengatur dan men-setting kehidupan anaknya di masa depan kelak yaitu keluarga Jin JIn He dan No Seung Hye.

KENAPA HARUS NONTON SKY CASTLE

1. Plot/alurnya seru dan anti mainstream.
Sebenernya drama ini memang punya banyak konflik berbeda namun asiknya saling berkaitan semua. Tema alur plot dan ceritanya jauh dari kata mainstream serta tidak pasaran karena tidak membahas soal percintaan dua sejoli semata melainkan lebih ke nilai-nilai dan fokus membahas karakter anak dan orang tua. Sepertinya jarang banget drama Korea yang menyajikan tema seperti ini.

2. Banyak nilai bisa diambil oleh para orang tua atau calon orang tua dan si anak sendiri

[REVIEW K-DRAMA] SKY CASTLE : Baikkah Menjadi Orang Tua Yang Over Ambisius Terhadap Nasib Anaknya?
obs.line-scdn.net

3. Drama korea dengan alur menarik dan disajikan secara apik dan nggak membosankan sama sekali

4. Cocok buat kalian yang mulai bosen nonton drama yang bahas percintaan dua insan saja.

5. Hampir semua karakter nya berhasil mencuri perhatian meskipun namanya tak terlalu dikenal dibandingkan dengan artis papan atas Korea lainnya. Saking bagus ceritanya saya nggak terlalu fokus tuh sama siapa yang memainkan drama Korea ini. Bahkan saya sangat menikmati pembawaan mereka dalam memainkan setiap perannya.

6. Ada beberapa artis muda yang cukup menarik perhatian

[REVIEW K-DRAMA] SKY CASTLE : Baikkah Menjadi Orang Tua Yang Over Ambisius Terhadap Nasib Anaknya?
http://www.dreamers.id
Untungnya meski dipenuhi dengan tokoh-tokoh yang sudah cukup berumur, namun drama ini tetap menampilkan para tokoh muda yang cukup menarik perhatian karena penampilannya yang lumayan enak dipandang mata. Ya tentu anak-anak muda berperan sebagai anak dari para tokoh utama tadi.

RATING SKY CASTLE?

Kalau baca di berbagai sumber katanya drama series Korea SKY CASTLE ini tak mempunyai rating yang terlalu tinggi di awal-awal penayangannya. Nggak heran sih, saya saja yang pertama menonton atau melihat benernya di Indo XX1 merasa tak terlalu tertarik dengan drama ini dikarenakan para pemainnya yang menurut saya cukup asing dan sudah berumur atau golongan tante-tante dan om om yang nggak kece kece banget tampilannya.

Namun balik lagi memang tidak baik men-judge sesuatu hanya dari tampilan luarnya aja. Katanya salah Saya nonton 1 episode eh saya malah ketagihan dan penasaran Terus kelanjutannya. Mungkin itu juga yang dirasakan oleh para rakyat Korea yang menonton drama ini. And finally drama Korea SKY CASTLE ini berhasil memperoleh rekor atau rating yang tinggi yaitu 19,2 di episode 16 nya wish you.

KESIMPULAN TENTANG DRAMA SERIES KOREA SKY CASTLE

Recommended? YAP, sangat recommended. Saya rekomendasikan drama series kayak kesel ini untuk siapa saja yang mulai bosan jika hanya menonton drama tentang percintaan remaja atau percintaan dua insan saja.

Selagi saya rekomendasikan drama series ini untuk para orang tua maupun anak muda yang masih mempunyai dalam kehidupan yang panjang untuk mencapai cita-cita.

Jadi gimana? Kamu minat nonton SKY CASTLE?


RINI NOVITA SARI
ig @rinie_noe
rinienoe46@gmail.com

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes