8 Tips Mengatur Waktu Nge-Blog Untuk Karyawan

Blogging atau ngeblog sudah menjadi hobi yang banyak digeluti oleh kaum milenial. Peminatnya pun semakin banyak saja sekarang ini. Segala hal bisa kita luapkan dan kita share dalam bentuk tulisan atau artikel yang kemudian bisa dibuka dan dibaca oleh siapa saja. 

Sebagai karyawan di suatu perusahaan, nge-blog sebenarnya susah-susah gampang. Gampangnya mungkin karena ide artikel lebih banyak. Apalagi untuk blogger yang mengusung niche gado-gado seperti saya ini. Apa saja yang terjadi di kehidupan saya dan sekitar bisa dijadikan topik penulisan. Nah itu gampangnya.  

freepik.com


Terus Apa Susahnya Ngeblog Bagi Karyawan

Tentu saja susahnya karena waktu yang saya atau karyawan lain miliki sangat terbatas. Jam 08.00 sampai 16:30 praktis aktivitas saya adalah bekerja di kantor dengan segala kerumitannya. Tentu ini berarti saya tak bisa menulis artikel sesuka saya. Dan tentu artinya saya tak bisa menyelesaikan artikel-artikel saya dengan cepat. Menunda dan jarang memposting artikel tentu akan menurunkan performa bagi blog saya. Iya kan?  

Terus Gimana Cara Mengatur Waktu Ngeblog Bagi Karyawan

Sebagai karyawan yang sudah bekerja bertahun-tahun sambil menjalani hobi blogging, kali ini saya akan berbagi tentang Tips Mengatur Waktu Ngeblog Untuk Karyawan Kantoran

1. Pastikan Langsung Catat Setiap Muncul Ide Di Pikiran Tentang Topik Artikel.

Tentu saja ide menulis sebenarnya bisa datang dari mana dan kapan saja. Seperti yang saya alami, terkadang saat bekerja atau ngpbrol dengan orang kantor saja terlintas suatu ide. Untuk itu saya tak pernah lupa langsung menulis ide tersebut ke catatan saya.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat. Itung-itung nabung ide atau menjaga stock ide artikel kita selalu ada. Urusan kapan ide itu direalisasikan ke artikel yang sebenarnya itu masalah selanjutnya. Yang terpenting adalah menjaga die-ide tersebut tak hilang begitu saja.

“Ide itu mahal bosssss” setuju?

2. Pilih Topik / Ide Yang Paling Mudah Dituangkan Dalam Artikel Terlebih Dahulu

Nah, dari sekian banyak ide yang sudah dicatat / disimpan tadi pilihlah ide / topik yang kira-kira lebih mudah dan lebih cepat diselesaikan. Pilih tema yang kiranya sudah bisa kita bayangkan pembahasannya.

freepik.com
3. Tentukan Point-Point Penting Yang Akan Di Bahas Di Artikel

Tahap selanjutnya jika sudah menetukan tema / ide mana yang akan dijadikan artikel yaitu menyusun point-point penting dari ide tersebut. Tentu dalam membuat artikel kita harus jelas apa yang akan dibahas. Jangan melebar kemana-mana tanpa benang merah yang pasti, nanti yang baca artikel kita malah kebingungan, ya kan?

Misalkan saat saya akan membuat artikel ini. Setelah saya menentukan judulnya saya langsung tuh buat point-point yang akan saya bahas, misalnya:
- Prolog / paragraf pembuka
- Tips Mengatur Waktu Ngeblog Untuk Karyawan Kantoran yang terdiri dari:
  • Pastikan Langsung Catat Setiap Muncul Ide Di Pikiran Tentang Topik Artikel. 
  • Pilih Topik / Ide Yang Paling Mudah Dituangkan Dalam Artikel Terlebih Dahulu 
  • Tentukan Point-Point Penting Yang Akan Di Bahas Di Artikel 
  • Buat Lebih Banyak Artikel Saat Weekend Atau Libur Kerja (Untuk Stock) 
  • Kembangkan Point-Point Tersebut Sedikit Demi Sedikit 
  • Luangkan 1-2 Jam Sehari Untuk Melanjutkan Artikel Tersebut 
  • Jangan Terlalu Lama Bogwalking 
  • Atur Jam Tidur Dan Jam Istirahat Dengan Baik

4. Kembangkan Point-Point Tersebut Sedikit Demi Sedikit 

Setelah terkumpul apa saja point yang akan dibahas dlaam artikel kita, maka kita bisa mengembangkan point-point tersebut tadi dalam bentuk kalimat yang enak dibaca. Tulis saja semua yang terlintas dipikiran. Perkara susunan kalimat jelek atau amburadul bisa kita perbaiki nanti saat mereview ulang artikel tersebut sebelum diposting.

5. Luangkan Minimal 1 Jam Sehari (Usai Waktu Kerja) Untuk Melanjutkan Artikel Tersebut

Meski waktu kita terbatas, setidaknya luangkan dan atur waktu minimal 1 jam setelah pulang kerja untuk melanjutkan artikel yang masih tersimpan di draft. Meski hanya mendalah beberapa paragraf bahkan beberapa kalimat saja, namun tentu hal itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

6. Buat Lebih Banyak Artikel Saat Weekend Atau Libur Kerja (Untuk Stock) 

Nah, karena sebagai pekerja yang tentunya waktu luang kita tak banyak, maka kitapun harus pintar-pintar memakai waktu yang kita punya. Cara termudah bagi saya adalah memanfaatkan hari libur atau weekend dengan membuat artikel atau mengembangkan ide-ide yang sudah saya punya.

 7. Jangan Terlalu Lama Bogwalking

Blogwalking atau berkunjung ke blog orang lain dan membaca-baca postingan disana tentu akan memberikan banyak manfaat bagi kita. Namun inget, terlalu asik blogwalking sampai lupa jam juga kurang baik.

Blogwalking secukupnya saja, misal batasi blogwalking setengah / sejam sehari. Selanjutnya, fokuslah pada artikel kita yang sudah melambai-lambai minta dijamah itu. LOL

8. Atur Jam Tidur Dan Jam Istirahat Dengan Baik

Yang terakhir, dan belum bisa saya aplikasikan dengan baik juga adalah mengatur jam istirahat kita. Saya masih sering begadang untuk nge blog. Hahaha maklum sih jam jam malam saya sering saya habiskan dengan menghambur-hamburkan kuota soalnya. (baca: youtuban dan streaming) LOL.

Padahal besoknya masih kerja, alhasil di kantor harus dapat dopping dari kopi / cafein. Wkwkw. Jangan ditiru ya guys.

Well, segitu aja rasanya tips dari blog amatir yang sehari-harinya disibukan oleh tumbuhan kerjaan di kantor. Ada yang senasib gak nih? Kerja sambil nge blog?

Note terakhir, nyambi ngeblog di kantor selagi kerja sah-sah aja kalau saya, yang penting tau waktu dan prioritas kerjaan. Kerjaan beres tepat waktu dan output kerjaan gak terganggu. Ya gak seehhh? Hihi semoga atasan di knator gak baca ini :D

freepik.com

#30haribercerita #30HBC19 #30HBC1905



Rini Novita Sari
@rinie_noe
rinienoe46@gmail.com


4 komentar:

  1. Bener nih, penting banget atur waktu buat yang kerja, apalagi saya kerja lebih awal lho, pergi jam 7, sampe rumah tengah 6, hahah... makanya harus pintar ngeblog.

    saya tetap bisa konsisten nulis karena cuma nerbitin 2 artikel/bulan, semua udah dijadwalkan dengan baik. Bayangkan 2 minggu buat nulis itu waktu yang panjang, dan di cicil tiap hari sampai akhirnya kelar.

    Kalau BW-an nyari free time, maksimal 5 blog per hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebulan cuma post 2 x tapi hight quality semua artikelnya mas. salut. hahaha..
      yang penting konsisten. its mean, polanya teratur dan rapi. sip banget mas sabda.

      wah mas sabda kerja lebih pagi dan pulang lebih malam dari saya. haha

      Hapus