24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Fakta Tentang Rocky Gerung, Si Idola Baru - Kritik Pedas dan Kecerdasan yang Mencuri Perhatian Publik

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Fakta Tentang Rocky Gerung, Si Idola Baru - Kritik Pedas dan Kecerdasan yang Mencuri Perhatian Publik

Akhir-akhir ini saya mulai antusias lagi menonton Indonesia Lawyers Club atau ILC yang ditayangkan di TV nasional yaitu TV One. Saya bukan orang yang suka membahas politik, bisa dibilang Saya cukup malas melihat dunia politik yang saya tak tahu dimana kebenaran dan kepalsuan nya, tipis sekali.

Namun karena terus muncul di beranda YouTube saya, suatu malam saya membuka video ILC. Saya lupa saat itu episode apa yang saya tonton. Yang pasti ada 1 sosok yang membuat saya geleng-geleng karena kagum dengan cara berpikir dan cara dia menyampaikan pemikirannya. Dan dari video itu saya terus lanjut membuka banyak sekali rekomendasi video yang memunculkan sosok satu ini.

Dia adalah Rocky Gerung

Rocky Gerung - Idola Baru yang Mencuri Perhatian Publik
source :rilis.id

Hampir sebulan ini, setiap malam kepala saya selalu diisi dengan kuliah-kuliah singkat ala Rocky Gerung. Enggak hanya video ILC yang saya tonton melainkan juga video-video dari talkshow-talkshow dan seminar yang dihadiri oleh Rocky Gerung sebagau narasumber atau panelis.

Semakin saya kagum semakin saya mencari tahu banyak tentang Rocky Gerung. Ada beberapa hal dan fakta menarik yang saya dapatkan selama mencari tahu tentang sosok Rocky Gerung, misalnya:

1. Menjadi Dosen Hanya Dengan Gelar S1 Dan Tidak Mendaftarkan Diri Sebagai Dosen

Diberbagai talkshow, seminar dan dari pernyataan Rocky Gerung sendiri ternyata faktanya meski dipanggil profesor dan mengajar sebagai dosen di Universitas Indonesia (bahkan mengajar untuk tingkat S2 dan S3), Rocky Gerung hanyalah seorang lulusan sarjana S1.

Ini yang membuat saya kaget sekaligus kagum. Bayangkan, sosok hebat seperti apa yang hanya mempunyai ijazah S1 namun bisa mendidik dan mengajar mahasiswa bahkan di tingkat S2 dan S3. Tentukan sedikit aneh kan?. Masa yang ngajar gelarnya lebih rendah dari yang diajar. Nah, orang berpikiran negatif mungkin akan berpikir seperti itu. Faktanya para akademisi tidak melihat demikian. Nama Rocky Gerung di dunia akademisi nampaknya memang sudah mengudara dari beberapa tahun atau puluhan tahun lalu. 

Rocky Gerung bahkan sudah menyelesaikan atau menjalani masa mengajarnya selama 15 tahun di Universitas Indonesia yang kita ketahui sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Intelektualitasan dan kecerdasan Rocky Gerung nyatanya lebih dari sekedar selembar kertas ijazah. Rocky Gerung pun menjadi dosen di Universitas Indonesia tidak dengan cara mendaftarkan diri. Melainkan karena Rocky Gerung diminta untuk mengajar karena di UI kekurangan tenaga pendidik di jurusan ilmu filsafat. 

2. Kuliah Di 5 Jurusan, 1 Lulus Namun Ijazah Tak Diambil

Diungkapkan di Talk Show Jaya Suprana bahwa Rocky Gerung pernah menempuh pendidikan di 5 jurusan yaitu ilmu Filsafat, Teknik, Ekonomi, Filosofi Hukum dan juga Politik Internasional. Namun Rocky Gerung hanya menyelesaikan Ilmu Filsafat nya saja. Dan itupun ijazahnya tidak diambil dan dia tidak mengikuti wisuda.

Menurutnya:

"ijazah adalah tanda orang pernah sekolah, bukan tanda seseorang pernah berpikir"

Dan ternyata terbukti ya, tanpa ijazah yang beliau genggam di tangan, beliau tetap bisa berkarir dengan baik bahkan menjadi seorang sosok yang dikagumi dan dipercaya di dunia akademisi.

3. Tak Pernah Mengambil Gaji Di UI Selama 15 Tahun

Yang membuat kaget lagi adalah selama 15 tahun Rocky Gerung tak pernah mengambil gajinya di UI. Katanya

“saya sudah cukup kaya kok. Ya cukup aja lah, makanya saya gak ambil tuh gaji. Kalau pihak kampus mau ambil atau pake uangnya untuk kepentingan akademik silakan”.

Yang saya lihat dari penyampaiannya tentang gaji ini adalah bahwa Rocky Gerung lebih mementingkan kepuasan batinnya saat mengajar. Ungkapnya, 

"mengajar mahasiswa sangatlah menyenangkan. Karena disana ada banyak pikiran-pikiran tajam dan diskusi yang seru." 

kira-kira begitu.

4. Mahasiswa Kerap Meminjam Uang Ke Rocky Gerung

Hal ini saya ketahui dari ungkapan Sudjewo Tedjo pada salah satu acara. Di acara tersebut Rocky Gerung dihadapkan pada 10 panelis yang harus mengkritik beliau. Salah satu panelis yang ada disana adalah Sudjewo Tedjo. Saat itu panelis lain menanyakan apakah kedekatan Rocky Gerung dan SBY karena faktor uang. Dan Rocky Gerung pun menjawab tidak. Sudjiwo Tedjo pun meng-iyakan pernyataan Rocky Gerung. kira-kira seperti ini. 

“saya sih percaya kalau Rocky Gerung tak mendekati SBY hanya karena uang. Uang dia banyak, saya tanya ke beberapa mahasiswa nya, mereka banyak yang pinjam uang ke Rocky Gerung. Dan ternyata dikasih”


Rocky Gerung, Si Idola Baru - Kritik Pedas dan Kecerdasan yang Mencuri Perhatian Publik


lihat full segment nya ya guys. bisa klik DISINI

5. Menjadi Idola Sejak Kemunculannya Di ILC

Rocky Gerung sudah berlalu lalang sebagai pengamat dan krikitus memang sudah lama. Namun saya baru tahu ketika dia muncul di ILC. Mungkin kebanyakan sama yang seperti saya. Karena selama ini beliau aktif mengkritik tanpa tampil di layar kaca. Makanya saya bersyukur ada program-program seperti Indonesia Lawyers Club yang menampilakan bermacam-macam sosok yang bisa pemirsa nilai sendiri kemampuan dan kredibelitasnya. 

6. Aktif Di Twitter Dan Instagram

Selain aktif mengkritik pemerintah secara langsung melalui talkshow-talkshow atau seminar dan lain sebagainya. Rocky Gerung juga aktif menyuarakan opini dan kritiknya di akun-akun media sosialnya seperti twitter dan Instagram. Follower nya pun tak sedikit. Memang sedang menjadi idola baru di Indonesia si Rocky Gerung ini. 

7. Tak Pernah Menyebut Dirinya Sebagai Profesor

Yap, Rocky Gerung tak pernah menamai dirinya sebagai professor. Di satu episode, pihak yang tak suka akan kritikan yang disampaikan Rocky Gerung menyela bahwa Rocky Gerung adalah professor gadungan. Untuk itu presiden ILC, bang Karni llyas langsung mengklarifikasi bahwa Rocky Gerung tak pernah menyebut diirinya sebagai professor. Dia lah (karni Ilyas) yang meemanggil Rocky Gerung sebagai professor karena kagum akan kecerdaaannya. Dan itu digunakan sebagai becandaan, eh malah banyak yang ikutan panggil Rocky Gerung professor. 

8. Tidak Menikah

Dengan segala keunikannya ternyata sampai di usia 50 lebih ini Rocky Gerung memilih untuk tidak menikah. Nggak tahu pasti sih apa alasannya. Kalau karena nggak laku pasti nggak mungkin deh. Banyak sekali kok kaum hawa yang memuja-muja dia.

Pernah di beberapa talk show seperti di E talk Show yang ditayangkan di TV One, juga di youtube channel Jaya Suprana, Rocky Gerung menyatakan bahwa:

"wanita dan pernikahan adalah indah sebagai fiksi namun bahaya atau mengerikan sebagai fakta."

Wah kayaknya hanya orang-orang dengan pemikiran seperti Rocky Gerung yang bisa menyatakan hal demikian. Unik sih Nama saya nggak mau komentar lebih. Itu kan mengenai prinsip nggak perlu diperdebatkan. Hehehe.

9. Banyak Yang Mempeributkan Tentang Agama Rocky Gerung

Belum ada fakta yang jelas yang bisa saya dapat tentang agama dari Rocky Gerung. Ada yang bilang dia seorang Kristen, tapi nggak sedikit juga yang bilang dia atheis. Beberapa orang menganggap dia percaya Tuhan namun tidak memeluk agama. Dan beberapa orang lagi bilang kalau Rocky Gerung sedang dalam tahap untuk masuk Islam. Wallahualam.

Sebenarnya saya sendiri nggak terlalu memusingkan sih agama atau kepercayaan apa yang beliau peluk. Yang jelas faktanya, Rocky Gerung adalah seorang yang menghargai apapun agama dan kepercayaan orang lain. Dia pun mempunyai respect yang baik terhadap Islam. Bahkan ketika momen 212 yang terjadi di area Monas diperdebatkan di acara Indonesia Lawyer Club, dan beberapa orang meributkan tentang jumlah atau quantity orang yang hadir ke 212. Justru Rocky Gerung memberikan pencerahan dengan kata-katanya dan menyatakan bahwa 
212 tidak penting diperdebatkan masalah quantity-nya. Karena moment tersebut sudah berubah dari KUANTITAS menjadi KUALITAS.

Dan Rocky Gerung pun tak terlalu antusias untuk membahas tentang hal ini. Dalam acara di mana dia harus diserang oleh 10 panelis yang saya ceritakan di atas, seorang panelis pun menyerang nya dengan pertanyaan “sebenarnya apa agama Rocky Gerung”. Namun apa Rocky Gerung terpancing untuk membahas lebih lanjut tentang pribadinya?. Tentu tidak. Dan jawabannya menurut saya sangat luar biasa. Tonton sendiri deh guys.

Well, mari berhenti memperdebatkan tentang apa agama dan kepercayaan Beliau. Dan stop membuat topik ini menjadi senjata untuk berusaha menjatuhkan Rocky Gerung.

10. Sering Melontarkan Kata-Kata Menarik Dan Kontroversial

Ya, sosoknya memang mau tidak mau menjadi kontroversial. Apalagi dengan celetukan dan kritikan pedasnya terhadap pemerintahan sekarang ini.

Berikut beberapa tindakan atau celotehan dari Rocky Gerung yang menimbulkan kontroversi.

# Rocky Gerung Selalu Mengkritik Pemerintahan Jokowi

Ya benar Rocky Gerung merupakan salah satu sosok yang selalu mengkritik kinerja pemerintahan presiden kita pak Jokowi. Kalau ditanya Apakah Pro Prabowo dan kenapa jarang sekali mengkritik Prabowo sebenarnya Rocky Gerung mempunyai jawaba cukup masuk akal yaitu kira-kira begini:

"untuk apa saya mengkritik Prabowo yang belum bekerja sebagai presiden. Tentu saya akan mengkritik yang sedang bekerja. Ngapain Saya mengkritik Prabowo kan kata kalian belum ada kerjanya."

Begitulah kira-kira. Cukup masuk akal kan untuk menjawab pertanyaan kenapa rocky Gerung selalu mengkritik pemerintahan Jokowi. 

Kalaupun sekarang terlihat pro Prabowo karena Rocky Gerung tak menyukai dan banyak kritik terhadap pemerintahan Jokowi, nanti juga akan ada masanya jika Pak Prabowo berhasil menjadi Presiden maka Rocky Gerung yang akan mengkritik pemerintahan Pak Prabowo apabila mulai nyeleneh dan tak masuk akal.

# Kitab Suci Adalah Fiksi

Di episode Indonesia Lawak Club beberapa bulan lalu Rocky Gerung mengeluarkan kata-kata:

Kalau saya pakai definisi Fiksi itu mengaktifkan imajinasi maka kitab suci itu adalah fiksi. Karena belum selesai, belum tiba. Babad Tanah Jawi itu fiksi. Jadi ada fungsi dari fiksi untuk mengaktifkan imajinasi menuntun kita untuk berpikir lebih imajinatif, sekarang kata itu dibunuh oleh politisi.”

Tak heran karena menyangkut kitab suci maka pernyataan Rocky Gerung ini menjadi kontroversial dan banyak diperbincangkan di luar sana. Bahkan ada yang sampai membawanya ke jalur hukum. Tahu dong siapa yang membawa ini ke jalur hukum? hmmm

Nah kalau ini adalah pendapat saya pribadi.

Dari kata-kata diatas saya jadi ingat waktu sekolah SMP dan SMA dulu. Saat pelajaran bahasa Indonesia, guru bahasa Indonesia Saya sangat asyik menjelaskan tentang pertanyaan-pertanyaan yang terlihat mudah namun nyatanya cukup rumit. 

Dan saya pun sering bertanya kepada seorang teman perempuan di kelas saya yang mempunyai rengking teratas di kelas. Karena saya sering kesulitan mengartikan sebuah kata dalam satu kalimat.

Inget gak sih, dulu sering banget ada pertanyaan:


Apakah arti/ makna kata "X" dalam kalimat "Y"?

Kemudian ada pilihan ganda nya tuh. Nah kalo kita tidak membaca kalimat "Y" tadi maka kata "X" akan mempunyai banyak makna yang kemungkinan makna-makna ganda tersebut malah tersebut terdapat pada pilihan ganda semuanya. Bingung gak tuh. 

Tapi beda lagi apabila pertanyaan tersebut disuruh mencari makna kata "X" dalam suatu kalimat "Y". Maka seingat saya yang diajarkan oleh guru saya adalah kita harus melihat KONTEKS kalimatnya. Kata "X" di kalimat "Y" bisa mempunyai makna yang berbeda dengan kata "X" yang terdapat di kalimat "Z". Paham gak maksud saya.

Kalau menurut kalian gimana?

Kalau menurut saya sih nampaknya Rocky Gerung nggak punya niatan tuh untuk menghina islam atau agama manapun. Apalagi yang dibahas saat itu adalah tentang mengkritisi dunia politik. Dia tidak berdiri di posisi yang sedang mempromosikan diri sendiri loh ya.


Rocky Gerung - Idola Baru yang Mencuri Perhatian Publik

Tulisan ini merangkum beberapa video berisi rocky gerung. Silahkan tonton percakapan Pak Jaya Suprana dan Rocky Gerung untuk lebih mengenal siapa beliau DISINI

Rocky Gerung - Idola Baru yang Mencuri Perhatian Publik
situsinfopedia.com
Sebagai penutup Saya hanya mau bilang, saya tidak terlalu memikirkan keberpihakan Rocky Gerung kepada para calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu mendatang. Namun yang saya tekankan di sini adalah kekaguman saya terhadap cara pikir dan cara Rocky Gerung menyampaikan pikirannya secara lugas dan tegas, disertai sedikit sentilan humor namun pesannya selalu tersampaikan kepada para pendengar.

Kalau kalian akhir-akhir ini lagi kagum ke sosok siapa nih? 





Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. Saya mulai ngikutin statemen2 beliau sejak di ILC juga. Kritik2nya cerdas dan pedas.

    Dan sepertinya blm ada yg menang berdebat dengan beliau hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas saya pun begitu. saya gak mau bilang dia selalu menang atau belum ada yang menangin dia sih. kesannya RG nanti kayak orang arogan dan sombong

      tapi faktanya ilmu dan pengetahuannya luas banget. wkwkkwkwkw. salut. kagum saya. saya yang ga pernah baca banyak buku berasa dapat dongeng dn cerita / kuliah tip abis ntn video dia. ahaahahha

      Delete
  2. Sepertinya ada penganggum baru beliau nih. Hehe. Kebetulan saya suka ngikutin berita politik, jadi ILC adalah tontonan wajib saya setiap minggunya. Sejak pertama kali Rocky muncul di ILC, saya langsung kagum sama sudut pandang dan cara berfikirnya. Nah yang disampaikan di tulisan ini saya udah tonton semua acaranya xD
    Satu lagi yang unik dari beliau ini, beliau begitu menikmati ketika dia sedang di debat, terutama ekspresi nya saat di debat 10 panelis itu, gesturnya santai dan wajahnya antusias sekali, padahal lagi didebat habis2an, dan beliau membalas debatnya dengan sangat baik..
    Benar banget nih, terlepas dari afiliasi politiknya Rocky Gerung, beliau patut diteladani kecerdasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas. aku bru sebulanan ini mantengin ILC lagi karena dulu rada males liat politik di negri kita ini. eh sekalinya tau kecerdasan dan gaya bicara nya dia aku jadi kepo semua video dia termasuk yg di ILC.

      jarang2 nih ada org kayak beliau. mbener mas. beliau menikmati bgt setiap debat dan adu argumen. justru itu yg dia suka kan... nyantai tapi nancep gtu omongannya. hahhaa

      di share ya mas biar byk yg tau lagi. hahhaa

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post