Menikmati Mendoan Super Besar Dan Lezat Di Tepian Waduk Sempor Kebumen

Sebagai seorang anak rantau tentu “pulang kampung” selalu menjadi salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu. Termasuk saya. Banyak hal yang dirindukan dari kampung halaman, dan salah satunya adalah tentang makanan yang hanya bisa ditemukan di sana.

Pun saya yang selalu merindukan tempe mendoan khas Kebumen atau Banyumasan yang memang namanya sudah cukup termasyhur di Indonesia. Jauh-jauh hari saya sudah chattingan dengan sahabat saya ‘Kartike’ dan merencanakan pertemuan kami serta berpikir kemana kita akan pergi saat sama-sama pulang ke kampung halaman.

Menikmati Mendoan Super Besar Dan Lezat Di Tepian Waduh Sempor Kebumen

Nggak tahu kenapa saat itu dari mulut saya langsung tercetus bahwa saya ingin menyantap mendoan yang super besar sambil menyaksikan keindahan alam Kebumen yaitu di Waduk Sempor. Setelah saya ingat-ingat lagi, sepertinya alasan saya ingin ke sana sambil menikmati mendoan adalah karena beberapa waktu yang lalu saya sering menyaksikan beberapa teman memposting foto di feed atau pun instastory tentang kegiatan serupa. Yap, yaitu nongkrong-nongkrong waduk Sempor sambil makan mendoan. Hmmmmmm......Sungguh sungguh kebahagiaan yang sangat sederhana. I like that

Apa Itu Mendoan

MENDOAN adalah makanan khas Jawa Tengah tepatnya untuk daerah Kebumen, Purwokerto, Banyumas dan sekitarnya. Yap, banyumasan yang kental dengan logat “NGAPAK”nya itu loh. Pasti tau kan guys? LOL 

Mendoan atau tempe mendoan biasa juga disebut tempe kemul (selimut, dalam Bahasa Indonesia). Hal ini dikarenakan mendoan adalah cara memasak tempe dengan membaluri atau menyelimutinya dengan adonan tepung super tebal dengan paduan aneka bumbu dapur dan biasanya disertai potongan daun bawang.

Menikmati Mendoan Super Besar Dan Lezat Di Tepian Waduh Sempor Kebumen


Kenapa Mendoan Itu Special

Cara memasak tempe menoan ini cukup unik yaitu tak perlu berlama-lama direndam atau digoreng di dalam minyak goreng. Hanya perlu beberapa menit saja untuk menggorengnya. Cukup masukan ke minyak, bolak balik sebentar 2-3 menit langsung deh angkat dan tiriskan.

Hasilnya adalah gorengan tempe yang terkesan masih “lemes” dan “klemar-klemer” karena belum di goreng sampai kering. Nah justru itu sensasinya. Rasanya yang gurih dan manis bener-bener sempurna. Ayam goreng? Lewat deh kalau dibandingin sama tempe mendoan. Ajib gak tuh.

Soal rasa? Gak usah ditanya deh. Susah mendeskripsikannya. Nikmat bener haha. Coock banget disantap dengan nasi hangat, sayur olahan santan, atau bahkan hanya sebagai cemilan dan disiram dengan sambal kecap atau saos. Ya gusti, udah kepengen balik kebumen lagi kalau nyeritain ini :(

Saking kangen dan sukanya sama tempe mendoan, maka ketika pulang kampung saya benar-benar nggak mau makan makanan yang sudah biasa saya temukan di Surabaya. Misalkan ayam goreng atau telur goreng. Ibu saya pun sudah paham kalau saya pulang ke rumah pasti yang saya ingin pertama adalah tempe mendoan. Jadi langsung di masakin deh. hehe

Harga Tempe Mendoan

Jangan khawatir guys, makanan enak ini nggak akan membuat kantong kalian kering kok. Cukup  membayar Rp2.500 aja kalian udah bisa menyantap tempe mendoan sebesar ini guys, ya ampun.

Tentang Waduk Sempor

Waduk Sempor adalah suatu bendungan yang mempunyai pemandangan sangat indah dan cantik karena dikelilingi oleh perbukitan yang sangat asri dan hijau. Jika kalian ke sana, kalian akan melihat hamparan perbukitan yang menyegarkan mata serta bendungan air yang sangat luas.

Waduk Sempor merupakan salah satu waduk dari beberapa waduk yang ada di Kebumen. Waduk lain yang cukup terkenal juga di Kebumen bernama Waduk Wadaslintang.

Menikmati Mendoan Super Besar Dan Lezat Di Tepian Waduh Sempor Kebumen

Waduk Sempor ini sangat cocok dijadikan salah satu destinasi wisata atau tempat beristirahat sejenak untuk melupakan kelelahan usai beraktivitas sehari-hari. Di sini kita bisa nongkrong santai di pinggiran waduk Sempor atau di warung-warung yang ada di sekitaran waduk tersebut. Oh ya, waduk Sempor ini berada di ketinggian kurang lebih 30 meter diatas permukaan air laut. Cukup tinggi ya guys.

Menikmati Mendoan Super Besar Dan Lezat Di Tepian Waduh Sempor Kebumen


Lokasi Waduk Sempor

Waduk Sempor berada di desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kira-kira berjarak 30 km dari pusat Kota Kebumen dan 8 km dari pusat Kota Gombong.

Menikmati Mendoan Super Besar Dan Lezat Di Tepian Waduh Sempor Kebumen


Tiket Masuk Ke Waduk Sempor

Seingat saya, kemarin saya ber-3 dan mengendarai mobil hanya membayar Rp20.000 sudah termasuk parkir. Jadi mungkin perorang hanya dikenakan Rp5.000 saja. Murah banget kan.


Menikmati Mendoan Super Besar Dan Lezat Di Tepian Waduh Sempor Kebumen

Cara / Transportasi Ke Waduk Sempor

Untuk menuju ke waduk Sempor kalian nggak perlu bingung bingung guys. Semua jenis kendaraan bisa kok ke sana. Dari mobil pribadi, sepeda motor, atau bus bisa kok naik sampai ke lokasi. Untuk yang mau menggunakan transportasi umum juga bisa menggunakan angkot tujuan Gombong lalu melanjutkan dengan angkot ungu. Bisa tuh kalian sambil tanya-tanya ke naik angkot yang mana.


Menikmati Mendoan Super Besar Dan Lezat Di Tepian Waduh Sempor Kebumen

Gimana teman-teman, kalian udah pernah nyobain tempe mendoan belum? kepengen nyobain tempe mendoan nggak?

Rada susah sih emang nyari tempe mendoan kalau nggak di Jawa Tengah khususnya di daerah Kebumen, Purwokerto, Banyumas dan sekitarnya. Di Jogjakarta aja yang jaraknya nggak terlalu jauh dari kota-kota tersebut tadi udah susah banget nyari mendoan. Apalagi saya yang merantau di Surabaya sudah pasti bahkan mungkin nggak ada deh yang jualan tempe mendoan. Bahkan tempe mentah yang senikmat tempe untuk mendoan aja rasanya emang nggak ada deh. Sedih kan. 


Menikmati Mendoan Super Besar Dan Lezat Di Tepian Waduh Sempor Kebumen

Menikmati Mendoan Super Besar Dan Lezat Di Tepian Waduh Sempor Kebumen

#30haribercerita #30HBC19 #30HBC1904


Rini Novita Sari
@rinie_noe
rinienoe46@gmail.com

4 komentar:

  1. Aaaak jadi rindu makan mendoan mbak, apalagi kalau masih hangat krenyes krenyes gtu. so yummy ~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah makan mbak? lezatosss yaa? hihi

      Hapus
  2. hampir tiap hari saya makan medoan, apalagi pake cabe rawit sama kopi,makin enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang kebumen juga mas?? Mantap emanemang mendoan ya mas . Uhuuiii

      Hapus