Jumat, 18 Januari 2019

Sebagai orang yang bekerja di tempat usaha orang lain atau yang biasa kita sebut karyawan tentu mengharuskan kita mempunyai kemampuan kemampuan yang bisa dipakai dan diandalkan di perusahaan.

tentu perusahaan juga akan senang apabila karyawan-karyawan mempunyai kemampuan yangyang baik dan bisa diandalkan dalam berbagai kondisi.

Meski benar jika ijazah atau tanda kelulusan kita dari Universitas merupakan pintu gerbang kita menuju dunia kerja, tetapi kita akan tetap kalah bersaing jika kita tidak mempunyai skill atau kemampuan yang mumpuni dan sesuai dengan tempat kerja kita.

Bagi saya bekerja adalah tentang bagaimana kita membuat dan mempertahankan performa kita di tempat kerja. Mau dibilang cari muka atau apa kek tapi hal ini adalah salah satu hal yang positif kita lakukan jika kita bekerja dengan orang lain.

Performa yang baik bagi saya bisa dinilai dari berbagai sudut pandang. Maksudnya adalah bahwa performa tersebut bisa dinilai baik atau buruk oleh beberapa pihak sahkan oleh teman kerja dalam satu lingkungan, pihak luar apabila kita memang mempunyai relasi dengan dunia luar, dan terutama penilaian dari atasan tah itu kepala bagian atau top manajemen lainnya.

Bagaimana Untuk Bisa Mencapai Performa Kerja Yang Baik?

Nah tentu yang bisa menentukan cara apa yang bisa dipakai untuk mendapat hasil dan performa kerja yang baik adalah kita sendiri sebagai pelaksana. Intinya sebagai pekerja tujuan utamanya pasti menyelesaikan pekerjaannya dengan baik benar dan tepat waktu.


Nah untuk mencapai hasil dan performa kerja yang baik tersebut tentu harus didukung oleh skill atau kemampuan- kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang karyawan.

Dan Inilah 5 Skill Yang Wajib Dimiliki Oleh Karyawan


5 Skill Yang Wajib Dimiliki Oleh Karyawan
Add caption

1. Pengoperasian Microsoft Word Dan Excel

Sebagai karyawan yang hidup di era milenial seperti sekarang ini tentu mengharuskan kita untuk sadar teknologi. Nggak perlu muluk-muluk, menurut saya kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh semua orang adalah pengoperasian Microsoft Excel dan Word. Itu adalah standar minimal seorang karyawan agar bisa beradaptasi di perusahaan yang berkembang sekarang ini.

Tentu semakin berkembangnya zaman menyebabkan penggunaan Microsoft Word dan Excel semakin berkurang. Karena hampir semua hal dan aktivitas di perusahaan bisa dicatat dalam sebuah sistem komputer yang terintegrasi dengan baik dan disusun oleh tim it.

Namun menurut saya, sebagai karyawan kita harus tetap sadar bahwa tak semua laporan yang diinginkan oleh top management hanya laporan dikeluarkan dari sistem komputer. Mengandalkan 100% dari sistem di komputer maka akan membuat seorang karyawan bekerja sebagai robot.

Pengalama pribadi saya yang bekerja sebagai staff accounting hampir 7 tahun membuat saya tersadar bahwa sistem komputerisasi yang baik di perusahaan belum tentu bisa mewakili semua laporan yang diminta oleh top management.

Terkadang ada tugas-tugas khusus yang mengharuskan kita untuk mengolah data dari sistem komputer menjadi sebuah laporan yang dibutuhkan oleh manajemen. Untuk itulah kemampuan Microsoft Excel sangat penting bagi seorang karyawan.

Terlebih jika perusahaan tempat anda bekerja belum menggunakan sistem komputerisasi yang baik. Tentu hampir semua pekerjaan akan mengandalkan Microsoft Excel. Karena itu pelajari dasar-dasar penggunaan Microsoft Excel dengan baik. Kalau bisa juga dibarengi dengan mempelajari rumus-rumus Excel seperti Vlookup, Hlookup, IF dan lain sebagainya.

Kemudian untuk Microsoft Word biasanya diperlukan untuk pembuatan surat, dokumen tertentu, dan lain sebagainya. Malu dong kalau tiba-tiba disuruh mengerjakan sesuatu oleh atasan menggunakan word tapi nggak bisa menyelesaikannya dengan baik. Padahal kan itu dasar-dasar penggunaan komputer yang sudah kita pelajari sejak duduk di bangku SMP dulu.

5 Skill Yang Wajib Dimiliki Oleh Karyawan
images.vexels.com


 2. Analisis Masalah

Sebagai karyawan yang bekerja di perusahaan dengan bermacam aktivitas tentu mau tidak mau akan membawa kita menghadapi masalah-masalah yang timbul setiap hari. Nah sebagai karyawan yang ingin maju dan berkembang tentu sebaiknya kita bisa menganalisis masalah-masalah yang muncul tersebut. Tentu kemudian untuk ditemukan solusi atau dijadikan bahan diskusi dengan atasan.

Nah kemampuan kita menganalisis masalah ini pasti akan dinilai baik juga oleh atasan. Percaya deh, atasan yang melihat karyawannya bisa mempetakan masalah yang terjadi bahkan menemukan solusinya pasti akan merasa senang hati. Tentu dong itu akan jadi nilai plus kamu di mata atasan kamu.

3. Komunikasi Yang Baik

Kembali lagi karena kita tidak bekerja sendiri tentu mengharuskan kita mempunyai cara berkomunikasi yang baik. Cara berkomunikasi yang baik tentu akan menunjang kenyamanan kita dalam bekerja dan juga kenyamanan rekan-rekan kerja kita.

Cara komunikasi yang buruk dengan sesama rekan kerja selevel tentu akan memperburuk suasana kerja. Cara komunikasi yang buruk dengan pihak luar atau partner bisnis perusahaan tentu akan memperburuk citra perusahaan. Apalagi cara komunikasi yang buruk dengan atasan, pasti fatal.

Karena itu selagi kita membutuhkan pemasukan dari pekerjaan sebagai karyawan maka perbaikilah cara komunikasi kita. hehe

5 Skill Yang Wajib Dimiliki Oleh Karyawan
cloudfront.net


4. Cara Beradaptasi Dengan Lingkungan Kerja

Bekerja sebagai karyawan berarti juga bekerja bersama karyawan karyawan lain. Udah pasti kita nggak bekerja sendiri. Wkkw. Setiap hari kita akan dihadapkan dengan individu-individu yang mempunyai watak dan karakter yang berbeda.

Nah agar mendukung kinerja kita diperusahaan tentu kita juga harus pintar-pintar berapdatasi dengan apapun yang ada di perusahaan. Entah itu kondisi perusahaan, karakteristik rekan kerja, karakteristik atasan, peraturan di tempat kerja, bahkan beradaptasi dengan pekerjaan itu sendiri.

Karena itu, jika bekerja dengan orang lain dan berinteraksi dengan orang lain sebaiknya kurangi sedikit rasa idealis dalam diri kita dan mulailah beradaptasi dengan apa yang ada di lingkungan kerja. Bukan berarti menjadi idealis itu buruk. Tetapi ada satu dan lain hal yang apabila kita letakkan keidealisan itu di wilayah publik apalagi di perusahaan jadi kurang tepat. Butuh contoh kasus nggak nih? hehe

5 Skill Yang Wajib Dimiliki Oleh Karyawan

5. Pintar Membagi Dan Mengelola Waktu

Nah 1 poin yang penting lagi dalam skill seorang karyawan adalah tentang bagaimana kemampuan membagi waktu atau mengelola waktu. Yang namanya pekerjaan pasti dituntut untuk diselesaikan sesuai deadline yang ada.

Tuntasnya pekerjaan berdasarkan deadline yang ada tentu akan menunjang kinerja yang baik di perusahaan. Karena biasanya apa yang kita kerjakan juga berhubungan dengan pekerjaan orang lain di perusahaan kita. Itu berarti bahwa keterlambatan akan pekerjaan kita akan berdampak buruk kepada divisi-divisi lain.

Di kondisi-kondisi yang lain seorang karyawan juga biasanya dituntut untuk multitasking karena 1 atau 2 pekerjaan bisa datang dalam waktu yang bersamaan. Untuk itu skill mengelola waktu agar bisa dimanfaatkan dengan efektif dan efisien juga cukup penting.

5 Skill Yang Wajib Dimiliki Oleh Karyawan
cdn4.vectorstock.com

Gimana guys, merasa punya skill seperti di atas enggak? Kalau udah pasti lebih lancar dong kerjanya?  Nah untuk yang lagi cari-cari kerja, jangan lupa belajar Excel dan word ya biar nggak malu-maluin. Hehe


RINI NOVITA SARI
IG @rinie_noe
Rinienoe46@gmail.com

2 comments:

  1. Iya, bagi yang kerja berkutat sama laporan, dan data, excel penting banget. Selain itu, harus manajemen waktu juga sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak. Excel dimana2 perlu .. Apalagi buat modif tampilan laporan.

      Hapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes