24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
5 Hal Yang Paling Bikin Khawatir Saat Baru Diterima Kerja Dan Cara Mengatasinya

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

5 Hal Yang Paling Bikin Khawatir Saat Baru Diterima Kerja Dan Cara Mengatasinya

Siapa sih yang gak seneng kalo keterima kerja. Nyari kerja itu susah Bos. Persaingan gak karu-karuan. Pasti seneng lah kalau akhirnya bisa bekerja di satu tempat dan memperoleh gaji bulanan.

Dengan bekerja kita bisa memperoleh penghasilan yang akan kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, juga untuk tabungan kita di masa tua nanti.

Nah sayangnya kebanyakan orang yang baru bekerja pertama kali atau yang baru pindah tempat kerja akan mengalami sedikit kekhawatiran dan ketakutan. Namanya rasa khawatir dan takut itu wajar sih untuk siapa saja yang akan melewati tahap baru dalam hidupnya. Termasuk masalah pekerjaan.

 5 Hal Yang Paling Bikin Khawatir Saat Baru Diterima Kerja

5 Hal Yang Paling Bikin Khawatir Saat Baru Diterima Kerja Dan Cara Mengatasinya
img.okeinfo.net


1. 
Nggak Bisa Diterima Atau Berbaur Dengan Karyawan/ Pekerja Lama

Bekerja ditempat baru tentu akan mempertemukan kita dengan orang-orang baru pula. Nah sayangnya tak semua orang yang baru kita ketemu mempunyai karakter yang menyenangkan atau ramah.

Pengalaman yang saya alami setelah beberapa kali pindah tempat kerja  pun demikian. Banyak orang yang dari tampilan luarnya terkesan tak ramah dan tak senang basa-basi. Mungkin juga sedikit pelit akan senyuman. Padahal aku nya udah berusaha senyum ke semua orang. Hahahaha

Well, kembali lagi itu adalah penilaian pertama kali atau first impression. Yang saya yakini adalah memang semuanya butuh proses. Termasuk untuk proses untuk saling mengenal. Memang ada beberapa orang yang meskipun baru pertama kali sudah langsung berramah tamah. Tapi, kita jangan pernah berfikir bahwa hal tersebut bisa kita temui di semua tempat.

Jadi sadar kalau semua orang tak bisa langsung beramah tamah itu juga penting. Tenang aja, semakin sering bertemu nanti juga pasti akan lebih banyak obrolan dan akan lebih saling kenal kok. Meskipun tak menjamin semua orang di lingkungan baru kita adalah orang yang baik dan suka beramah tamah, tetap jalanin aja.

Kalau saya sih tipe yang sedikit enggak peduli ya kalaupun ada orang yang kurang ramah atau kurang senang akan kehadiran kita. Yang penting tujuan kita ke sana adalah kerja dan mencari ilmu serta nafkah. Udah fokus di situ aja. Nggak usah mikirin hal-hal yang justru membuat kita down.

2. Takut Melakukan Kesalahan Di Hari Pertama

Hal ini wajar kok, namanya juga orang yang baru pertama kali melakukan sesuatu di tempat yang baru pulang. Pasti kesalahan-kesalahan kecil akan kita temui di awal-awal proses adaptasi kita. Biasanya para senior atau orang-orang lama baru juga akan sedikit memaklumi. Asalkan kesalahan-kesalahan tersebut nggak akan terulang lagi kedepannya.

Solusinya banyak-banyaklah akan sesuatu yang masih kalian ragukan atau belum kalian ketahui kepada para senior di tempat kerja kalian. Banyak bertanya di awal-awal kita bekerja itu wajar kok. Kan kita masih belum tahu apa-apa di tempat kerja tersebut.

Kalaupun ada orang yang ditanya kemudian memberikan respon yang kurang baik kita jangan langsung down. Terus coba aja bertanya sama orang lain. Intinya kita harus mempunyai prinsip dulu bahwa kita harus bertahan di tempat tersebut selama kondisi di sana masih dalam batas wajar. Dan tentu kita harus hati-hati apa yang kita lakukan di tempat kerja kita yang baru. Tapi jangan terlihat kamu juga kalau adaptasi di tempat kerja baru. Berusahalah berbaur dan beradaptasi dengan cara yang elegan namun santai.

3. Peraturan Tempat Kerja Yang Ketat Atau Aneh

Nah ini biasanya juga jadi salah satu ketakutan para pekerja baru. Biasanya kalau peraturan peraturan tertulis di tempat kerja baru mungkin akan disampaikan ketika kita menjalani interview atau saat kita diberitahu atau diinfokan kalau kita diterima kerja. Jadi kalau dirasa kita bisa menyesuaikan diri dengan peraturan yang ada maka bisa di lanjutin tuh kerja di situ. Tapi jika sekiranya peraturan-peraturan yang lumayan parah dan mengganggu produksi kalian maka sebaiknya jangan dilanjutkan.

Misalkan ada nih perusahaan yang melarang karyawannya untuk menggunakan jilbab atau melakukan ibadah. Tentu di awal kalian harus memutuskan untuk tidak menjalani pekerjaan jika peraturan-peraturan aku pengen sekalian. Namun juga kalender masalah sih oke-oke aja.

Jangan sampai nih kalian nggak setuju dan nggak bisa menjalankan peraturan tersebut Namun kalian tetap menjalani pekerjaan di sana. Jangan sampai kalian melakukan hal-hal yang barang oleh peraturan secara sembunyi-sembunyi. Nanti malah ujung-ujungnya nggak enakan.

4. Takut Tidak Bisa Mengerjakan Pekerjaan Dengan Baik

Nah ini nih biasanya ketakutan dan kekhawatiran yang paling sering dialami oleh para pekerja baru.  Bahkan biasanya sebelum melamar pekerjaan juga udah banyak yang ketakutan duluan. Wajarlah kalau kita akan menemui masalah saat awal-awal kita melakukan pekerjaan di tempat baru.

Nggak usah takut berlebihan, yang namanya melakukan pekerjaan baru di tempat baru pasti ada minimal 1 orang senior atau orang lama yang akan mengajari kita melakukan pekerjaan tersebut. Nggak mungkin banget kita baru masuk kerja kita langsung diberikan pekerjaan untuk menyelesaikannya sendiri. Itu namanya konyol.

Orang yang berpengalaman sekalipun pasti perlu dibimbing ketika bekerja pertama kali. Cara kerja di satu tempat dengan tempat lainnya berbeda. Sistemnya pun bisa berbeda. Jadi Jangan Takut berlebihan ya guys, pasti nanti ada yang ngajarin.

Nah tinggal setelah diajarin maka kita harus catat baik-baik apa yang disampaikan. Jangan takut menyampaikan pertanyaan yang dirasa masih ragu dan memerlukan jawaban atau bantuan dari orang lama atau senior. Prinsip saya ketimbang saya salah dalam bekerja lebih baik saya bertanya dengan orang yang lebih paham.

5. Takut Dan Canggung Berkomunikasi Dengan Atasan

Nah ini juga yang paling sering nih. Terlebih untuk orang yang benar-benar baru pertama kali bekerja dan mempunyai atasan. Pikiran pikiran negatif yang berpikir bahwa semua atasan adalah orang yang jahat menyerap dan menyeramkan sebaiknya ditanggalkan dulu. Karena pikiran pikiran negatif tersebut justru yang akan membawa kita kepada rasa gugup dan kurang leluasa dalam berkomunikasi.

Prinsipnya berkomunikasilah dengan santai dan sopan. Jawablah pertanyaan atasan dengan kalimat yang sopan dan santun santun. Jangan nggak untuk bertanya kepada atasan akan hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan atau yang berhubungan dengan pekerjaan. Nggak semua atasan itu jahat Kok. Kalaupun ada atasan ada yang jahat kan kita tetap butuh komunikasi. Jangan sampai komunikasi dengan atasan hingga akhirnya menimbulkan banyak "gap".

Nah kalau kalian apa nih kekhawatiran dan ketakutan yang kalian alami ketika pertama kali bekerja?


RINI NOVITA SARI
IG @rinie_noe
Rinienoe46@gmail.com
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post