Selasa, 22 Januari 2019

Selain rasa malas dan juga keleluasaan waktu yang dimiliki, nampaknya masalah terbesar dalam konsisten menulis artikel di blog adalah masalah ide. Tentu karena Ide adalah hal yang sangat mahal maka untuk menemukan dan memikirkannya kadang cukup sulit. Terlebih untuk seorang blogger yang memiliki aktivitas lain selain ngeblog.

Nah karena saya pun adalah seorang yang melakukan aktivitas blog di sela-sela aktivitas rutin sehari-hari tentu harus menyiasati bagaimana caranya agar saya tidak kehabisan ide. Dengan kata lain saya harus menyiapkan stok ide agar blog saya tidak mati dan selalu mempunyai perkembangan.

Sebagai blogger yang punya bermacam-macam kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara saya mendapatkan ide untuk blog saya yang mempunyai meja atau tema gado-gado atau campuran.

5 Cara Mudah Para Blogger Perempuan Dalam Menemukan Ide Menulis Artikel
stock.adobe.com

Sebelumnya akan saya bahas dulu tentang apa itu blog dengan niche gado-gado

Tahu gado-gado kan?. Itu loh, makanan khas Indonesia yang isinya beraneka macam sayuran dengan printilan-printilan itu. Sudah pasti dong dalam satu sajian atau satu piring yang berisi gado-gado akan ada banyak jenis makanan yang tercampur.

Nah sama tuh sama dengan konsep kebanyakan blog yang dimiliki oleh blogger perempuan. Enggak hanya perempuan sih yang mengusung tema atau konsep tema gado-gado. Beberapa blogger laki-laki ada kok yang mempunyai konsep serupa di blognya.

Lihat aja blog celoteh dini hari saya ini. Di headernya aja udah ada macam-macam atau tema seperti:

1. Travelling
2. Tips and sharing
3. Review
4. Kuliner
5. Opini
6. Education

Campur-campur banget kan?

Kenapa kebanyakan perempuan mengusung niche atau berkonsep gado-gado atau campuran pada blognya?

Saya kurang tahu sih dengan para perempuan lain. Tapi untuk saya sendiri yang juga seorang perempuan, yang mempunyai banyak sekali pikiran dan ide yang ingin saya ungkapkan dalam bentuk tulisan kemudian saya publikasikan dalam blog pribadi saya. Tentu ini berarti bahwa sebuah blog bagi perempuan adalah tempat curahkan perasaan cerita atau pengalaman. Biasanya sedikit berbeda nih dengan konsep para blogger laki-laki yang kebanyakan lebih fokus pada satu tema. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan kok. Menurut saya nggak ada yang perlu diperdebatkan ya tentang masalah ini.

Nah sekarang bagaimana cara saya mengumpulkan dan mendapatkan ide untuk blog saya.

1. Kegiatan Atau Aktivitas Sehari-Hari

Tentu semua orang mempunyai aktivitas nya masing-masing. Begitu juga dengan perempuan. Mungkin ada yang punya aktivitas di kampus, di sekolah, menjadi ibu rumah tangga, ataupun memilih menjadi wanita karir.

Nah dari bermacam-macam aktivitas tersebut sebenarnya bisa kok kita jadikan sebagai bahan penulisan atau ide penulisan untuk artikel di blog kita. Hal ini juga yang sering saya jumpai di blog-blog orang lain yang mengusung niche gado-gado.

Misalkan saja saya yang bekerja sebagai staff accounting di salah satu perusahaan di Surabaya. Maka dalam beberapa artikel, saya sudah pernah menuliskan tentang apa itu accounting, job desk seorang accounting, ataupun bagaimana cara atau tips menghadapi interview untuk posisi staff accounting.

Tentu saya melihat dong potensi dari aktivitas saya tersebut untuk saya bagikan ke orang banyak. Buktinya banyak orang kok yang mencari informasi tentang staff accounting melalui search engine.

5 Cara Mudah Para Blogger Perempuan Dalam Menemukan Ide Menulis Artikel
dreamsteam.com

2. Cara Pikir Atau Sudut Pandang Akan Sesuatu

Menurut saya para perempuan mempunyai cara berpikir dan juga sudut pandang yang menarik akan suatu hal. Cara berpikir atau sudut pandang ini tentu bisa diluapkan dalam bentuk tulisan di artikel. Biasanya seorang yang mengusung tema gado-gado kapan menggunakan cara ini untuk dimasukkan dalam konten " berbagi tips". Berbagi tips bisa didasari oleh cara berfikir, penentuan solusi dalam satu masalah, atau juga dari pengalaman yang tentu sudah dialami oleh blogger tersebut.

3. Memanfaatkan Media

Media yang saya maksud bisa jadi media sosial ataupun media-media lain seperti majalah, website, berita atau website lain yang mempunyai tema atau niche yang sama dengan yang kita miliki.

Dengan membaca berbagai media yang se tema dengan blog kita maka biasanya akan memunculkan ide-ide penulisan. Minimal akan memunculkan keinginan bagi kita untuk membahas hal yang sama seperti yang kita baca dari media tersebut. Nah itu kan bisa kita jadikan sebagai ide penulisan. Dari media tersebut kita juga bisa melihat apa sih yang sedang menjadi trend dan ramai dibahas oleh publik.

Biasanya saya mengamati trend-trend ini di twitter, ataupun akun-akun sosial media lain seperti instagram yang mempunyai tema sama dengan blog saya.

4. Pengalaman / Perjalanan Hidup Sendiri

Tentu menuliskan pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain  akan menjadi salah satu konten yang menarik jika dituliskan di dalam blog. Meskipun tak semua orang menyukai artikel yang berisi tentang pengalaman karena dianggap kurang memberikan manfaat atau informasi,tapi menurut saya menuliskan pengalaman pribadi lebih terasa original karena terdapat luapan emosi yang sangat jujur dalam artikel tersebut.

Kadang saya juga berpikir bahwa membagikan pengalaman yang kurang penting nampaknya kurang menarik jika dituangkan dalam blog. Karena itu tentu saya mempunyai cara sendiri untuk berbagi pengalaman saya tersebut.

Saya berbagi pengalaman yang kiranya bisa dijadikan acuan bagi para pengguna internet / orang lain ketika hendak melakukan aktivitas yang sama dengan yang telah saya lakukan. Tentu dengan begini akan muncul unsur informatif dalam artikel saya.

Misalkan saja saya menuliskan tentang pengalaman saya melakukan treatment di salah satu klinik kecantikan, atau pengalaman saya ketika berpergian atau travelling ke suatu tempat. Itu kan bagian dari pengalaman yang bermanfaat dan bersifat informatif. Tentu akan sangat menarik jika dibagikan di dalam blog pribadi.


5 Cara Mudah Para Blogger Perempuan Dalam Menemukan Ide Menulis Artikel
joanafaria.wordpress.com

5. Memantau Atau Melihat Tulisan Orang Lain / Blogwalking

Kegiatan blogwalking atau berkunjung ke blog orang lain merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan oleh seorang blogger. Selain untuk menjalin silaturahmi, bagi saya blogwalking juga bisa mendatangkan ide-ide sebagai bahan mnulis artikel.

Namun jangan sekali-kali untuk meng-copi paste apa yang sudah ditulis oleh orang lain ya guys. Blogwalking bagi saya adalah melihat ide orang lain untuk memicu pikira saya ke dalam ide tersebut. Tentu untuk dituangkan ke dalam bahasa dan cara berpikir saya sendiri.

So, artikel yang saya tulis akan tetap original karena berasal dari pikiran saya sendiri. Saya rasa banyak sekali kok yang menggunakan cara ini untuk mengumpulkan ide penulisan di blog mereka.


Kalau kalian punya cara tertentu nggak untuk mengumpulkan ide menulis?

RINI NOVITA SARI
ig :@rinie_noe
rinienoe46@gmail.com

4 comments:

  1. Kalo saya, kadang ide tuh suka muncul pas lagi dalam perjalanan gitu mbak...sambil meratiin sekeliling jalan suka tiba2 aja muncul ide heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Pas lagi diem , ngrenung apa musikan biasanya tiba2 ada ide. Haha . Intinya emang ide bsa dtg kapan dan darimana aja ya . Hehe

      Hapus
  2. Betul tuh, bw jadi salah satu cara ampuh untuk menemukan ide hehe. salam kenal mbak 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi bener kak biasanya aku pakai cara gitu. Haha

      Salam kenal kak

      Hapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes