24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
3 Yang Harus Kamu Lakukan Usai Posting Artikel Di Blog

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

3 Yang Harus Kamu Lakukan Usai Posting Artikel Di Blog

Sebagai seorang blogger, dulu saya hanya posting artikel tanpa tahu apa yang harus saya lakukan setelahnya. Saya pikir setelah posting maka kerjaan saya selesai. Saya juga belum sadar apa tujuan selanjutnya setelah posting artikel tersebut. Mungkin ini juga yang sekarang belum disadari dan diketahui oleh beberapa blogger pemula. Padahal ada tahapan yang harus kita lakukan setelah posting artikel yang nyatanya bisa berpengaruh terhadap kemajuan tulisan, traffic blog bahkan peringkat tulisan kita tersebut.

Berikut hal / kebiasaan yang biasa saya lakukan usai posting artikel di blog.

blog.blesshost.com


1. 
Submit Artikel Di Webmaster

Jika menghendaki artikel kalian masuk ke mesin pencarian google maka salah satu caranya adalah dengan SUBMIT URL ke webmaster google. Dengan cara ini artikel kalian akan dirayapi perlahan oleh google / terindex oleh google. Sebenarnya saya pernah eksperimen jika tanpa submit url pun, artikel saya bisa naik sendiri ke google. Namun untuk blog baru saya sarankan untuk tetap melakukan cara ini agar artikel lebih cepat di rayapi google.

Apa Manfaat Dari Submit Artikel Di Webmaster Ini:

Nah jika artikel kalian berkualitas, maka artikel kalian bisa bersaing dengan artikel bertema serupa dan perlahan naik ke page one google. Ini artinya akan banyak orang yang membuka artikel kalian dari search engine / mesin pencarian google. That’s mean penilaian google atas blog kita pun semakin naik gaes.

2. Share Di Social Media

Share artikel atau postingan kita di social media tentu akan meningkatkan jumlah visitor. Meski visitor terbaik adalah yang berasal dari google, namun cara ini juga layak dicoba untuk mempromosikan artikel kita. Kata Sobat Blogger, Content is a King, but Distribution is a Kingkong. Nah ini juga yang saya yakini.

www.writermag.com


Berikut cara-cara yang saya lakukan untuk share artikel di social media:

FACEBOOK
Buat akun fanpage di facebook dan add / invite semua teman. Nah setiap habis posting artikel langsung deh share ke page facebook kita tadi. CONTOH KLIK DISINI

GOOGLE+
Pasti punya Google+ dong guys. Nah, jangan cuman ajdi pajangan ahja. Pakai tuh buat share artikel terbaru kalian. Kata para mastah share di G+ juga mempercepat terindexnya artikel kita. Sayangnya gak lama lagi katanya G+ bakal tutup usia nih. Sedih ya. Hiks

TWITTER
Nah untuk twitter agak sedikit unik nih. Tapi banyak berdampak pada visitor blog. Ada beberapa cara yang saya lakukan sekalius ketika share artikel di twitter.
  • Share di beranda kita kasih hastag #blogger dan #bloggerindonesia
  • Follow dan share artikel dengan memberi mention @bperempuan dan hastag #bloggerperempuan
  • Follow dan share artikel dengan memberi mention @sobatblogger dan hastag #sobatblogger
  • Follow dan share artikel dengan memberi mention @bloggercrony dan hastag #bloggercrony
  • Follow dan share artikel dengan memberi mention @emak2blogger dan hastag #emak2update
  • Follow dan share artikel dengan memberi mention @bloggercrony dan hastag #bloggercrony
  • Follow dan share artikel dengan memberi mention @warungblogger dan hastag #happyblogging
  • Follow dan share artikel dengan memberi mention @blogggercihuy dan hastag #bloggercihuy


Contoh: 



Nah, akun akun yang saya sebutkan diatas adalah akun publik yang rutin meretweet mention an kita. Karena orang yang follow mereka adalah para blogger, tentu hal ini akan membuka kesempatan bagi artikel kita akan terbaca dan tersebar luas.

LINE
Lewat line bisa langsung kita share link kita ke beranda ya kan.

WHATSAPP
Whatsapp pun bisa jadi ajang promosi artikel kita dengan cara share di grup atau di whatsapp stories.

INSTAGRAM
Untuk yang followernya sudah beribu-ribu pasti sudah mendapat fasilitas swipe up di insta story ya. Nah bagi yang belum bisa (seperti saya, hehe) bisa taruh link di bio, kemudian tinggal update stories dan kasih tau tuh kalau ada artikel terbaru (LINK DI BIO)

Selalu Pakai Shortlink Saat Share Artikel

Nah agar link yang kita share di media-media diatas tak terlalu panjang dan mengganggu pemandangan serta tak enak dilihat, jangan lupa buat shortlink nya dulu. Bisa secara gratis kok di goo.gl atau bit.ly.

http://www.kja-artists.com

3. Blogwalking Dengan Meninggalkan Link

Cara ini nampaknya cukup ampuh loh untuk mendatangkan trafic dari saling kuncung blog sesama blogger. Selain untuk bersilaturahmi sesama blogger juga untuk menaruh link di kolom komentar mereka. Eits, namun inget yaa, jangan spam dan jangan langsung menaruh link mentah-mentah di kolom komen. Melainkan cantumkan aja url kita di bagian URL form.


Nah, hal-hal diatas yang selalu saya lakukan usai saya post artikel di blog saya. Semoga bermanfaat ya. Semoga traffic kita sama-sama semakin meningkat ya. Amin. Semangat guys. XOXO


#30haribercerita #30HBC19 #30HBC1902

30HBC1901 / 30HBC1902 30HBC1903 30HBC1904 30HBC1905 / 30HBC1906 30HBC1907


Rini Novita Sari
@rinie_noe
rinienoe46@gmail.com

Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 komentar

  1. untuk submit artikel, sebenarnya google udah lama menghapus tool submit url. tapi sebagai gantinya bisa menggunakan fitur Fetch as Google di Search Console

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang malah lebih praktis mas. dengan tampilan baru google search console langsung taruh link kita trus langsung di INSPECT. saya udah gak pake fetch as lagi skrg.

      Hapus
  2. Untuk di point 3 Sayang nya Saya sudah tidak bisa pake short link punya Google paling menggunakan alternatif lainnya, secara pribadi Saya sangat setuju dengan inti artikel Mba Rini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa kak kok udah ga bisa pakai shortlink?

      thanks ya akka udah mampir

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post