24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Ke Bromo Naik Motor Aman Kok Asal Perhatiin Hal-Hal Berikut Ini

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Ke Bromo Naik Motor Aman Kok Asal Perhatiin Hal-Hal Berikut Ini

“ Emang bisa ya ke Bromo pakai sepeda motor?”
“ Emang nggak bahaya?”

Banyak loh ternyata yang bertanya-tanya tentang hal ini. Kebanyakan takut karena jalan atau rute ke Bromo yang ekstrem.

Hmmm.. saya sudah hampir 4 kali ke Bromo menggunakan sepeda motor. Baik motor matic maupun motor bebek. Nyatanya aman-aman aja kok, tapi memang harus banyak yang dipersiapkan agar bisa aman menyusuri jalan pegunungan yang berkelok-kelok dan naik turun.

Pengalaman dan juga percakapan saya dengan orang-orang asli Suku Tengger pada saat berwisata ke sana akan saya bagi di artikel kali ini.


Tips Aman Ke Bromo Naik Motor

BACA JUGA:




PENGALAMAN 5 KALI KE BROMO NAIK MOTOR


Memang ya sedikit ekstrem ketika kita memilih sepeda motor baik motor bebek apalagi motor matic saat bertravelling. Namun sebenarnya banyak nyamannya kok kalau naik motor. Yang penting kita tetap berhati-hati.

Oke sebelum masuk ke TIPS AMAN BERKENDARA NAIK SEPEDA MOTOR KE BROMO saya akan bercerita pengalaman berapa kali ke Bromo naik sepeda motor terlebih dahulu.

Jadi saya beberapa kali naik motor ke Bromo bersama teman-teman saya. Baik itu motor bebek maupun motor matic. Sebenernya untuk ke Bromo bisa pakai jasa paket tour gitu, apalagi sekarang di aplikasi traveloka bisa langsung deal-deal sama tour guide di Bromo. Tapi kali ini aku lagi pengen lagi-lagi dan lagi naik motor kesana, hehe.

Rute yang biasa kami lewati yaitu Proboinggo atau Pasuruan. Karena 2 jalan / rute ini cukup aman untuk dikendarai menggunakan sepeda motor, bahkan sampai ke sunrise point Bromo yaitu penanjakan 1 maupun penanjakan 2 atau Seruni Point.

Oh iya kami berangjat dari Surabaya ya. Rute lain bisa kok lewat Malang. Tapi lebih jauh jika kami berangkatnya dari Surabaya.


Tips Aman Ke Bromo Naik Motor

Kami biasa berangkat ke Bromo dari Surabaya mulai jam 11 atau 12 malam.  Karena berniat untuk menyaksikan sunrise dan ingin bersantai di Bromo dan menikmati siang hari di sana.

TIPS AMAN KE BROMO NAIK MOTOR


1.        Pastikan Kondisi Sepeda Motor Kita Dalam Kondisi Sebaik Mungkin


Hal ini sebenarnya nggak perlu dikasih tahu juga sudah pada sadar ya. Karena  kemanapun kita akan pergi jauh menggunakan sepeda motor pasti yang pertama diperhatikan adalah kondisi kendaraannya kan?

Nah perhatikan kondisi mulai dari rem, lampu, oli, dan lain sebagainya. Yang cowok-cowok pasti sudah lebih paham dweh tentang hal ini.

Oh iya satu lagi. Kampas rem, kara orang sekitar bromo hal ini yang sering dan hamper selalu jadi masalah kendaraan para wisatawan yang mogok. Bisa jadi karena kondisi dari awal atau karena cara mengendarai motor di medan naik turun yang kurang lihai.

Oh iya untuk cewek sebaiknya jangan ke Bromo naik motor sendiri ya. Lebih baik kalian dibonceng oleh teman kalian. Karena pasti akan cukup berat bagi cewek kalau ke Bromo sendirian atau menyetir motor sendiri.


BACA JUGA:




2.     Browsing Dan Cari Tahu Dulu Rute Terbaik Termudah Dan Terdekat Dari Posisi Kalian Berangkat


Hal ini penting loh. Perlu kalian ketahui untuk menuju ke Bromo bisa melewati atau melalui beberapa jalur yang berbeda-beda. Bisa dari Pasuruan, Probolinggo ataupun Malang. Sebaiknya cari tahu dulu melalui review-review di blog dan juga bisa buka Google Maps dulu untuk mengetahui rute terenak dan terdekat yang akan kalian lewati nantinya. 

Sebenarnya ke Bromo bisa dilewati oleh semua motor. Justru menggunakan sepeda motor akan lebih fleksibel karena bisa melewati dan memilih banyak rute. Dan enaknya bisa langsung menuju ke sunrise point seperti penanajakn 1 dan penanjakan 2.

Tips Aman Ke Bromo Naik Motor

Beda dengan mobil yang kita harus parkir dulu jauh-jauh kemudian harus jalan kaki lebih jauh atau menggunakan jasa tour guide / menyewa Jeep beserta sopirnya dari beberapa travel agent.

Sekedar cerita, karena saya berangkat dari Surabaya jadi saya bisa melewati dua rute terdekat. Yaitu Pasuruan dan probolinggo. Tinggal kita pilih apakah tujuan pertamanya menuju ke penanjakan 1 atau menuju ke penanjakan 2 terlebih dahulu. Nah, 2 rute / jalan yaitu Probolinggo dan Pasuruan mempunyai kondisi jalan yang cukup baik serta full beraspal. 

3.        Pilih Jam Berangkat Yang Ideal Dan Sesuai


Jadi untuk masalah waktu keberangkatan saya akan menyarankan beberapa pilihan waktu atau jam yang tepat untuk kalian pilih.

Tips Aman Ke Bromo Naik Motor
  • Pertama jika ingin menyaksikan sunrise maka bisa memilih waktu keberangkatan misalkan dari Surabaya atau Malang jam 12.00 malam jadi sampai puncak penanajakn Bromo sekitar pukul 03.00 atau 03.30 pagi. Nah tepat tuh tinggal nunggu waktu sunrise. Inget ya di Bromo itu tiap hari bakalan ramai orang menantikan sunrise, jadi pastikan kalian datang terlebih dahulu untuk mendapatkan spot sunrise terbaik.
Note: Kalau berangkat tengah malam berarti kalian tidak bisa menyaksikan keindahan pemandangan sekitar Bromo ya. Kan gelap. LOL. Tinggal diatur sih waktu kepulangan kalian di ganti aja misal siang atau sore hari. Jadi bisa tuh menyaksikan pemandangan indah di sekitar Bromo.
  • Jika tak terlalu mengejar sunrise maka kalian bisa berangkat subuh atau pagi hari. Jadi sampai Bromo sudah terang dan langsung bisa menyaksikan keindahan dan kecantikan gunung Bromo dan gunung Semeru yang ada di belakangnya.
  • Namun ada pilihan lain nih kalau misalkan tetap ingin menyaksikan sunrise tapi enggan berangkat tengah malam, maka bisa tuh berangkat sore hari terus nge camp atau nginep deh di sekitar Bromo. Jadi pagi-pagi saat sunrise bisa tuh langsung jalan ke sunrise point misal penanjakan 1 atau penanjakan 2.
BACA JUGA





4.        Perhatikan Bahan Bakar

Jangan lupa ya untuk mengisi bensin secara full tank. Soalnya klau keabisan nggak akan mudah mencari pom bensin di sekitar Bromo. Ada sih bensin eceran dan itu pasti harganya juga akan lebih mahal. Jika lewat daerah Sukapura yaitu rute lewat Probolinggo di situ ada satu pom bensin terdekat dari gunung Bromo.


Tips Aman Ke Bromo Naik Motor

5.        Nggak Perlu Kebut-Kebutan


Selama perjalanan ke Bromo baik itu lewat Pasuruan, Probolinggo atau Malang sebaiknya kalian berjalan santai saja nggak perlu kebut-kebutan apalagi ektika sudah masuk ke medan yang berliku-liku dan naik turun.

Yang penting sampai ke tujuan dengan selamat. Selain memastikan dan membuat kondisi motor tetap aman, jika kalian berjalan santai juga jadi lebih bisa menikmati perjalanan sekitar Bromo ya kan?


BACA JUGA: 


6.      Safety First (Pakaian, Jaket, Sepatu, Kaos Kaki, Sarung Tangan, Minum, Obat-Obatan, Jas Hujan)


Ingat ya Safety First adalah hal yang terpenting saat kita mau berkendara menggunakan motor mau kemanapun itu. Jangan lupa pakaian dan kelengkapan seperti sepatu kaos kaki, jaket tebal, helm SNI, sarung tangan dan lain sebagainya.

Perlu diketahui jika berangkat tengah malam ke Bromo maka di perjalanan hawanya akan sangat sangat dingin. Saya pernah ke Bromo pada saat musim kemarau menggunakan sepeda motor, selama di perjalanan rasanya seperti ditimpa sama air es dari atas. Dinginnya bukan main. Sarung tangan dan kaos kaki sampai double-double bahkan jacket juga sampai double. 

Jangan lupa juga bawa jas hujan dan obat-obatan jika dirasa perlu. Soalnya cuaca di Bromo juga kadang nggak menentu. Takutnya tiba-tiba turun hujan kan malah akan kerepotan jika nggak bawa jas hujan

Satu hal yang terpenting adalah bekal air minum secukupnya. Jika kelelahan beristirahat sejenak dan hangatkan tubuh karena hawa di Bromo Malang sangat dingin. 

7.        Beristirahatlah Saat Diperlukan


Jika dirasa lelah atau pusing karena melewati rute perjalanan yang berkelok-kelok dan naik turun maka berhentilah sejenak. Cari warung yang menyediakan air hangat dan sebagainya. Hangatkan dulu tubuh sampai kondisi fit kembali untuk melewati perjalanan Bromo yang dingin.


Tips Aman Ke Bromo Naik Motor

Pengalaman saya pernah tuh pas ke Bromo musim kemarau beberapa bulan yang lalu. Berangkat tengah malam dan menyusuri jalan yang berkelok tak habis habis, tiba-tiba saya dan teman saya merasa pusing dan mual padahal biasanya juga biasa-biasa aja nggak pernah sampai mual begitu.

8.        Hati-Hati Saat Melewati Lautan Pasir


Ini juga tak kalah penting. Saat kemarau lautan pasir kan sangat tebal. Sehingga ban rodas epeda motor akan mudah selip saat berjalan diatasnya. Pastikan terus berhati-hati dan jangan terlalu ngebut. Salah-salah nanti malah bisa terpeleset atau malah terjerembab ke dalam lautan pasir tersebt. Pastikan lewati lautan pasir yang sudah ada jejak ban roda di atasnya.


Tips Aman Ke Bromo Naik Motor

Saat musim hujanpun harus tetap berhati-hati. Kadang yang terlihat kering diatasnya ternyata mengandung lumpur dibawahnya. So lewat di jalur yang sudah ada jejak roda tetap jadi pilihan dan cara yang baik.


PERMASALAHAN YANG SERING TERJADI JIKA MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR KE BROMO


Info ini berdasarkan penglihatan saya ketika main ke bromo dan dikuatkan oleh informasi orang-orang suku tengger yang kami ajak bicara.

Jadi memang sudah tak mengagetkan jika banyak kendaraan terutama motor yang mogok atau mengalami masalah karena tak kuat menanjak atau mogok di lautan pasir.

Kebanyakan permasalahannya ada di kampas rem dan kopling. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan para pengendara akan medan yang sedang di lalui. Karena medannya naik turun, berpasir dan berkelak kelok tentu tak sembarangan kan cara naik motornya. Jadi jangan kebanyakan gaya kalau naik motor ke Bromo ya guys. Hehe.

 

 

BAGAIMANA JIKA MOTOR SAMPAI MOGOK ATAU RUSAK DI BROMO


Apesnya kalau sampai motor mogok atau error di sekitar bromo dan lautan pasir, maka kalian terpaksa harus menggunakan jasa penggangkut motor yang ditawarkan oleh orang sekitar. Ada 2 pilihan jasa.
1.    Diangkut naik motor juga (digendong dan diikat diatas motor)
Sumpah ini ekstrim banget. 1 orang suku tengger membawa atau membonceng motor yang mogok tadi. Dengan medan yang begitu ekstrem bro. Lihatnya aja aku ngilu banget. Tapi tenang orang tengger udah professional kok tentang ini. Lincah banget.

2.    Diangkut pakai pick up
Nah ini lebih aman. Selain motor yang mogok, kalian juga bisa langsung diangkut naik pick up ini.

Kabar buruknya. 2 jasa tersebut nggak murah harganya. Kebetulan pas saya kesana kemarin trus nongkrong dan ngobrol-ngobrol sama pemilik warung disana, eh pas kejadian tuh depan saya ada motor mogok. Dari situ saya tahu kisaran harga untuk mengangkut motor kita. Yaitu sekitar 700-1.5 juta. Luwaarrrrrr biasaaaahhhhhhhhhhhhhhhh..

Jadi, jangan khawatir kalau naik motor ke Bromo. Bisa kok, yang penting persiapannya ya guys.



TERIMAKASIH

RINI NOVITA SARI

@rinie_noe




Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

6 comments

  1. Jenis ban motor mungkin perlu disesuaikan dgn medan pasir

    ReplyDelete
  2. Mbak kalo dari rute Probolinggo mau ke penanjakan 1 itu arahnyaa kemana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mas dri Probolinggo. Nnti masuknya ke sukapura. Jadi ketemu nya pasir bromo dlu. Nglewatin pasir sama gunung bromo motoran smpe ujung atau tanya org aja. Nnti naik lagi ke penanjakan 1. Naiknya agak tajem pas dr pasir ke penanjakan 1. ati2.

      Klo dri Probolinggo lbh deket ke penanjakan 2 sakjane.

      Delete
  3. mau ke Gn bromo,rencana saya mau dari penginapan sekitaran stasiun malang mba rute terbaik klo naik motor lewat mana saja yah?terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Iklan Tengah Post