24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Tentang Lembur Dan Perhitungan Upah Lembur Yang Benar Sesuai Peraturan

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Tentang Lembur Dan Perhitungan Upah Lembur Yang Benar Sesuai Peraturan

Halo selamat malam. Jam 07.00 malam tadi saya baru aja pulang kerja nih. Padalhal jam kerja di kantor saya sebenarnya hanya sampai jam 4 sore.

Yap, saya baru saja pulang dari kerja lembur karena memasuki awal bulan dan harus menyelesaikan laporan yang harus selesai besok hari.

Sepulangnya dari kantor, kemudian mandi lalu membuka laptop, eh kepikiran mau nulis tentang lembur ini deh. Dan dalam hati saya membatin “enaknya punya blok niche gado-gado gini. Haha semua hal bisa dijadiin bahan tulisan apa lagi yang berkaitan dengan kegiatan atau aktivitas sehari-hari hehe” bener gak guys?

Tentang Lembur Dan Perhitungan Upah Lembur Yang Benar Sesuai Peraturan

Back to topic, jadi di artikel kali ini saya akan sedikit bercerita atau menjelaskan tentang apa itu lembur, bagaimana perhitungan uang/upah lembur dan bagaimana hak dan kewajiban kita sebagai karyawan setelah menjalankan lembur atau over time di kantor.

Dan juga akan membahas tentang pertanyaan yang nampaknya paling banyak membuat penasaran orang-orang yaitu apakah semua perusahaan menjalankan atau menerapkan sistem perhitungan lembur yang sesuai untuk karyawannya. Yuk kita bahas aja`

APA ITU LEMBUR DAN UPAH KERJA LEMBUR.


Upah lembur yaitu upah yang sudah seharusnya diterima pekerja atau karyawan dari pemberi kerja atas kewajiban yang telah dilakukannya yaitu menjalankan pekerjaannya sesuai dengan jumlah waktu kerja lembur nya. 

Sedangkan lembur adalah suatu waktu yang menunjukkan bahwa kita bekerja melebihi jam kerja yang sudah ditentukan kantor atau perusahaan.

Menurut pasal 1 ayat 1 peraturan menteri nomor 102/VI/2014 bahwa Waktu kerja lembur adalah waktu kerja yang melebihi 7 jam sehari untuk 6 hari kerja dan 40 jam dalam seminggu atau 8 jam sehari untuk 8 hari kerja dan 40 jam dalam seminggu atau waktu kerja pada hari istirahat mingguan dan atau pada hari libur resmi yang ditetapkan Pemerintah.
(KLIK DISINI untuk melihat peraturannya) 

Oh iya dan waktu kerja lembur tersebut hanya dapat dilakukan paling banyak 3 jam perhari dan 14 jam dalam satu minggu di luar istirahat mingguan atau hari libur resmi ya.




Tentang Lembur Dan Perhitungan Upah Lembur Yang Benar Sesuai Peraturan





Jadi apabila saya pecahkan dalam bentuk poin poin gambarannya adalah yang dinamakan LEMBUR adalah apabila :
  • bekerja melebihi 7 jam sehari ( untuk yang bekerja 6 hari atau 40 jam dalam seminggu)
  • bekerja melebihi 8 jam sehari (untuk yang bekerja 5 hari atau 40 jam dalam seminggu)
  • bekerja pada hari istirahat mingguan
  • bekerja pada hari libur resmi yang ditetapkan Pemerintah (tanggal merah)
Dengan syarat:
  • tidak melebihi 3 jam perhari
  • tidak melebihi 14 jam dalam satu minggu (di luar istirahat mingguan atau hari libur resmi ya)

PROSEDUR LEMBUR YANG BENAR

  • atas ijin atasan
  • Membuat SPL (Surat Penugasan/Pemberitahuan Lembur)
  • Ada deskripsi job yang dikerjakan saat lembur

Jangan sampai lembur hanya untuk mencari uang tambahan. Pastikan pekerjaan kalian jelas dan memenag benar-benar memerlukan waktu lembur. Terlalu sering lembur juga akan menimbulkan nilai yanng kurang baik di mata perusahaan jika nyatanya pekerjaan kalian masih bisa di selesaikan di jam kerja normal.

Tentang Lembur Dan Perhitungan Upah Lembur Yang Benar Sesuai Peraturan


PERHITUNGAN UPAH LEMBUR ATAU UANG LEMBUR ATAU UANG LEMBUR

Saya pernah mencari tahu di Disnaker dan juga bertanya kepada orang HRD saya tentang perhitungan Uang lembur.kira kira seperti berikut ini perhitungannya? 

a. Perhitungan Upah Lembur Pada Hari Kerja

Jam LemburRumusKeterangan
Jam Pertama1,5  X 1/173 x Upah SebulanUpah Sebulan adalah 100% Upah bila 
upah yang berlaku di perusahaan terdiri
dari upah pokok dan tunjangan tetap
Jam Ke-2 & 32   X 1/173 x Upah SebulanAtau 75% Upah bila Upah yang berlaku
di perusahaan terdiri dari upah pokok, 
tunjangan  tetap dan tunjangan tidak tetap. 
Dengan ketentuan Upah sebulan tidak 
boleh lebih rendah dari upah minimum


b. Perhitugan Upah Lembur Pada Hari Libur/Istirahat

JAM LEMBURKETENTUAN UPAH LEMBURRUMUS
5 Hari Kerja per minggu (40 Jam/Minggu)
8 Jam pertama2 Kali Upah/Jam8 jam x 2 x 1/173 x upah sebulan
Jam ke-93 Kali Upah/jam1 jam x 3 x 1/173 x upah sebulan
Jam ke-10 s/d Jam ke-114 Kali Upah/Jam1 jam X 4 x 1/173 x upah sebulan
6 Hari Kerja per minggu (40 Jam/Minggu)
7 Jam pertama2 Kali Upah/Jam7 jam x 2 x 1/173 x upah sebulan
Jam Ke 83 Kali Upah/jam1 jam x 3 x 1/173 x upah sebulan
Jam Ke-9 s/d Jam ke-104 Kali Upah/Jam1 jam X 4 x 1/173 x upah sebulan
Hari Libur Resmi Jatuh Pada Hari Kerja Terpendek misal Jum’at
5 Jam pertama2 X Upah/jam5 jam x 2 x 1/173 x upah sebulan
Jam ke-63 X Upah/jam1 jam x 3 x 1/173 x upah sebulan
Jam Ke-7 & 84 X Upah/jam1 jam X 4 x 1/173 x upah sebulan
SUMBER:  KEPUTUSAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR KEP.102 /MEN/VI/2004


MASIH BANYAK YANG BELUM TAHU TENTANG PERHITUNGAN UANG LEMBUR


Yap tepat sekali hal ini karena biasanya kita, sebagai karyawan yang bekerja di suatu perusahaan hanya akan mengikuti peraturan yang diterapkan. Dan memang tidak semua perusahaan menjalankan sistem perhitungan ini. Dan sepertinya sebagai karyawan yang bekerja di tempat atau di perusahaan yang tidak menerapkan sistem perhitungan lembur dengan benar merasa hanya ada dua pilihan yaitu. pasrah dengan keadaan atau mencari pekerjaan di perusahaan yang lebih menghargai waktu karyawannya bekerja dan memberikan upah lembur yang semestinya

Tentang Lembur Dan Perhitungan Upah Lembur Yang Benar Sesuai Peraturan

TAK SEMUA PERUSAHAAN MENERAPKAN SSTEM PERHITUNGAN UAN/UPAH LEMBUR SESUAI PERATURAN


Sebenarnya kalau dilihat dari hitung-hitungan sesuai peraturan, upah lembur Indonesia cukup lumayan loh. Dan emmang itu kan hak bagi karyawan yang melaksanakan kewajibannya melakukan pekerjaan secara overtime atau lembur.

Coba kalian praktekan atau buat simulasi apabila kalian lembur dan menggunakan sistem perhitungan seperti di atas. Pasti cukup lumayan untuk menambah pemasukan bukan kok.

Namun sayangnya peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah ini tidak selalu berjalan dan diterapkan di tempat kerja. Hal ini dikarenakan tidak semua perusahaan mempunyai kondisi keuangan yang baik untuk membayarkan upah lembur karyawannya.

Faktor lain mungkin pimpinan yang tidak selalu rela uangnya dialokasikan untuk lembur karyawan. Alasan lain bisa jadi karena perusahaan tidak mau ribet menghitung uang lembur sesuai aturan di atas sehingga mereka menggunakan atau mempunyai peraturan sendiri dalam perhitungannya.

Ini adalah kebijakan upah lembur yang kurang baik diterapkan oleh perusahaan.

ADA PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN PRINSIP LOYALITAS


Namun di sisi positifnya ada beberapa perusahaan yang memang tidak menggunakan tarif atau perhitungan lembur seperti aturan di atas. Bahkan tidak menerapkan dan tidak ada istilah lembur sama sekali di dalam perusahaannya.

Kinerja pegawai yang bekerja di luar jam kerja dianggap dan disebut sebagai LOYALITAS. Namun biasanya perusahaan perusahaan yang menerapkan prinsip loyalitas seperti ini bersedia membayar gaji pokok dan tunjangan bulanannya dengan angka yang cukup besar sehingga karyawan yang lembur tidak akan mempermasalahkan uang lembur mereka lagi (kantor kaka saya dulu meerapkan prinsip tersebut dan memang berani bayar gaji gede).

BAGAIMANA DENGAN PERUSAHAAN TEMPAT SAYA BEKERJA? 


Saya baru 1,5 tahun bekerja di kantor ini.  Perusahaan manufaktur di Surabaya. Alhamdulillah ketika deal gaji usai interview kedua kalinya,  pihak kantor menginformasikan kalau upah lembur di kantor ini menerapkan sustem perhitungan sesuai aturan pemerintah.  

Wah bersyukurlah saya.  Alloh menempatkan saya ke perusahaan yang secara keuangan baik (semiga selalu baik)  dan perusahaan ini selalu memberikan hak karyawan sesuai dengan aturan. Baik gaji,  lembuh,  thr,  bonus dan lain sebagainya. 

Berbeda dengan perusahaan tempat saya bekerja dulu.  Sebelum di kantor yang sekarang ini,  saya pernah bekerja selama 5 tahun di perusahaan distributor.  Disana sangat miris perhitungan uang lembur nya.  Lembur sehari 8 jam pun hanya diberikan upah 65.000 tak dilihat berapa gaji pokok karyawan yang lembur.  Semua dipukul rata. Bahkan tim fakturis yang setiap hari lembur sebulan full sampai jam 7 atau setengah 7 ( jam kerja normal pulang jam 4 sore)  hanya mendapatkan lembur 200.000 sebulan.  Miris.  

Untuk itu saya semakin merasa bersyukur atas semua yang Alloh gariskan pada saya sampai hari ini.  Termasuk masalah ini hehe.

Udah ya sampai sini dulu sharingnya.  Semoga bermanfaat bagi pembaca.  :)

TERIMAKASIH

RINI NOVITA SARI
IG: @rinie_noe
rinienoe46@gmail.com





Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 komentar

  1. Hebat ych... Baru pulang kerja masih sempat jg update. Kalau sy mh biasanya Pulang kerja malem' palingan Nonton TV sampei Ketiduran, yg ada malah TV yg nonton saya. ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung masih bisa melek mas matanya. Hahaha

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post