MY 6 BLOGGING ACHIEVEMENT IN 2018

Dalam berbagai hal sebenarnya sebagai manusia sebaiknya kita selalu mempunyai target atau tujuan untuk mencapai sesuatu. Tentu agar langkah yang ditempuh mempunyai tujuan pasti. Termasuk dalam hal blogging.

Sebagai blogger “tua” (yang baru menyeriusi blog) saya pun sadar akan pentingnya sebuah pencapaian dan target tersebut. Karena ketika saya membuat target sudah seharusnya saya akan lebih semangat untuk mencapainya. Kalian gimana?

Namun,  sejak berniat menyeriusi blogging awal tahun lalu, saya tetap belum terpikir tentang target apa yang ingin saya capai dalam dunia per-blogging-an. Bisa posting artikel saja saya sudah merasa sangat bersyukur gitu, soalnya susah banget bagi saya untuk konsisten nulis.  Dan tentu masih terlalu banyak hal yang perlu saya pelajari tentang blogging sampai tak terpikir tentang apa itu target BLOGGING. 


Photo by : @rinie_noe

Hari demi hari dilewati, dengan terus berusaha mengembangkan blog pribadi saya ini, rupanya tak sadar ada beberapa pencapaian dan kemajuan yang sudah saya rasakan. Memang pencapaian ini belum seberapa jika dibandingkan dengan teman-teman yang sudah lama menyeriusi blognya masing-masing. CELOTEH DINI HARI masih terlihat sangat amatir dan belum mempunyai nama di luar sana.

Menurut saya semua orang punya standar dan pencapaian nya masing-masing. Bagi saya ada beberapa hal yang membuat saya tetap merasa bahagia dan bangga terhadap kemajuan blog saya tahun ini.

Dan berhubung ini adalah akhir tahun 2018 saya akan berbagi tentang beberapa hal yang menurut saya merupakan pencapaian dalam blog Celoteh dini hari.


MY BLOGGING ACHIEVEMENT IN 2018



www.vectorstock.com

1. Konsisten Menulis Dan Posting Artikel Berbobot Dan Bermanfaat Bagi Pembaca

Bagi saya, masalah terbesar dalam blogging adalah konsisten menulis artikel. Yap, dengan segala macam kesibukan dari pagi hingga malam saya harus benar-benar bisa membagi dan mencuri-curi waktu untuk mengumpulkan ide serta menulis dan merangkai kalimat sampai tersusun paragraf demi paragraf.

Dulu saat belum benar-benar serius seperti sekarang ini, posting artikdl mungkin hanya satu dua kali dalam satu bulan. Namun setelah mulai menyeriusi dan termotivasi dari teman-teman blogger yang lain, saya pun membuat target menulis artikel. Kira-kira satu atau dua artikel dalam seminggu.

Dan alhamdulillah ternyata akhir-akhir ini saya bisa mewujudkannya sedikit demi sedikit. Jelas ini prestasi dan pencapaian dong buat saya. Karena di sela-sela waktu kerja saya dari pagi sampai sore hari, kemudian dilanjut untuk memberikan les privat ke anak sekolah di malam hari, saya masih bisa mengumpulkan artikel dan mempostingnya dalam Blog pribadi saya ini.

Yang terpenting, saya sedang berusaha untuk lebih banyak menulis artikel yang lebih berbobot dan bermanfaat serta memberikan banyak informasi kepada pembaca. Seperti artikel-artikel yang sedang menjadi popular post di blog saya yaitu tentang dunia kerja, dunia kuliah, juga tentang les brevet pajak.


2. Mayoritas Traffic Source Berasal Dari Google

Menyambung poin pertama tentang konsisten membuat artikel yang berbobot, nampaknya memang sangat berpengaruh kepada traffic source saya. Selain traffic source, page views dan visitor yang semakin naik, setiap harinya juga semakin banyak artikel saya yang dibuka oleh para pembaca atau netizen yang berasal dari pencarian Google. 

Ini Berarti bahwa artikel-artikel yang saya maksud tersebut banyak diminati dan banyak dicari oleh para pemakai internet. Its mean,  artikel tersebut mungkin cukup dianggap informatif.  

Karena setiap hari saya mengecek traffic source dan overview di blog, saya pun semakin menyadari bahwa membuat artikel yang berbobot dan informatif berdampak cukup besar akan kemajuan blog saya, meskipun memang lebih membutuhkan waktu yang lama. Itu saya pun semakin semangat untuk mencari tema tema atau ide yang lebih informatif bagi para pembaca. 

Saya masih ingat satu atau dua tahun yang lalu traffic source di blog saya kebanyakan hanya berasal dari share sosial media yang saya miliki. Namun sekarang melihat traffic source saya banyak sekali dan mayoritas berasal dari Google. Tentu menjadi kegembiraan serta pencapaian sendiri bagi blogger pemula ini.


3. Mulai Banyak Artikel Yang Masuk Page One Google

Masih menyambung tentang poin pertama dan kedua yang saya sudah jelaskan di atas, ternyata dampak dari konsisten menulis artikel serta memposting beberapa artikel yang berbobot dan informatif sangat berpengaruh terhadap peringkat artikel-artikel di mesin pencarian Google.  

Sampai bulan ini ternyata sudah semakin banyak dan bertambah artikel saya yang masuk ke page one atau page two Google. Tentu ini akhirnya akan berpengaruh terhadap jumlah pengunjung atau pembaca di blog saya seperti yang saya bahas di poin nomor 2 diatas. 

Padahal untuk pengetahuan blogger dan Seo ilmu saya masih sangat cetek dan belum ada apa-apanya teman-teman blogger ya. Saya hanya menulis berdasarkan apa yang mengalir di pikiran saya. Saya hanya berusaha menulis seenak mungkin agar pembaca bisa dengan mudah menerima apa yang saya jelaskan dan ceritakan. Namun ternyata saya cukup bersyukur karena dengan cara saya tersebut tulisan saya sudah menjadi SEO dengan sendirinya. Itu pula pendapat para teman blogger saya yang saya kenal dari di grup blogger Indonesia. 


Karena itu pula saya semakin terpacu untuk menulis artikel dengan lebih baik setiap harinya. Karena menjadi kepuasan tersendiri ketika artikel kita masuk page one dan banyak dijadikan referensi dan bahan pencarian oleh para pengguna internet.

4. Gajian Dari Google Adsense

2017 saya belum tahu apa apa tentang yang google adsense. Cupu ya? Haha. Padahal blog ini ada sejak 2011 ( emang lama vakum). Tahu tentang google adsense semenjak bergabung di blogger Indonesia. Dari sanalah baru tau dan sadar ternyata para blogger bisa menghasilkan uang dari hobi mereka tersebut. Akhirnya mencoba join dan daftar ke google adsense. 

www.quora.com


Seperti teman-teman lainnya, saya juga pernah di tolak adsense bahkan sampai 4x. Untungnya sering curhat di blog dan banyak yang kasih saran ini itu. Banyak sharing sama para mastah yang memberikan nasihat untuk jangan berhenti nyoba dan perbaiki yang kurang. 

Akhirnya setelah sekian perjuangan, di percobaan pendaftaran yang ke 5, blog ini pun lolos dan berhasil  diterima google adsense. Wah luar biasa senangnya. Padahal belum dapat hasilnya loh (uang maksudnya) wkwkw.

Alhamdulillah 3 bulan kemudian bisa PO dan gajian dari google adsense. Wah bahagia, sekarang juga lagi otw nunggu gaji kedua. Bismillah. Semoga someday bisa kayak temen-temen yang lain yang bisa gajian dari adsense sebulan sekali.  Hahaha 

5. Dapat Komisi Dari Blog Partner

Beberapa bulan yang lalu saya mengetahui tentang blogpartner dari salah seorang rekan blogger yang sedang berjuang bersama di adsense pula. Sudah saya bikin artikel nya kok DISINI

Semenjak berhasil dapat Rp150.000 dari blog partner saya jadi termotivasi pula untuk menjadi buzzer di kemudian hari. Karena itu, sekarang saya sedang berjuang agar DA PA di blog makin naik dan kepercayaan akan blog saya semakin bertambah.

Well, receh sih uang Rp150.000 buat para mastah. Tapi buat saya bukan dari nominal uangnya saja, melainkan dari experience atau pengalaman baru yang
bisa jadi motivasi buat kedepannya.


BACA JUGA: 

6. Ranking Alexa, DA dan PA

Meski sudah berumur tua, namun saya menganggap blog ini baru hidup satu tahunan ini. Karena dulu benar-benar lama vakum dan artikel saya pun masih jauh dari kata berkualitas.

Tentu sebagai blogger saya pun belajar dan ingin meraih ranking yang baik. Untuk itu saya baru saja memfokuskan perhatian kepada ranking ALEXA dan MOZ RANK atau DA PA.

Kemajuan Alexa Rank


Di awal 2018 sedih banget kalau liat alexa rank saya. Untuk ranking global masih di angka belasan juta, dan untuk ranking Indonesia nggak masuk hitungan alias tak ada ranking. Wkwkwkw

Eh eh eh karena pencapaian yang saya jelaskan di nomor 1,2, 3 diatas ternyata berpengaruh ke alexa rank saya. Sampai hari ini ALEXA RANK blog ini semakin ramping yaitu diangka 4 jutaan untuk global rank dan 50.000-an untuk ranking Indonesia. Lumayan ya kemajuannya?

Tentu meski masih jauh dari kata BAGUS, tetap ini merupakan kemajuan yang pesat jika dibandingkan dengan kondisi awal tahun.

Kemajuan DA PA


Dulu, gak tau tuh apa sih DA PA serta manfaatnya. Barulah akhir-akhir ini sadar. Dan seperti kemajuan ranking alexa, DA PA saya pun merambat naik dari yang tadinya dibawah 5 semua sampai hari ini bisa mencapai angka DA 14 dan PA 18.

Tentu balik lagi, masih belum ada apa apanya kok dibandingkan milik kalian. Tapi saya tetap bahagia dengan perkembangan ini.


www.vectorstock.com


BACA JUGA: 


Well, sebuah roda tak bisa berdiri tegak jika tak terus menerus bergerak. Termasuk blog saya ini. Mohon bimbingannya buat temen-temen semua. :)


 #BloggerPerempuan #BPN2018YearInReview

14 komentar:

  1. wahh selamat ya udah mencapai beberapa achievment blog di tahun 2018 ini, 3 bulan langsung PO ya, hahah kereen saya yang di GA udah 6 bulan masih belum PO, bener2 merangkak dari bawah meskipun begitu tiap bupan hasil GA selalu naik, alhamdulillah. siap menyong 2019, cayooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mas sabda.. BPK/CPC nya mas berapa? bener mas, aku juga merangkak dari nol banget ini, dari gak tau apa2.. :( perjalanan masih jauh mas ini.. smangat semangatttt,....

      Hapus
  2. Wah keren mbak. Pengin deh belajar adsense.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru mbak di dunia adsense. ayo belajar bareng mbak :) masuk ke grup facebook blogger indonesia mbak klo mau tau info adsense

      Hapus
  3. Good Job... Saran saya, coba rambah keyword yang ramai pengunjung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mas saeful . makasih sarannya . Ini juga lagi belajar keyword mas e . Thankyou sekali Lagi ..

      Hapus
  4. Wah keren ya mbak postingangannya sering muncul di page one google, jadi pengen belajar juga dari blog mbak rini ini😊 btw sy jg baru diterima sebagai publisher gogle adsense tahun ini, smg 3 bulan kemudian bs gajian juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak siska salam kenal . Sya tdi juga buka blog nya mbak. Keren. Ibu rumah tangga yg produktif hehe .

      Iya mbak alhamdulillah niatnya sharing ternyata byk yg dicari informasinya sama byk netizen jadi bisa merambat naik ke page one. Contohnya yg di baris popular post saya mbak.

      Saya juga bisa belajar byk ini dri gaya dan topik lifestyle yg diangkat di blognya mbak siska. Thanks mbak sis. :).

      Semangat buat belajar adsense nya. Sya juga masih belajar .. :)

      Hapus
  5. Wah, 3 bulan bisa PO
    aku aja udah hampir satu tahun masih belum mencapai batas.
    emang berapa trffick mbknya perharinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas PO pertama dulu bpk gede2 mas. ini skrg 4 bulan belum PO. insyaalloh akhir bulan ini bisa sampe nominal PO. PV 800-1000an mas. km gimana?

      Hapus
    2. PV ku malah lebih tinggi antara 1200-1500 4 bulan yang lalu, sekarang menurun sih, 1000 per hari itu jarang juga..
      kalau BPk, entahlah, aku jarang tenggok adsense, soalnya aku sendiri juga jarang update konten akhir-akhir ini

      Hapus
    3. BPK emang lagi anjlok deh mas. ku pun begitu,, ga bisa berharap banyak dari adsense. dari 1000 pv paling yang klik gak sampe 5. heran juga. haha

      sibuk kah bang?kook jrg update?

      Hapus
    4. Entahlah, dibilang sibuk juga alasan doang, hehehe
      emang lagi gak semangat aja..
      tapi tetep tak usahain nulis entah itu dua minggu satu artikel bahkan sebulan satu artikel

      Hapus
    5. hahaha kayak aku mas. klau ga osting alasannya sibuk. padahal ya karna mager. hihi.. iay mas sempetin nulis terus tiap hari walaupun 1 kaliamt atau 1 paragraf.hihi

      Hapus