Senin, 24 Desember 2018

Sebagai salah satu jenis pekerjaan yang paling banyak dicari di Indonesia, tak heran informasi tentang posisi staff accounting banyak sekali di cari di mesin penelusuran google. Seperti artikel saya sebelumnya Tips Sukses Tes Dan Wawancara Posisi Staff Accounting dan 20 Pertanyaan Yang Umumnya Ditanyakan Saat Interview Dan Cara Menjawabnya yang masih menjadi popular post di blog celotehdinihari.com.

Untuk itu kali ini saya akan membahas lagi perihal dunia kerja staff accounting dan akan fokus ke

JOB DESK ATAU JOB DESCRIPTION SEORANG STAFF ACCOUNTING

Informasi Lengkap Tentang Job Desk Dan Tanggungjawab Staff Accounting Yang Harus Kamu Tahu
www.creasi.co.id


Bicara tentang suatu pekerjaan tentu berbicara tentang tanggung jawab dan tugas dari pekerjaan itu sendiri. Seseorang yang bekerja sebagai staff accounting tentu harus mengetahui apa itu tugas staff accounting. Untuk itu artikel kali ini akan mengulas lebih lanjut tentang tugas dan tanggung jawab seorang staff accounting.

Sebelumnya masuk ke job desk, tugas dan kewajiban terlebih dahulu kita bahas apa sih sebenarnya staff accounting itu.

DEFINISI STAFF ACCOUNTING

Staff accounting sebuah posisi atau jabatan di dalam sebuah perusahaan atau pekerjaan yang bertanggung jawab pembuatan laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan perusahaan tentu saja terdiri dari laporan neraca laporan perubahan modal laporan laba rugi laporan arus kas serta catatan dalam laporan keuangan. Dari laporan tersebut kita bisa mengambil berbagai macam informasi tentang kinerja perusahaan.

Laporan tersebut tentu saja harus bisa disajikan dalam bentuk tertulis agar bisa digunakan oleh berbagai pihak yang memerlukan laporan keuangan tersebut. Pihak yang memerlukan laporan keuangan tersebut bisa dari pihak internal maupun eksternal perusahaan. Karena itu, penyajian laporan keuangan harus akurat dan dapat dipertanggungjawabkan serta dibuktikan dengan berbagai dokumen pendukung. 

BACA JUGA:


Informasi Lengkap Tentang Job Desk Dan Tanggungjawab Staff Accounting Yang Harus Kamu Tahu
big4accountingfirms.org

TUGAS UMUM STAFF ACCOUNTING / ACCOUNTING STAFF

Secara umum, ada beberapa tugas staff accounting yaitu.

1. Memastikan Dokumen Yang Berhubungan Dengan Transaksi Keuangan Lengkap Dan Benar

Begitu banyaknya transaksi yang ada di perusahaan tentu menuntut para staff accountingnya untuk memastikan dokumen yang berhubungan dengan transaksi tersebut. Dokumen tersebut bisa berasal dari pihak luar atau dari hasil output pekerjaan staff di posisi / bagian / departemen lain. Karena dokumen tersebut yang nantinya dijadikan dasar atau bahan untuk dimasukan dalam laporan, tentu sebelumnya harus dipastikan dulu kelengkapan dan kebenarannya.

Misalkan untuk bagian fakturis maka dokumen yang harus dipastikan kebenarannya misalkan dari surat jalan atau tanda terima barang.

2. Input Data Yang Berhubungan Dengan Jurnal Akuntansi Di System Perusahaan ( Pembukuan)

Dari dokumen yang terkait dengan keuangan dan laporan keuangan tersebut nantinya akan di entry atau diinput oleh staff accounting dalam suatu sistem (jika sudah ada) atau dalam excel (jika masih metode manual). untungnya bnayak perusahaan sekarang yang sudah sadar pentingnya sebuat sistem IT untuk menunjang kinerja accounting guna pencatatan. Sistem akuntansi ini bisa dari developer yang suah ada dan dijual seperti ACCURATE, MYOP dll, atau seperti sistem di perusahaan syaa yang di develop sendiri oleh tim IT internal.

3. Membuat Posting Jurnal

Bagi para lulusan akuntansi / ekonomi tentu tak akan asing dong dengan kata “jurnal dan posting jurnal”. Mungkin terdengar ribet ya, tapi sebenarnya tak seribet itu kok. Sederhanya posting jurnal berarti mencatat segala transaksi yang berhubungan dengan aktivitas dan operasional perusahaan untuk kemudian memasukannya dalam buku besar. Begitu banyaknya jenis aktivitas dan transaksi di perusahaan tentu menjadikan job desk ini tak cukup jika dipegang atau di kerjakan oleh satu orang saja. Biasanya akan dipecah dan di bagi ke job beberapa orang yang berada di departemen accounting.

4. Membuat Laporan Keuangan

Tentu saja tugas utama seorang staff accounting adalah membuat atau menyusun laporan keunagan. Kenapa menyusun? Yap, karena laporan keuangan terdiri dari banyak akun yang dimana entri atau inputan akun akun tersebut biasanya dikerjakan oleh lebih dari 1 orang. jadi, tak selalu menajdi staff accounting akan langsung berhubungan dengan pembuatan laporan keuangan, akan tetapi bisa menjadi bagian dari penyusunan tersebut.

Laporan keuangan ini berisi berbagai macam informasi tentang kondisi keuagan perusahaan. Dari laporan ini lah para top managemen akan membuat berbagai keputusan penting terhadap perusahaan. Karena itu, penyusunan dan pembuatan laporan harus bisa dipertanggung jawabkan kevalid annya.

5. File-Ing Dokumen

Begitu banyaknya dokumen atau file yang lari dan berahkir di bagian / ruangan accounting tentu membuat staff accounting harus pintar-pintar mencari cara untuk menyimpan file tersebut dengan benar. Hal ini juga penting karena file / dokumen lama tersebut kadang di perlukan kembali untuk beberapa keperluan misal untuk audit atau perpajakan.

Bagian accounting adalah bagian terakhir dalam proses dan alur transaksi dan keuangan perusahan. Karena itu, segala macam file / dokumen yang mendukung transaksi-transaksi di perusahaan akan berada di ruangan accounting.  

Tentu diperlukan system atau cara untuk menyimpan file / dokumen (file-ing)yang benar agar file tersusun rapid an memudahkan pencarian jika dibutuhkan kembali.

BACA JUGA:

Informasi Lengkap Tentang Job Desk Dan Tanggungjawab Staff Accounting Yang Harus Kamu Tahu
www.sharesight.com


PEMBAGIAN JOB DESK DI DEPARTMENT STAFF ACCOUNTING

Di dalam ruangan accounting atau staff accounting biasanya terdiri dari beberapa orang yang memegang peranan dan jenisnya masing-masing. Ada banyak sekali pembagian posisi dalam divisi akunting ini. 

Berikut saya jabarkan beberapa posisi atau job yang biasanya terdapat di departemen staff accounting.

1. Manager accounting

Tugas utama manajer keuangan adalah bertanggung jawab untuk membantu perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan yang sesuai dengan kondisi perusahaan.

2. Chief accountant

Chief accountant adalah jabatan perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola aktivitas akuntansi dalam perusahaan.

3. Cost Accounting

Tugas :
  • Membuat laporan mutasi persediaan
  • Melakukan stock opname dan membuat laporan
  • Melakukan pemeriksaan dan verifikasi dokumen-dokumen pendukung data persediaan dan mutasinya

4. Fakturis / Invoice Maker

Tugas:
  • Bertanggung jawab untuk Memasukan / input Data Penjualan / Sales Order ke program
  • Bertanggung jawab untuk print Faktur Penjualan & Surat Jalan dari program
  • Membuat Laporan Penjualan & Faktur harian dan bulanan untuk Atasan
  • Pengarsipan dokumen Faktur Penjualan

Informasi Lengkap Tentang Job Desk Dan Tanggungjawab Staff Accounting Yang Harus Kamu Tahu
www.cowboychuck.com/

TUGAS STAFF ACCOUNTING

Bertanggung jawab dalam melakukan pencatatan dan perhitungan serta medokumentasikannya yang berhubungan dengan kegiatan keuangan perusahaan.

TANGGUNG JAWAB STAFF ACCOUNTING

1. Melakukan pengaturan administrasi keuangan perusahaan.
2. Menyusun dan membuat laporan keuangan perusahaan.
3. Menyusun dan membuat laporan perpajakan perusahaan.
4. Menyusun dan membuat anggaran pengeluaran perusahaan secara periodik (bulanan atau tahunan).
5. Menyusun dan membuat anggaran pendapatan perusahaan secara periodik (bulanan atau tahunan).

KUALIFIKASI STAFF ACCOUNTING

Berdasarkan pengalaman saya selama 7 tahun bekerja di staff accounting, maka berikut kualifikasi atau spesifikasi yang umumnya di terapkan oleh perusahaan untuk merekrut staff accounting.

Usia(maximum) : 19-30 tahun

Namun dalam hal ini tergantung si perusahaan ya. Ada yang mementingkan batas umur calon pekerja, namun ada yang lebih melihat ke skill dan pengalaman kerja. Kadang yang usia 30 tahun keatas masih banyak dicari untuk posisi sesnior accounting.

Pendidikan (Minimum): D3/S1 Jurusan : Akutansi / Managemen

Kembali lagi seperti point pertama, background pendidikan juga tak selalu mengikat seperti ini. Ada perusahaan yang mementingkan skill dan pengalaman kerja atau ketelatenan dan karakter calon pekerja ketimbang grade lulusan nya saja.

Saya sendiri dulu bisa 5 tahun berada di staff accounting padahal ijazah saya baru ijazah SMA. Namun saja menjalani peekrjaan tersebut dengan telaten dan saya jalani bersamaan dengan waktu saya menjalani pendidikan di kampus swasta di Surabaya.

PengalamanKerja (Minimum): Fresh Graduate / 2 tahun di bidang yang sama

Karakteristik: Teliti, Kreatif dan inovatif, Berwawasanl uas, Akurat 

Informasi Lengkap Tentang Job Desk Dan Tanggungjawab Staff Accounting Yang Harus Kamu Tahu
nicesoftmedia.com

KEAHILIAN YANG SEBAIKNYA DIMILIKI SEORANG STAFF ACCOUNTING 


Untuk bisa bekerja dengan nyaman sebagai staff accounting saya sarankan kalian harus mempunyai beberapa skill atau keahlian berikut ini.

1. Menguasai microsoft word dan excel serta rumus-rumusnya arabnya.

Kenapa menguasai Microsoft Word dan Excel menurut saya sangat penting bagi para pencari kerja di posisi staff accounting?

Jadi begini, dalam beberapa masalah atau tugas yang diberikan oleh atasan seringkali tidak selalu bisa diselesaikan dengan program atau sistem yang sudah tersedia di perusahaan. Untuk itu kita juga harus menguasai ilmu Excel dan Word sehingga tugas apapun yang diberikan oleh atasan bisa kita selesaikan dengan baik dan benar.

Kemudian untuk perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang dan belum mempunyai program atau sistem untuk mencatat aktivitas perusahaannya tentu akan 100% pekerjaannya dilakukan dengan excel atau word. Karena itu Excel dan Word sangat berguna bagi siapa saja yang ingin bekerja sebagai administrator.

2. Mempunyai kemampuan untuk menganalisa data

Kemampuan menganalisa data sangat penting dalam penerapan kerja sebagai staff accounting. Hal ini dikarenakan di posisi staff accounting tentu akan menemui berbagai banyak persoalan, dan kemampuan menganalisa data ini tentu akan diperlukan nantinya.

3. Bisa bekerjasama dalam tim dan selalu bersikap kooperatif.

Bekerja di manapun dan dengan siapapun yang terdiri dari 1 orang atau lebih tentu akan selalu membutuhkan kerjasama agar tim selalu solid. Hal ini pun tak lepas dan sangat dibutuhkan di posisi staff accounting.

APAKAH SAMA STAFF ACCOUNTING DENGAN STAFF FINANCE?


Banyak yang bertanya-tanya apakah posisi staff Accounting dan Finance itu adalah pekerjaan yang sama. Ya kan?

Menjawab pertanyaan tersebut, menurut saya Accounting dan Finance adalah 2 pekerjaan yang berbeda namun mempunyai kaitan yang sangat dekat dan saling berhubungan satu sama lain.

Finance lebih ke hal hal atau aktivitas yang berhubungan dengan arus keluar masuknya uang perusahaan. Sedangkan accounting lebih ke pencatatan aktivitas yang berkenaan dengan keluar masuknya uang perusahaan tersebut. Dan juga pncatatan aktivitas-aktivitas lain yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan misalnya kegiatan produksi, pengiriman barang, penjualan, pembelian dan lain sebagainya.

Untuk perbedaan lebih ditanya lain kali saya akan bahas di artikel tersendiri ya guys.

BACA JUGA:

Masih bingung tentang posisi staff accounting di perusahaan? Boleh kok komen atau email untuk pertanyaan-pertanyaannya. Semoga membantu. ^^



Thankyou

RINI NOVITA  SARI

@rinie_noe
rinienoe46@gmail.com

2 comments:

  1. Kalo di kantor pemerintah suka campur2 mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. diperusahaan swasta juga banyak yang di campur2 mas. tapi semakin besar perusahaan dan semakin banyak aktivitas bakalan gak aman dan susah pengendaliannya kalau di campur2 gitu.

      Hapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes