Berapa Tarif Les Privat Anak SD SMP dan SMA?

Di artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang bagaimana cara memulai side job sebagai guru les privat. Yap saya menulis artikel tersebut tentu karena saya sedang menjalani profesinya. Tepatnya saya menjadi guru les privat sudah satu setengah tahun lebih.


Les privat ke rumah memang diyakini atau dipercaya oleh orang tua para murid sebagai layanan belajar yang efektif dan juga efisien. Alasannya kebanyakan karena mengatasi waktu anak yang habis di jalan serta tidak direpotkan dengan transportasi atau antar jemput apabila les di lembaga tertentu. Dan alasan utamanya mengikuti les privat di rumah agar materi yang diajarkan lebih bisa diperhatikan oleh si anak secara lebih dalam.


NB: AREA SIDOARJO DAN SEKITARNYA YANG HENDAK ATAU MENCARI GURU LES PRIVATE MATEMATIKA UNTUK ANAK SEKOLAH BISA HUBUNGI SAYA YA . DI NOMOR WHATSAPP 089.678.121.507. INSYAALLOH AMANAH :)


Tarif les privat anak SD SMP dan SMA?
http://www.privatpadang.com

Nah, Untuk artikel kali ini saya akan menjelaskan dan menggambarkan kisaran tarif les privat untuk tingkat SD, SMP, dan SMA secara umum dan tarif yang saya pasang saat menjalani side job sebagai guru les privat ini.

BACA JUGA : 7 Tahap Awal Memulai Side Job Sebagai Guru Les Private

Tarif ini saya dapatkan setelah banyak bertanya ke teman yang melakukan saja berupa juga melalui browsing dari berbagai sumber.

APA SIH KEGUNAAN MENGETAHUI TARIF LES PRIVAT 

Jadi ada beberapa pihak yang sebenarnya membutuhkan info tentang tarif les privat ini yaitu:

1. Orang tua atau wali murid

Orang tua atau wali murid ini membutuhkan informasi tentang tarif les privat guna bahan referensi atau perbandingan tarif dengan tempat les privat lain. Karena tak selalu 1 mentor dengan mentor yang lainnya atau satu tempat les dengan tempat yang lainnya mempunyai tarif yang sama. Untuk itu, dengan adanya informasi ini semoga bisa membantu memperkirakan berapa biaya les privat untuk anaknya. 


NB: AREA SIDOARJO DAN SEKITARNYA YANG HENDAK ATAU MENCARI GURU LES PRIVATE MATEMATIKA UNTUK ANAK SEKOLAH BISA HUBUNGI SAYA YA . DI NOMOR WHATSAPP 089.678.121.507. INSYAALLOH AMANAH :)

2. Mentor atau guru les privat

Seperti saya dulu ketika hendak menjalani hidup sebagai guru les privat atau tepatnya mendapat tawaran untuk mengajar salah seorang anak dari atasan, saya tak tau harus memasang tarif berapa. Karena itu adalah kesempatan saya mengajar les anak sekolah. Alhasil setelah tanya-tanya orang dan browsing sayapun bisa memberika harga kepada atasan saya tersebut.

Jadi, informasi tarif ini akan berguna bagi siapa saja yang hendak memulai pekerjaan sebagai guru les private.

BERAPA TARIF LES PRIVATE ANAK SD, SMP DAN SMA


Berikut adalah kisaran tarif les private di rumah.
  
GRADE / KELAS1 X PERTEMUAN
DURASI  BIAYA 
1-5 SD90 menit 40.000 
6 SD (PERSIAPAN UN)90 menit 50.000 
1-2 SMP120 menit 55.000 
3 SMP (PERSIAPAN UN)120 menit 65.000 
1-2 SMA120 menit 70.000 
3 SMA (PERSIAPAN UN)120 menit 80.000 
Tarif Les Matematika SD, SMA dan SMA

Fasilitas: 

1. Konsultasi PR dan Tugas siswa dari sekolah
2. Fokus pada konsep belajar
3. Perbanyak latihan soal bersama baik dari buku pedoman sekolah siswa atau dari mentor
4. Memberikan pembahasan lengkap terhadap latihan soal tersebut
5. Persiapan Ulangan, UTS, UAS dan UN
6. Memberikan Try Out UN
7. Memberikan motivasi agar siswa tetap semangat belajar
8. Mengajar dengan cara yang FRIENDLY sehingga siswa nyaman dalam belajar dan bertanya

WAKTU:
Nah untuk waktunya beraa hari seminggu atau berapa hari sebulan bisa deh di diskusiin sama orang tua atau wali muridnya.  Lebih fleksibek sih kalau les private itu.  Waktunya bisa deal deal an dulu ya kan




NB: AREA SIDOARJO DAN SEKITARNYA YANG HENDAK ATAU MENCARI GURU LES PRIVATE MATEMATIKA UNTUK ANAK SEKOLAH BISA HUBUNGI SAYA YA . DI NOMOR WHATSAPP 089.678.121.507. INSYAALLOH AMANAH :)


By the way, saya mengajar pelajaran matematika untuk SD, SMP dan SMA. Tarif yang saya pasang tersebut tidak saya hitung include bensin ya. Soalnya jarak rumah anak yang saya ajar saya anggap tidak terlalu jauh.

Dan lagi saya menerapkan tarif yang lebih murah dari tempat atau mentor lain dikarenakan side job ini masih baru dan saya anggap sebagai awal sekaligus belajar cara menghadapi dan mengajar anak kecil dan anak orang lain tentunya. Haha

Setahun lalu saya usai mengajar anak SMP kelas 3 untuk mata pelajaran matematika dan alhamdulillah nilai ujiannya sangat baik. So prouf of him!!

Sekarang saya masih mengajar anak SD untuk persiapan UN. Alhamdulillah nilainya sudah mengalami peningkatan. Semoga nilai ujiannya bisa diatas 9 ya. Hehe. Amin.

BACA JUGA : 7 Tahap Awal Memulai Side Job Sebagai Guru Les Private

Oh iya untuk anak SD yang saya ajar sekarang saya juga kasih bonus waktu yang seharusnya 90 menit jadi 120 menit. Murah kan.. insyalloh murah bukan berarti mengabaikan kualitas belajar kok. :)

So, siapa nih yang setuju anaknya ikut les private di rumah??







Thankyou for reading

RINI NOVITA SARI
IG : @rinie_noe
Rinienoe46@gmail.com

8 komentar:

  1. Sukses, Mbak. Ngajar privat itu seru, ya.

    BalasHapus
  2. Mengajar privat itu serasa memiliki 'goal' yang jelas, berharap anak2 didik mampu menguasai apa yang diajarkan. Biasanya 'berpatokan' ke nilai di sekolah. Kalau nilainya naik, bisa dibilang lesnya 'berhasil'. *demikian yang pernah disampaikan salah-satu orang tua hehe

    Sukses selalu, Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak. tentu pencapaian tertinggi guru les jika nilai si anak didik naik. jadi tolak ukur apa kita sebagai pengajar sudah cukup baik cara mengajarnya juga :) saya juga lebih senang sambil menanamkan motivasi ke merka. agar belajar bukan karena disuruh tapi karena butuh

      Hapus
  3. Keren mba, anak saya nih agak kurang di Matematika, emaknya malas pula ngajarin, tepatnya rempong hiks dan lebih tepatnya lagi emaknya gak sabaran hahaha.
    Sekarang dia ikut kumon sih, tapi tetep saya dampingi.
    Mungkin dia kayak emaknya, saya mah lemah di hitung2an, bergantung penuh ama kalkulator hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. matematika ga cuman menghitung cepat dan ebnar mbak.. tapi gimana bisa memahami logikanya. saya suka pusing njelasin soal cerita ke anak SD,. karna mungkin kemampuan membayangkan ceritanya masih belum kuat,, padahal klo hanya itung2an bisa cepat.

      bener mbak harus tetap didampingi dan dilihat apa saja yg dipelajarin. smangat mbakk

      Hapus