24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Lakukan Hal-Hal Ini Agar Suasana Kerja Di Kantor Nyaman Dan Menyenangkan

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Lakukan Hal-Hal Ini Agar Suasana Kerja Di Kantor Nyaman Dan Menyenangkan

Ada yang bekerja sebagai karyawan disini? Nah kita sama. Hehe. Menjadi karyawan dan bekerja setiap harinya tentu akan sedikit menimbulkan rasa penat dan bosan ya guys. Apalagi ketika deadline sudah di depan mata. Pikiran harus fokus, kelopak mata terus mengkerut karena terlalu lama menatap layar computer dan dokumen-dokumen. Karena itu tekanan, rasa bosan dan jenuh wajar akan datang.


Agar Suasana Kerja Di Kantor Nyaman Dan Menyenangkan

Untuk itu, kita sebagai karyawan harus bisa menyiasati gimana caranya agar bekerja bisa terasa lebih nyaman. Yap, membuat suasana kerja lebih nyaman juga pastinya akan menunjang kinerja kita di kantor dong. Dan sudah tentu ujungnya berdampak pada hasil kerja kita dan membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Berikut ini hal-hal yang baiknya dilakukan agar suasana kerja di kantor menjadi nyaman dan menyenangkan.


1. Menjaga hubungan baik dengan sesama karyawan dan juga atasan

Menjaga hubungan baik antar karyawan bahkan dengan atasan adalah faktor yang penting dalam membuat suasana kerja yang nyaman. Pasti dong ini gak bisa dipungkiri. Mana bisa enak kalau hubungan antar karyawan/dengan atasan aja gak akur. Bekerja, apalagi di satu perusahaan kan sudah pasti membutuhkan kerja sama. Mana ada kerjasama tapi kerjanya sendirian. hahaa

Nah, tinggal gimana caranya kalian nih menjaga dan membuat hubungan yang baik (sewajarnya) dengan mereka. Sedikit curhat, di kantor saya dulu pernah nih 2 orang perang dingin, bahkan ngobrol aja nggak pernah sama sekali selama bertahun-tahun. Parah gak tuh. Kayak di dalam hatinya ada aja kebencian satu sama lain.

Gak perlu lah saya cerita kenapa bertengkarnya ya kan. Tapi tidak ada usaha untuk menyelesaikan masalah di kedua pribadi ini menjadi boomerang dan tiitk ketidaknyamanan dalam bekerja.

2. Hindari pergunjingan yang tidak penting

Inget, kita ini karyawan bukan ibu-ibu komplek yang kurang kerjaan dan bisanya bergunjing doang. Wahaha. Kalau banyak hal negatif dari pergunjingan itu, menghindarlah. Tidak ada efek baik sedikitpun dari hal tersebut. Minimal jika ada yang bergunjing, okelah dengarkan saja, cukup tau saja, tak usahlah ikut masuk kedalamnya.

Kebiasaan ikut serta dalam pergunjingan membuat kalian akan sangat tertarik akan pergunjingan apa saja yang ada di kantor di kemudian harinya. BAD HABIT. Hal ini tak bisa dielakan sudah menjadi kebiasaan pula sebernarnya di kantor. Kurang-kurangilah guys bergunjing tentang hal negatif orang lain. Mending bergunjing tentang kesuksesan orang lain ya kan. Bisa jadi motivasi!!


Agar Suasana Kerja Di Kantor Nyaman Dan Menyenangkan

3. Membuat atau mendengarkan lelucon ringan

Suasana hectic kemudian penat pasti akan kita rasakan ketika mata dan pikiran sudah terlalu lelah akan pekerjaan. Untuk itu mendengarkan atau menanggapi lelucon teman kantor akan sedikit meringankan pikiran dan tekanan yang kita rasakan di kantor. Bener gak tuh?

Biasanya sih, dalam satu ruangan pasti ada aja minimal satu orang yang mempunyai karakter sebagai pelawak atau penggembira. Teman kantor kalian ada gak nih yang begitu? Haha kalau kantorku sih ada banget, 2 orang malah. Haha. Atau jangan-jangan malah kalian sendiri nih yang aktif sebagai penggembira ruangan. LOL.

Nah buat yang di kantornya ada tipe orang yang penggembiar seperti ini, bersyukurlah. Karena mereka lumayan bisa membantu memecahkan kebuntuan dan tekanan usai atau selama hecticnya hari-hari kalian di kantor.

4. Berkomunikasi dengan baik dalam pekerjaan

Bekerja di kantor tentu akan mengharuskan kita berhubungan dengan orang lain dikarenakan saling terkait dan bergantunya pekerjaan para karyawan. Misalkan kiat di departemen accounting, pasti kita akan berhubungan dengan departmen marketing atau juga finance. Nah komunikasi yang baik saat membahas pekerjaan akan membuat suasana kerja lebih nyaman.

Masalah yang kerap muncul antar departemen ini juga akan lebih cepat diselesaikan bahkan dihindari apabila komunikasi antar departemen baik. Tentu saja dong kalau minim masalah atau masalah yang ada cepat terselesaikan akan membuat kita nyaman dalam bekerja. Yang pasti, mengurangi beban pikiran kita. Hehe

5. Setting meja kerja / ruangan kerja se-nyaman mungkin

Mengatur meja kerja sendiri di kantor bagi saya adalah hal yang wajib. Meski tak terlalu heboh dengan tempelah warna warni atau bungan dan semacamnya. Minimal saya harus mengatur agar meja saya selalu rapi dan bersih. Terutama saat saya akan melihat meja kerja pertama di pagi hari esoknya.
Agar Suasana Kerja Di Kantor Nyaman Dan Menyenangkan

Agar Suasana Kerja Di Kantor Nyaman Dan Menyenangkan
source : photo desk and office Reza Alfarisi (@24slides Malang)

Bahkan di perusahaan tempat saya bekerja menerapkan aturan sendiri bahkan aturan wajib. Bahwa tak boleh ada dokumen apapun diatas meja saat kita meninggalkannya untuk pulang. Semua file atau dokumen pekerjaan kita harus dimasukan dalam lemari atau kardus file. Ini aturan yang paling saya suka. Karena dampaknya akan membuat mata lebih fresh di pagi hari berikutnya. Meja yang terlalu banyak tumbukan kertas dan lain sebagainya tentu akan membuat mata suntuk bukan? Setuju?

Nah buat kalian para karyawan, kalian bisa menghiasi atau mengatur meja kalian sesuai karakter kalian. Misal meletakan foto ukuran kecil dari orang-orang tersayang, atau meletakan bunga hias kecil di sana.

6. Selesaikan pekerjaan tepat waktu

Bagi saya mengatur deadline dan mematuhi serta menyelesaikan sesuai waktunya akan membuat saya lebih nyaman dalam bekerja. Saya kurang suka menunda-nunda pekerjaan yang efeknya akan membebani pikiran saya. Kalau menunda-nunda yang ada malah jadi “gupuh” (buru-buru) semua. Kalau memang diharuskan lebur agar deadline kelar maka lebih baik lembur. Nah kalua kalian tipe yang gak suka lembur, lebih baik mulai atur pekerjaan kalian agar lebih rapi ‘time managent-nya”.

Efek baik dari point ini juga tentang penilaian positif dari atasan ke kalian. Tentu dong, atasan punya bawahan yang selalu bertanggung jawab dan dapat diandalkan dalam menyelesaikan tugasnya pasti akan mendapat perhatian lebih. Siapa tau nanti ada keuntungan-keuntungan lain karena kebiasaan baik ini bukan? *hai pak bos liat dong aku lagi curhat. hehe

7. Terus belajar dan pelajari hal hal baru (terus berfikir positif)

Dalam bekerja, entah kita sebagai karyawan baru atau lama, pasti akan mendapat banyak hal yang bisa dipelajari. Banyaknya tugas dan pekerjaan sebaiknya dipandang positif sebagai ilmu tambahan bagi kita. Terkadang orang terlalu banyak mengeluh saat diberikan tugas-tugas baru. Bener kan?

Padahal selagi tugasnya manusiawi dan masuk akal kita bisa melihatnya sebagai bentuk pemberian kepercayaan. Yang saya maksud dalam point ini mungkin hanya berlaku bagi karyawan muda atau single ya. Biasanya kalua yang sudah berumahtangga memang bukan ilmu lagi sih yang dicari. Hehe

Intinya, mempelajari hal hal baru bahkan menguasainya tentu akan berdampak baik bagi kita sendiri. Entah dimasa sekarang atau mendatang. Ya kan? Penguasaan akan bidang pekerjaan kita tentu akan membuat nyaman dan mempermudah kita dalam bekerja. Setuju?

Udah kayaknya segitu aja yang bisa saya share kali ini. Sebagai karyawan yang baru merasakan suasana  kerja selama 7 tahun lebih, maaf maaf aja nih kalau yang saya share masih banyak kurang nya. Bisa loh kalian tambahin di kolom komen. Aku tunggu yaaa...


Thankyou

RINI NOVITA  SARI
@rinie_noe

Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

10 komentar

  1. Kalau di T4 kerja saya mah Orang suka musuhan, soalnya banyak yang Cari muka sama Bos. Sy jg benci Tman yg gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ya itu yang gak ngenakin mas.. yg sabar :D

      Hapus
  2. Kalau bergunjing, ngeri juga ada yang ngadu, sih. Hehe. Mending simpan dalam hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahahaha. Betul . Mbatin ajaaa.. Ngedumel dalam hati. Wahahaha . Jgn sering2 tapi nnti jadi penyakit sis .Hihi. . Kadang jadi cuek itu perlu juga. Haha

      Hapus
  3. saya ga punya meja kerja sendiri, haaadeuuuh kalau punya udah saya setting seindah mungkin supaya nyaman duduk disana. Tapi ga punya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha sabar kaka . Setting meja kerja di rumah aja yang biasa dipake buat nulis artikel. Biar lebih semangat nulis dan postingnya. Hehe .

      Saya klo punya meja di kos an pasti juga tak buat Indah begitu. Syang ga punya. Biasa lesehan . :D

      Hapus
  4. Benar, menghindari pergunjingan, biat kerjanya makin nyaman pastinya dengerin musik sih kalau lagi bete

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak .. di kantor laam karena saking bising dan ribetnya bergunjing aku jadi slalu apkai earphone. biar makin ngebut kerjanya. hehe

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post