Jurusan Akuntansi, Prospek Kerja dan Informasi Lengkap Lainnya

Review Jurusan Akuntansi 

Hai hallo assalamualaikum guys, setelah beberapa review yang saya tulis tentang drama series dan make up stuff sehari-hari, kali ini saya akan mencoba menulis dan me-review jurusan kuliah yang saya ambil beberapa tahun lalu.

Untuk menguatkan alasan bahwa saya layak menulis tentang bab ini, saya akan memperkenal kan diri dulu sebelumnya. Yap, saya Rini Novita Sari. Mahasiswi angkatan masuk 2012 di Sekolah Tinggi ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.

Semoga apa yang saya tulis nanti bisa jadi salah satu bahan referensi teman-teman atau adik-adik yang hendak memasuki jenjang perkuliahan. Langsung aja yuk kita bahas.
Jurusan Akuntansi, Prospek Kerja dan Informasi Lengkap Lainnya
Source : paysimple.com

APA ITU AKUNTANSI?

Akuntansi kalau diartikan secara umum adalah suatu proses. Proses apa itu? Yaitu proses atau rangkaian kegiatan dari mencatat, mengklasifikasikan, meringkas, mengolah dan menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan dan disajikan dalam bentuk laporan keuangan.

Apa tujuannya? Yap tujuannya adalah agar transaksi, data, dan laporan keuangan tersebut dapat digunakan oleh berbagai pihak guna pengambilan keputusan. Pihak-pihak ini bisa dari internal bisa juga dari eksternal.


SIAPA SAJA YANG BISA MASUK JURUSAN AKUNTANSI

Buat yang lagi cari kampus udah tau belum nih dan jurusan apa yang akan dipilih. Buat yang masih bingung dan ragu bakalan cocok di jurusn akuntansi, jangan khawati, saya juga akan bahas di artikel ini. Ada 2 hal yang harus dimengerti bahwa:

1. Masuk jurusan akuntansi tak harus dari jurusan IPS

Sedikit cerita, saya kuliah di jurusan akuntansi meskipun saya berasal dari jurusan IPA atau Science saat di SMA. Bahkan teman-teman di kelas saya di kampus juga banyak yang dari jurusan non IPS pas SMA nya dulu. Hal itu gak menghalangi kita untuk belajar akuntansi kok.

TAKUT GAK PAHAM AKUNTANSI?
Yap, dulu saya takut saat akan memilih akuntansi. Takut nggak bisa mengikuti, secara saya nggak tau sama sekali tentang akuntansi. Untungnya kakak saya meyakinkan saya begini:

“ yang namanya sekolah yang semua mulai dari nol, nanti juga diajari dari awal. Yang tadinya nggak tahu jadi tahu. Yang tadinya nggak bisa jadi bisa. Gak ada yang perlu ditakutin. Pasti  bisa”

Fyi: kakak saya kuliah akuntansi juga, namun bedanya basik nya dari SMK memang sudah di akuntansi. Beda dengan saya yang biasa menghadapi fisika, kimia dan biologi saat duduk di bangku SMA dulu.

Nah, karena motivasi dari kaka saya itulah akhirnya saya mantap memilih akuntansi sebagai jurusan yang aku ambil di perkuliahan.

So, intinya. Untuk masuk jurusan akuntansi gak selalu anak IPS kok. Toh ya pas semester awal perkuliahan semua yang diajari masih materi dasar seperti matematika, Bahasa Indonesia, agama dan pengenalan awal tentang akuntansi.

Saya yang mulai dari NOL, bisa kok ngikutin pelajarannya. Bahkan saya bisa dapat IPK yang sangat lumayan saat saya lulus.

2. Kamu yang suka hitung-hitungan dan matematika akan menikmati perkuliahan ini

Menikmati perkuliahan nampaknya sangat penting demi kenyamanan kamu belajar. Tentu saja saat kita menikmati kita tak akan banyak mengeluh dan menyesal selama perkuliahan nanti. Nah di jurusan akuntansi hal yang paling menonjol dan harus kamu sukai tentu saja perkara “hitung-hitungan”.

Kebanyakan yang tak betah dan gak serius mendalami akuntansi adalah mereka yang tak menyukai hitung-hitungan dan memegang kalkulator namun memaksakan diri masuk ke dunia akuntansi.

3. Suka dan mampu menganalisa

Perlu kamu ketahui bahwa ilmu akuntansi memerlukan analisa terhadap transaksi-transaksi yang terjadi. Tenang, jangan ketakutan dulu mendengar kata analisa. Nanti setelah lama kelamaan juga akan terlatih dan terbiasa kok.


Jurusan Akuntansi, Prospek Kerja dan Informasi Lengkap Lainnya
source:  mrcollege.ac.uk

ALASAN MEMILIH JURUSAN AKUNTANSI

Kalau ditanya apa alasan saya memilih dan masuk ke jurusan akuntansi, maka dengan realistis saya akan menjawab “Kesempatan atau Lowongan Kerjanya banyak”.

Yap, Tak bisa dipungkiri, akuntansi adalah salah satu jurusan atau mata kuliah yang lulusannya paling banyak di cari oleh perusahaan dan bisnis lainnya. Hal ini tentu sangat masuk akal, seperti kata salah satu dosen saya dulu “ACCOUNTING IS EVERYTHING”. Coba dipikir lagi, perusahaan atau bisnis macam apa yang tidak membutuhkan pembukuan dan pencatatan keuangan? Apa ada?

Dan pembukuan serta pencatatan tersebut merupakan hal pokok yang dipelajari selama menjalani perkuliahan di jurusan Akuntansi.


Jurusan Akuntansi, Prospek Kerja dan Informasi Lengkap Lainnya
Source: national training.edu.au

MATA KULIAH DI JURUSAN AKUNTANSI

Sebagai gambaran, berikut saya tuliskan mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa di jurusan Akuntansi.

1. Akuntansi Pengantar I 
2. Bahasa Inggris I
3. Ekonomi Pengantar Mikro
4. Bahasa Indonesia
5. Ilmu Kealaman Dasar
6. Pendidikan Agama Islam
7. Matematika Ekonomi
8. Ekonomi Pengantar Makro
9. Bahasa Inggris II
10. Akuntansi Pengantar II 
11. Bisnis Pengantar
12. Ilmu Sosial Budaya Dasar
13. Pendidikan Kewarganegaraan Pancasila
14. Managemen
15. Komunikasi Bisnis
16. Lab. Bahasa Inggris
17. Hukum Bisnis
18. Etika bisnis dan profesi
19. Akuntansi Biaya
20. Akuntansi Keuangan Menengah I
21. Sistem Informasi Managemen
22. Statistika
23. Perpajakan I
24. Bisnis Internasional
25. Manajemen Pemasaran
26. Ekonometrika
27. Akuntansi Keuangan Menengah II
28. Akuntansi Manajemen
29. Perekonomian Indonesia
30. Sistem Informasi Akuntansi
31. Kewirausahaan
32. Perpajakan II
33. Praktik Akuntansi
34. Analisis Laporan Keuangan
35. Akuntansi Keuangan Lanjutan I
36. Manajemen Keuangan
37. Pengauditan I
38. Pengauditan II
39. Manajemen Stratejik
40. Isu-isu Kontemporer Dalam Akuntansi Keuangan
41. Akuntansi Keuangan Lanjutan II
42. Akuntansi Sektor Publik
43. Aplikasi Komputer Untuk Akuntansi
44. Metodologi Penelitian Akuntansi
45. Pengauditan Manajemen
46. Pengauditan PDE
47. Manajemen Keuangan Internasional
48. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio
49. Teori Akuntansi
50. Audit Forensik
51. Manajemen Lembaga Keuangan
52. Skripsi

KONSENTRASI JURUSAN AKUNTANSI

Nah list diatas adalah mata kuliah yang saya dapatkan selama 3.5 tahun di STIESIA (SEKOLAH TINGGI ILMU AKUNTANSI INDONESIA SURABAYA). FYI, saya mengambil konsentrasi AKUNTANSI KEUANGAN.

Jadi di kampus saya, jurusan Akuntansi sendiri dibagi menjadi 3 konsentrasi, yaitu:

1. Akuntansi Keuangan

Mahasiswa yang memilih konsentrasi ini akan difokuskan pada pelaporan atau pembuatan laporan keuangan dan menganalisanya. Mereka akan di konsentrasikan pula untuk memahami alur transaksi, alur laporan dan sampai laporan selesai disusun

2. Akuntansi Manajemen

Mahasiswa yang memilih konsentrasi ini akan difokuskan pada bagaimana mengolah laporan keuangan dan menggunakannya untuk kepentingan manajemen.

3. Akuntansi Perpajakan

Mahasiswa yang memilih konsentrasi ini akan difokuskan untuk memahami dan menguasai pelaporan berkenaan dengan kepentingan perpajakan.

Untuk 2 konsentrasi lain yaitu manajemen dan perpajakan tentu akan ada mata kuliah yang berbeda dengan yang saya dapatkan.

KARAKTEK YANG COCOK KULIAH DI JURUSAN AKUNTANSI

  • Kamu yang suka hitung-hitungan dan gak gampang pusing melihat angka-angka-angka
  • Kamu yang teliti, karena di accounting kamu kehilangan angka nol satu aja pusingnya udah kemana-mana hehe
  • Kamu yang sabra menganalisa satu persatu transaksi
  • Kamu yang terus mau belajar 

PROSPEK PEKERJAAN LULUSAN AKUNTANSI

Nah, prospek kerja atau kesempatan kerja yang terbuka dan tersedia untuk lulusan akuntansi memang banyak jumlahnya, hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa akuntansi menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya.


Jurusan Akuntansi, Prospek Kerja dan Informasi Lengkap Lainnya

Apa saja dan bagaimana sih prospek pekerjaan untuk lulusan akuntansi. Yuk simak

1. Finance and Accounting Division
Hamper semua perusahaan dan bisnis berkembang pasti mempunyai finance dan accounting departemen atau division. Sudah pasti dong, karena divisi ini yang akan mengolah laporan keuangan. Apa gunanya?. Tentu laporan ini yang dijadikan pemilik atau pihak-pihak tertentu untuk mengetaui keadaan bisnisnya.


Jurusan Akuntansi, Prospek Kerja dan Informasi Lengkap Lainnya

Karena hampir semua perusahaan terdapat divisi ini tentu kesimpulannya kesempatan kerja di bidang akuntansi atau accounting akan sangat terbuka.
2. Internal Auditor
3. Administrator Perpajakan
4. Auditor Pajak
5. Akuntan (Akuntan Publik /AP atau Akuntan Sektor Publik / Akuntan Pemerintahan)
6. Auditor Badan Pengawas Keuangan (BPK)
7. Konsultan Keuangan
8. Staff Akuntansi Perbankan
9. Tenaga Pengajar, baik dilingkungan Perguruan Tinggi (Dosen) maupun Guru / Mentor / Guru Les Private
10. Wirausaha
Ilmu-ilmu dasar akuntansi bisa diterapkan saat membangun bisnis milik pribadi. Apalagi kemampuan kita dalam pembukuan dan membuat laporan keuangan akan mempermudah kita mengamati perkembangan bisnis kita.

UNIKNYA MENJALANI PERKULIAHAN DI JURUSAN AKUNTANSI

1. Wajib bawa dan punya kalkulator

Untuk mempermudah kuliah kamu, lebih baik bawa kalkulator setiap mengikuti kelas akuntansi. Bawa kalkulator yang tombolnya besar- besar ya guys (kalkulator pasar, hehe) biar lebih enak dan cepet ngitung angka atau uang nya.

2. Dilarang pakai TIPE-x

Lucu dan aneh ya kedengerannya. Haha. Tapi beneran loh, beberapa dosen melarang memakai tipe x saat Ada tugas untuk mengerjakan laporan keuangan. Alasannya dilarang memakai tipe-x mungkin untuk membiasakan kita teliti dan cermat menganaisis dari awal ya. Makanya dulu kalau ujian atau kuis siduruh mengerjakan laporan keuangan, kalau belum yakin aku pasti paaki pensil dulu deh. haha

3. Harus bisa membedakan debit dan kredit

Ini adalah kewajiban loh untuk memahami apa itu debit apa itu kredit dan bagaimana menerapkannya. Banyak-banyak deh latian soal atau baca-baca soal dengan pembahasannya.

Jurusan Akuntansi, Prospek Kerja dan Informasi Lengkap Lainnya
source: onlinestudyaustralia.com

SARAN BUAT KALIAN YANG MAU AMBIL JURUSAN AKUNTANSI

Saran saya sebagai alumnus dari jurusan akuntansi kepada siapa saja yang hendak, mau, atau berniat masuk ke jurusan ini adalah:

1. Berdamailah dengan angka dan hitung-hitungan. Jangan takut atau putus asa terlebih dahulu saat melihat angka-angka. Karena angka adalah makanan kalian sehari-hari nantinya.
2. Mulailah serius dari semester awal terutama saat mata kuliah akuntansi dasar. Karena pada mata kuiah ini adalah masa pengenalan dengan akuntansi, apa itu akuntansi dan bagaimana konsep dasar akuntansi. Tentang debit kredit dan rumus dasar akuntansi. Pastikan paham dulu akan konsep dasar akuntansinya. Karena jika kita kehilangan pemahanan tentang konsep dasar akuntansi nya kita akan sedikit kesusahan mengikuti mata kuliah akuntansi selanjutnya.
3. Carilah kampus yang mempunyai akreditasi jurusan akuntansi yang baik. Fyi, kampusku STIESIA juga sudah akreditasi A loh akuntansinya (ceelah promosi)

Udah sampai sini dulu deh ceritanya tentang jurusan akuntansi. Semoga bisa membantu temen-temen atau adik-adik yang mau atau berniat masuk ke jurusan akuntansi ya.

See u di sharing-sharing berikutnya :)







 

2 komentar:

  1. ngomongin jurusan akuntansi jadi ingat zaman saya SMA dulu, biarpun sekolah IPA tapi ambil jurusan khusus OSN SMA jurusan Ekonomi & Akuntansi. Dulu sih saya jago, tapi kalau sekarang wahhh ilmunya udah pada hilang. Kecuali ekonomi nih yang saya masih ingat banget, wajar karena paling suka sama ekonomi

    kalau dipikir2 siih emang iya, ga ada perusahaan yang ga butuh akuntansi, maka ga heran banyak yang butuh orang yang lulusan akuntansi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ekonomi pasti kepakai terus ya mas. Y = C + S + I hihi..

      ya gitu mas. lapangan pekerjaan buat akuntansi banyak, tapi sebanding sma lulusannya yang jumlahnya banyak pula. jadi sama aja tetep harus tau gimana caranya bersaing di real life. hehe

      Hapus