Kamis, 13 Juni 2019

Akhir-akhir ini lagi happy banget karena jumlah pembaca dan visitor di blog naik. Ya masih jauh sih kalau dibandingin sama yang udah mahir-mahir ngeblognya. Tapi yang pasti buat saya sendiri tentu sebuah peningkatan dan prestasi dong pastinya.



Yap, jadi akhir-akhir ini visitor blog naik karena beberapa artikel masuk ke page one. Bahkan beberapa jadi rank 1. Bagi blogger newbie yang ilmunya masih cetek ini tentu terharu banget dong. Why why why?

Jadi sebenarnya untuk masuk di page one atau halaman pertama bahkan ranking 1 urutan di google seach secara teori per blog an harus memenuhi beberapa syarat (kata para mastah/suhu). Anak blogger pasti tau deh tentang bagaimana cara membuat keyword dengan research keyword dan penyebaran keyword atau keyword density yang baik. Ya kan??

Keyword Artikel Saya Yang Insyaalloh Masih Di Page One


- Fundamental makro dan mikro
- cara ke kampung coklat
- review drama thailand gifted
- tes kerja untuk posisi accounting
- wawancata staf akuntansi
- warung kaliotik
- Warung Kaliotik Kabupaten Lamongan
- backpacker kampung coklat
- melanox hydroquinone 2 review
- modus penipuan kartu kredit dengan kartu diskon
- mengapa harus mengambil brevet pajak


Jadi selama masa belajar dari mantau dan tanya-tanya sama mastah dan suhu di gruup facebook BLOGGER INDONESIA saya dapat beberapa ilmu dan masukan berkenaan dengan research keyword dan cara bagaimana bisa bersaing masuk di pageone google.

Dari beberapa sumber bacaan dan talki talki bareng mastah maka point ini yang biasanya dipertimbangkan untuk membuat artikel yang SEO friendly nan berkualis.

- Keyword density sekian persen
- Panjang minimal 300 atau 500 kata keatas
- Paragraf-paragraf awal harus memuat sekian persen keyword utama.
- Sebaran keyword di judul, paragraf pertama serta paragraf terakhir
- Mta description, header dan subheader yang berisi keyword

Singkatnya, entah otak saya yang gak nyampai atau saya yang kurang giat belajar dan nyobanya, jadilah saya menyerah mengenai research keyword ini. Alih-alih mau banyak nulis artikel dan bersaing di google malahan saya gak nge post- nge post artikel karena gak kelar-kelar. Waktunya kebuang buat belajar research keyword ala mastah-mastah, dan gak berhasil. Sedih akutuuu..

Alhasil demi konsistensi posting artikel di blog jadilah saya bikin artikel tanpa mikir SEO dibagian research keyword dan penyebarannya. Meskipun itu penting, dan memang penting. Namun saya gak bisa fokus di hal itu. Jadi saya putuskan untuk fokus ke hal-hal lain yang membuat artikel saya ‘sedikit’ berkualitas. Tentu menurut saya sendiri. Wkwkkww

Hasilnya, eh tak disangka tak dinyana, rupanya trik saya sedikit membuahkan hasil. Terbukti jumlah visitor yang naik dan beberapa artikel yang masuk page one bahkan rank 1 google. Masyaalloh, senengnya blogger abal abal ini.

Jadi, begini cara saya membuat artikel agar bisa berada di halaman pertama google (tanpa research keywords). Buat blogger-blogger pemula yang mulai desperate belajar SEO keyword mungkin gapap fokus ke hal-hal berikut dulu yaak :(

1. Buat Artikel Original

Sebisa mungkin buatlah artikel se-orisinil mungkin. Ya dong, masa mau mbohongin pembaca. Biasanya yang copas sana tempel sini adalah orang yang orientasi utamanya bukan kepuasan batin dan melegakan otak, tapi hal hal lain mungkin uang dll.

Buat saya, menulis adalah mengeluarkan apa yang ada dipikiran kita. Tak selalu money oriented atau visitor oriented, (memang ciri blogger perempuan pada umumnya).

jadi bagi kami kaum blogger perempuan memang sudah jadi hal yang penting bahwa apa yang kami tulis adalah apa yang kami rasa dan pikirkan. Menurut saya google pasti lebih suka tulisan yang original. Ya gak sih? Terlepas dari banyak juga artikel kembar yang naik di page one, komentar saya ‘ya sudahlah ya’ ga perlu saya tiru. Itu aja.

2. Perbanyak Kosa Kata / Jumlah Kata

Lagi-lagi masih dari pengalaman, artikel dengan suku kata diatas 500 kata bahkan lebih dari 1000 kata lebih gampang naik ke search engine google. Mungkin mimin google lebih suka yang begitu ya..

Bener gak sih??

3. Judul Yang Simple dan Menarik

Dari 114 artikel yang saya punya, terbukti hanya yang mempunyai judul sederhana dan gak neko-neko yang cepat merayap sampe top search engine google loh.

Ini masuk akal sih, posisikan kita sebagai pencari informasi atau berita deh, pasti kita akan lebih melirik judul-judul yang simple dan menarik kan?

Saran aja sih, hindari click bait layaknya style anak youtube dan penulis berita yang gak asik jaman sekarang ya. Yang demi mencari pembaca atau viewer sampe segitunya. Norak sih cara begitu. Setuju?

4. Perhatikan Susunan Penulisan Artikel

Sebuah artikel online apalagi yang panjang (mempunyai banyak kata) tentu akan terasa membosankan dibaca apalbila tak sedap di pandang mata.

Misalkan,
- Satu paragraf terdiri dari terlalu banyak kalimat. Tentu yang baca juga akan cape sendiri ya. Beda rasanya dengan lebih banyak penggalan paragraf.
- Point-point yang tidak jelas di dalam artikel atau berbaur dengan kalimat-kalimat pengantar dll. Akan membuat pembaca kesusahan dalam mencari inti dari artikel. Karena itu juga saya lebih suka membuat artikel dalam bentuk point-point meski itu adalah artikel tentang sharing pengalaman. Point-point tersebut juga bisa dibantu dengan BOLD atau CETAK TEBAL ya guys.

5. Isi Artikel Yang Informatif Bagi Pembaca

Logikanya, orang mencari atau mengetik keyword di search engine google karena ingin mendapatkan informasi bukan?

Karena itu menurut saya artikel yang mudah naik adalah artikel yang bersifat informatif. Informatif bukan berarti melarang menceritakan pengalaman pribadi layaknya kebanyakan isi blog dari blogger perempuan ya.

Justru, para perempuan punya kekuatan berbagi informasi berdasarkan fakta dan apa yang ia alami, ya kan?. Hal tersebut justru menjadi nilai lebih, karena tidak hanya bersifat original namun juga bersifat informatif. Ini yang harus kita siasati, tentang bagaimana cara menulis artikel kita agar lebih terkesan real dan informatif.

6. Harus Ada Perbedaan Dengan Artikel (Dengan Topik Serupa) Yang Sudah Ada Di Google Search

Misalkan kita mau membuat artikel, ternyata saat kita cek di google eh banyak artikel serupa. Nah pastikan isi dari artikel kita berbeda dari yang sudah ada. Bisa topik yang sama namun point-point yang di bahas berbeda. Atau dengan topik yang sama namun kita cari apa yang belum dibahas oleh artikel yang belum ada. Sehingga artikel kita akan lebih lengkap informasinya.

7. Sertakan Gambar Secukupnya

Tentu aja biar gag bosen dan artikel makin terlihat kece, kita harus menyertakan minimal 1 gambar dalam setiap artikel. Kalau bisa sih lebih, namun jangan sampai proporsi gambar lebih banyak daripada uraian kata ya.

Note: kalau comot-comot gambar dari google jangan lupa sertakan sumber ya. Saing menghargai si empunya gambar aja. :)

8. Sertakan Link Ke Artikel Lain Kita Dan Ke Link Website Lain

Kebiasaan ini juga selalu saya terapkan dalam setiap artikel. Jadi biasanya saya membahas 1 topik dalam beberapa artikel. Jadi kan beberapa artikel ini saling berhubungan topiknya. Untuk itu, disetiap artikel yang saya post tersebut akan saya cantumkan link artikel yang saling berhubungan itu.

Misalkan. Saya membahas tentang BREVET PAJAK dalam 2 artikel. Yaitu Bingung Nyari Tempat Kursus Brevet Pajak? di IAI aja!! dan Manfaat Sertifikat Brevet Pajak Bagi Pekerjaan. nah 2 artikel tersebut kan 1 topik nih, makanya akan saya taruh link dari masing-masing artikel.

Link website luar juga bisa kita tampilkan sebagai sumber atau kepentingan lain. nih salah satu bacaan yang aku baca saat belajar membuat artikel di bloG. BUKA DISINI

Udah deh sampai situ aja mbahasnya. Mari kita berjuang membuat artikel yang berkualitas dan bersaing agar lebih mudah diperhatiin sama google (ceelah caper ke google nih ye)

Buat yang udah mastah, boleh loh komen ngasih ilmunya ke saya. Buat yang masih sama-sama pemula, yuk kita belajar bareng.

Satu hal yang mungkin harus di pertimbangkan saat menulis artikel.

Mungkin terlalu fokus ke SEO membuat kita gagal membuat artikel yang baik.
Dan mungkin saat kita fokus membuat artikel yang baik, tanpa sadar aturan SEO sudah ada didalamnya.

SEO friendly or HUMAN friendly?
I choose, HUMAN friendly..
Ready to read..
Informative

Thankyou
RINI NOVITA SARI
@rinie_noe

14 comments:

  1. Mantap gan...
    Punyaku masih no 8 dihalaman kedua google 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih belajar mas . Msih byk yg gak page 1. Fokus nulis aja masm mikirin p1 bikin mager gak nge post nge post artikel. Hehe

      Hapus
  2. Sebagai blogger perempuan yang suka curhat, aku merasa PV ku begita-begitu saja. Masih banyak kekurangan. Meski sudah baca berkali-kali tetap saja menulis rasa curhat, haha... Makasih sharingnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog cewe curhat itu wajar mba . Saya juga gtu . Suman skrg diubah dikit curhatnya di bumbui tips atau sharing atau something yg bisa jadi lahan info atau pengetahuan buat pembaca . :)

      Smangat bareng mbak. .

      Hapus
  3. Mantap nih, amat bermanfaat buat blogger newbie spt saya..

    BalasHapus
  4. Nice share mba.
    Saya suka bagian human friendly

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mas . Hehe . Pusing mikir seo mending yg penting enak dibaca pembaca. Dan berguna informasinya.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Dari semua artikelku, cuma ada beberapa yang masuk page one.. salah satunya parfum haha. Mungkin karena ngebahas parfum luar negeri jadi yang pengen beli mampir ke blogku hehe.
    Nice info mba, semoga artikel saya selanjutnya bisa page one juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep smangat mbak. saya juga masih belajar.. :) semangat yuk mbak...

      Hapus
  7. Kalau saya beberapa kali membuat postingan karena sebelumnya saya sedang searching suatu topik di google tapi nggak nemu. Jadilah saya membuat posingan topik tersebut.

    Jadi secara nggak sengaja research keyword hehe. Tambahan: memakai domain TLD juga mendukung untuk masuk page one

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha cara yang kita pakai sama mas. research nya lgsung survei masukin keyword. haha

      mksih tambahannyya mas.. setuju

      Hapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes