Minggu, 07 Oktober 2018

Halo hai dalam beberapa bulan ini ternyata artikel di blog saya yang paling laris yaitu tentang manfaat brevet pajak untuk pekerjaan yang merupakan pengalaman dari saya sendiri. Lihat dari statistik itu saya berpikiran untuk membuat satu artikel lagi yang mengupas lebih tentang brevet pajak yaitu tentang lokasi atau di mana saya menjalani les brevet pajak. Yap, saya memilih les brevet pajak di IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) Jawa Timur

Bingung Nyari Tempat Kursus Brevet Pajak? di IAI aja!!

Jadi kali ini saya akan mengutarakan tentang alasan kenapa saya pada akhirnya memilih IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) Jawa Timur sebagai tempat untuk menuntut ilmu tentang perpajakan dari sekian banyak pilihan tempat les brevet pajak yang ada di Surabaya.

Tentu saja saat hendak memilih tempat les brevet pajak saya berpikir agak lama dan mencari banyak referensi dari berbagai sumber seperti internet maupun bertanya kepada orang sekitar.  Dan memang dari sekian banyak yang saya baca di internet kebanyakan memberikan rekomendasi untuk memilih brevet pajak di IAI. Saya pun berfikiran demikian. 

Berikut alasan-alasan kenapa saya akhirnya memilih brevet pajak di IAI Jawa Timur. Semoga bisa menambah informasi yang kalian cari yaaa...

BIAYA LES BREVET PAJAK DI IAI JAWA TIMUR MAHAL NAMUN SETIMPAL (WORTH IT KOK)

Bingung Nyari Tempat Kursus Brevet Pajak? di IAI aja!!

Ya benar, setelah saya bandingkan harga atau biaya selama menjalani pendidikan brevet pajak di IAI Jawa Timur dengan lembaga-lembaga atau kampus kampus lain memang terlihat cukup tinggi bedanya atau relatif mahal. Namun setelah saya pikir-pikir lagi sepertinya bukan alasan berat jika biaya nya relatif lebih mahal. Hal ini karena saya sadari bahwa yang terpenting dari sertifikat itu adalah lembaga mana yang mengeluarkannya, sehingga pihak lain atau pihak ketiga misalnya calon perusahaan tempat kita melamar kerja akan lebih mempercayai atau melirik sertifikat dari lembaga yang terpercaya tersebut. Untuk mengeluarkan uang yang sedikit lebih banyak sia-sia jika di dengan hasilnya setelah kita mendapat sertifikat kelulusan dari sana

BACA JUGA: 

Manfaat Sertifikat Brevet Pajak Bagi Pekerjaan


DAPAT SLIDE POWER POINT DAN 2 BUKU TEKS SUPER TEBAL DARI IAI (IKATAN AKUNTAN INDONESIA)
Jadi saat menjalani pertemuan atau kelas pertama di les brevet pajak di IAI atau Ikatan Akuntan Indonesia kita akan mendapatkan 2 buku teks super tebal yaitu 1 buku tentang undang-undang perpajakan dan kedua adalah modul pelatihan pajak terapan brevet AB terpadu. Selain itu kita juga mendapatkan satu notebook ukuran sedang dan juga 1 hand bag yang bisa kita pakai untuk membawa dua buku teks dan notebook tersebut. 

Selain itu sebagai penunjang pengajaran di kelas setiap pertemuan kita juga bisa meminta materi kepada pengajar atau mentor kita dengan men-copy file dari komputer yang berada di kelas. 

Bingung Nyari Tempat Kursus Brevet Pajak? di IAI aja!!

Beberapa pengajar atau mentor juga terkadang memberikan hard copy atau fotokopian dari materi ataupun contoh soal.

TENAGA PENGAJAR DI IAI YANG PROFESIONAL

Perlu kalian ketahui bahwa kebanyakan atau sebagian besar yang mengajar di IAI atau Ikatan Akuntan Indonesia adalah mereka para lulusan STAN yang sudah berpengalaman kerja selama sekian tahun dengan menangani kasus perpajakan yang bermacam-macam. Mereka adalah praktisi yang profesional. Ini akan menguntungkan kita karena ilmu yang disampaikan tidak hanya sekedar teori namun juga bisa menjelaskan secara praktek di lapangan misal tentang kasus-kasus apa saja yang dalam lingkup perpajakan dan perusahaan. 

Para Pengajar ini juga merupakan tenaga tenaga profesional yang sangat cerdas menurut saya Karena sudah terbiasa berpindah-pindah tempat kerja dan sudah cukup berpengalaman dalam mengajar perpajakan.



IAI TERSEBAR DI BANYAK WILAYAH DI INDONESIA (Dengan Nama Yang Sama)

Perlu kalian ketahui bahwa ia atau ikatan akuntan indonesia tidak hanya berada di Surabaya akan tetapi hampir ada di setiap kota besar di Indonesia. Untuk mengetahui daerah atau wilayah mana saja yang ada tempat kursus IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia) bisa buka di link berikut WILAYAH IAI GLOBAL


Bingung Nyari Tempat Kursus Brevet Pajak? di IAI aja!!


MATERI YANG DIDAPATKAN DI IAI SANGAT LENGKAP


Berikut adalah materi yang kita dapatkan saat mengikuti BREVET AB di IAI. Lengkap kok.. bisa di cek juga MATERI BREVET IAI
  1. Pengantar Hukum Pajak
  2. Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP)
  3. PPN dan PPn BM
  4. PPh OP & Badan
  5. PPh Pemotongan & Pemungutan
  6. Pajak Bumi & Bangunan
  7. Bea Meterai
  8. BPHTB (Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan)
  9. Pemeriksaan Pajak
  10. Akuntansi Perpajakan
  11. Kode Etik
  12. E-SPT
SISTEM NILAI, UJIAN DAN REMIDIAL

Jadi ujian akan dilaksanakan setiap 1 bahasan atau bab selesai dibahas. 1 pokok bahasan atau 1 bab ini bisa diselesaikan dalam 2-4 atau 5 pertemuan, tergantung materinya (berbeda-beda). Di pertemuan terakhir tiap pokok bahasan atau bab ini akan ada evaluasi atau ujian. Hasil ujian ini akan diumumkan dalam bentuk daftar atau list nilai dan dipajang di papan pengumuman tempat kita mengikuti les. Di loby biasanya. So, semua orang bisa lihat nilai kita loh,wwkwkw agak malu ya kalau nilainya jelek. haha

Setelah semua pokok bahasan atau bab selesai dijalani maka akan ada rekap nilai kita selama mengikuti ujian di IAI. Sehingga kita ingat dan tau nilai mana yang gagal dan harus mengikuti perbaikan.

Nah, standart remidial adalah jika kita dapat nilai C atau D. Eh C gag wajib remidi ding, masih bisa lulus meski dapet C seingatku, koreksi dong kalau aku salah, hehe. Tapi D wajib remidi ya. Kalau kita gag puas dapet nilai B mau remidi juga bisa kok. wkwkw.

Sayangnya gak hanya berkoban rasa malu, tenaga serta pikiran aja untuk mengikuti remidial. Namun kita juga harus bayar biaya remidial per bab atau pokok bahasan sekitar 100-150rb kalau gak salah, agak lupa. Jadi kalau kalian gagal di banyak bab ya tinggal dikalikan aja. hehe, hati-hati yaaa...

SERTIFIKAT BREVET YANG DIAKUI DAN MEMBUATMU BANGGA MEMILIKINYA


Jadi dalam menentukan tempat les atau kursus emang ada baiknya kita memperhatikan apakah sertifikat dari suatu lembaga tersebut diakui atau di nilai baik di dunia luar.  Karena ini akan mempengaruhi kenaikan nilai kita pula saat memilikinya. Benar kan?  

Nah,  memiliki sertifikat dari IAI atau Ikatan Akuntan Indonesia merupakan salah satu kebanggaan yang bisa menaikan nilai pribadi kita untuk berbagai kepentingan.  Jadi,  masih ragu mau les di IAI?  

ADA BERAGAM PILIHAN JAM KURSUS / PERTEMUAN DI IAI 


Jadwal belajar atau les di IAI juga beragam loh. Bisa kalian pilih sesuai dengan jadwal kalian, bisa disesuaikan biar nggak benturan sama kegiatan lain kalian kan. Untuk mahasiswa maupun pekerja semua bisa kok.. ada jadwal pagi, malam, bahkan weekend. 


Bingung Nyari Tempat Kursus Brevet Pajak? di IAI aja!!

Jadwal-jadwal berikut bisa kalian lihat sendiri di website nya yaa JADWAL KURSUS BREVET IAI atau DISINI 

DAPAT SNACK DAN MINUM DI SETIAP PERTEMUAN


Eh iya untuk mengganjal perut para peserta les brevet pajak di IAI, setiap peserta akan mendapatkan snack.  Biasanya dalam bentuk dus atau box kecil berisi 2 snack basah maupun kue serta. Dan juga kita bebas mengambil atau minta minum berupa air putih atau air mineral dalam bentuk cup.  

Ada juga dispenser berisi air bersuhu normal dan air panas serta seperangkat alat dan bahan untuk membuat teh atau pun kopi, seperti teh celup dan bubuk kopi dan tak lupa juga gula.haha  

Dari pengalaman saya sendiri, teh dan kopi hanya saya nikmati kemarin pada saat bulan Ramadan sehingga untuk para muslim yang mengikuti kelas sore hari dan harus buka di tempat les bisa menghangatkan badan dengan meminum teh atau pun kopi.  

BACA JUGA: 

Manfaat Sertifikat Brevet Pajak Bagi Pekerjaan


Udah sampai sini dulu ya sharing info dan pengalaman selama les di IAI Jawa Timur. Kalau ada yang mau ditanyakan bisa langsung komen di bawah, email atau dm di instagram yaa.. 

See you,

Terimakasih

RINI NOVITA SARI
@rinie_noe    

6 comments:

  1. aku baru aja lulus pelatihan pajak brevet ab di iai kota palembang,,mau tanya kak,boleh?
    Aku mau memasukan lamaran di suatu perusahaan BUMN, nah di situ tertulis kolom pelatihan yang pernah diiukuti, kutulis lah brevet pajak a&b,,nah disitu juga ada kolom nilai yang didapati,, yang mau aku tanyain utk mengetahui berapa nilai kita itu dimana ya kak,??, kalau di kuliah kan jelas ada IPK, kalau di brevet pajak nilai yang ditulis ada dimana???? Makasih kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lulus brevet pasti dapat sertifikat mbak. km udah dapat?? saya dapat sertifikat A dan B. nnti di belakang nya ada info nilai kita. kayak kuliah. ABCD an gitu juga mbak. per materi pas brevet.

      Hapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes