24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Tak Perlu Minder Kuliah Di Perguruan Tinggi Swasta, Ini Alasannya!

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Tak Perlu Minder Kuliah Di Perguruan Tinggi Swasta, Ini Alasannya!



“Kuliah dimana?”

“Oh kuliah di swasta ya?”

“Kok kuliah di swasta, gak di negeri aja?”


Buat kalian yang pernah atau sedang kuliah di perguruan tinggi swasta pernah enggak dapat pertanyaan serupa dari sekitar?Enak gag sih dengernya? Pasti ngerasa dong aneh dong? Kenapa kuliah di swasta terkesan buruk atau lebih rendah daripada kuliah di perguruan tinggi negeri.

Tak Perlu Minder Jika Kuliah Di Perguruan Tinggi Swasta, Ini Alasannya!

Nampaknya memang masih banyak yang beranggapan bahwa kesuksesan seseorang dilihat darimana almamater mereka. Padahal kesuksesan tak melulu ditentukan darimana ijazah kita keluar, melainkan lebih tergantung pada action dan usaha masing-masing individu (tentu saja diluar factor nasib dan keberuntungan).

Suka heran sama yang sering melontarkan pertanyaan seperti diatas. Terlebih biasanya pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan basa basi kepada orang-orang yang baru di temui. Basa basi tapi terkesan ‘nylekit’ kan miris yah. Sudah sewajarnya mulai sekarang pola pikir / mindset akan diskriminasi atau menganggap rendah orang-orang yang masuk ke perguruan tinggi swasta.

BACA JUGA: 

ALASAN/ANGGAPAN ORANG MEMILIH PERGURUAN TINGGI NEGERI (PTN)

Sebenarnya ada alasan –alasan yang lebih real dan masuk akal mengapa banyak orang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ketimbang Perguruan Tinggi Swasta (PTS), misalnya:

1. Biaya kuliah yang lebih murah / terjangkau.
That’s true, karena milik pemerintah maka PTN tentu akan mendapat macam-macam subsidi dan masuk ke perhitungan anggaran negara. Beda dengan PTS yang dikelola oleh lembaga atau swasta. Hal ini tentu akan berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan selama menjalani perkuliahan Masuk PTN masih di klaim menjadi kebanggaan.
2. Pilihan jurusan yang lebih banyak.3. Lulusannya lebih diminati oleh perusahaan-perusahaan.
Benar namun tak sepenuhnya benar menurut saya. Karena sekarang ini yang dilihat bukan sepenuhnya dari PTN atau PTS nya melainkan status akreditasi jurusan maupun universitasnya. So, PTN maupun PTS yang kita pilih sebaiknya yang minimal mempunyai akreditasi jurusan yang baik.

KENAPA MASUK PERGURUAN TINGGI SWASTA (PTS) DIANGGAP CADANGAN

Dan ini beberapa alasan orang-orang menganggap PTS tak se-membanggakan PTN
1. PTS dijadikan opsi terakhir atau cadangan saat gagal masuk PTN 
2. Biaya yang lebih mahal
3 Dianggap sulit masuk dunia kerja
KENAPA HARUS MINDER? KENAPA HARUS DIANGGAP RENDAH?

Well, meskipun  alasan-alasan diatas benar adanya, bukan berarti bisa kita jadikan alasan untuk MINDER. Karena mungkin memang kondisi-kondisi tertentu mengharuskan kita masuk ke PTS. Semua kembali lagi kepada tujuan kita kuliah itu apa? dapat ilmu, memperbaiki nasib, mempermudah kita mendapat pekerjaan pasca kelulusan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 

GAGAL DI SATU TEMPAT BUKAN BERARTI HIDUP KITA JUGA GAGAL
Jangan putus asa jika kamu kuliah di Perguruan Tinggi Swasta. Life must go on, right?. Kesuksesan tidak hanya berasal dari satu pintu saja kok. Kesempatan selalu terbuka lebar bagi siapa saja yang mampu berjuang.

Bicara soal kesuksesan, pada akhirnya setiap mahasiswa yang berhasil menyelesaikan masa kuliah di kampusnya masing-masing akan kembali ke titik nol. Titik dimana perjuangan ke tahap selanjutnya yaitu mencari pekerjaan atau  membuka usahanya sendiri. Memang perguruan tinggi negeri sudah banyak diketahui akan lebih mudah masuk ke perusahaan-perusahaan. Pernyataan ini memang tidak salah, namun sebagai mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi negeri swasta saya juga merasa mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapat pekerjaan.

KULIAH DI PTS, BISA KERJA REGULER DI TEMPAT LAIN
Ikhlas dan sadari bahwa jalan yang Tuhan kasih buat kita selalu mempunyai tujuan baik. Kuliah di PTS buktinya bisa membuat kita lebih berkembang, contohnya untuk mencari pekerjaan diluar jam kuliah. Hal ini dikarenakan banyak perguruan tinggi swasta tawarkan jam kuliah yang bisa lebih fleksibel misalnya di akhir pekan ataupun di malam hari, sehingga waktu luang kita lebih banyak.  

Pagi sampai sore hari biasa kita bekerja atau mencari pekerjaan atau bekerja di tempat lain. Sedangkan malam hari bisa kita gunakan untuk berkuliah. Coba bayangkan saat kalian lulu kuliah dari PTS kalian tak hanya mendapat ijazah S1 tapi juga sudah punya pengalaman kerja untuk dimasukan dan dituliskan di CV loh.

Bekerja sambil kuliah juga bisa merubah mindset kamu tentang uang dan mengelola uang loh. Hal ini juga yang saya lakukan selama tiga setengah tahun. Saya bekerja sambil kuliah di malam hari dan hal ini berdampak besar juga terhadap kemandirian saya. Kesadaran saya juga semakin tinggi akan suahnya memperolah uang selagi kita memperjuangkan hal lain yaitu gelar S1.

JANGAN KHAWATIR PASCA KELULUSAN DARI PTS
Bersaing dalam mendapat pekerjaan sebenarnya adalah berkenaan dengan skill dan pengetahuan kita. Untuk itu sudah seharusnya kita dari awal masuk dan menjalani masa perkuliahan juga menjalaninya dengan sungguh-sungguh. Kita harus  mempunyai pikiran bahwa kita harus bisa bersaing pula dengan mahasiswa-mahasiswa lulusan dari perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta lainnya.

Jadi jangan pernah berputus asa jika kalian pada akhirnya memilih/masuk/atau terlanjur masuk ke perguruan tinggi swasta. Karena tak ada jaminan kesuksesan tanpa usaha. Dimanapun kita mencari ilmu, disitulah kita berjuang.

MINDSET ALMAMATER DARI KAMPUS MENTERENG
Dulu saya mempunyai salah satu teman yang selalu berpikiran bahwa dia harus masuk ke suatu perguruan tinggi negeri yang sangat terkenal di Indonesia, apapun jurusannya. Meskipun itu jurusan yang tidak populer atau mempunyai terakreditasi yang tidak terlalu baik.

Ini berarti bahwa masih bahwa menjadi lulusan atau almamater dari kampus ternama di Indonesia merupakan tujuan utama. Meskipun jurusannya mungkin punya akreditasi yang kurang bagus di kampusnya. Hal yang seperti ini yang tidak boleh meracuni mahasiswa-mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi swasta.

BACA JUGA: 

Please guys, gedein gengsi sepertinya sudah bukan zamannya. Yang penting bagaimana kita menjalani dengan sungguh-sungguh apa yang sudah kita pilih dan kita dapatkan. Untuk  kemudian bertanggung jawab pada diri sendiri sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat

Stop mendengarkan kata-kata orang yang kurang penting dan kurang berpengaruh positif ke diri kita. Akan lebih baik jika kita lebih antusias dan termotivasi dengan stigma yang udah lama tertanam itu.

Udah gak minder  lagi kan? Jangan yaaa, gausah minder lagi ya. You can be the best in your way.. J     

Terimakasih

Rini Novita Sari
@rinie_noe




Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

3 comments

  1. Saya lulusan PTS tapii kesempatan kerja malah banyak dan bisa freelancer juga meski kerja kantoran,,,beberapa rekan lulusan PTN malah mindsetnya stagnan,,,,jadii bukan soal kuliah di mana tapi bagaimana skill dan kemampuan kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak. bisa sambil cari2 freelance. skill nomer satu yaaa :)

      Delete

Post a Comment

Iklan Tengah Post