Senin, 24 September 2018

Anggaran pribadi adalah catatan yang menunjukkan sejumlah uang yang kita ramalkan atau perkirakan menjadi pemasukan dan pengeluaran dalam waktu tertentu. Bentuk anggaran pribadi ini harus kita compare atau perbandingkan dengan realisasi uang yang masuk yang keluar. Hal ini dikarenakan anggaran pribadi merupakan suatu rencana yang kita susun agar arus keuangan pribadi kita lebih rapi dan teratur serta tidak keluar dari perencanaan. 


Pernah berpikir nggak kalau membuat anggaran pribadi sebenarnya sangat penting dan banyak manfaatnya untuk kita pribadi. Pada postingan sebelumnya pun saya sudah pernah menuliskan tentang pentingnya membuat anggaran keuangan pribadi dengan sedikit cerita di dalamnya.


Mungkin masih banyak yang nggak sadar ya apa itu fungsi membuat anggaran keuangan pribadi sehingga mereka mengabaikan untuk membuat hal yang satu ini. 

MANFAAT MEMBUAT ANGGARAN DAN LAPORAN KEUANGAN PRIBADI

1 . Anggaran pribadi digunakan untuk membuat suatu perencanaan.

Dengan anggaran pribadi kita akan tahu rencana pemasukan dan pengeluaran uang kita dalam masa waktu tertentu sehingga kita bisa terhindar dari kemungkinan kemungkinan kondisi seperti kehabisan atau kekurangan uang di tengah jalan karena semuanya sudah terencana dan tahu akan digunakan atau dialokasikan untuk apa saja. Sayang kan segitu banyaknya dikeluarkan dalam satu bulan berbagai macam biaya apabila tidak kita rencanakan dengan baik maka pembagian uang dengan biaya-biaya tersebut mungkin tidak akan seimbang disini buat anggaran dan laporan keuangan pribadi menurut saya cukup besar manfaatnya.

2. Anggaran pribadi digunakan sebagai suatu pengawasan.

Anggaran dan laporan keuangan pribadi digunakan sebagai suatu pengawasan dikarenakan kita bisa menggunakannya sebagai rem dalam menggunakan uang.  Digunakan sebagai pengawasan karena dari anggaran dan laporan keuangan pribadi kita bisa mengetahui uang yang dianggarkan dengan realisasi yang kita keluarkan setiap bulan. Apabila ada selisih yang cukup besar antara realisasi dengan anggaran maka kita bisa mengevaluasi kesalahannya ada di mana apa kita yang terlalu boros atau hal yang lainnya.

3. Anggaran pribadi digunakan sebagai pedoman penggunaan uang atau arus keuangan.

Diet dengan anggaran ataupun laporan keuangan ini kita bisa tahu uang kita lari kemana saja dan digunakan untuk apa saja setiap hari ataupun bulan bahkan satu tahun.



LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT ANGGARAN DAN LAPORAN KEUANGAN PRIBADI

Yang masih belum pernah emncoba membuat anggaran dan laporan keuangan pribadi mungkin karena belum mengetahui cara membuat dan bagaimana pencatatannya. Untuk itu berikut saya akan sharing tentang apa yang saya buat dan catat saat membuat anggaran dan laporan keuangan pribadi.

1. Catat Total Penghasilan Sebulan
Sumber penghasilan setiap orang pastilah tak selalu sama. Sebagai karyawan misalnya tentu sumber utamanya adalah gaji bulanan. Jika ada uang lembur, insentif dan lain-lain tentu juga harus ditambahkan. Jika ada potongan wajib juga harus langsung dikurangkan.



Kemudian untuk yang mempunyai usaha sampingan atau side job dan berjualan misalnya, juga harus dicatat sebagai penghasilan. Intinya yang kita catat adalah total penghasilan/pendapatan bersih/uang masuk yang kita terima dalam satu bulan.

2. Catat Pengeluaran-Pengeluaran Bulanan Sesuai Kategori
Tuliskan semua daftar atau jenis-jenis pengeluaran dalam satu bulan. Jenis pengeluaran ini ada 2 macam yaitu pengeluaran tetap dan pengeluaran tidak tetap. 

Pengeluaran tetap adalah macam-macam pengeluaran yang pasti akan dikeluarkan setiap bulannya dengan nominal yang suda kita ketahui atau perkirakan. Contohnya: sewa kos / kontrak, cicilan motor/mobil/rumah, hutang kartu credit, pulsa dll. 

Pengeluaran tidak tetap adalah macam-macam pengeluaran yang belum pasti akan dikeluarkan setiap bulan atau belum tentu sama nominalnya setiap bulannya. Contohnya:  makan, liburan dan hiburan, dan lain-lain seperti uang sumbangan/kondangan dll. 

3. Isi Nominal Untuk Anggaran dan Juga Realisasi
Anggaran adalah rencana di masa depan/mendatang. Sedangkan realisasi adalah kenyatan yang sebenarnya terjadi, dengan kata lain nominal uang yang benar-benar masuk dan keluar di bulan berjalan. Anggaran dibuat sebelum bulan berjalan, dan realisasi dibuat atau di catat setelah transaksi.

Bandingkan / Kurangkan Nominal Untuk Anggaran dan Juga Realisasi
Buat kolom anggaran dan kolom realisasi berdampingan kemudian kurangkan kolom anggaran dengan kolom realisasi tersebut. Di banyak kondisi, kolom realisasi yang lebih kecil atau sama dengan anggaran adalah kondisi keuangan yang baik. Sehingga sisa uangnya bias dialokasikan untuk hal lainnya atau masuk tabungan.


4. Evaluasi
Jangan lupa untuk melakukan evaluasi setiap 1 bulan selesai melakukan pencatatan. Hal ini bertujuan untuk mereview apakah arus keuangan kita berada pada jalurnya atau dalam kondisi keuangan yang aman atau sebaliknya. Bandingkan atau lihat selisih dari kolom anggran dan kolom realisasi. Jika ada realisasi yang melampaui jauh dari anggaran harus kita evaluasi penyebab-penyebabnya agar penggunaan uang kita bisa kita perbaiki di bulan depan.

5. Buat Saldo Harian Sebagai Bantuan Tambahan


Untuk membantu kita dalam mengetahui saldo terakhir uang kita, baiknya membuat rincial saldo atau saldo harian atau apapun terserah kita menamainya apa. Saldo harian ini kaluar dalam akuntansi adalah buku besar akun kas mungkin ya. Jadi dari sini kita akan mencatat uang yang masuk atau keluar untuk apa saja. Baiknya memang tiap hari kita update saldo harian ini agar kita tahu uang kita dari dan lari kemana saja dan posisi saldo uang kita terakhir berapa. 
MENCATAT ANGGARAN DAN LAPORAN KEUANGAN PRIBADI DIMANA?

Nah di postingan sebelumnya sudah saya sampaikan juga, pencatatan ini bias menggunakan berbagai aplikasi di playstore atau apple store (cari yang sesuai kebutuhan dan yang ternyaman) atau bisa juga dicatat manual di excel. Saya nyoba keduanya sih, tapi aplikasi gak se fleksibel excel karena bisa kita otak atik bentuknya semau kita.

Berikut saya share excel yang saya buat untuk mencatat anggaran dan laporan keuangan pribadi. Kalua ada yang kurang silakan komen ya 

kalau saat kalian buka format excel diatas kemudian ada warning protected view kalian save as aja lagi excelnya pas kebuka.

Sampai sini dulu ya guys sharing nya. i like to read your sharing and comment below `:)

Terimakasih

Rini Novita Sari


11 comments:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Aku dulu pernah pake beberapa aplikasi juga buat personal budgeting mbak, tapi ternyata cuman bertahan beberapa bulan, terus kembali pake manual alias aku tulis aja :D Thank you for sharing, mbak! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smaa mbak aku juga nyoba aplikasi. Tapi trnayta lebih nyaman nyatat di excel . Heheh . Sama2 mbak sayyy thanks for reading

      Hapus
  3. Dengan membuat anggaran dan laporan keuangan personal, tentunya akan membuat kondisi keuangan kita stabil dan berjalan sesuai dengan rencana. Bukan begitu mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas. Membuat keuangan lebih tertata. Tau yang bisa dikeluarin berapa dan keuangan gak sampe minus minus . Lbh bisa ngontrol diri juga sih klo mau nggunain uang.. Terencana :)

      Hapus
  4. perencanaan, pengawasan, dan evaluasi...yang dimulai dari diri sendiri ya kak supaya lebih disiplin. Saya mesti ikut lakukan nih, yang seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas. Kesadaran dan konsistensi yang terpenting.

      Smangattt

      Hapus
  5. saya dulu sempat mencatat pemasukan dan pengeluaran di excel, tp sekarang ga pernah lagi. Bukan karena malas mbak, tp pakai metode budgeting. jd awal bulan itu uanv udah saya bagi ke posnya masing2. so, udah pakai limit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas . Klo saya juga ke budgeting dulu. Bahkan bulan ini udah bikin budget buat beberapa bulan kedepan . Cuman tetep bikin realisasinya buat cocokan aja membengkaknya kemana soale kadang budget berapa eh ternyata keluar berapa . Pasti ada yg salah sama manage uangnya . :(

      Hapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes