24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Tips Sukses Tes Dan Wawancara Posisi Staff Accounting

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Tips Sukses Tes Dan Wawancara Posisi Staff Accounting

Di postingan sebelumnya saya sudah sharing tentang 20 pertanyaan yang umumnya di tanyakan saat interview dan tips sukses wawancara dan interview untuk semua posisi. Belum jauh seputar pekerjaan, kali ini saya akan sharing lagi tentang tips menjalani tes dan interview sebagai staff accounting.



Yap, 8 tahun saya bergelut di posisi ini dan sudah 3 perusahaan sudah saya rasakan. Karena itu saya rasa sudah cukup layak untuk saya sharing tentang hal ini.

Faktanya, tak semua lulusan accounting sanggup dan tau apa itu dasar-dasar akuntansi. Miris bukan? Yap, sangat miris. Mungkin terlalu menyepelekan apa yang dia dapatkan selama masa perkuliahan. Atau bisa juga karena satu dan banyak alasan lainnya. Padahal untuk menjadi atau melamar sebagai accounting minimal kita harus tau lah apa itu dasar-dasar accounting. 

Ga usahlah dulu bicara ekonomi mikro, makro, akuntansi biaya dan lain-lain. Cukup akuntasi dasarnya dulu aja deh. Udah menguasai belum?

Saya sudah pintar? No!! untuk melamar sebagai accounting dulu saya juga harus banyak review materi-materi lama dan banyak browsing di internet kok. 

Untuk menempati posisi accounting biasanya akan menjalani 2 ujian yaitu tertulis dan wawancara. Nah kita pasti harus siap untuk keduanya kan. Pertanyaan seputar akuntansi juga terkadang ditanyakan secara lisan. Tergantung perusahaan tersebut menggunakan metode apa saat mewawancarai.

So, kali ini akan saya rangkum beberapa hal yang harus dipersiapkan dan TIPS SUKSES TES DAN WAWANCARA POSISI STAFF ACCOUNTING

1. PERTANYAAN UMUM

Persiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan umum seputar profil kamu. Untuk mempersiapkan hal ini kalian bisa BACA DISINI
Baca Juga : 20 Pertanyaan Yang Umumnya Ditanyakan Saat Interview Dan Cara Menjawabnya

2. PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Persamaan ini adalah persamaan dasar akuntansi. Sudah pastilah semua yang pernah belajar akuntansi harus tau persamaan berikut ini kan.



Konsepnya:
Ada 2 sisi yaitu sisi kanan dan sisi kiri. Sisi kanan adalah kewajiban dan modal, sedangkan sisi kiri adalah harta. 2 sisi ini harus seimbang dan harus sama nilainya (balance).

Harta = semua kekayaan perusahaan
Kewajiban = utang terhadap pihak lain
Equity = modal / hak milik perusahaan

Penambahan / pengurangan di sisi kiri harus dibarengi dengan penambahan / pengurangan di sisi kanan

3. SIKLUS AKUNTANSI

Siklus akuntansi ini harus benar-benar dipahami karena ini merupakan alur dan tahapan yang tak bisa dilepaskan dari akuntansi perusahaan. Meski tak selalu saat kita diterima nanti kita akan mendapatkan semua jobdesk ini tapi untuk tes/interview posisi acoounting hal ini sering di tanyakan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman para pelamar tentang akuntansi.

Penjelasan selengkapnya tentang siklus akuntansi bisa dipelajari DISINI



NB: JIKA KALIAN INGIN BERTERIMAKASIH KARENA MENDAPAT MANFAAT DARI ARTIKEL INI SILAKAN KLIK SALAH SATU IKLAN DI HALAMAN INI AJA. :P


4. JURNAL AKUNTANSI DASAR

Untuk mebuat jurnal kunci utamanya adalah harus paham tentang debit dan kredit atau pendebitan dan pengkreditan terlebih dahulu. 

MACAM-MACAM JURNAL AKUNTANSI :
- Jurmal Umum
- Jurnal Khusus
- Jurnal penjualan
- Jurnal pembelian
- Jurnal pengeluaran kas
- Jurnal penerimaan kas
- Jurnal umum
- Jurnal pembalik
- Jurnal penutup


Berikut adalah link yang saya rekomendasikan untuk belajar tentang MACAM-MACAM JURNAL AKUNTANSI

5. JURNAL PENYESUAIAN
Pertanyaan tentang jurnal penyesuaian sering muncul saat tes atau wawancara kerja untuk posisi accounting. Pastikan sudah paham dan bisa membuat jurnal penyesuaian sederhana.

Jurnal penyesuaian dibuat pada akhir periode untuk menyesuaikan akun atau saldo-saldo perkiraan agar menunjukan keadaan yang sebenarnya.

Macam-macam akun yang memerlukan penyesuaian :
- Penyusutan aktiva tetap
- Uang di bayar di muka
- Pendapatan diterima di muka
- Pemakaian perlengkapan
- Biaya yang masih harus dibayar
- Pendapatan yang akan diterima

6. PENYUSUTAN

Pertanyaan tentang penyusutan aktiva/depresiasi juga sering muncul saat tes atau wawancara kerja untuk posisi accounting. Penyusutan atau yang dikenal dengan depresiasi adalah alokasi jumlah atau nominal yang dapat disusutkan dari suatu asset atas umur manfaatnya. 

Penyusutan ini melekat pada aktiva tetap selain tanah, misal gedung, kendaraan, mesin dan lain-lain. Kalian juga harus tau bahwa cara perhitungan pernyusutan ada beberapa metode yaitu garis lurus, saldo menurun dan metode rata-rata.

Untuk contoh-contoh jurnal penyesuaian saya rekomendasikan pelajari dari link ini. KLIK DISINI .

7. JURNAL AKUNTANSI PERUSAHAAN TEMPAT ANDA MELAMAR

Anak akuntansi pun harus tau bahwa beda perusahaan atau beda aktivitas perusahaan maka ada perbedaan pula dari jurnal-jurnal atau laporan keuangannya. Misal perusahaan distributor / dagang, manufaktur, perusahaan jasa bahkan perbankan pasti mempunyai aktivitas yang berbeda. 

Aktivitas yang berbeda ini tentu pula berdampak pada jurnal-jurnalnya. Untuk ini memahami dan mengerti bentuk perusahaan dan aktivitasnya sangat diperlukan.

Berikut adalah link yang saya rekomendasikan untuk belajar tentang PERBEDAAN LAPORAN KEUANGAN BERBAGAI INDUSTRI (KLIK DISINI)

8. MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA

Bisa membuat laporan keuangan adalah hal yang wajib bagi orang yang pernah belajar akuntansi. Namun untuk bekal melamar di posisi accounting minimal kita bisa membuat dan mengerjakan laporan keuangan secara sederhana.

MACAM LAPORAN KEUANGAN:
- Laporan laba rugi
- Laporan perubahan modal
- Laporan posisi keuangan / neraca
- Laporan arus kas

Untuk CONTOH LAPORAN KEUANGAN saya rekomendasikan pelajari dari link ini. KLIK DISINI dan DISINI. 

Nah kira-kira segitu dulu guys yang bisa aku rangkum buat persiapan yang mau tes dan wawancara untuk posisi accounting. Semoga sukses yaaa!!!

Terimakasih


NB: JIKA KALIAN INGIN BERTERIMAKASIH KARENA MENDAPAT MANFAAT DARI ARTIKEL INI SILAKAN KLIK SALAH SATU IKLAN DI HALAMAN INI AJA. :P



BACA JUGA:

RINI NOVITA SARI
@rinie_noe
email rinienoe46@gmail.com
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

26 komentar

  1. Sedikit tpi sangat bermanfaat sekali 😊👍

    BalasHapus
  2. sangat membantu sekali kakak :')
    btw can I got your email? I want to ask personally and make some friend :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. With pleasure, rinienoe46@gmail.com ditunggu emailnya kaka. .

      Hapus
  3. Terima kaish kak, membantu dalam mempersiapkan tes untuk posisi tersebut

    BalasHapus
  4. Masukan yg sangat berguna dan bermanfaat...dgn berbagi ilmu bs membuat semakin pandai...Insha Allah...btw blh mnt no wa ngga msh bnyk mau belajar mslh accounting :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak.. Saya bales emailnya mbak yaa . :))

      Hapus
  5. Makasih kak,maaf kak boleh mintak no wa, mw tanya" mslh accounting, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan email ke rinienoe46@gmail.com mbak nnti aku kasih nomor wa ku

      Hapus
  6. terimakasih banyak kak sangat membantu sekali. maaf kak, boleh minta emailnya ga ya hehe untuk tanya² seputar accounting karna besok aku ada panggilan untuk interview bagian accountinf di RS kira² apa aja yg harus saya siapkan ya kak.

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat sekali makasih ilmunya

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat ilmunya

    Jika ingin mengetahui akuntansi dan bisnis kunjungi

    https://akupecintaakuntansi.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Jadi ingat waktu belajar akuntansi, tapi sekarang malah lupa, karena jarang dipraktikan, terutama teorinya. Baru sebagian aja yang saya praktikan untuk menyusun laporan keuangan blog, itu pun gak mengacu 100% seperti siklus akuntansi.

    Sangat bermanfaat Mba. Btw, iklannya sudah saya klik loh. *kode keras

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk. Jadi malu... Karna byk bgt yg buka artikel ini perhari hampir 300 an by analitycs mas. Tapi kok ga ada yg mau klik iklan. Ya alloh blogger kasian bgt ya. Haha adsense tak bisa jadi pegangan. Bukan dri job luar. Wkwk malah curhat

      Makasih btw buka artikel ini. Haha

      Emang mas. Org yg kerja di accounting aja belum tentu njalanin semua siklus ini. Klo staff biasanya cuman megang beberapa akun aja kan. Misal penjualan aja, penagihan aja, biaya aja dll.

      Di satu kantor paling 1 atau 2 org yg megang kerjaan sampe collect dan nyusun ke lap keuangan. :D

      Hapus
  10. akunting kalau ada masalah di GL pasti larinya ke finance. agar neraca nya balance,karena finane data entry proses penjurnalan dari setiap transaksi. Akunting ga bakal bisa closing kalau neraca belum balance. Akunting itu bagaikan hantu dari sebuah pekerjaan kalau udah closing. virtual finance development semuanya di datengin sampai HRD pun di datengin kwkwkwkw
    GL itu harus balance,tanpa nol koma pokok nya kwkwkwkwk
    ya itu wajar sih karena sebagai laporan keuangan sebuah perusahaan setiap bulannya.
    pengalamanku sih begitu waktu kerja dulu mbak hehe

    Kangen kerja di admin -_- (www.masrinaldo.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pernah kerja di admin to mas? gak lanjut..?

      bener tuh accounting pokoknya harus balance haha

      Hapus
  11. hallo mba Rini, makasih banyak loh mba sudah buat blog ini, sangat membantu, hari rabu ini saya ada test sebagai accounting and finance di sebuah firma hukum padahal saya guru ekonomi akuntansi awalnya, dan belum pernah terjun di perusahaan. jika berkenan bolehkah saya minta email mba untuk menanyakan beberapa hal yang saya kurang ketahui mba, saya sudah klik iklannya ya mba terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan email kesini mbak rinienoe46@gmail.com

      Hapus
  12. Akunting ada triknya ternyata ya kalo mau wawancara
    hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ada mas, sebenernya tiap posisi pekerjaan pasti ada trik nya sih, hehe

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post