24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
20 Pertanyaan Yang Umumnya Ditanyakan Saat Interview Dan Cara Menjawabnya

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

20 Pertanyaan Yang Umumnya Ditanyakan Saat Interview Dan Cara Menjawabnya

Lagi, lagi dan lagi saya akan berbagi atau sharing tentang pengalaman saya. Kali ini tentang pengalaman saya beberapa kali interview dan pindah kerja. Juga beberapa pengalaman dan cerita dari teman-teman terdekat saya.


fr.123rf.com
Sudah tentu dong untuk mendapatkan pekerjaan kita harus mengirim lamaran atau cv. Nah jika beruntung dan sesuai klasifikasi perusahaan maka kita akan mendapat panggilan untuk interview sebagai dasar perusahaan tersebut lebih tau siapa dan bagaimana kita.

Tentu saja ini berarti bahwa panggilan interview adalah kesempatan yang tak boleh di sia-siakan. Untuk itu tentunya ada upaya-upaya yang harus kita lakukan dan persiapkan terlebih dahulu. Salah satunya adalah mempersiapkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang umumnya di tanyakan saat interview.

Berikut saya rangkum beberapa pertanyaan yang umunya di tanyakan saat interview. Saya contohkan untuk pencari kerja sebagai accounting misalnya. Check  it out!
PERTANYAAN DASAR

1. Silahkan perkenalkan diri Anda? 
= Sebutkanlah nama, tempat tanggal lahir, jumlah saudara, asal sekolah atau universitas, pernah atau sedang bekerja dimana (singkat saja), bekerja sejak kapan.
2.  Mengapa saat kuliah mengambil jurusan akuntansi (misal) ?
= Misalnya karena lapangan pekerjaan untuk lulusan akuntansi banyak.
3. Apakah Anda mempunyai rencana untuk melanjutkan studi / sekolah?
= Hati-hati tentang pertanyaan ini. Beberapa perusahaan mungkin menyukai semangat Anda dalam mengembangkan diri. Namun tak sedikit perusahaan yang enggan di “selingkuhi” dalam arti mungkin
4. Apakah pernah mengikuti les atau kursus tertentu?
= Jawan dengan jujur, jangan mengada-ada dan buktikan dengan sertifikat dari tempat kursus. Lebih baik mengungkapkan rencana AKAN MENGIKUTI KURSUS tertentu daripada berbohong tentang hal ini .

Vectortoons.com

PERTANYAAN SEPUTAR PERUSAHAAN DAN POSISI YANG DILAMAR

5. Mengapa ingin bekerja di perusahaan ini?
= Misalkan, karena Anda ingin mendapatkan kesempatan yang lebih baik dari sebelumnya.  Ingin lebih banyak belajar.
6. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?
= Pastikan Anda sudah mencari tahu tentang perusahaan yang sedang Anda incar. Cari tahu perusahaan tersebut bergerak di dalam bidang apa. Misalkan manufaktur berarti Anda harus tau mereka memproduksi apa. Atau missal distributor maka Anda cari tau perusahaan tersebut mendistribusikan atau menjual apa.
7. Apa yang Anda ketahui tentang bagian Acccounting (misalnya) di perusahaan?
= Meskipun sebenarnya Anda sudah tau dan paham tentang posisi ini namun jangan lupa untuk tetep menyusun kalimat untuk menjawabnya agar terlihat siap dan rapi. Banyak sumber yang bisa dijadikan acuan Anda dalam menyusunnya. Salah satunya dari internet.
Untuk accounting, misalnya jelaskan bahwa bagian ini adalah yang mengatasi pembukuan dan berbagai laporan dan sub laporan keuangan di perusahaan.
Baca juga




Clipart.freedesktop.org
PERTANYAAN SEPUTAR PENGALAMAN

8. Ceritakan pengalaman kerja Anda / ceritakan tentang pekerjaan Anda sekarang?
= Ceritakannya mulai dari posisi Anda, job desk dan tanggung jawab Anda di perusahaan lama.
9. Kenapa Anda ingin keluar dari pekerjaan sekarang? (bagi yang sedang bekerja di tempat lain)
= Pastikan untuk tidak menjelek-jelekanan perusahaan Anda dan tidak terindikasi bahwa Anda terlibat konflik atau bermasalah di perusaan lama.
Contoh yg benar: ingin terlepas dari Outsourching atau kontrak kerja yang kurang cocok. Bisa juga dengan alasan bahwa kamu ingin menambah pengalaman dan emngembangkan diri.
10. Apa masalah yang sering Anda hadapi di tempat bekerja Anda sebelumnya?
= Ceritakan saja sesuai pengalaman namun tdiak terlalu panjang dan berlebihan. Misalnya kerja sama tim yang kurang cepat atau lain sebagainya.
Vectortoons.com


PERTANYAAN SEPUTAR KARAKTER DAN CARA BERPIKIR
11. Apa arti sukses menurut Anda?  
= Jawablah bagaimana pandangan Anda tentang kesuksesan Anda sendiri. Misalnya ‘kesuksesan menurut saya adalah suatu titik dimana saya mencapai target-target yang sudah saya tentukan dalam hidup. dst’.
12. Apa kelebihan yang kamu miliki? 
= Jangan sombong dan narsis. Hehe. Contoh yang benar misal:  Tidak mudah menyerah,  punya keinginan untuk belajar,  mudah beradaptasi.
13. Apa kelemahan yang Anda miliki? 
= Tidak ada orang yang sempurna, sehingga Anda juga harus menjawab apa kelemahan Anda. sebutkanlah kelemahan Anda, dan jangan lupa sertakan SOLUSI anda mengatasi dan menutupi kelemahan Anda tersebut.
14. Mana yang lebih Anda suka? bekerja di luar atau di dalam ruangan?
= Jawablah sesuai karakter Anda dan sesuai posisi yang sedang Anda incar di perusahaan tersebut. Lebih bagus jika menjawab fleksibel yaitu bisa, suka dan siap di keduanya.
PERTANYAAN-PERTANYAAN AKHIR
15. Apa alasan terbesar saya harus menerima Anda
= Karena saya punya keinginan yang besar untuk belajar dan saya bisa belajar dengan cepat.
16. Berapa gaji yang diinginkan?
= Sebutkan saja nominalnya jika Anda yakin dengan kemampuan Anda. Kalau kurang berani maka bilang saja disesuaikan dengan penilaian perusahaan terhadap Anda. Saran saya, untuk fresh graduate minimal sejumlah UMR/UMK di daerah Anda. Untuk yang sudah pengalaman minimal diatas gaji di tempat kerja sebelumnya.
Negosiasi gaji biasanya akan berlanjut jika sudah ada tanda-tanda kalau perusahaan menyukai Anda.
17. Jika diterima, apakah Anda siap lembur? 
= Untuk fresh graduate yang memang sedang mencari pengalaman saya sarankan untuk menajwab ‘siap’ dalam kondisi ini. Namun untuk yang sudah berpengalaman bisa ditanyakan dulu apakah ada perhitungan uang lembur atau tidak. Atau kemungkinan maksimal sampai berapa jam dan lain sebagainya sebagai bahan pertimbangan Anda. Hal ini pun kondisional, jika dirasa gaji dan tunjangan Anda cukup besar mungkin loyalitas jam lembur memang bisa Anda berikan.
18. Jika diterima, berapa lama Anda akan bekerja diperusahaan ini.  
= Saya akan berusaha dengan sungguh-sungguh. Semoga bisa selamanya disini.
19. Kapan siap bekerja di perusahaan ini? 
= Sebutkan tanggal dan bulan dengan tepat. Agar tak terjadi PHP. LOL. Hal ini bersifat negositiable, kadang ada perusahaan benar-benar butuh cepat untuk mengisi posisi yang kosong, namun juga ada yang bisa nego msial Anda beralasan untuk menyelesaikan masa di kantor lama (namun jangan terlalu lama, ingat banyak kandidat selain Anda)
20. Apa alasan yang membuat perusahaan ini sebaiknya merekrut Anda?
= Jawab dengan bijak dan jangan berlebihan. Misalnya karena Anda akan berusaha sebaik mungkin bekerja sama dengan team work, dsb.
Nah itu dia beberapa contoh pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview yang kiranya bsia kalian persaipkan sebelum hari H interview. Terlepas dari pertanyaan seputar job desk secara rinci. Maksudnya misal saya tidak membahas masalah akuntansi seputar pertanyaan menjurnal suatu transaksi dan lain sebagainyua. Itu adalah step pertanyaan atau interview yang melekat pada job Anda nanti. Pastikan juga harus persiapkan tentang itu.
Sampai disini dulu ya, semoga semua yang sedang mencari pekerjaan bisa segera mendapat pekerjaan seperti yang diinginkan dan dibutuhkan.
Terimakasih
See ya..

RINI NOVITA SARI
@rinie_noe
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

13 komentar

  1. Duluuuu kagok sekali ditanya berapa gaji yang pengen diminta. Gak pede jawabnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sama mas . Dlu pas pertama kali mau masuk dunia kerja juga bgg . Pengalaman belum ada . Keterima aja udah syukur . Jawab nya jadi minimal UMK aja . Hehe . Skrg pengalaman udah lumayan jdi brani pasang harga dan nego . Semua butuh proses sih.hihi

      Hapus
  2. bagian gaji biasanya agak susah ya, tapi kalau jujur dengan kebutuhan hidup dibandingkan mengatakan sesuai UMK pilih mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat2 juga mas, hhehe, klo emanng masih minim pengalaman aku ga masalah umk. tapi klo udah byk pengalama ya gak mau disamain kayak anak baru. kalo aku sih gitu. hihi

      Hapus
  3. Teriamaksih atas masukannya mba..sangat bermanfaat sekali bagi saya yang fresh graduate tapi punya pengalaman dibidang yang berbeda jadi galau juga kalau mau nentuin gaji heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya pengalaman dibidang yang berbeda juga ada positif nya kok kak. tandanya kakak udah terbiasa bekerja dan interaksi dengan temen kerja lain.. gak kaget sama dunia kerja. jobdesc nya aja yang beda

      Hapus
  4. Ilmu nambah gan

    Jika ingin mengetahui akuntansi dan bisnis kunjungi

    https://akupecintaakuntansi.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. Tanpa sadar saya dapet pertanyaan2 seperti itu. Asal jawab sih. Krna bnyak jwbn yg gak disiapin.

    Thanks

    BalasHapus
  6. Kalo lulusan UI 8 juta ya hahaha. Gak pede banget kalau ditanya berapa gajinya. Takut kebanyakan takut kekecilan dan rugi sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahahhaha klo udah pengalaman mah berani pasang harga mas..

      harus bisa liat kemampuan sndiri, tapi kalo masih fresh graduate mah untung2 an ada yg mau nerima jaman skrg,, buat batu loncatan aja dulu

      Hapus
  7. Daftar pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview beserta jawabannya diatas ternyata mirip dengan pengalaman yang aku rasakan waktu itu.

    Untungnya sih aku dapet buku panduan lengkap dan trik jitu menghadapi interview, jawabannya, sekaligus tahap dan cara membuat CV yang menarik dan bikin cepat dilirik HRD.

    Btw, artikel kumpulan pertanyaan saat interview dan jawabannya ini sangat bermanfaat untuk para job seeker pemula lho..

    BalasHapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post